sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase

Dalam sesi speaking dan writing tes TOEFL, parafrase adalah salah satu hal yang paling penting. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan parafrase, kamu akan terhindar dari kemungkinan mendapat skor TOEFL rendah.

Skor rendah mungkin saja diberikan jika kamu menjawab terlalu mirip dengan pertanyaan. Meskipun pertanyaan yang ada sangat mudah dipahami dan sudah sesuai dengan grammar, namun masih ada kemungkinan kamu mendapat skor rendah jika terlalu banyak menggunakan kata-kata yang sama dengan yang ada dalam artikel atau audio tracks.

Menirukan kata yang kamu dengar atau baca, mengulangnya dengan perubahan yang sangat sedikit pada dasarnya sah-sah saja dilakukan, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan bisa jadi kamu melakukan hal ini tanpa menyadarinya.

Dalam latar komunikasi bahasa Inggris yang tidak terlalu formal, hal ini bisa diterima dan sangat alamiah. Namun, hal ini tidak bisa diterima dalam penggunaan bahasa Inggris di tes TOEFL.

Untuk menghindari kesalahan yang kerap terjadi ini, penting untuk berlatih parafrase selama persiapan jelang tes TOEFL. Semakin terlatih kamu dalam memparafrasekan sesuatu, akan kian bagus mental yang terbentuk saat menghadapi berbagai hal dalam bahasa Inggris.

Tentu kamu mau kan, berhasil memparafrase soal dengan alami saat tes TOEFL berlangsung?

Parafrase, Bukan Mengulang

Satu aturan dasar yang perlu kamu ingat adalah parafrase lebih dari sekadar menggunakan kata-kata orang dengan cara yang berbeda. Dalam konteks yang lebih besar, parafrase artinya memahami bahwa ada begitu banyak cara untuk menyampaikan hal yang sama.

Parafrase yang baik adalah saat kamu bisa menemukan cara berbeda dalam menyampaikan hal bermakna serupa. Artinya, kamu bukan hanya mengulang sebuah informasi, tapi kamu mengemasnya dalam kata-kata versi kamu sendiri lengkap dengan informasi pribadi.

Dalam tes TOEFL, parafrase adalah media pembelajaran untuk memahami ide secara menyeluruh, dalam kata-kata dan opini kamu sendiri. Untuk mengetahui cara kerja hal ini, mari kita simak beberapa kutipan dalam narasi TOEFL Integrated Speaking berikut ini.

Versi lengkap dari narasi ini ada pada halaman 23 dalam Speaking Task 3 TOEFL Quick Prep Volume1.

SCULPTURE COURSES TO BE DISCONTINUED

University administrators announced yesterday that the sculpture program, a division of the art department, will be eliminated. “The main reason is a lack of student interest,” reported one administrator. “Although the number of art students has increased, fewer and fewer art majors are taking sculpture classes.” Furthermore, the department’s only sculpture professor is retiring this year. “Given the art department’s limited budget,” the administrator explained, “it just doesn’t make sense to hire a new full-time professor to teach sculpture for only a handful of students.”

Contoh narasi Integrated Speaking seperti di atas adalah contoh ideal untuk berlatih parafrase. Alasannya karena informasi dalam paragraf tersebut perlu dipersingkat menjadi kesimpulan ringkas.

Artikel di atas memiliki 85 jumlah kata. Parafrase seharusnya bisa mengemasnya menjadi artikel dengan jumlah kata yang lebih sedikit. Gunanya adalah sebagai acuan untuk memulai speaking.

Untuk bisa menghasilkan parafrase yang lebih singkat, tentu perlu kemampuan parafrase yang begitu tajam.

Mari kita lihat contoh parafrase yang mungkin dibentuk dari artikel di atas:

  • Parafrase 1

The university will discontinue the sculpture program. Administrators say students simply don’t have much interest in sculpture anymore, and the one sculpture professor in the art department is about to retire anyway.

  • Parafrase 2

University officials have announced that the sculpture program will be cancelled. They cite declining student interest as one of the main reasons for the cancellation. Another issue is a lack of instructors; the only teacher of sculpture courses will be retiring shortly. Finally, the art department doesn’t have enough money for more sculpture classes.

  • Parafrase 3

The school’s sculpture classes are all about to be permanently removed from the art department’s offerings, as students are no longer interested in sculpture, the only sculpture professor is leaving, and there is not enough funding to keep offering these courses.

  • Parafrase 4

The art department at the university is getting more and more students, but at the same time, fewer and fewer students are enrolling in sculpture classes. Because students are no longer interested in sculpture and because the sculpture professor is retiring, school administrators decided to cancel the sculpture program.

Itu tadi 4 rangkuman bentuk parafrase yang bisa kamu ambil dari artikel aslinya. Ada yang singkat, namun ada juga yang masih cukup panjang.

Hal ini berarti satu hal: bahasa manusia memiliki begitu banyak kemungkinan untuk berbicara apapun. Tidak ada batas untuk menciptakan parafrase hal apapun.

Di atas hanya ada 4 contoh, dan masih ada belasan bahkan puluhan bentuk lain yang bisa kita rumuskan.

Begitu banyak cara untuk parafrase sebuah artikel dan mengaplikasikannya dalam tes TOEFL. Ingat aturan mendasar dalam parafrase TOEFL: buat kalimat yang lebih singkat dan sebisa mungkin hindari kata-kata yang ada dalam artikel atau audio track aslinya.

Dari 4 bentuk parafrase di atas, ada banyak hal yang bisa dikritisi. Pendekatan dari tiap parafrase di atas berbeda. Jika kamu merasa salah satu bentuk parafrase memiliki informasi yang berulang, jangan ragu untuk membuangnya.

Atau ada ide penting yang luput dari parafrase tersebut? Jika iya, masukkan dalam parafrase versi kamu sendiri, tentu dengan pilihan kata kamu juga. 4 contoh parafrase di atas adalah contoh yang bisa memancing kamu memikirkan bagaimana memparafrase sesuatu.

Kini, saatnya kamu membuat parafrase dalam berbagai pola versi kamu sendiri. Cari artikel TOEFL dan asahlah kemampuan kamu dalam berparafrase, baik untuk writing maupun speaking.

Cari tahu mana yang paling tepat dan terasa cocok dengan kamu saat nanti hari H mengerjakan tes TOEFL. Carilah parafrase yang singkat, efisien, dan menyuarakan opini versi kamu pribadi.

Artikel Lainnya

Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Apostrophe dalam Kata Ganti Benda Kepemilikan
Berbagai Tanda Baca dalam Penulisan Bahasa Inggris Akademik
Tip TOEFL: Berapa Lama Masa Berlaku Skor TOEFL?
Tip TOEFL: Apakah Belajar TOEFL Bermanfaat di Kehidupan Nyata?
Tip TOEFL: Supaya Tidak Kehabisan Waktu saat Kerjakan Tes TOEFL
Tip TOEFL: Berapa Lama Waktu untuk Belajar TOEFL?
Tip TOEFL: Tip Taklukan TOEFL bagi Kamu yang Dari Indonesia
Tip TOEFL: Ketika Sistem Sebuah Negara Mempengaruhi Skor TOEFL

 

Tip TOEFL: Kiat menghadapi Tes TOEFL, Persiapan Menentukan Prestasi!
Belajar Tes Reading TOEFL: Detail Questions
Contoh Soal Listening TOEFL: Long Discussions
Tip TOEFL: Frasa Sering Terucap: “Chances Are”
Belajar Tes Reading TOEFL: Except Questions
Speaking TOEFL: Formula Menjawab Speaking Task: “SEA”
Tip TOEFL: Belajar TOEFL dari Komunitas Kekinian? Bisa!
Listening TOEFL: Masalah Psikologis yang Muncul saat Hadapi Tes Listening
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 2)
Writing TOEFL: Mencari Ide Menulis


 
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 2)
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 1)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 2)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 1)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 1)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Seni
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Mengenal Negara-negara
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Sosok Penting
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Health
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression: Petakan Isu Formal