sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kumpulan Kosakata Bahasa Inggris Tentang Motorsport

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas kumpulan kosakata Bahasa Inggris tentang motorsport. Banyak orang yang mengenal motorsport ini dengan istilah racing, karena sering digunakan dalam acara balapan kendaraan bermotor.

Langsung saja simak kosakata Bahasa Inggris tentang motorsport berikut ini, ya!

  • Motorsport

Motorsport adalah istilah untuk kegiatan olahraga yang mencakup berbagai kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor. Istilah yang sudah dikenal global ini bukan hanya ditujukan untuk perlombaan balap saja, namun juga bisa untuk acara non-balap.

  • Auto racing

Auto racing atau racing adalah istilah lain yang sering digunakan untuk motorsport. Istilah ini banyak digunakan pada American English. Auto racing sendiri mengacu pada sirkuit balap motor dan mobil yang biasanya berbentuk oval.

  • Autotesting

Autotesting, dikenal juga dengan istilah gymkhana atau motorkhana, adalah salah satu bentuk olahraga balapan kendaraan bermotor. Jalur lintasan olahraga ini mencakup belokan, putaran, dan pembalikan yang harus diselesaikan pembalap dalam waktu secepat mungkin. Jalur lintasan ini biasanya dibatasi dengan kerucut lalu lintas dan kendaraan yang menabrak pembatas bisa terkena pinalti waktu.

  • Checkered flag

The checkered flag merupakan bendera kotak-kotak berwarna hitam putih yang digunakan ketika ada kendaraan pertama yang mencapai garis finish. Begitu bendera ini diangkat, maka itu berarti sudah ada pemenang pada balapan tersebut. Bendera ini juga sering dilihat dalam perlombaan balap lainnya, seperti balapan kuda.

  • Did Not Attend (DNA)

Istilah ini digunakan ketika seorang pembalap yang sudah terdaftar untuk mengikuti balapan malah tidak hadir di sirkuit. DNA bisa juga diartikan sebagai Do Not Arrive (tidak sampai), atau bisa juga disebut dengan no show (tidak hadir)

  • Did Not Finish (DNF)

Istilah ini digunakan ketika seorang pembalap tidak menyelesaikan balapan sesuai dengan putaran yang diharuskan. Tiap acara balapan memiliki peraturannya masing-masing mengenai kualifikasi seorang pembalap dapat dikatakan telah menyelesaikan balapan.

  • Did Not Qualify (DNQ)

Istilah ini digunakan untuk calon pembalap yang tidak memenuhi kualifikasi untuk mengikuti perlombaan balap. Bisa juga disebut dengan Did Not Pre-Qualify (DNPQ) jika calon pembalap tersebut tidak lolos tahap prakualifikasi.

  • Did Not Start (DNS)

Istilah ini digunakan ketika pembalap tidak mengikuti atau memulai balapan. Berbeda dengan DNA yang tidak hadir sama sekali, DNS berarti pembalap tersebut sudah berkompetisi dalam sesi latihan atau kualifikasi. Namun begitu perlombaannya itu sendiri dimulai, pembalap tersebut tidak mengikutinya.

  • Drag Reduction System (DRS)

DRS merupakan elemen sayap belakang pada mobil F1 modern yang memudahkan saat menyalip dan meningkatkan kecepatan. Sayap belakang ini akan menstabilkan kendaraan yang berada pada kemiringan curam menjadi datar dan mengurangi seretan yang akan menghambat laju kendaraan.

  • Drifting

Drifting adalah teknik menikung yang sering dilihat pada acara balapan kendaraan bermotor. Pembalap melaju dengan kecepatan tinggi saat tikungan sambil menahannya di sudut lintasan. Tak jarang bagian belakang kendaraan agak terangkat dengan bagian depannya yang menahan.

  • Frontrunner

Frontrunner adalah pembalap yang berada di garis paling depan saat perlombaan, yang dapat mengatur laju kecepatan balapan secara keseluruhan. Istilah ini juga bisa digunakan untuk seorang pembalap yang memiliki performa terbaik jika berada paling depan dari yang lain.

  • Grand prix

Grand prix adalah istilah yang digunakan untuk perlombaan balap kendaraan bermotor skala besar dengan jalur lintasan yang sulit. Istilah ini sendiri berasal dari Bahasa Perancis untuk grand prize (hadiah utama).

Grand prix ini sudah dimulai sejak tahun 1906 dan semakin banyak diminati seiring berjalannya waktu. Hadiah dari balapan grand prix nilainya sangat besar, sehingga tak heran kalau banyak yang merasa tertantang untuk mengikutinya.

  • Racing line

Racing line adalah jalur lintasan balap yang paling optimal dan cepat di sepanjang arena sirkuit. Dengan melintasi racing line, pembalap dapat meminimalisir waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan balapan.

  • Pit stop

Pit stop adalah tempat pemberhentian sementara di tengah balapan, dimana pembalap bisa mendapat service kendaraan yang dibutuhkan. Seperti mengisi bahan bakar, mengganti ban, dan lain sebagainya. Meskipun namanya tempat pemberhentian, kendaraan tidak benar-benar berhenti melainkan hanya memelankan kecepatan.

Pada pit stop ini akan ada pit crew, yaitu petugas yang memperbaiki kendaraan para peserta balapan. Pit crew bekerja dengan sangat cepat, sehingga rata-rata kendaraan yang berhenti di pit stop hanya butuh 11 detik saja.

  • T-bone

T-bone adalah istilah yang digunakan saat sebuah mobil tabrakan dengan mobil lain dan membentuk huruf T. Mobil yang ditabrak pada tabrakan ini disebut dengan t-boned. Tabrakan ini dinilai lebih berbahaya karena yang ditabrak adalah bagian samping mobil yang lebih rentan terkena benturan. Bagian samping ini juga memiliki struktur yang kurang bisa melindungi pengemudi.

  • Team orders

Team orders adalah susunan pembalap dalam satu tim yang akan bertanding dalam arena balapan yang sama dan di waktu yang sama. Susunan ini dibuat untuk menghindari resiko kecelakaan dan tabrakan antar pembalap dalam satu tim.

  • Victory lane

Victory lane adalah tempat khusus yang dipersembahkan untuk pemenang balapan untuk merayakan kemenangannya. Victory line juga dikenal dengan istilah lain, yaitu Winner’s Circle (perkumpulan pemenang). Pada victory line atau winner’s circle ini, pemenang balapan dan kendaraannya dikelilingi dengan banyak orang untuk merayakan kemenangan.

  • Victory lap

Victory lap dapat diartikan dengan putaran kemenangan, dimana pemenang melakukan putaran tambahan begitu balapan berakhir. Sebagai bentuk perayaan atas kemenangan, putaran ini dilakukan dengan kecepatan yang rendah. Saat victory lap ini, penonton dapat memberikan selamat kepada pemenang dan penghormatan kepada para peserta balapan lain.

Demikianlah pembahasan mengenai kosakata tentang motorsport dalam Bahasa Inggris beserta penjelasannya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

English Vocabulary: Personality (Kepribadian)
Berbahagia Dalam Bahasa Inggris (How to Say You Feel Happy in English)
Tip Untuk Meningkatkan Kosakata Inggris (Vocabulary)
Kosakata Bahasa Inggris yang Berhubungan dengan Bandara dan Pesawat
English Vocabulary: Stuff at Office (Peralatan di Kantor)
Jenis-Jenis Fobia / Phobia (Fear Words)
English Vocabulary: Movie (Film)
Contoh Kata/Kalimat Perpisahan Bahasa Inggris
Vocabulary: Situasi yang Sulit – Confess, Regret and Condolences
Kosakata tentang Perhiasan