sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Menunjukan Rasa Ingin Tahu / Penasaran (Showing Curiosity)

Setiap orang tentu saja memiliki rasa ingin tahu atau rasa penasaran terhadap suatu hal. Tak hanya orang lain, kita pun seringkali memiliki perasaan ingin tahu atau istilahnya kepo. Rasa ingin tahu itu bisa terhadap banyak hal, misalnya saja terhadap sebuah gosip terkini yang sedang ramai dibahas, atau terhadap sebuah film, atau entah dalam bentuk apapun itu. Bisa dibilang, rasa penasaran atau ingin tahu ini juga merupakan salah satu anugerah dari Tuhan. Sering kan anda merasakan rasa ingin tahu?

Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk bagaimana bisa mengeskpresikan rasa ingin tahu atau rasa penasaran yang dalam Bahasa Inggris dikenal juga dengan showing curiosity. Bagaimana cara yang baik dan benar untuk mengekspresikan rasa ingin tahu atau penasaran kepada orang lain? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

What is expression of curiosity? (Apa itu ekspresi ingin tahu?)

Sebelum masuk ke contoh bagaimana showing curiosity atau menunjukkan rasa penasaran, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu informasi penting kepada anda mengenai apa itu expression of curiosity atau ekspresi ingin tahu sehingga anda bisa menggunakan ekspresi ini di situasi yang tepat. Expression of curiosity atau ekspresi ingin tahu merupakan ungkapan di dalam Bahasa Inggris yang digunakan untuk showing atau menunjukkan rasa keingin tahu-an atau penasaran yang dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai curiosity. Biasanya, rasa ingin tahu atau penasaran ini disebabkan ketika kita melihat sesuatu yang baru, atau sesuatu yang unik dan membuat kita menjadi penasaran.

Seringkali kan ketika melihat teman kita membawa benda yang unik, yang belum pernah kita lihat sebelumya kita akan bertanya apakah benda itu? Seringkali juga ketika teman kita memiliki tampilan yang baru pada penampilan mereka seperti rambutnya atau pakaiannya kita merasa ingin tahu, dimana anda potong rambut? Atau dimana anda membeli baju itu? Situasi seperti inilah yang biasanya menimbulkan rasa ingin tahu atau penasaran yang dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai curiosity. Sekarang anda sudah paham bukan mengenai arti dari kata ini dan bagaimana penggunaannya?

How to showing curiosity? (Bagaimana cara mengekspresikan rasa ingin tahu atau penasaran?)

Setelah mengetahui mengenai apa itu expression of curiosity atau ekspresi ingin tahu, sekarang kami akan memberikan beberapa informasi kepada anda mengenai how to showing curiosity? (bagaimana cara mengekspresikan rasa ingin tahu atau rasa penasaran) dalam Bahasa Inggris. Sehingga ketika anda ingin mengobrol dengan orang lain menggunakan Bahasa Inggris, kemudian anda sedang merasa penasaran maka anda bisa menggunakan beberapa kalimat di bawah ini untuk menunjukkan kepada mereka rasa penasaran anda. Berikut merupaka beberapa contoh kalimat yang bisa anda gunakan untuk menyatakan rasa ingin tahu dalam Bahasa Inggris:

  • I’m so curious about… (Saya sangat ingin tahu mengenai..)

Kalimat pertama yang bisa anda gunakan untuk menyatakan rasa ingin tahu anda kepada suatu hal adalah I’m curious about.. atau yang memiliki arti saya sangat ingin tahu mengenai… Ketika anda ingin tahu mengenai suatu hal maka tidak ada salahnya menggunakan kalimat to the point seperti ini sehingga orang lain yang sedang anda ajak bicara langsung tahu bahwa anda sedang penasaran akan hal tersebut.

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa I’m curious about…. (Saya sangat ingin tahu mengenai…) yang bisa anda gunakan :

    • I’m so curious about what he brought last night (Saya sangat ingin tahu mengenai apa yang dia bawa kemarin malam)
    • I’m so curious about what they talked about in front of my house Yesterday (Saya sanagt ingin tahu mengenai apa yang mereka bicarakan di depan rumah saya kemarin)
    • I’m so curious about the information shared by Mrs.Hana Yesterday (Saya sangat ingin tahu mengenai informasi yang dibagikan Bu Hana kemarin)
  • I have been meaning to ask you… (Saya bermaksud bertanya kepada anda…)

Kalimat kedua yang bisa anda gunakan untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa anda sedang penasaran atau ingin tahu pada suatu hal adalah I have been meaning to ask you atau yang memiliki arti saya bermaksud bertanya kepada anda… Jika anda bertanya kepada orang secara formal atau kepada orang yang lebih tua, ada kalanya menggunakan kalimat ini supaya lebih sopan.

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa I have been meaning to ask you…. (Saya bermaksud bertanya kepada anda…) yang bisa anda gunakan :

    • I have been meaning to ask you about who took me home when I was drunk last night? (Saya bermaksud bertanya kepada anda mengenai siapa yang mengantar saya pulang ke rumah ketika saya mabuk kemarin malam?)
    • I have been meaning to ask you about the achievements that Tiara got while studying in this school (Saya bermaksud bertanya kepada anda tentang prestasi yang Tiara dapatkan selama belajar di sekolah ini)
    • I have been meaning to ask you about your relationship with my brother (Saya bermaksud bertanya kepada anda tentang hubungan anda dengan kakak saya)
  • I’d be very interested to know.. (Saya sangat tertarik untuk mengetahui…)

Selanjutnya, anda bisa juga menggunakan kalimat ini untuk menyatakan bahwa anda sedang merasa penasaran atau ingin tahu yaitu I’d be very interested to know atau yang memiliki arti saya sangat tertarik untuk mengetahui sebuah hal. Kalimat ini menunjukkan secara langsung bahwa anda ingin mengetahui hal itu.

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa I’d be very interested to know …. (Saya sangat tertarik untuk mengetahui…) yang bisa anda gunakan :

    • I’d be very interested to know about how you and your husband met story (Saya sangat tertarik untuk mengetahui cerita bagaimana anda dan suami anda bisa bertemu)
    • I’d be very interested to know about the price of that branded bags (Saya sangat tertark untuk mengetahui harga dari tas branded itu)
    • I’d be very interested to know about the secret seasoning of fried chicken (Saya sangat tertarik untuk mengetahui bumbu rahasia dari ayam goreng itu)
  • I wish I know… (Saya harap saya tahu…)

Banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk bisa mengungkapkan rasa ingin tahu, yaitu salah satunya adalah dengan menggunakan I wish I knew… atau yang memiliki arti saya harap saya tahu (mengenai suatu hal).

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa I wish I knew… (saya harap saya tahu …) yang bisa anda gunakan :

    • I wish I know the full story so I can help you (Saya harap saya tahu cerita lengkapnya sehingga saya bisa membantumu)
    • I wish I know the reason why he left yesterday (Saya harap saya tahu alasan kenapa dia pergi kemarin)
    • I wish I know the reason why she give up for the projects (Say harap saya tahu alasan kenapa dia menyerah dengan proyek ini)
  • I do like to know… (Saya ingin tahu…)

Kalimat kelima yang bisa anda gunakan untuk menyatakan rasa ingin tahu adalah I’d like to know… atau yang mempunyai arti saya ingin tahu… Anda bisa menggunakan ini ketika merasa penasaran akan sebuah hal.

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa I’d like to know … (saya ingin tahu…) yang bisa anda gunakan :

    • I’d like to know what’s going to happen with Dara and Kyle (Saya ingin tahu apa yang akan terjadi dengan Dara dan Kyle)
    • I’d like to know about Miara Birthday Party situation last night (Saya ingin tahu mengenai situasi pesta ulang tahun Miara kemarin malam)
    • I’d like to know about her feelings (Saya ingin tahu tentang perasaannya)
  • I’d love to know… (Saya ingin tahu…)

Sebenarnya untuk kalimat yang keenam ini yaitu I’d love to know yang memiliki arti saya ingin tahu.. sama saja dengan kalimat yang kami berikan di atas yaitu I’d like to know … (saya ingin tahu…) Anda bisa menggunakan ini juga untuk mengungkapkan rasa ingin tahu anda kepada orang lain.

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa I’d love to know … (saya ingin tahu…) yang bisa anda gunakan :

    • I’d love to know about your parent favorite food (Saya ingin tahu mengenai makanan favorite orang tuamu)
    • I’d love to know about what your favorite colour (Saya ingin tahu apa warna kesukaan anda)
    • I’d love to know about your favorite korean drama (Saya ingin tahu apa drama korea kesukaanmu)
  • I am interested to know… (Saya tertarik untuk tahu…)

Next, kalimat selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengekspresikan rasa ingin tahu atau rasa penasaran kepada orang lain adalah I’m interested to know.. atau yang memiliki arti saya tertarik untuk tahu.

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa I’m interested to know..  … (saya tertarik untuk tahu.…) yang bisa anda gunakan :

    • I’m interested to know who Mr. Angga has chosen to replace Mrs. Diana (Saya tertarik untuk tahu siapa yang dipilih Pak Angga untuk menggantikan Bu Diana)
    • I’m interested to know how much Hendra’s exam scores so the can pass this selection? (Saya tertarik untuk tahu berapa nilai ujian Hendra sehingga ia bisa melewati tahap ini?)
    • I’m interested to know how much salary he got (Saya tertarik untuk tahu berapa gaji yang ia dapatkan)
  • I wonder…? (Saya penasaran…?)

Jika anda ingin menggunakan kalimat yang sederhana atau kalimat yang singkat ketika ingin menyampaikan rasa penasaran, maka anda bisa menggunakan kalimat I wonder… atau (saya penasaran..)

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa I wonder… (Saya penasaran…) yang bisa anda gunakan :

    • I wonder about the horror story last night (Saya penasaran tentang cerita horor kemarin malam)
    • I wonder about the price of the bottle (Saya penasaran tentang harga botol itu)
    • I wonder about the reason Anda left her sister alone (Saya penasaran tentang alasan Anda meninggalkan adiknya sendirian)
  • How do you make it…? (Bagaimana anda membuatnya…?)

Anda juga bisa menggunakan kalimat ini jika memang anda merasa penasaran kepada sesuatu hal seperti misalnya penasaran bagaimana orang itu membuatnya. Yaitu anda bisa menggunakan kalimat how do you make it? Atau yang memiliki arti bagaimana anda membuatnya?

Berikut merupakan beberapa contoh menggunakan frasa how do you make it… (Bagaimana anda membuatnya?…) yang bisa anda gunakan :

    • How do you make this cake? This is very delicious! (Bagaimana anda membuat kue ini? Ini sangat enak!)
    • How do you make this cute necklace? (Bagaimana anda membaut kalung lucu ini?)
    • How do you make this coffe? (Bagaimana kamu membuat kopi ini?)

Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan mengenai showing curiosity atau bagaimana cara yang baik dan benar untuk mengekspresikan rasa ingin tahu atau penasaran kepada orang lain? Semoga berguna untuk anda!

 

Cara Menjelaskan Tujuan dalam Bahasa Inggris
Kalimat Untuk Menunjukkan Preferensi (Phrases for Expressing Preferences)
Mengekspresikan Rasa Cinta, Amarah, Malu, dan Kekesalan dalam Bahasa Inggris
Cara Menyatakan Setuju dalam Bahasa Inggris
Cara Mengutarakan Penyesalan dalam Bahasa Inggris
Cara Mengungkapkan Kewajiban / Keharusan (Expressing Obligation)
Frasa untuk Mengekspresikan Kebahagiaan (Phrases for Expressing Happiness)
Mengungkapkan Rasa Malu (Expressing Embarassment)
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Rasa Tidak Percaya (Expressing Disbelief)
Percakapan Menanyakan Rasa Makanan dalam Bahasa Inggris