sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan Kata Although dan Even Though Beserta Contohnya

Dalam Bahasa Inggris, ada kata-kata yang memiliki makna dan penggunaan yang serupa. Salah satunya adalah kata although dan even though. Tak jarang orang bingung bagaimana penggunaan masing-masing kata tersebut dengan tepat.

Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai arti dan penggunaan kata although dan even though secara lebih menyeluruh. Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini, ya!

Arti Kata Although dan Even Though

Kata although dan even though merupakan conjunction atau kata sambung yang cukup sering digunakan dalam Bahasa Inggris. Kedua kata ini memiliki arti yang serupa dalam Bahasa Indonesia, yaitu: meskipun, walaupun, kalaupun, biarpun.

Sebagai conjunction atau kata sambung, although dan even though menghubungkan dua klausa yang berada dalam satu kalimat. Biasanya digunakan juga tanda koma dalam memisahkan dua klausa tersebut. Kata although dan even though dapat diletakkan baik di awal maupun tengah kalimat, sesuai dengan konteks yang diperlukan.

Pada dasarnya, kata although dan even though digunakan untuk menghubungkan dua klausa yang bertentangan. Kedua kata ini memiliki kedudukan yang sama sehingga bisa digunakan secara bergantian dalam konteks umum. Dengan kata lain, tidak baku mengikat kapan harus digunakan salah satunya saja.

Meski begitu, baik although maupun even though dapat digunakan pada situasi-situasi tertentu untuk mendapatkan makna yang lebih sesuai. Lebih jelasnya mengenai penggunaan kata although dan even though akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

Penggunaan Kata Although

Berikut beberapa penggunaan kata although yang sering ditemui dalam Bahasa Inggris:

  • Menghubungkan dua hal yang bertentangan

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, kata although dapat digunakan untuk menghubungkan dua hal yang bertentangan. Dua hal bertentangan ini terdapat pada dua klausa yang berada dalam satu kalimat.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • Although she’s new in this job, she’s doing really well. (Meskipun dia baru di pekerjaan ini, dia melakukannya dengan sangat baik)
    • We still enjoy the event although the preparation was not done perfectly. (Kami tetap menikmati acaranya meskipun persiapannya tidak sempurna)
  • Menjelaskan hal yang tidak terduga

Penggunaan kata although yang selanjutnya adalah untuk menjelaskan hal yang mengagetkan atau tidak terduga. Hal-hal tersebut bisa jadi bukan hal yang lumrah terjadi sehingga tampak begitu tidak biasa.

Misalnya seperti pada contoh berikut ini:

    • Although he is only two years old, he already can read the book fluently. (Meskipun dia baru berusia dua tahun, dia sudah bisa baca buku dengan lancar)
    • My grandmother always exercises everyday although she’s on her nineties. (Nenekku selalu olahraga setiap hari walaupun dia berusia sembilan puluh tahunan)
  • Menunjukkan hal yang dianggap lebih penting

Kata although juga dapat digunakan ketika kita ingin menunjukkan hal yang dianggap lebih penting dibanding yang hal lainnya. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

Although that bag is expensive, it last forever and never goes out of style. (Walaupun tas itu mahal, itu awet dan tidak pernah ketinggalan jaman)

Pada contoh diatas, kata although digunakan untuk menunjukkan bahwa fakta tas tersebut awet dan tidak ketinggalan jaman lebih penting dibanding fakta tas itu mahal.

  • Memberikan informasi yang relevan

Penggunaan kata although yang selanjutnya adalah untuk memberikan informasi yang relevan sehingga menguatkan fakta tersebut. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

He’s in love with her, although he didn’t let his feeling show. (Dia mencintainya, meskipun dia tidak menunjukkan perasaannya)

Kata although digunakan untuk memberikan informasi relevan yaitu dia tidak menunjukkan peasaannya, dengan fakta pada klausa sebelumnya yaitu dia mencintainya.

Penggunaan Kata Even Though

Berikut beberapa penggunaan kata even though yang sering ditemui dalam Bahasa Inggris:

  • Menghubungkan dua hal yang bertentangan

Sama dengan although, kata even though juga dapat digunakan untuk menghubungkan dua hal yang bertentangan dalam satu kalimat. Pada penggunaan ini, kata even though dapat menggantikan although dan tetap memiliki makna yang sama.

Seperti ketika kita menggunakan kata even though untuk menggantikan although berikut ini:

    • Even though she’s new in this job, she’s doing really well. (Meskipun dia baru di pekerjaan ini, dia melakukannya dengan sangat baik)
    • We still enjoy the event even though the preparation was not done perfectly. (Kami tetap menikmati acaranya meskipun persiapannya tidak sempurna)
  • Memberikan penekanan lebih kuat

Penggunaan even though yang selanjutnya adalah untuk memberikan penekanan lebih mengenai hal yang bertentangan. Kata even though dapat digunakan jika kita ingin menggambarkan hal yang sangat bertolak belakang sehingga membutuhkan penekanan yang lebih kuat.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • Even though he didn’t finish his study on college, he became the head of company. (Walaupun dia tidak menyelesaikan pendidikannya di universitas, dia jadi pemimpin perusahaan)
    • I will always love you even though you didn’t love me back. (Aku akan selalu mencintaimu meskipun kamu tidak membalas cintaku)
  • Menunjukkan suatu hal tanpa menyangkal hal lainnya

Kata even though dapat digunakan untuk menunjukkan satu hal dalam kalimat, namun tidak menyangkal kebenaran hal lainnya. Penggunaan ini menunjukkan bahwa suatu hal tertentu tidak lantas membuat hal lainnya salah atau tidak terjadi.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

He is not ashamed of himself, even though other people point finger at him for what he’s doing. (Dia tidak malu akan dirinya sendiri, meskipun orang lain mengkritiknya atas apa yang dia lakukan)

Kata even though pada contoh diatas menunjukkan fakta bahwa dia tidak malu akan dirinya sendiri, meskipun tidak lantas menghilangkan fakta lainnya yaitu orang mengkritik atas perbuatannya.

Demikianlah pembahasan mengenai penggunaan kata although dan even though beserta contohnya dalam Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Contoh Expressing Admiration (Kekaguman) dalam Percakapan Part II
Penggunaan ‘Those’
Contoh Surat Orang Tua Murid Kepada Kepala Sekolah Mengenai Bayar SPP Dalam Bahasa Inggris
Kalimat atau Kata Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Galau / Kegalauan
Contoh Surat Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris
Kosakata Kata Tentang Nama-Nama Kejahatan / Kriminal
Contoh Kalimat Adjective Bahasa Inggris
Penggunaan ‘Afraid’ & Kata Lain dari ‘Afraid’
Contoh Pidato Hari Perempuan
Kata/Kalimat untuk Melamar Dalam Bahasa Inggris