sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kosakata yang Berhubungan dengan Daging dalam Bahasa Inggris

Terdapat banyak macam hewan dan unggas yang diburu di alam liar, tetapi hanya beberapa saja yang dikembangbiakkan untuk diambil dagingnya. Sejak zaman perdaban kuno, orang-orang Mesir, India, Cina, dan Yunani memiliki peternakan babi, kambing, sapi, dan unggas seperti ayam dan bebek, masih dikembangbikkan hingga saat ini. Walaupun banyak hal telah berubah sejak zaman dahulu, jenis daging dan unggas tersebut masih kita makan sampai hari ini.

Daging

Apabila berkunjung ke supermarket modern kita akan menemukan bagian menjual khusus daging dengan berbagai macam potongan daging. Sekarang ini terdapat beberapa potongan daging sapi yang populer seperti topside (bagian paha paling belakang), ribs (iga atau tulang rusuk), dan steaks (daging panggang) yang biasanya menggunakan daging tanpa tulang, T – bone (gabungan antara daging has luar dan has dalam yang dibatasi dengan tulang berbentuk T), dan berbagai jenis potongan daging yang berasal dari sapi muda.

Daging domba juga tidak kalah populer, beberapa potongan daging domba yang dapat ditemukan di supermarket seperti kaki domba, lamb chops (potongan daging domba muda yang berasal dari bagian iga), dan mutton (daging dari domba yang sudah tua). Daging babi banyak ditemukan di supermarket dengan berbagai macam potongan seperti kaki babi, pork chops (potongan daging babi yang diambil dari bagian iga atau rusuk), cured pig meats (daging babi yang diawetkan pada ruangan dengan suhu dan kelembapan tertentu) seperti bacon (potongan yang berasal dari bagian belakang atau samping dari babi yang kemudian diawetkan dan disajikan dengan potongan tipis-tipis) dan ham (potongan yang berasal dari bagian pangkal kaki dan disajikan tipis). Semua jenis daging dapat dipotong dadu, direbus, bisa juga dipotong halus atau digiling untuk membuat sosis, daging burger, dan pastel daging, atau dimasak utuh-utuh untuk daging panggang.

Daging panggang biasanya menggunakan bagian tenderloin (bagian tengah sapi yang memiliki tekstur empuk), sirloin (bagian di bawah iga sapi dan bagian luar ternderloin, biasanya memiliki lemak sepanjang potongan daging bagian atas), ribeye (bagian iga yang dipotong secara individual, bagian tengah ribeye dibatasi oleh lemak yang membuat terlihat seperti memiliki eye), flank (potongan daging yang berasal dari perut bagian bawah, memiliki harga yang sangat murah dibandingkan dengan potongan daging lainnya), dan skirt (potongan daging yang berasal dari bagian otot sapi, biasanya potongan ini akan dijual tipis dan panjang).

Daging kelinci dan daging kambing juga dimakan di berbagai tempat. Seluruh bagian hewan tersebut dapat dimakan, mulai dari daging hingga jeroan seperti otak, hati, ginjal, jangung, dan babat. Jeroan seperti lidah, kepala kambing, dan kaki kambing biasanya disantap oleh orang-orang yang tidak mampu membeli potongan daging mahal. Dibeberapa tempat yang tidak mengkonsumsi jeroan sama sekali, biasanya akan menggunakan jeroan ini untuk bahan dasar makanan hewan. Tetapi banyak daerah yang menyajikan semua bagian hewan mulai dari daging hingga jeroan untuk konsumsi sehari-hari. Seperti di Indonesia ataupun daerah Timur Tengah. Di Indonesia jeroan biasanya disantap bersamaan dengan kuah soto panas, dijadikan gulai, dimasak dengan cabai, atau digoreng. Sedangkan di Timur Tengah biasanya menyantap jeroan dengan cara membakar seperti memasak sate agar ada aroma asap yang membuat makanan jadi lebih nikmat. Setiap bagian jeroan sendiri memiliki rasa dan tektur yang sangat unik sehingga sulit untuk memakannya apabila tidak terbiasa.

Unggas

Beberapa unggas biasa dimakan adalah ayam, bebek, angsa, kalkun, dan burung dara. Cara memasak unggas bisa bermacam-macam seperti dipanggang atau direbus secara utuh dan kemudian dipotong-potong atau bisa juga dengan memotong menjadi bagian kecil dan kemudian baru dimasak. Saat memakan ayam goreng, biasanya kita akan memakan potongan-potongan ayam seperti dada, sayap atau paha. Telur dari unggas juga dapat dimakan, salah satu telur yang paling populer adalah telur ayam.

Telur ayam sendiri dibagi 2 macam, telur ayam dari ayam yang diternak di dalam kandang dan tidak pernah keluar secara bebas dari kandang atau free-range eggs (telur ayam dari ayam yang hidup secara bebas dilahan). Di indonesia, telur ayam dibagi menjadi 2 jenis, telur ayam negeri dan telur ayam kampung. Telur ayam negeri berasal dari ayam negeri yang memiliki ciri-ciri daging ayam yang tebal, tulang tidak keras dan warna telur coklat. Sedangkan telur ayam kampung berasal dari ayam kampung yang memiliki ciri-ciri daging ayam yang sedikit, tulangnya sangat keras, rasa daging yang gurih, dan memiliki telur berwarna putih.

Untuk lebih mengenal mengenai berbagai olahan dan potongan daging, berikut ini adalah kosakata lainnya yang sering ditemukan:

  • Bacon (potongan yang berasal dari bagian belakang atau samping dari babi yang kemudian diawetkan dan disajikan dengan potongan tipis-tipis)
  • Cured pig meats (daging babi yang diawetkan pada ruangan dengan suhu dan kelembapan tertentu)
  • Cut (potongan daging dari bagian tertentu)
  • Dice (daging yang dipotong menyerupai bentuk dadu)
  • Drumstick (paha ayam yang sudah dimasak)
  • Eye (bagian tengah ribeye yang berbentuk seperti mata karena dikelilingi oleh lemak)
  • Flank (potongan daging yang berasal dari perut bagian bawah, memiliki harga yang sangat murah dibandingkan dengan potongan daging lainnya)
  • Free-range eggs (telur ayam dari ayam yang hidup secara bebas dilahan)
  • Ham (potongan yang berasal dari bagian pangkal kaki dan disajikan tipis)
  • Lamb chops (potongan daging domba muda yang berasal dari bagian iga)
  • Mince (daging cincang)
  • Mutton (daging dari domba yang sudah tua)
  • Offal (isi perut atau jeroan seperti hati, jantung, paru-paru, ginjal, dan otak)
  • Pork chops (potongan daging babi yang diambil dari bagian iga atau rusuk)
  • Poultry (burung yang ditangkap untuk dikonsumsi daging atau telurnya)
  • Ribeye (bagian iga yang dipotong secara individual, bagian tengah ribeye dibatasi oleh lemak yang membuat terlihat seperti memiliki eye)
  • Sausage (campuran daging yang dicincang halus kemudian dimasukkan ke dalam kulit sosis yang biasanya terbuat dari usus)
  • Sirloin (bagian di bawah iga sapi dan bagian luar ternderloin, biasanya memiliki lemak sepanjang potongan daging bagian atas)
  • Skirt (potongan daging yang berasal dari bagian otot sapi, biasanya potongan ini akan dijual tipis dan panjang)
  • Spare rib (potongan iga yang masih ada tulangnya)
  • Steaks (daging panggang)
  • T – bone (gabungan antara daging has luar dan has dalam yang dibatasi dengan tulang berbentuk T)
  • Tenderloin (bagian tengah sapi yang memiliki tekstur empuk)
  • Topside (bagian paha paling belakang)
  • Veal (daging dari sapi muda)

Itulah beberapa contoh kosakata yang berhubungan dengan daging. Kosakata ini akan sangat membantu apabila Anda akan membeli daging di supermarket.

 

English Vocabulary: Part of House (Bagian dari Rumah)
Kosakata Peralatan Rumah Tangga dalam Bahasa Inggris
Kosakata Sepakbola
English Vocabulary: Days & Month (Hari dan Bulan)
English Vocabulary: Part of Tree (Bagian Pohon)
Kosakata tentang Temperatur
Kosakata Alat Musik dalam Bahasa Inggris: Nama dan Penjelasannya
Kosakata untuk Kasir (Cashier)
English Vocabulary: Computer Parts (Bagian-Bagian Komputer)
Kosakata Bahasa Inggris tentang Hewan Laut