sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Sejumlah Gestur Kasar, Tidak Sopan, dan Mengejek di Inggris

Budaya setiap wilayah memiliki kebiasaan yang berbeda-beda dan tidak semuanya dapat disamaratakan begitu saja. Hal ini penting untuk dipahami karena terdapat beberapa kebiasaan atau perilaku yang mungkin dapat berterima di negara kita sendiri namun ternyata tidak sopan di negara lain. Seperti contohnya dalam membuat sebuah gestur di sebuah negara, Anda harus sadar betul bahwa gestur tertentu bisa saja memiliki arti yang tidak sopan atau kasar.

Dalam pembahasan kali ini, akan dijelaskan sejumlah gestur yang memiliki arti mengejek, kasar, dan tidak sopan di Inggris. Penting bagi para pendatang untuk mengetahui bahwa beberapa hal, termasuk bahasa tubuh dan gestur tangan yang sangat familiar bagi mereka dan dianggap normal mungkin memiliki arti yang berbeda di budaya lain. Dalam beberapa kasus, seorang pendatang asing bisa dianggap tidak sopan di beberapa negara dan terkena pasal hanya karena melakukan gestur yang tidak sesuai dengan peraturan di negara tersebut. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menghindari gestur-gestur tertentu agar tidak melakukan kesalahan yang memalukan.

Pembahasan ini akan menjelaskan sejumlah gestur yang paling tidak sopan yang ada di Inggris, dimulai dari beberapa gestur yang kemungkinan besar telah diketahui oleh orang-orang dari luar negeri juga. Berikut ini adalah sejumlah contoh gestur yang dianggap tidak sopan atau bahkan kasar di Inggris yang sebaiknya Anda hindari.

The V Sign (Tanda V)

Ini adalah hal yang paling spesifik di budaya Inggris saja karena biasanya digunakan juga di negara-negara lain dan disalahartikan serta disalahgunakan bahkan oleh orang Amerika. Cara membuat tanda ini adalah dengan membuat bentuk V menggunakan jari telunjuk dan jari tengah Anda. Gestur ini serupa dengan gestur peace sign (tanda damai) hanya saja dengan telapak tangan yang dibalik. Artinya serupa dengan mengucapkan persetan kepada seseorang dan membuat gestur ini kurang lebih sama seperti memberi jari tengah kepada orang lain.

Middle Finger / Giving someone the finger (Jari tengah)

Kepalkan tangan kanan Anda dengan punggung telapak tangan mengarah ke orang lain dan angkat jari tengah Anda untuk melakukan gestur ini. Seperti yang telah diketahui di Indonesia juga, ini adalah gestur yang sangat kasar dan tidak sopan di Inggris. Pada dasarnya memiliki arti mengucapkan persetan kepada orang lain dan seringkali digunakan untuk pengganti agar tidak sungguh memukul seseorang.

Five Finger Shuffle Gesture (Gestur Tangan Mengocok)

Buat lingkaran dengan menyatukan ujung jempol dan ujung jari-jari lain di tangan kanan Anda, dengan ujung jempol dan ujung telunjuk menyambung dan jari lain berada di bawah telunjuk, seperti kepalan tangan dengan bolong di tengahnya. Tanpa menggerakkan lengan Anda, gerakkan tangan Anda naik dan turun. Ini jelas adalah gestur seperti orang meracap yang dapat diartikan sebagai wanker dalam bahasa Inggris. Wanker adalah ejekan untuk orang yang egois, sombong, dan sebagainya.

Gestur untuk Mengejek Gila

Terdapat dua cara untuk melakukan gestur mengejek orang gila. Keduanya dimulai dengan menunjuk dahi Anda menggunakan telunjuk tangan kanan. Cara pertama adalah dengan memutar telunjuk tersebut seperti menggambar lingkaran kecil di pinggir dahi Anda. Cara kedua adalah dengan mengetuk dahi Anda menggunakan telunjuk tersebut beberapa kali.

Thumbing your nose at someone (Meledek secara kekanakan)

Taruh ujung jempol kanan Anda ke ujung hidung Anda, lalu biarkan keempat jari lainnya berdiri ke atas terbuka. Kemudian gerakan keempat jari tersebut naik dan turun seakan-akan sedang memainkan trompet. Ini adalah gestur meledek yang biasanya digunakan oleh anak-anak kecil, seperti versi yang paling “sopan” untuk tanda V sebelumnya.

Blowing a Raspberry

Keluarkan lidah Anda di antara gigi dan bibir Anda yang menutup hingga hanya terlihat ujung lidahnya saja. Kemudian tiupkan angin melalui sekeliling lidah Anda sehingga udaranya membuat suara yang tidak sopan, seperti suara buang angin. Gestur dan suara ini memiliki sejumlah arti dalam bahasa Inggris, biasanya memiliki arti seperti “Itu tidak adil”, “Saya iri kepada Anda” atau “Saya tidak peduli.”

Slow Hand Clap (Tepuk Tangan Lambat)

Tepuk tangan Anda seakan-akan seseorang telah melakukan sesuatu yang baik seperti memainkan biola dengan baik, namun lakukan dengan sangat perlahan. Gestur ini memiliki arti yang sangat berbeda dengan arti dari tepuk tangan biasanya, justru memiliki arti tidak setuju atau tidak terkesima dengan sesuatu yang baru saja terjadi.

Gestur Angin Lewat

Lakukan gestur ini dengan membuat suara seperti ada pesawat yang melayang di atas kepada Anda sambil menggerakkan tangan yang terbuka di atas kepala Anda. Gestur ini memiliki arti bahwa seseorang tidak mengerti sesuatu yang seharusnya mereka tangkap artinya. Seperti contohnya ketika seseorang tidak menyadari ironi, sarkasme, bercandaan, ledekan, atau referensi sesuatu.

Hormat Militer

Hormat militer yang serius adalah suatu hal yang sebagian besar orang Inggris tidak pernah lakukan seumur hidup mereka. Mungkin karena itulah, melakukan hormat selalu dianggap sebagai hal yang ironis atau bahkan memiliki arti yang agresif di Inggris. Gestur hormat ini memiliki konotasi bahwa orang yang memberikan perintah sebenarnya tidak memiliki otoritas untuk melakukannya atau bahwa mereka seharusnya meminta Anda secara baik-baik dan sopan. Gestur ini seperti mengutarakan “Siapa yang membuat Anda menjadi bosnya?” atau “Saya akan melakukannya, namun saya akan membalasnya nanti.”

Gestur Blah Blah Blah

Taruh kedua tangan Anda di depan badan Anda dengan keempat jari kedua tangan saling mengarah ke satu sama lain dan jempol berada di bawahnya. Gerakkan jempolnya ke atas dan ke bawah sehingga terlihat seperti dua bebek yang tengah membuka dan menutup mulutnya. Gestur ini merepresentasikan orang berbicara, biasanya memiliki arti bahwa orang tersebut berbicara terlalu keras atau membicarakan hal yang tidak berguna.

Shrugging (Mengangkat bahu)

Gestur satu ini dapat memiliki arti “saya tidak peduli” atau “saya tidak cukup peduli untuk memikirkannya” di Inggris. Sementara pada umumnya gestur ini justru dianggap sebagai gestur yang mengatakan bahwa Anda tidak mengetahui suatu hal. Gestur ini dapat dibilang sebagai salah satu tanda sikap yang buruk.

Gestur Mabuk

Arahkan jempol Anda ke mulut dengan tangan yang terkepal dan kelingking yang menjulur di ujung satunya lagi. Gestur ini bisa memiliki arti minuman keras saja, seperti mengajak seseorang untuk minum bersama. Namun ini juga bisa memiliki arti bahwa orang tersebut mabuk atau bahkan bahwa orang tersebut pecandu alkohol. Terutama jika Anda menggerakkan kepala Anda dari kiri ke kanan atau memutar mata Anda sambil berpura-pura minum dari jempolnya.

Gestur Tidak Ikut Campur

Menepuk kedua telapak tangan Anda pada satu sama lain sambil menggerakkannya ke atas dan bawah, seperti berusaha untuk membersihkannya dari debu adalah cara untuk melakukan gestur ini. Gestur ini memiliki arti ingin mengatakan bahwa Anda sudah menyerah dan tidak ingin berurusan lagi dengan sesuatu.

Face Palm

Buka telapak tangan Anda di depan wajah dengan bagian dalam mengarah ke wajah lalu arahkan dan majukan hingga mengenai dahi Anda, lebih baik lagi jika terdengar suara menepuknya. Hal ini dapat memiliki arti “Itu hal yang sangat bodoh untuk dilakukan atau dikatakan.”

Gestur Menembak Diri Sendiri

Membuat gestuk menembak diri sendiri di kepala dengan telunjuk dan jari tengah sebagai ujung pistol dan jempol Anda sebagai bagian pelatuknya. Gestur ini juga digunakan kepada orang lain dengan arti “Kau sungguh melakukannya lagi?”, “Saya tidak percaya saya harus mendengarkan Anda bercerita tentang itu lagi”, atau “Saya lebih baik bunuh diri daripada harus mendengarkannya lagi.”

Gestur Mengangkat Tangan

Mulai dengan membuka telapak tangan Anda mengarah ke luar dan naikkan kedua tangan hingga berada di atas bahu, dekat dengan telinga Anda. Gestur ini bisa memiliki arti yang cukup tidak sopan berarti “Saya menyerah dengan Anda. Anda jelas tidak akan bisa melakukan ini atau Anda terlalu bodoh untuk mengerti.”

Gestur Menyuruh Diam

Satukan jempol dan jari telunjuk tangan kanan Anda dan taruh di ujung kiri bibir Anda yang tertutup. Lalu tarik garik lurus melalui bibir Anda hingga mencapai ujung kanan bibir. Gestur ini merepresentasikan menutup mulut Anda seperti menutup resleting tas dan semacamnya. Terkadang gestur ini bisa menjadi sangat kasar jika Anda sambil mengatakan “Zip it!” (Diam!).

Gestur Memijat Dahi

Kernyitkan wajah Anda sampai tertekuk membentuk cemberut. Lalu sentuh bagian kiri dan kanan dahi Anda dengan menggunakan jempol dan jari tangan kanan Anda. Kemudian mulai memijat kepala Anda seakan Anda sedang berpikir begitu keras, pusing, atau kesal. Gestur ini jelas saja memiliki arti bahwa Anda sudah sangat pusing dengan orang yang Anda hadapi.

Gestur Memutar Mata

Lihat ke atas sejauh yang Anda bisa dan mungkin Anda bisa membuat mata Anda sungguh berputar dengan menggerakannya ke kiri dan ke kanan juga. Gestur ini dapat memiliki arti semacam “Anda serius?”, “Sudah cukup!”, “Saya tidak percaya Anda telah melakukan itu lagi”, atau “Kau begitu memalukan.” Seperti kalimat-kalimat tersebut, gestur ini lebih sering digunakan oleh para remaja dan diarahkan kepada orang dewasa, terutama kepada orang tua mereka. Jika orang dewasa terlihat menggunakan gestur ini, ia akan terlihat cukup tidak dewasa dan justru membuatnya terlihat buruk dan kekanakan.

Bring It On (Ayo Maju)

Lakukan gestur “ayo sini” dengan mengarahkan kedua tangan kepada seseorang (Dengan jari-jari mengarah ke atas dan telapak tangan mengarah ke diri sendiri) bisa memiliki arti “Kemarilah untuk berkelahi jika Anda berani.” Gestur ini juga memiliki arti yang lebih tidak menyangkut pada serangan fisik seperti “Silakan hina saya separah mungkin, saya bisa menerimanya.”

Loser, Whatever, Speak to the hand (Pengecut, Terserah, Bicara pada tangan)

Untuk melakukan gestur pertama, Anda dapat membentuk huruf L dengan menggunakan jempol dan jari telunjuk tangan kanan dan ditempelkan pada dahi Anda, dengan jempol mengarah horizontal dan telunjuk mengarah vertikal. Kata ini memiliki arti bahwa orang yang diarahkan telah kalah pada suatu pertandingan. Namun ejekan ini juga bisa berarti bahwa mereka telah melakukan sesuatu yang membuang-buang waktu dan tidak keren.

Selanjutnya untuk membuat gestur whatever Anda dapat menyatukan jari telunjuk dan jari tengah dari kedua tangan Anda, dengan ujung telunjuk saling mengenai satu sama lain. Jemari yang lainnya dibentuk menjadi kepalan agar terlihat terbentuk huruf W dari keempat jari tersebut. Whatever memiliki arti bahwa Anda tidak peduli dengan apa yang dikatakan oleh orang lain. Seperti contohnya jika seseorang baru saja mengejek Anda dan Anda tidak peduli dengan ejekan yang diarahkan kepada Anda.

Gestur yang terakhir adalah Speak to the hand (bicara pada tangan saya) yang memiliki arti bahwa Anda tidak tertarik mendengarkan apa yang akan dibicarakan oleh orang lain. Gestur ini dibuat dengan mengangkat telapak tangan Anda yang diarahkan ke orang lain dan membuang muka Anda ke satu sisi. Gestur ini biasanya dilakukan sambil mengatakan “Speak to the hand”.

Gestur Mencekik

Taruh kedua tangan Anda di sekeliling leher Anda dengan menyilangkan keduanya di atas satu sama lain seperti Anda sedang berusaha untuk mencekik diri sendiri. Kemudian keluarkan lidah Anda dan putar mata Anda ke belakang seakan-akan tengah hampir mati. Gestur ini memiliki arti bahwa Anda merasa terlalu gugup atau gagal melakukan sesuatu. Hal ini juga memiliki arti bahwa Anda malu akan sesuatu dan rasanya lebih baik mati saja.

Tidak disangka bahwa ternyata terdapat begitu banyak gestur yang mungkin terlihat atau terkesan biasa saja di budaya kita namun ternyata memiliki arti yang tidak sopan atau bahkan kasar di negara lain. Itulah dia sejumlah gestur kasar, tidak sopan, dan mengejek di Inggris yang sebaiknya Anda kenali dan ingat baik-baik agar tidak Anda lakukan jika Anda berkunjung ke negeri sang Ratu Elizabeth tersebut. Semoga dengan mengetahui gestur-gestur ini, Anda dapat menyelami budaya Inggris dengan lebih dalam dan lancar tanpa melakukan hal yang memalukan di hadapan mereka.

 

Kalimat Tidak Sopan Bahasa Inggris yang Tidak Sengaja Diucapkan Non-Native
English Manner: Hal-hal yang Termasuk dalam Perilaku Tidak Sopan
Sejumlah Gestur Kasar, Tidak Sopan, dan Mengejek di Inggris