sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Wish Dan Hope

Di dalam Bahasa Inggris pasti ada beberapa jenis kata yang punya jenis kata yang berbeda namun artiannya hampir sama atau mirip. Ketika anda ingin menyatakan sebuah harapan menggunakan Bahasa Inggris maka biasanya kata apa sih yang anda gunakan? Apakah anda biasanya menggunakan kata wish atau kata hope? Keduanya mungkin memiliki arti atau makna yang hampir sama yaitu punya arti mengungkapkan harapan. Sebenarnya kedua jenis kata ini memiliki kedudukan yang sama di dalam Bahasa Inggris yang bisa sama-sama menjadi kata kerja atau verb dan juga kata benda atau noun. Lalu bagaimana pengunaan dua kalimat ini dan apa saja perbedaan dari wish dan hope? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Penggunaan kata wish

Sebelum kita membahas mengenai perbedaan dari wish dan juga hope, maka pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda terlebih dulu untuk tahu apa arti atau makna dari wish. Wish sendiri bisa bertindak sebagai kata kerja atau verb yaitu mengharapkan, menghendaki, atau ingin. Kemudian ketika wish berubah menjadi kata benda atau noun maka artinya adalah kehendak, kemauan, dan juga keinginan.

Kata wish di dalam Bahasa Inggris ini digunakan untuk menyatakan harapan yang tidak mudah untuk diwujudkan atau bisa dikatakan mustahil untuk diwujudkan. Biasanya kata wish dalam Bahasa Inggris ini digunakan untuk mengekspresikan pengandaian, digunakan untuk mengungkapkan doa, dan juga untuk mengucapkan keinginan dengan lebih sopan.

Contoh dari kalimat menggunakan wish

Untuk lebih memudahkan memahami dari wish sendiri maka ada beberapa contoh penggunaan wish:

  1. I wish I can fly right now (Aku berharap bahwa aku bisa terbang hari ini)
  2. I wish today is Sunday (Saya berharap hari ini adalah hari Minggu)
  3. We wish that they had come to my Party Yesterday (Kami berharap bahwa mereka datang ke pesta saya kemarin)

Rumus penggunaan kalimat wish

Setelah mengetahui beberapa informasi mengenai definisi dari kata wish dan juga beberapa contoh dari kalimat menggunakan wish, maka pada kesempatan kali ini kami juga akan memberikan informasi penting mengenai beberapa rumus penggunaan kata wish. Berikut adalah beberapa rumusnya:

1. Future wish

Rumus yang pertama adalah future wish atau wish yang diinginkan atau diharapkan di kedepannya. Berikut ini adalah rumus jika ingin menggunakan future wish:

Subject + wish + (that) + Subject + [could + verb] / [would + verb] / [were + Verb.Ing]

2. Present wish

Rumus yang kedua merupakan rumus dari present wish yang diinginkan atau diharapkan saat ini. Berikut ini adalah rumus jika ingin menggunakan present wish:

Subject + wish + (that) + Subject + simple past

3. Past wish

Rumus yang selanjutnya adalah rumus untuk past wish atau yang diinginkan atau diharapkan untuk masa lalu. Berikut merupakan rumus jika anda ingin menggunakan past wish:

Subject + wish + (that) + Subject + [past perfect] / [could have] / [Verb.Ing past participle]

Penggunaan kata hope

Jika tadi kita sudah membahas informasi mengenai pengertian, contoh penggunaan, dan juga rumus dari wish, maka pada poin kali ini kami juga akan mengajak anda semua untuk tahu informasi mengenai kata hope. Kata hope ini digunakan untuk menyatakan harapan yang bisa dan juga sangat mungkin untuk terjadi. Hope ini bisa digunakan untuk menunjukkan keinginan di masa depan, ketika anda ingin melakukan sesuatu di masa depan. Selain itu hope bisa diikuti oleh semua jenis tenses.  

Contoh dari kalimat menggunakan hope

Untuk lebih memudahkan memahami dari hope maka berikut ini adalah beberapa contoh dari penggunaan hope:

  1. I hope I can buy new car this month (Saya harap saya bisa membeli mobil baru di bulan ini)
  2. I hope (that) she will like these bag (Saya harap dia menyukai tas ini)
  3. I hope your business runs successfully (Saya berharap bisnismu berjalan dengan sukses)

Perbedaan kata wish vs hope

Jika tadi kita sudah tahu informasi mengenai apa saja pengertian dan juga contoh dari masing-masing kata wish dan juga hope. Maka sekarang ini kami akan mengajak anda semua untuk mengetahui apa perbedaan dari wish dna juga hope. Karena walau mungkin memiliki arti yang sama, namun tetap saja anda harus tahu perbedaannya sehingga bisa menggunakan dua jenis kata ini di konteks yang tetap.

Jadi kapan kita bisa menggunakan wish dan hope? Wish sendiri digunakan ketika anda menginginkan atau mengharapkan sesuatu namun sesuatu itu seperti sulit anda capai dan mungkin masih jauh. Lalu untuk hope digunakan ketika anda menginginkan sesuatu atau apa yang anda inginkan itu sudah dekat dengan keinginan anda. Supaya anda lebih memahaminya, maka perhatikanlah contoh berikut ini.

I hope I can buy new car this month (Saya harap saya bisa membeli mobil baru bulan ini). Bisa menggunakan kata hope di dalam kalimat karena mungkin tabungan untuk membeli mobil kurang sedikit lagi, sehingga jika anda berusaha menabung sedikit lagi maka mungkin bisa membelinya. Namun jika anda merasa bahwa anda berharap untuk menginginkan mobil namun tabungan anda masih kurang banyak dan karena anda masih ada tanggungan lain maka anda bisa menggunakan kata wish di dalam kalimat.

Itu tadi beberapa informasi mengenai perbedaan kata wish vs hope. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan membantu anda semuanya!

 

Perbedaan Wish Dan Hope
Contoh Dialog dengan Hope & Wish
Perbedaan Hope & Wish
Penggunaan I Wish, If Only, dan Hope
Percakapan Inggris tentang Hope & Dream (Harapan & Mimpi)
Perbedaan ‘Wish’ vs ‘Hope’
Penggunaan ‘I Wish’, ‘If Only’ dan ‘Hope’