sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Rumus dan Contoh Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris

Dalam mempelajari tata bahasa, ada jenis kalimat aktif dan juga kalimat pasif. Kalimat pasif dalam Bahasa Inggris dikenal dengan sebutan passive voice, sedangkan kalimat aktif adalah active voice. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas tentang rumus dan contoh kalimat pasif dalam Bahasa Inggris.

Langsung saja simak pembahasannya berikut, ya!

Rumus Dasar Kalimat Pasif Bahasa Inggris

Hal yang pertama perlu diketahui dalam mempelajari passive voice adalah rumus dari kalimat pasif itu sendiri. Kalimat pasif dalam Bahasa Inggris mudah dikenali dengan penggunaan past participle atau verb bentuk ketiga yang didahului dengan be.

Berikut rumus dasar kalimat pasif dalam Bahasa Inggris:

Object + be + past participle + by + subject

(Objek + be + kata kerja bentuk ketiga + oleh + subjek)

Rumus ini kebalikan dari rumus kalimat aktif. Dalam active voice, subject terletak di awal kalimat baru diikuti dengan kata kerja dan objek. Sedangkan dalam passive voice, letak object dipindahkan menjadi di awal kalimat. Baru kemudian diikuti diikuti dengan kata kerja dan subject kalimat.

Untuk lebih dapat memahami rumus kalimat pasif, dapat dilihat pada contoh berikut:

Kalimat aktif: Risa buys a new dress (Risa membeli sebuah gaun baru)

Kalimat pasif: A new dress is bought by Risa (Sebuah gaun baru dibeli oleh Risa)

Pada contoh di atas, Risa sebagai subjek letaknya dipindahkan di akhir kalimat pasif. Sedangkan a new dress sebagai objek letaknya pindah ke awal kalimat. Kata kerja buys berubah menjadi is bought yang merupakan be + past participle.

Namun perlu diingat juga bahwa rumus ini hanyalah patokan dasar agar memudahkan kita dalam membuat kalimat pasif. Tidak semua kalimat pasif menggunakan kata bantu by, tergantung dengan konteks kalimatnya. Ada juga kalimat pasif yang tidak diketahui siapa pelaku atau subject-nya sehingga tidak ada kata by.

Misalnya seperti yang dapat dilihat pada kalimat berikut:

A bucket of flowers was delivered to me this morning. (Sebuah buket bunga diantarkan padaku pagi ini)

Pada contoh di atas, a bucket of flower adalah objek dalam kalimat pasif. Objek ini diikuti dengan be + past participle yaitu was delivered. Sedangkan to me adalah keterangan, bukan subjek. Tidak diketahui siapa subjek yang mengirimkan bunga pada kalimat pasif tersebut.

Contoh Kalimat Pasif dalam Bahasa Inggris

Mendalami pemahaman mengenai kalimat pasif dalam Bahasa Inggris dapat kita lakukan dengan melihat contoh-contoh kalimatnya. Berikut kumpulan contoh kalimat pasif Bahasa Inggris beserta artinya.

  • A basket of fruit was sent by Rama to Indira yesterday. (Sekeranjang buah dikirim oleh Rama untuk Indira kemarin)
  • The plot of my favorite author’s new novel is really well written. (Alur dari novel terbaru penulis favoritku benar-benar ditulis dengan baik)
  • A lot of gifts is being given by my father after his work trip to Dubai. (Banyak hadiah sedang diberikan oleh ayahku setelah perjalanan kerjanya ke Dubai)
  • The guitar is being played by Gilang for two hours. (Gitar itu sedang dimainkan oleh Gilang selama dua jam)
  • The dim lamp was changed yesterday into the new one. (Lampu yang redup diganti kemarin ke lampu yang baru)
  • My family’s car was borrowed by our neighbor last week and they do not return it yet. (Mobil keluargaku dipinjam oleh tetangga kami pekan lalu dan mereka belum mengembalikannya)
  • Mobile Legends game is played by Joko everyday as he became addicted to the game. (Game Mobile Legends dimainkan oleh Joko setiap hari dimana dia jadi kecanduan game itu)
  • Spaghetti is being cooked by my mother for our dinner tonight. (Spageti sedang dimasak oleh ibuku untuk makan malam kita hari ini)
  • A beautiful work art is being displayed in the new gallery at the town. (Karya seni yang indah sedang dipajang di galeri baru di kota)
  • Nowadays, the internet is reached in almost every place in the world. (Sekarang ini, internet dijangkau hampir di semua tempat di dunia)
  • Heri was given another chance to take a remedial exam for Math subject. (Dia diberikan kesempatan lagi untuk mengambil ujian remedial untuk pelajaran Matematika)
  • Her bag was stolen when she was shopping at the shopping mall last Wednesday. (Tasnya dicuri ketika dia sedang berbelanja di mall hari Rabu lalu)
  • The sunflower seeds will be planted in our school garden next week. (Bibit bunga matahari akan ditanam di taman sekolah kami pekan depan)
  • In the last round of competition, Johny was defeated by another contestant. (Di babak terakhir kompetisi, Johny dikalahkan oleh kontestan lain)
  • My fridge is not operating properly these days, so it will be repaired tomorrow. (Kulkasku tidak bekerja dengan baik akhir-akhir ini, jadi akan diperbaiki besok)
  • Bayu asked for work relocation to another city, and he will be placed in Bandung branch of his office. (Bayu meminta perpindahan kerja ke kota lain, dan dia akan ditempatkan di kantor cabang Bandung)
  • The hit series Layangan Putus is going viral and being watched by many people in our country. (Serial terkenal Layangan Putus menjadi viral dan sedang ditonton oleh banyak orang di negara kami)

Demikianlah pembahasan tentang rumus kalimat pasif dalam Bahasa Inggris dan contoh-contoh kalimatnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Contoh Percakapan di Telepon (Phone Conversation)
Kosakata Bagian-bagian Rumah dalam Bahasa Inggris: Nama dan Contoh Penggunaannya
Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Barang dalam Bahasa Inggris
Contoh Pidato tentang Hari Gizi dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Contoh Presentasi Bahasa Inggris tentang Produk
Contoh Kalimat Intransitive
Kata Depan dalam Bahasa Inggris (Preposition): Jenis dan Contohnya
Contoh Dialog “Checking for Understanding“
Kumpulan Contoh Percakapan Mengajak Makan Bersama dalam Bahasa Inggris
Contoh Beberapa Kalimat Doa Dalam Bahasa Inggris