sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Motorcycle Related Vocabulary

Tidak ingin merasa seperti, atau lebih buruk lagi, diperlakukan seperti ‘newbie’ soal  dunia permotoran?  Di bawah ini adalah kosa kata basic, seperti koomponen motor yang harus anda ketahui:

1. Handle Bar

Atau stang motor. Stang menerima sebagian beban dari tubuh pengendara, meski stang sebenarnya 1 bagian, biasanya dalam bahasa inggris disebut dengan bentuk jamak, handlebars. Stang juga menjadi tempat docking aksesoris dan kontrol seperti :

  • Brake: Rem
  • Throttle : sistem gas
  • Clutch: kopling
  • Horn : klakson
  • Light switch: Tombol untuk menyalakan/mematikan lampu
  • Rear view mirrors: Spion
  • Gauges: alat ukur (di bahas di bawah)

2. Mirror

Atau rear view mirror maksudnya adalah spion motor. Kebanyakan motor, seperti motor yang peruntukkanya untuk berkendara di jalan raya diharuskan memiliki rear view mirror. Motor yang diperuntukkan untuk penggunaan off-road biasanya tidak memiliki rear view mirror. Spion biasanya dipasang di handlebars, tetapi ada juga yang memasang di tempat lain, seperti helm pengguna.

3. Windscreen

Biasa juga disebut windshields atau screens, adalah lapisan tembus pandang yang bisa jadi built-in atau bisa dipasang custom ke bodi motor. Biasanya terbuat dari bahan high-impact akrilik dan dirancang untuk mengarahkan udara ke atas atau kesekeliling pengendara.

4. Fairings

Adalah bodi yang pasang di atas frame sepeda motor, biasanya tipe yang memiliki fairing adalah sepeda motor racing, dan sport bikes. Tujuan utama pemasangan fairing adalah untuk mengurangi tarikan udara, fungsi keduanya adalah untuk melindungi pengendara dari bahaya udara seperti hipotermia karena angin. Fairings juga berfungsi melindungi mesin dan komponen di dalamnya jika terjadi kecelakaan.

5. Engine

Mesin pada motor bisa merupakan mesin 2 tak, 4 tak, atau jenis lain yang lebih tidak biasa digunakan. Mesin biasanya menggerakan roda belakang. Tiap jenis mesin biasanya memiliki gearbox dengan rasio 2-6. Beberapa mesin memiliki reverse gear (fungsinya memberikan motor kemampuan untuk berjalan mundur). Gaya disampaikan ke roda depan dengan belt, rantai atau shaft.

6. Exhaust

Adalah sistem knal pot. Gunanya adalah sebagai saluran untuk membuang lebihan gas dan menjauhkanya dari bagian mesin motor. Biasanya berbahan besi, aluminium, titanium atau carbon fiber.

7. Chain

Rantai pada motor adalah salah satu dari rangkaian penggerak untuk mentrasfer tenaga ke roda belakang. Jika dioili dengan baik rantai dapat mencapai tingkat efisiensi yang tinggi, yaitu sekitar 98%, tetapi jika tidak, tingkat efisiensi akan menurun jauh.

8. Brake

Rem. Biasanya terdapat dua jenis rem di setiap motor, roda depan dan roda belakang. Meski begitu beberapa jenis motor memilik jenis ‘linked brakes’, jadi kedua roda bisa di rem dengan hanya menggunakan satu kontrol. Biasanya rem depan lebih efektif dibandingkan rem belakang.

9. Rim and tire

Rim, atau velg biasanya terbuat dari besi atau aluminium (biasanya jari-jari dari besi, hub dari aluminium).

Tire artinya ban, motor biasanya menggunakan ban pneumatic. Tetapi jenisnya sanyak banyak bergantung dari jenis penggunaan, roda motor untuk off road, dirt bikes, untuk tur jarak jauh, olahraga atau kasual memiliki konfigurasi roda yang berbeda.

10. Transmission

Adalah mekanisme untuk mengganti gigi. Kontrol pengganti biasanya diletakkan di kaki.

11. Instruments

Panel instrumen atau gauges pada motor biasanya terdiri dari spedometer, odometer, dan tachometer. Display informasi bahan bakar juga biasa ada pada setiap motor.

 

English Vocabulary: Health (Kesehatan)
Kosakata Inggris tentang Minuman
Kosakata Tentang Anggota Tubuh
English Vocabulary: School Major (Jurusan di Sekolah)
Kosakata Inggris tentang Bank
Kosakata Bahasa Inggris untuk Tempat Umum (Public Space)
Kosakata Organ Dalam Burung
Motorcycle Related Vocabulary
Vocabulary: Natural Disaster
Kosakata Giving Directions dalam Bahasa Inggris