sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kata-Kata Kunci Jawaban Dalam Wawancara Kerja (Job Interview)

Pemilihan kata dan kalimat memberikan pengaruh pada wawancara kerja. Oleh karena itu berikan kesan pintar dan cerdas menguasai kata-kata. Terutama apa bila wawancara tersebut di lakukan dalam Bahasa Inggris.

Kosakata dalam Bahasa Indonesia berbeda dengan bahasa Inggris. Kata-kata yang kuat dan bermakna adalah kata dengan konotasi positif. Contohnya kata membantu bisa memakai kata “help”“atau “generate”. Keduanya memiliki arti yang sama namun kata generate lebih powerful.

Lihat contohnya dalam kalimat.

  • I help the team to put together a great project (saya membantu tim membuat proyek yang menakjubkan)
  • I generate the team to put together a great project (saya membantu tim membuat proyek yang menakjubkan)

Bagaimana cara Anda menggunakan kata-kata dalam wawancara akan meninggalkan kesan secara positif. Terutama karena wawancara pekerjaan sering kali harus berurusan dengan orang lain atau melakukan presentasi. Dua hal yang sangat memerlukan keahlian dalam berbicara.

Tema Kata-kata Bijak

Ada beberapa kata-kata bijaksana yang memiliki makna kuat. Selain dapat memberikan kesan mendalam, menggunakan kalimat percaya diri dapat mempromosikan citra diri jadi lebih profesional.

Berikut adalah tema kata bijak yang bisa dengan mudah menjadi sinonim atau kesan mendalam. Gunakan pada wawancara kerja dan tampilkan dirimu yang terbaik. Berikut adalah beberapa kata diantaranya.

Hasrat atau Passion

Mendatangi wawancara kerja perlu berbekal hasrat. Apakah Anda melamar pekerjaan karena sebuah keharusan, membutuhkan pekerjaan atau menjadi hasrat dari dalam diri. Orang yang menunjukkan minat pada yang dikerjakannya akan menampakkan kesan positif.

Mereka bukan hanya melakukan pekerjaan tapi memikirkan persiapan dan masa depan usahanya juga. Berikut adalah beberapa kata yang dapat dipakai untuk menjelaskan kalau hal yang dilakukan datang dari hasrat. Gunakan sebagai pengganti happy atau like atau love yang berarti menyukai sesuatu.

  • Enthusiastic (antusias)
  • I am more than enthusiastic to come to the meeting (saya sangat antusias dapat dapat pada pertemuan ini)
  • I am a very enthusiastic person when it comes to coding. (saya adalah orang yang sangat antusias kalau berkaitan dengan koding)
  • Interested (berminat)
  • I have a large interested in sustainable system (saya punya minat besar untuk sistem yang dapat diperbaharui)
  • I am interested working with your company (saya berminat untuk bekerja dengan perusahaan Anda)
  • Motivated (motivasi)
  • That is what motivated me to apply a job in this company (itulah yang membuat saya termotivasi untuk melamar pekerjaan diperusahaan ini)
  • I am very motivated to be in your team (saya sangat termotivasi untuk bergabung dengan tim Anda)
  • Priority (prioritas)
  • It is on the top of my priority to get to know my coworker first as soon as I am hired (saya membuat prioritas untuk mengenal pegawai lainnya ketika saya sudah dipekerjakan)
  • My job is my number one priority (pekerjaan saya adalah prioritas saya)

Tanggung jawab atau Responsibility

Menggunakan kata-kata yang berorientasi tanggung jawab bisa mengisyaratkan kesan profesional. Pencari kerja memiliki kosa kata kaya untuk menunjukkan penguasaannya pada pekerjaan yang dilamarnya. Berikut adalah kata-kata kuat untuk menggambarkan kata “ do” yang artinya melakukan.

  • Accomplish (mencapai)

I have accomplished my dream to have the chance to come and being interviewwd by your company (saya telah mencapai impian saya untuk mendapat kesempatan diwawancarai oleh perusahaan Anda)

  • Coordinate (mengkoordinasi)

I coordinate a small team during my intern time. (saya mengkoordinasi sebuah tim kecil selama waktu magang saya)

  • Detail-oriented (berorientasi detail)

I am a detail eroented person. I will check and double check everything (saya adalah seseorang yang sangat memperhatikan detail. Saya akan memeriksa dan memeriksa ulang semuanya)

  • Effective (efektif)

I believe to take time and find the most effective measures (saya percaya untuk memberi waktu untuk mencari jalan yang paling efektif)

  • Efficient (efisien)

I strive to find the most efficient way to handle every situation (saya berusaha untuk mencari cara paling efisien)

  • Maintained (mempertahankan)

I maintained a deep interest in accounting when I pursuit a higher education in economy. (saya tetap mempertahankan minat pada bidang akutansi ketika melanjutkan  pendidikan dalam bidang ekonomi)

  • Met the deadline (memenuhi tenggang waktu)

I strive to always meet the dateline (saya selalu berusaha untuk memenuhi tengang waktu)

  • On time (tepat waktu)

I always finish any project on time (saya selalu menyelesaikan projek tepat waktu)

  • Organize (mengatur)

I have experiences organizing event and seminars (saya memiliki pengalaman mengatur acara dan seminar)

  • Prepare (menyiapkan)

I prepare my days in detail and arragend schedules ((saya mempersiapkan hari-hari saya dengan detail dan jadwal yang sudah diatur)

  • Responsible (tanggung jawab)

I understand my respinsibilities and give my best effort to bring them (saya memahami tanggung jawab saya dan memberikan usaha terbaik saya untuk menjalankannya)

  • Satisfied the client’s requests (memenuhi permintaan klien)

Satisfying the client’s request is on the top of my priority (memuaskan permintaan klien adalah prioritas saya)

  • Support (mendukung)

I support my coworker in their sucess and failure (saya akan mendukung rekan kerja saya dalam kesuksesan dan kegagalan mereka)

Power Words berkaitan dengan Bidang Usaha

Menghadapi wawancara kerja dalam Bahasa Inggris dapat dipersiapkan dengan menghapal kata-kata yang memiliki kesan profesional. Persiapkan wawancara dengan membuat daftar kosakata berkaitan dengan bidang usaha dari perusahaan yang akan mewawancarai.

Mengetahui konsep, detail dalam bidang berkaitan memberikan kesan bahwa Anda berkualifikasi untuk pekerjaan yang dilamar. Berikut adalah beberapa kata yang bisa digunakan.

  • I can, I will (saya dapat, saya akan)

I am the best candidate because I can make give results and will give my best attention to any task. (saya adalah kandidat terbaik karena saya dapat memberikan hasil dan akan memberikan perhatian pada tiap tugas yang saya dapatkan)

Kata can dan will menunjukkan pemahaman atas bidang pada pekerjaan yang dilamar.

  • I look forward to (saya akan menanti)

I look forward to sharing ideas with the new team. (saya menantikan saat dapat membagi ide dengan tim yang baru)

Look forward to menyatakan hasrat untuk mengambil bagian dalam perusahaan.

  • Respect (hormat)

I have great respect for my mentors and leaders that taught me. (saya sangat menghormati para guru dan pemimpin yang telah mengajari saya)

Berterima kasih pada jasa orang-orang yang memberikan pengalaman dama pengetahuan adalah cara baik untuk menunjukkan rendah hati.

  • Opportunity (kesempatan)

This job is a great opportunity to show my skill and expertise that I hanet have the chance on my previous position. (pekerjaan ini adalah kesempatan bagus untuk menunjukkan pengalaman dan keahlian yang belum sempat saya tunjukkan pada posisi saya sebelumnya)

Gunakan kata opportunity atau kesempatan untuk memberi kesan baik. Anda menghargai kesempatan sebelumnya dan kesempatan dimasa depan yang diberikan perusahaan.

  • Experience (pengalaman)

I have two years experience in sales. I am looking forward to gain more experience with this company. (saya memiliki dua tahun pengalaman dalam bidang penjualan. Saya menanti lebih banyak pengalaman saat bergabung pada perusahaan ini)

Sebutkan pengalaman Anda pada resume dan wawancara. Hal tersebut menandakan penguasaan bidang dan pengetahuan.

  • Skills (kemampuan)

I find the most valuable skill I have is time-management. I make plans and analyse them to keep me focus (menurut saya kemampuan terbaik saya adalah mengatur waktu. Saya membuat rencana dan menganalisa mereka untuk menjaga diri saya tetap fokus)

Sebutkan satu kemampuan penting yang menunjang pekerjaan dari pada beberapa kemampuan yang tidak didalami.

  • Goals (tujuan)

I have the first three months goals to familirize myself with the task and team. (saya memiliki tujuan jangk pendek untuk tiga bulan pertama untuk mengenal tim dan pekerjaan saya)

Menyatakan tujuan dapat mencerminkan pengetahuan tentang tanggung jawab untuk posisi yang diinginkan.

  • Flexible (fleksibilitas)

I fell it is important to be flexible and avoid stress when things does not go as planned. (saya rasa sangat penting untuk bersikap fleksible dan menghindari frustasi ketika hal-hal tidak berjaan sesuai rencana)

Nyatakan bahwa Anda dapat beradaptasi diberbagai situasi dan kondisi perusahaan.

  • Reliable (dapat diandalkan)

I believe my recommendation come because I am reliable person for the position (saya percaya bahwa semua rekomendasi saya adalah disebabkan karena saya dapat diandalkan untuk posisi yang saya inginkan)

Ungkapkan sifat dapat dipercaya dari fakta-fakta yang mendukung.

Example (contoh)

If I may, I have the perfect example for your question. I do the same thing with my team and  resulting a national award in marketing. (bila saya diperbolehan. Ada sebuah contoh yang cocok menjawab pertanyaan Anda. Saya melakukan hal yang sama dengan tim saya dan menghasilkan penghargaan tingkat nasional dalam bidang pemasaran)

Perjelas kemampuan dan pengalaman dalam wawancara dengan memberikan contoh kasus yang pernah Anda hadapi.

Jelaskan Kepribadian Anda

Gunakan kata-kata kuat untuk menjelaskan sifat Anda. Piliha yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

  • Easy-going: mudah bersosialisasi

I think myself as an easy-going person and have no problem talking to my coworker, employee or the managers (saya mengangap diri saya sebagai orang yang mudah bersosialisasi dan tidak mengalami masalah berbicara dengan rekan kerja, bawahan ataupun atasan)

  • Hard-working: pekerja keras

I believe that what I am now is a result of hard-working ability all this time (saya percaya saya  yang sekarang adalah hasil dari kerja keras)

  • Committed: orang yang loyal

I set my goals and commited myself to it. (saya menetapkan tujuan dan berkomitment padanya)

  • Focused: tidak mudah hilang fokus

I am a focused person and tent to give my attention to detail (saya adalah prang yang fokus dan cenderung memberikanperhatian untuk tiap detail)

  • Proactive: mengambil aksi

I am proactive and take inisiative when needed (saya adalah orang yang proaktif dan mengambil inisiatif bila dibutuhkan)

Menunjukkan Kemampuan

Gunakan kata powerful untuk menggambarkan kemampuan dan pegetahuan Anda. Berikut adalah beberapa contohnya.

  • The ability to multi task : kemampuan melakukan beberapa hal dalam waktu bersamaan.

I have the ability to multitask to get any task done effective and effieciently (saya memiliki kemampuan untuk melakukan beberapa hal dalam waktu bersamaan untuk menyelesaikan berbagai hal secara efektif dan efisien)

  • Solve problems : menyelesaikan masalah

I am good at problem solving by looking into problems individually (saya sangat mahir dengan menyelesaikan masalah dan melihatnya satu per satu)

  • Work in an international environment : bekerja dalam bidang internasional

My strengh having lived in different countries make me adaptive to international situation (salah satu kekuatan saya karena pernah tinggal di negara yang berbeda-beda membuat saya jadi dapat beradaptasi dengan situasi internasional)

Demikianlah beberapa power words atau kata-kata berkesan mendalam yang dapat digunakan pada wawancara Bahasa Inggris. Jawab pertanyaan dengan pilihan kata yang tepat dan meninggalkan kesan yang tidak mudah dilupakan.

Karena ada banyak kandidat yang diwawancarai untuk posisi yang Anda lamar. Gunakan kosakata yang kaya dan mencerminkan profesionalisme. Kenali dan gunakan secara alami agar terkesan tidak dipaksakan. Penggunaan power words juga dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda saat tiba waktunya untuk melakukan wawancara.

Artikel Lainnya

Kata-Kata Kunci Jawaban Dalam Wawancara Kerja (Job Interview)
Contoh Dialog Job Interview Lewat Zoom
Questions to Ask in an English Job Interview (dan Contoh Jawabannya) 
Apa Yang Harus Dilakukan ketika Interview Kerja Tidak Tahu Jawabannya?
Example Financial Analyst Interview Question & Answer
Contoh Interview Kerja di Starbuck (Starbuck Interview Question and Answer)
Cara Merespon Komplain Pelanggan
Contoh Pertanyaan Interview Kerja di Google
Jawaban Dari Pertanyaan Interview: ‘What Are Your Biggest Strengths?’
Jawaban Pertanyaan Interview: What can we expect from you in your first three months?

 

Contoh Percakapan Membuat Janji Bertemu Dokter (Doctor Appointment)
Percakapan Inggris: Tawar Menawar Beli Laptop
Cara Persuasi Orang Lain untuk Melakukan Sesuatu
Percakapan di Bengkel Motor dalam Bahasa Inggris
Dialog Bahasa Inggris tentang Otomotif
Contoh Percakapan Wawancara Calon Pekerja dalam Bahasa Inggris
Dialog Menanyakan Letak Suatu Benda
Contoh Percakapan Dokter Dan Pasien (Doctor & Patient Conversation)
Berbagai Jawaban untuk Pertanyaan “Why Did You Apply This Position?”
Percakapan Kasir: Cara Kasir Melayani Pelanggan dalam Bahasa Inggris