sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 1)

Salah satu hal yang menyenangkan dari persiapan tes TOEFL adalah kamu bisa belajar dari manapun dan kapanpun. Di artikel sebelumnya pernah diulas bahwa kamu bisa belajar dari narasi tokoh dalam sebuah film, lirik lagu cinta favorit kamu, hingga dari tayangan serial memasak di televisi!

Kali ini, kita akan membahas tentang cara menarik mengasah kemampuan TOEFL lewat video games. Pada dasarnya, ulasan apapun dalam situs hiburan akan sangat bermanfaat dalam menambah perbendaharaan kata untuk TOEFL kamu.

Mungkin mudah dan sudah sering dilakukan untuk berlatih tes TOEFL dari membaca sebuah ulasan dan artikel. Namun akan lebih menantang sekaligus bermanfaat untuk belajar lewat listening atau mendengarkan materi berbahasa Inggris.

Lewat cara ini, kamu bisa memahami bagaimana sebuah kata diucapkan dalam bahasa Inggris. Sangat erat kaitannya dengan tes listening dan speaking TOEFL. Seringlah berlatih untuk mempertajam kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris kamu.

Berlatih Lewat Video Games

Dalam artikel kali ini, yang menjadi bahan pembelajaran adalah ulasan video gameUncharted 4: A Thief’s End”. Ulasan ini berisi banyak perbendaharaan kata yang kerap ditemui dalam tes TOEFL. Ulasan ini cukup panjang, dan akan diorganisir per halaman agar lebih mudah dipahami.

Berikut ini adalah tautan lengkap artikelnya: https://www.cnet.com/products/uncharted-4-a-thief-s-end/. Selanjutnya akan dikutip kalimat yang dirasa akan kerap ditemui dalam tes TOEFL. Kamu bisa berlatih dengan cara membacanya hingga tepat sesuai dengan pronunciation.

Paragraf 1

If this turns out to be Nathan Drake’s last hurrah, then the guy’s going out on top. Yes, things are finally going well for the luckiest (and unluckiest) adventurer in the history of the world. Every ledge he grabs breaks, every bridge he crosses collapses and every car he drives winds up exploding — but inevitably, Nathan manages to crawl his way back up to the surface, defy gravity and look damn good in the process.

Kata yang layak digarisbawahi dalam paragraf di atas adalah “inevitably”, sebuah adverb yang artinya hal yang tidak bisa dihindari atau dihentikan.

Paragraf 2

Uncharted 4: A Thief’s End is the PlayStation 4 exclusive you’ve probably been waiting for — one of the reasons you plunked down a couple a hundred bucks on the console in the first place.

Sementara dalam paragraf kedua, kata “exclusive” adalah adjective atau kata sifat yang artinya tidak meliputi beberapa hal tertentu atau terbatas hanya di satu tempat.

Paragraf 3

With blockbuster exclusives being what they are of late — and by that I mean a scarce commodity — it’s natural to hold hopes high. So if you’re the least bit concerned that Uncharted 4 is somehow destined to disappoint, rest assured. It does not.

Kata “commodity” adalah sebuah kata benda yang mengacu pada item yang dibeli, dijual, atau diperdagangkan.

Paragraf 4

Sure, there’s a few things to roll your eyes at. But just know this: Uncharted 4 is a spectacle of epic proportions. It suffers from adrenaline fatigue. Meaning, you will probably — no, definitely — reach a point in this game where you refuse to believe there’s more to it. But it just keeps going.

Kata yang kerap ditemui dalam tes TOEFL untuk paragraf keempat ini adalah “adrenaline”, sebuah kata benda yang mengacu pada hormon pada mamalia yang memicu rasa senang dan jantung berdetak lebih cepat. Kata ini juga banyak digunakan secara informal untuk menyebutkan rasa antusias dan tindakan yang dilakukan dengan cepat.

Paragraf 5

That’s only about half the story in Uncharted 4. For as much as the game turns all its dials up to 11, there’s also more downtime than I can recall in the games prior. You’ll spend a generous portion climbing around, looking for the next ledge and figuring out the game’s handful of puzzles. At times the excessive climbing does start growing redundant and there are a few too many puzzle cliches.

Kata benda yang dicetaktebal dalam paragraf 5 adalah “cliché”, sebuah kata benda yang berarti elemen dalam sebuah cerita yang kerap terjadi, tidak ada unsur mengejutkan, juga kurang menarik.

Paragraf 6

It’s not all guns-blazing in Uncharted 4. Far from it. Hours at a time go by without a single shot being fired. And for me, that felt great. I’ve always had morality issues when it comes to these games. They’re undeniably fun to play, but something in me can’t quite put it out of my head that I’m globetrotting around the world in search of ancient treasure all while leaving a path of murder and destruction in my wake.

Sementara kata “ancient” dalam paragraf di atas adalah kata sifat atau adjective yang berarti usia sangat tua, jauh di masa lampau.

Paragraf 7

There’s no skirting around it. You shoot a lot of people in Uncharted games. And the buddy-action vibe of the series just kind of makes it all OK. I think there’s some recognition of that in Uncharted 4, if only how noticeably infrequent those kind of engagements seem to be.

Dalam paragraf ketujuh, kata yang dicetaktebal adalah “engagements”, kata benda jamak yang berarti pertemuan atau interaksi yang dilakukan lebih dari 2 orang. Bisa juga berarti pertemuan dengan beberapa kelompok orang sekaligus.

Itu tadi cuplikan artikel ulasan video game Uncharted 4 yang sudah kita bahas perbendaharaan kata di dalamnya. Masih ada beberapa paragraf yang layak kita kupas tuntas. Nantikan dalam lanjutan artikel selanjutnya, ya!

Artikel Lainnya

Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 2)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 1)
Contoh Soal Listening TOEFL: Monolog Panjang
Contoh Soal Listening TOEFL: Long Discussions
Contoh Soal Listening TOEFL: Short Talks (Part 2)
Contoh Soal Listening TOEFL: Short Talks (Part 1)
Contoh Soal Listening TOEFL: With The Professor
Contoh Soal Listening TOEFL: Percakapan di Kampus (Part 2)
Contoh Soal Listening TOEFL: Percakapan di Kampus (Part 1)
Contoh Soal Listening TOEFL: Animals

 

Speaking TOEFL: Kenali Kata Pengantar
Contoh Soal Listening TOEFL: Percakapan Sehari-hari
Tip TOEFL: Cara Interpretasi Skor TOEFL, Tahukah Kamu?
String of Adjective: Susunan String of Adjectives sebagai Penjelas Kata Benda
Tip TOEFL: Mengulik Prefixes Bahasa Inggris: “CO-“ dan “MIS-“
Listening TOEFL: Yang Dilakukan Saat Luput Pahami Kata dalam Listening
Writing TOEFL: Contoh Essay Kurang Berdasar
Tip TOEFL: Berapa Lama Waktu untuk Belajar TOEFL?
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Health
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Transportation


 
Cara Menulis Surat Informal (Informal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Surat Formal (Formal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Pekerjaan (Describe Your Job) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Keluarga (Describe your Family) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Hewan (Describe an Animal) dalam Bahasa Inggris
Cara Menjelaskan Peta (Describe a Map) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Proses (Process Chart) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Batang (Bar Chart) dalam Bahasa Inggris
Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris