sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Menanyakan Perkembangan Pekerjaan (Asking for a Progress in Work)

Kita pasti sudah sangat akrab dengan kata bekerja. Bekerja adalah sebuah aktivitas ekonomi yang di mana kita melakukan serangkaian tugas dalam beberapa jam selama 5 atau 6 hari dalam seminggu untuk memperoleh pendapatan atau penghasilan yang digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup.

Pada umumnya, orang-orang mulai bekerja setelah lulus dari bangku sekolah atau bangku perguruan tinggi. Namun, tak jarang ada orang-orang yang sudah mulai bekerja secara paruh waktu ketika masih duduk di bangku sekolah.

Mengapa seseorang bekerja? Apa yang melatarbelakangi keputusan tersebut? Umumnya, ini adalah beberapa alasan mengapa seseorang memutuskan untuk mulai bekerja:

  • Agar dapat memiliki pendapatan.
  • Agar meraih sebanyak mungkin pengalaman kerja.
  • Agar dapat menjalin hubungan dengan relasi dari kantor lain.
  • Bagi beberapa orang, bekerja dilakukan sebagai bentuk dari ibadah.
  • Agar dapat memiliki uang tambahan untuk memulai modal usaha
  • Agar dapat memiliki jenjang karir yang bagus di masa depan.

Ketika kita mulai bekerja di suatu kantor atau instansi, kita akan diberi tugas-tugas yang sesuai dengan posisi yang kita inginkan pada saat melamar pekerjaan. Tugas-tugas tersebut, kebanyakan, dikerjakan secara individu. Akan tetapi, ada juga tugas-tugas yang harus dilakukan secara kelompok atau bersama dengan tim dalam divisi atau bagian yang sama.

Ketika ditugaskan oleh atasan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara berkelompok dengan tenggat waktu yang telah ditentukan, kita pasti akan bertanya atau ditanyai, baik oleh atasan ataupun teman satu divisi, tentang perkembangan dari pekerjaan yang sedang kita lakukan.

Ketika kita akan menanyai tentang perkembangan dari sebuah pekerjaan, apapun bahasa yang digunakan, sebaiknya utarakan pertanyaan kita dalam cara yang sopan dan ramah. Hal ini bertujuan agar tidak adanya saling bersitegang atau salah paham antara kita dengan rekan kerja yang lain.

Artikel kita kali ini akan membahasa frasa-frasa sopan dan halus yang boleh sekali kita gunakan untuk menanyakan perkembangan dari sebuah pekerjaan kepada rekan sejawat di tempat kerja. Akan disertakan juga percakapan-percakapan yang menggunakan frasa-frasa yang akan kita bahas.

Sudah siap? Kalau begitu, mari kita mulai pembahasan artikel kita!

  • May I please have an update of your part in our divison work given by the boss? (bolehkah saya mendapatkan berita terbaru dari bagianmu dalam pekerjaan divisi kita yang diberikan oleh atasan?)

Inilah frasa pertama dalam Bahasa Inggris yang dapat kita ucapkan manakala ingin mendengar tentang perkembangan pekerjaan yang ditangani rekan kita. Berikut contoh percakapannya:

Penelope: Hey, Alexa! Drink coffee too, I see?

Alexa: Hey, Penelope! Yup, I’m a bit sleepy and I need my daily dose of coffee. Anyway, It’s been a week since that work given by our boss. How is your part going so far? Maybe I can get an update from you.

Penelope: My part is done since yesterday. Which reminds me… may I please have an update of your part in our division work given by the boss? As you said earlier, it’s been one week and I’m afraid our division chief will ask us about it later.

Alexa: I just have to fix one page and then I’m done. Don’t you worry, Penelope. We will be ready when the chief or the boss ask about it.

Penelope: Thank goodness, then!

(Penelope: Hei, Alexa! Minum kopi juga rupanya?

Alexa: Hei, Penelope! Ya, aku sedikit mengantuk dan aku butuh dosis kopi harianku. Omong-omong, ini sudah satu minggu sejak pekerjaan yang diberikan atasan kita itu. Bagaimana bagianmu sejauh ini? Barangkali aku bisa mendapatkan berita darimu.

Penelope: Bagianku sudah selesai sejak kemarin. Yang mengingatkanku… bolehkah aku mendapatkan berita terbaru dari bagianmu dalam pekerjaan divisi kita yang diberikan oleh atasan? Seperti yang kau bilang, ini sudah seminggu dan aku takut ketua divisi nantinya akan menanyai kita tentang itu.

Alexa: Aku hanya harus memeperbaiki satu halaman dan setelah itu selesai. Jangan cemas, Penelope. Kita akan siap apabila ketua atau atasan bertanya pada kita.

Penelope: Baguslah, kalau begitu!)

  • Can you please provide us with what you have done with your … so far? (bisakah Anda memberitahu kami tentang apa yang sudah Anda kerjakan dengan … Anda sejauh ini?)

Bila kita ingin menanyakan bagaimana perkembangan dari pekerjaan rekan kita, frasa kedua dalam Bahasa Inggris ini dapat menjadi pilihan untuk digunakan. Frasa ini terdengar sopan dan ramah, serta dapat ditujukan kepada rekan sejawat yang lebih tua, seumuran, atau yang lebih muda.

Berikut contoh pemakaian frasa ini dalam percakapan di tempat kerja:

Headmaster: Teachers, today we gather here online, which is unusual because of the pandemic that has been going around, to discuss about the lesson plans for the new semester. Now, on to the main topic. Miss Andira?

Andira: Yes, Headmaster?

Headmaster: Can you please provide us with what you have done with your lesson plan so far? We would love to hear it.

Andira: I have finished all my lesson plans for this semester. But, I still have a few things I need to evaluate and fix.

Headmaster: Surely this evaluation and fixing the lesson plans won’t be taking too long, I believe?

Andira: It won’t, Headmaster, I assure you. Give me a couple of days and I will finish them all.

Headmaster: I will be waiting for the update from you, Miss Andira. Now, let’s hear an update from…

(Kepala sekolah: Para guru sekalian, hari ini kita berkumpul secara daring, yang mana tidak biasa dikarenakan pandemi yang sedang mewabah, untuk mendiskusikan mengenai rencana pembelajaran untuk semester baru. Sekarang, ke topik utama. Bu Andira?

Andira: Ya, Kepala Sekolah?

Kepala sekolah: Bisakah Anda memberitahu kami tentang apa yang sudah ada kerjakan dengan rencana pembelajaran Anda? Kami akan senang mendengarnya.

Andira: Saya telah menyelesaikan semua rencana pembelajaran untuk semester ini. Akan tetapi, saya masih memiliki sedikit hal yang harus saya evaluasi dan perbaiki.

Kepala sekolah: Tentunya mengevaluasi dan memperbaiki semua rencana pembelajaran itu tidak akan memakan waktu yang lama, bukan?

Andira: Tidak akan, Kepala Sekolah, saya yakin. Berikan saya waktu beberapa hari dan akan saya selesaikan semuanya.

Kepala sekolah: Saya akan menunggu berita terbaru dari Anda, Bu Andira. Sekarang, mari kita dengarkan perkembangan dari…)

  • If you don’t mind, I would be glad to hear the current state of the documents, please (jika tak keberatan, saya ingin mendengar keadaan terbaru tentang dokumen-dokumen itu, tolong)

Berikut ini adalah frasa ketiga yang dapat kita ucapkan dalam Bahasa Inggris untuk menanyakan progres rekan kerja kita di kantor. Bagaimana penggunaan frasa ini dalam kehidupan kita sehari-hari? Berikut contoh percakapannya:

Manager: Yani, can I talk to you for a bit?

Yani: of course, Manager. Is there something wrong?

Manager: There’s nothing wrong. It’s just… this morning I suddenly remember the documents I gave you yesterday, before we went back home. If you don’t mind, I would be glad to hear the current state of the documents, please.

Yani: There are some parts that need to re-type. But, there’s no need to worry, Manager. I managed to finish re-typing those parts last night. We’re safe.

Manager: Oh, my God! You really save me, Yani. Thank you so, so much!

Yani: No problem, Manager. It’s my job to assist my manager, after all.

(Manajer: Tani, bisakah saya bicara denganmu sebentar?

Yani: Tentu saja, Manajer. Apakah ada sesuatu yang tidak beres?

Manajer: Tidak ada yang tidak beres. Hanya saja.. pagi ini saya mendadak teringat dokumen-dokumen yang saya berikan padamu kemarin, sebelum kita pulang. Jika tak keberatan, saya ingin mendengar keadaan terbaru tentang dokumen-dokumen itu, tolong.

Yani: ada beberapa bagian yang harus diketik ulang. Tetapi, tidak perlu cemas, Manajer. Saya berhasil menyelesaikan semua ketikan ulang itu semalam. Kita aman.

Manajer: Ya Tuhan! Kamu benar-benar menyelamatkan saya, Yani. Terimakasih, terimakasih banyak!

Yani: Tidak masalah, Manajer. Lagipula sudah menjadi tugas saya untuk menolong Manajer saya.)

  • Is it acceptable for me to ask for a currrent news on your…? (apakah tidak masalah bagi saya bertanya tentang berita terbaru dari …?)

Mr. Lincoln: Eugene?

Eugene: Ah, Mr. Lincoln! Yes, Sir?

Mr. Lincoln: I will go straight to the point, if you don’t mind. Is it acceptable for me to ask for a curent news on your new recipe?

Eugene: Of course it’s acceptable, Sir. Actually… I haven’t finished polishing the new recipe. I feel like there’s always something not good when I write the recipe.

Mr. Lincoln: Why didn’t you tell me sooner about this?

Eugene:I’m afraid it will interrupt yourk work, Sir.

Mr. Lincoln: You will not interrupt my work. That’s what a boss is for, helping his subordinates when they need it. Come with me to my room and we will talk about this recipe. Who knows, from our discussion perhaps we will get some insights,

Eugene: Coming right away, Sir! And, Mr. Lincoln?

Mr. Lincoln: Yes? Anything you want to ask on our way to my room?

Eugene: I just want to say a huge thank you, Sir, for your kindness and the help offering.

Mr. Lincoln: Anytime, Eugene. I will help you with all I can when you need me.

(Tn. Lincoln: Eugene?

Eugene: Ah, Tn. Lincoln! Ya, Pak?

Tn. Lincoln: Saya akan langsung ke poin utama, bila kau tak keberatan. Apakah tidak masalah bagi saya bertanya tentang berita terbaru dari resep barumu?

Eugene: Tentu saja tidak masalah, Pak. Sebenarnya… saya belum selesai menyempurnakan resep baru itu. Rasanya seperti selalu ada sesuatu yang salah saat saya menulis resep tersebut.

Tn. Lincoln: Kenapa tidak kau katakan hal ini kepada saya segera?

Eugene: Saya takut akan mengganggu pekerjaan Anda, Pak.

Tn. Lincoln: Kau tidak akan mengganggu pekerjaanku. Itulah pekerjaan seorang atasan, membantu para pekerjanya ketika mereka membutuhkan. Mari kita ke ruanganku dan kita akan membicarakan tentang resep ini. Siapa yang tahu, barangkali kita akan mendapatkan pencerahan dari diskusi kita.

Eugene: Baik, Pak! Dan, Tn. Lincoln?

Tn. Lincoln: Ya? Ada yang ingin kau tanyakan selagi kita menuju ruanganku?

Eugene: Saya hanya ingin mengucapkan banyak terimakasih, Pak, untuk kebaikan dan bantuan Anda.

Tn. Lincoln: Tentu saja, Eugene. Saya akan membantu semampunya di saat kau butuh.)

Saat menanyakan tentang berita atau perkembangan terbaru dari pekerjaan teman sekantor kita, hal lainnya yang harus kita ingat dan terapkan adalah selalu bertanya dengan nada suara yang bersahabat dan tidak tinggi, agar tidak terdengar kasar dan menuntut.

Sekian untuk artikel kali ini. Semoga sukses!

 

Percakapan Menanyakan Harga Suatu Barang dalam Bahasa Inggris
Cara Mengundurkan Diri dari Pekerjaan
Percakapan Bahasa Inggris Menanyakan Keadaan Seseorang
Frasa Bahasa Inggris yang Digunakan untuk Menanyakan Informasi
Cara Memuji Teman Kerja (How to Compliment Colleagues at Work in English)
Bagaimana Menanggapi Tawaran Pekerjaan Lewat E-Mail
Frasa yang Sering Digunakan untuk Menanyakan Arah
Percakapan Bahasa Inggris Menanyakan Jumlah
Percakapan Asking And Giving Suggestion
Percakapan di Restoran: Cara Menanyakan Bill dalam Bahasa Inggris