sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Mengenal Istilah-Istilah Hari dalam Bahasa Inggris

Saat mempelajari tentang hari dalam Bahasa Inggris (days of week), bukan hanya nama-nama hari yang perlu kita pahami. Namun juga istilah-istilah yang terkait dengan hari, seperti hari ini, kemarin, besok, dan lain sebagainya.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas mengenai istilah-istilah hari dalam Bahasa Inggris. Langsung saja simak istilah-istilahnya dibawah ini, ya!

Today

Today dalam Bahasa Indonesia berarti hari ini. Kata today biasanya diletakkan di akhir kalimat, namun tak jarang juga terdapat di awal dan tengah kalimat. Seperti yang dapat dilihat pada kalimat berikut:

  • Today our teacher gave a sudden exam. (Hari ini guru kami memberi ujian dadakan)
  • She said that she will return my book today, but she didn’t even come. (Dia bilang kalau dia akan mengembalikan bukuku hari ini, tapi dia malah nggak datang)
  • I will come to your house today. (Aku akan datang ke rumah kamu hari ini)

Yesterday

Yesterday adalah kemarin, yaitu satu hari sebelum hari ini. Sama seperti today, yesterday juga bisa diletakkan di awal, tengah, maupun akhir kalimat. Menggunakan yesterday dalam kalimat Bahasa Inggris dapat dilihat pada contoh berikut:

  • Yesterday our village got rained very hard. (Kemarin desa kami terguyur hujan sangat deras)
  • I see him all day yesterday, but I don’t see him now. (Aku melihat dia sepanjang hari kemarin, tapi aku nggak lihat dia sekarang)
  • The thief got arrested by police yesterday. (Pencuri itu ditangkap polisi kemarin)

Tomorrow

Kebalikan dari yesterday, tomorrow berarti besok atau sehari setelah hari ini. Namun untuk penggunaannya sama, yaitu bisa di awal, tengah, dan akhir kalimat. Berikut contoh penggunaan tomorrow dalam kalimat:

  • Tomorrow is the day of singing competition, so many people are excited already. (Besok adalah hari kompetisi menyanyi, jadi banyak orang yang sudah bersemangat)
  • I must return the book to the library tomorrow, but I don’t know where it is. (Aku harus mengembalikan buku itu ke perpustakaan besok, tapi aku nggak tahu ada dimana bukunya)
  • To get the better score, he must go through remedial exam tomorrow. (Untuk mendapat nilai yang lebih baik, dia harus mengikuti ujian perbaikan besok)

The day before yesterday

The day before yesterday adalah satu hari sebelum kemarin, bisa juga disebut dengan kemarin lusa. Penggunaan istilah hari ini dapat dilihat pada kalimat berikut:

  • On the day before yesterday, she confessed to me. (Pada kemarin lusa, dia menyatakan perasaannya padaku)
  • I already put your T-shirt back to your wardrobe the day before yesterday. (Aku sudah taruh lagi kaos kamu di lemari kemarin lusa)

The day after tomorrow

The day after tomorrow adalah sehari setelah besok, yang biasa disebut esok lusa atau lusa saja. Berikut cara menggunakan the day after tomorrow dalam kalimat Bahasa Inggris:

  • My grandma will come to our home on the day after tomorrow. (Nenekku akan datang ke rumah kami pada esok lusa)
  • On the day after tomorrow, our school will hold annual art festival. (Lusa nanti, sekolah kami akan menyelenggarakan pentas seni tahunan)

… days ago

Istilah hari ini berati sekian hari sebelumnya, yang biasanya lebih dari dua hari sebelum hari ini. Namun bisa juga digunakan untuk satu atau dua hari sebelum hari ini. Pada istilah ini, titik-titik kosong diisi dengan jumlah hari yang dimaksud.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada kalimat-kalimat berikut:

  • Five days ago, flood swept off the whole village. (Lima hari lalu, banjir menyapu bersih seisi desa itu)
  • The new rule about school uniform was informed several days ago. (Peraturan baru tentang seragam sekolah diinformasikan beberapa hari yang lalu)

… days later

Kebalikan dari istilah sebelumnya, … days later menunjukkan sekian hari setelahnya, yang biasanya lebih dari dua hari setelah hari ini. Meski begitu, istilah ini bisa juga digunakan untuk satu atau dua hari setelah hari ini. Pada istilah ini pun titik-titik kosong diisi dengan jumlah hari yang dimaksud.

Berikut contoh penggunaannya dalam kalimat Bahasa Inggris:

  • She already regrets her choice two days later. (Dia sudah menyesali pilihannya dua hari selanjutnya)
  • He didn’t give enough supply and several days later he comes back to the store and give the additional supply. (Dia tidak memberikan persediaan yang cukup dan beberapa hari setelahnya dia kembali ke toko dan memberikan persediaan tambahan)

In … days

Istilah in … days artinya adalah dalam sekian hari. Sekian harinya sendiri dapat diisi pada titik-titik yang kosong sesuai dengan apa yang dimaksud. Maknanya adalah sesuatu yang terjadi dalam sekian hari, bisa tiga hari, lima hari, dan seterusnya.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh kalimat Bahasa Inggris berikut:

  • I got your email and I’ll reply to you in several days. (Aku sudah dapat email kamu dan akan kubalas dalam beberapa hari)
  • My mother will come back to home in five days. (Ibuku akan pulang ke rumah dalam lima hari)

On specific day

Istilah hari yang terakhir adalah on specific day, yaitu pada hari tertentu. Kata specific dapat diganti dengan hari yang dimaksud, misalnya hari kemerdekaan, hari ulang tahun, hari anak, hari ibu, hari ayah, dan lain sebagainya.

Berikut cara menggunakan istilah on specific day dalam kalimat Bahasa Inggris:

  • On the independence day, my neigborhood always held a competition. (Di hari kemerdekaan, lingkunganku selalu menyelenggarakan perlombaan)
  • I will give the present for you on the children day. (Aku akan memberi hadiah untuk kamu di hari anak)

Demikianlah pembahasan mengenai istilah-istilah hari dalam Bahasa Inggris beserta contoh penggunaannya dalam kalimat. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Contoh Pidato tentang Hari Ayah (Father’s Day)
26 Ucapan Hari Ibu dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya
Mengenal Agent Noun -er dan -or dalam Bahasa Inggris
English Vocabulary: Days & Month (Hari dan Bulan)
Istilah-Istilah Untuk Mengekspresikan Kemarahan dalam Bahasa Inggris (Expressing Anger)
Mengenal “Sentence Stress” dalam Bahasa Inggris
Pidato Hari Kesaktian Pancasila Dalam Bahasa Inggris
Mengenal Descriptive Text & Contohnya
Mengenal Istilah-Istilah Hari dalam Bahasa Inggris
Mengenal Ungkapan No Hard Feelings, Arti dan Penggunaannya