sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan: Fluent vs Fluently vs Fluency vs Proficiency vs Accuracy

Tiga dari lima kata yang ada dalam judul artikel ini memiliki kaitan, sedangkan dua lainnya tidak. Namun, bukan berarti orang dapat dengan mudah membedakan arti kelimanya.

Terkadang penggunaan kata-kata tersebut cukup membingungkan, baik bagi pengguna bahasa Inggris asli maupun orang-orang yang baru belajar.

Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas perbedaan masing-masing kata beserta contoh penggunaannya dalam kalimat agar Anda dapat dengan mudah mengenali dan membedakannya. Mari simak penjelasan berikut ini.

FLUENT

FLUENT adalah kata sifat atau adjektiva, yang berarti lancar; dapat mengalir dengan lancar; dapat menggunakan/melakukan sesuatu dengan lancar.

Contoh:

  • My grandmother is a very fluent Japanese and Dutch speaker (Nenek saya adalah orang yang lancar berbicara bahasa Jepang dan Belanda).
  • That Javanese male dancer has a very fluent body (Penari Jawa lelaki itu memiliki tubuh yang amat gemulai).
  • I’m pretty fluent in speaking English and Spanish (Saya sangat lancar berbahasa Inggris dan Spanyol).

Sebagai kata sifat, fluent menjelaskan subjek dan nomina. Sehingga dapat Anda perhatikan pada contoh di atas bahwa fluent diikuti dengan nomina (Japanese and Dutch speaker dan body) dan berfungsi menjelaskan subjek seperti dalam kalimat ketiga.

FLUENTLY

FLUENTLY adalah kata keterangan atau adverbia, yang berarti secara lancar. Sebagai kata keterangan, fluently menjelaskan kata kerja atau verba.

Contoh:

  • Robert is already talking fluently for a three-year-old (Robert sudah berbicara dengan lancar untuk ukuran anak usia tiga tahun).
  • I’m able to converse fluently in English and Spanish (Saya mampu bercakap dengan lancar dalam bahasa Inggris dan Spanyol).
  • Because the attendance came from many countries and not all of them could speak English, ideas and opinions weren’t developed as fluently as expected (Karena hadirin yang datang dari berbagai negara dan tidak ada di antara mereka yang mampu berbahasa Inggris, ide-ide dan opini tidak berkembang selancar yang diharapkan).

Ingat bahwa fluent adalah kata sifat, sedangkan fluently adalah kata keterangan, sehingga seperti yang telah kami berikan pada contoh di atas, fluently mengikuti kata kerja (talking, converse, dan developed).

FLUENCY

FLUENCY adalah kata benda atau nomina, yang berarti kelancaran; kemampuan atau keadaan yang lancar. Sehingga, perhatikan letaknya dalam suatu kalimat yang biasanya mengikuti kata kerja.

Contoh:

  • Fluency in Mandarin is a plus for this job (Kelancaran dalam berbahasa Mandarin merupakan nilai tambah untuk pekerjaan ini).
  • She doesn’t think she would pass the fluency test in French (Dia tidak yakin bahwa dia dapat melalui tes kelancaran bahasa Prancisnya).

Ali Marsudi is dancer who’s known for his fluency and grace in depicting character Arjuna (Ali Marsudi adalah seorang penari yang terkenal akan kelemahgemulaian dan keanggunaannya dalam membawakan karakter Arjuna).

PROFICIENCY

PROFICIENCY adalah kata benda atau nomina, yang berarti kecakapan; kemahiran; keahlian.

Contoh:

  • The recruiter was surprised by her proficiency about the rules of the game after only reading them briefly (Sang perekrut terkejut akan kecakapannya tentang aturan permainan setelah hanya sekali membacanya dengan singkat).
  • He acquired proficiency in Dutch while he was studying law in Leiden University (Dia mendapatkan kemahiran berbahasa Belanda saat ia mempelajari hukum di Universitas Leiden).
  • Luckily, I have achieved advanced level of proficiency to do this job (Untungnya, aku sudah mencapai tingkat kemahiran yang tinggi untuk melakukan pekerjaan ini).

Sama seperti fluency yang memiliki kata sifat berupa fluent, proficiency pun memiliki kata sifat yakni proficient (cakap; mahir; ahli). Bentuk kata keterangannya adalah proficiently (secara cakap; secara mahir; secara ahli).

Contoh dalam kalimat:

  • Jake can figure out how to execute the plan proficiently (Jake dapat menemukan cara bagaimana untuk menjalankan rencana tersebut secara cakap).
  • Jenna is a proficient caligrapher (Jenna adalah kaligrafer yang mahir).

ACCURACY

ACCURACY adalah kata benda atau nomina, yang berarti ketepatan; ketelitian; keseksamaan.

Contoh:

  • The Martian, a science-fiction novel by Andy Weir, is praised for its scientific accuracy (The Martian, sebuah novel fiksi ilmiah karangan Andy Weir, dipuji karena ketepatan ilmiahnya).
  • She has terrible accuracy in math, that’s why we can’t trust her in accounting department (Dia memiliki ketelitian yang buruk dalam matematika, karena itulah kita tidak bisa memercayainya di departemen keuangan).
  • The Rain Main guessed how many toothpicks fell on the floor with uncanny accuracy (The Rain Man (The Rain Man menebak berapa banyak tusuk gigi yang jatuh di lantai dengan ketepatan yang mengagumkan).

Accuracy pun memiliki kata sifat berupa accurate (tepat; teliti, cermat, seksama). Kata keterangannya adalah accurately (secara tepat; secara teliti; secara cermat; secara seksama).

Contoh dalam kalimat:

  • Dad has great accuracy in hitting balls in billyard (Ayah memiliki ketepatan yang amat baik dalam menyundul bola di bilyar).
  • The test pack can detect pregnancy 99% accurately (Test pack dapat mendeteksi kehamilan secara tepat 99%).

Sehingga, dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan:

FLUENCY PROFICIENCY ACCURACY
Fungsi Kata benda Kata benda Kata benda
Arti Kelancaran, kemampuan atau keadaan yang lancar. Kecakapan; kemahiran; keahlian. Ketepatan; ketelitian; keseksamaan.
Bentuk kata sifat Fluent (lancar). Proficient (cakap; mahir; ahli). Accurate (tepat; teliti; seksama).
Bentuk kata keterangan Fluently (secara lancar). Proficiently (secara cakap; secara mahir; secara ahli). Accurately (secara tepat; secara teliti; secara seksama).

Demikianlah penjelasan singkat kami mengenai perbedaan kelima kata tersebut. Semoga bermanfaat dan dapat melepaskan Anda dari kebingungan dalam menggunakannya. Selamat belajar!

 

Perbedaan I Too, I Also, Me Too, dan Me Also
Perbedaan Inggris British (UK), Amerika (US), dan Australia (AU)
Perbedaan Safe vs Save, Safe vs Secure, Safety vs Security, Fail Save vs Fail Secure
Perbedaan: Look, Look like, Look up, Look after, Look for, dan Look into
Perbedaan Have Been, Has Been, dan Had Been
Perbedaan Most dan Most Of
Perbedaan: Beside vs Besides
Quantifier: Perbedaan Many, Much dan A Lot Of
Perbedaan Kata Benda Plural vs Singular
Perbedaan: God, Gods, Goddess, Deity


 
Perbedaan Preposition In vs On vs Under
Bahasa Formal English dan Informal English
Contoh Ucapan Selamat Natal dalam Bahasa Inggris
Kesalahan Belajar Bahasa Inggris yang Umum
Apa Itu Oxymoron?
Imperatives: Cara Memberi Perintah dalam Bahasa Inggris
Cara Memberi Nasihat dalam Bahasa Inggris (Giving Advice)
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan Naik Angkutan Umum Bus Kota
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Hiburan Malam