sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

English Vocabulary: Jobs (Pekerjaan)

Beragam Vocabulary dan Contoh Kalimat dari “Jobs” yang Dapat Kita Pelajari

Job(s)” memiliki arti “(kumpulan) pekerjaan (atau profesi)” dalam bahasa Indonesianya. “Job(s)” ini juga memiliki variasi vocabulary yang banyak, namun saya hanya akan membahas “job(s)” yang umum saja dengan beberapa catatan penggunaannya sehingga kita yang baru belajar bahasa Inggris dapat belajar dengan baik.

Seperti yang sudah-sudah, saya akan membagi “job(s)” ini menjadi 3 bagian. Ketiga bagian tersebut saya uraikan dalam poin-poin sebagai berikut:

1. Berbagai Vocabulary untuk Tenaga Medis

Tenaga medis atau staf rumah sakit secara umum dinamakan “medical staff(s)” dalam bahasa Inggrisnya. Ini adalah profesi yang paling banyak kita kenal, termasuk “doctor(s)” atau “dokter” yang termasuk dalam kategori “medical staff(s)”. Selain “doctor(s)” ada juga “nurse(s)” atau “perawat”, yang bagian dari pekerjaannya adalah mendampingi dokter dalam merawat pasien.

Ada banyak jenis “doctor(s)” yang dapat kita kenal, termasuk “dentist(s)” atau “dokter gigi” dan “pediatrician(s)” atau “dokter anak”. Sementara itu, variasi “nurse(s)” cenderung terbatas pada bentuk singular dan plural-nya. Agar jelas, berikut inilah contoh-contoh kalimat yang mengilustrasikan penggunaan vocabulary untuk tenaga medis atau “medical staff(s)”, termasuk “doctor(s)” dan “nurse(s)”:

Contoh Kalimat untuk Mengilustrasikan Penggunaan VocabularyMedical Staff(s)”:

  • This hospital has thousands of medical staffs (Rumah sakit ini memiliki beribu staf rumah sakit. “Hospital” atau “rumah sakit” adalah tempat kerja para “medical staffs”, sementara “thousands” atau “beribu” merupakan jumlah perkiraan dari seluruh “medical staffs” yang ada).
  • She is a medical staff at a public hospital (Dia adalah tenaga medis / staf rumah sakit di sebuah rumah sakit pemerintah. Rumah sakit pemerintah dalam bahasa Inggris adalah “public hospital”, sementara rumah sakit swasta namanya “private hospital”).

Contoh Kalimat untuk Mengilustrasikan Variasi VocabularyDoctor(s)”:

  • My parents want me to be a doctor (Orang tuaku menginginkan aku menjadi dokter).
  • Call upon medical doctors to make you healthier (Panggillah dokter-dokter untuk membuatmu lebih sehat. “Medical doctor(s)” adalah cara lain untuk menyebut dokter dengan arti bahasa Indonesia yang sama).
  • My father is a dentist (Ayah saya adalah seorang dokter gigi).
  • A pediatrician works with children (Seorang dokter anak bekerja dengan anak-anak).

Contoh Kalimat untuk Mengilustrasikan Variasi VocabularyNurse(s)”:

  • A nurse is present inside my mother’s room (Seorang perawat ada di dalam kamar ibu saya).
  • There are three nurses patrolling around the hospital (Ada 3 orang perawat yang berpatroli di sekitar rumah sakit).

Berikutnya, kita akan membahas mengenai vocabulary untuk kelompok “job(s)” yang paling sibuk, yakni “businesspeople” atau para pebisnis. Seperti apa penerapan vocabulary-nya dalam kalimat dan artinya? Kita lihat saja, yuk, dalam poin-poin artikel ini.

2. Ragam Vocabulary untuk Para “Businesspeople

Businesspeople” merupakan bentuk vocabulary yang dapat digunakan untuk orang-orang berjenis kelamin pria dan wanita secara umum. Ada banyak vocabularyjob(s)” dari “businesspeople” yang dapat kita pelajari.

Secara garis besar, ada “entrepreneur(s)” yang artinya “pengusaha” atau “wirausaha” dan “office worker(s)” yang berarti “pekerja kantoran”. Masing-masing dari 2 kategori “businesspeople” ini memiliki sub-jenis yang berbeda-beda, sehingga membuat penggunaan vocabulary berbeda sesuai dengan konteks kalimatnya. Poin-poin berikut ini adalah gambaran contoh-contoh kalimat untuk masing-masing vocabularyentrepreneur(s)” dan “office worker(s)” serta “businesspeople” pada umumnya:

Contoh Kalimat untuk Mengilustrasikan Variasi VocabularyBusinesspeople”:

  • Three businesspeople are visiting our restaurant today (Tiga orang pebisnis mengunjungi restoran kami hari ini).
  • One businessman and one businesswoman over there are having a conversation (Satu orang pebisnis laki-laki dan satu orang pebisnis perempuan di sana sedang bercakap-cakap. “Having a conversation” merupakan frasa yang berarti “bercakap-cakap” secara formal, dan “businessman / businessmen” serta “businesswoman / businesswomen” merupakan sebutan yang lebih spesifik pada genderbusinesspeople”).

Contoh Kalimat untuk Mengilustrasikan Variasi VocabularyEntrepreneur(s)”:

  • An entrepreneur never gives up (Seorang pengusaha tidak pernah menyerah).
  • Entrepreneurs always think creatively (Para pengusaha selalu berpikir kreatif).

Contoh Kalimat untuk Mengilustrasikan Variasi VocabularyOffice Worker(s)”:

  • All office workers work from nine to five (Semua pekerja kantoran bekerja mulai pukul 9 hingga pukul 5. Sekadar informasi, “from nine to five” ini merupakan idiom yang melukiskan jam kerja kantoran, sehingga artinya tidak paten hanya pada pukul 9 pagi hingga 5 sore. Bisa lebih pagi atau lebih siang, tergantung jam buka dan tutupnya kantor masing-masing pekerja).
  • An office worker is working overtime (Seorang pekerja kantoran sedang bekerja lembur. “Overtime” berarti lembur).

Ketiga contoh kalimat di atas beserta dengan penjelasan-penjelasannya hendaknya makin menolong kita untuk mengenal bagaimana berbagai macam vocabularyjob(s)” dapat diaplikasikan dalam contoh-contoh kalimat yang berbeda. Satu lagi kelompok “job(s)” yang vocabulary-nya hendak kita pelajari adalah kelompok “artists” atau “pekerja seni” dengan uraiannya sebagai berikut.

3. Aneka Vocabulary untuk Menyebut Kelompok “Artists

Hingga saat ini, kelompok “artists” memiliki banyak macam vocabulary yang dapat kita pelajari di dalamnya. Beberapa contohnya adalah “painter(s)” yang berarti “pelukis”, “actor(s)” atau “actress(es)” yang berarti “aktor / aktris” dan “singer(s)” yang berarti “penyanyi”. Beberapa contoh kalimat untuk pengaplikasian bersamaan dengan informasi pentingnya dapat kita lihat pada uraian berikut ini:

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyArtist(s)”:

  • An artist paints, acts, and sings (Seorang pekerja seni atau seniman melukis, berakting, dan menyanyi).
  • Those artists belong to the special groups (Seniman-seniman atau para pekerja seni tersebut berada pada kelompok yang spesial atau unik).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyPainter(s)”:

  • That painter is good at painting fruits (Pelukis itu baik dalam melukis buah-buahan).
  • Many painters are working inside that studio (Banyak pelukis yang bekerja di dalam studio tersebut. Studio yang dimaksud adalah studio lukis, dan “inside” dapat digunakan untuk mengganti “in” atau “in the” dengan arti yang sama).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularyActor(s)” dan “Actress(es)”:

  • Only one actor and one actress get the award for tonight (Hanya satu aktor dan satu aktris yang mendapat penghargaan untuk malam ini).
  • That entertainment agency employs many actors and actresses (Agensi hiburan itu mempekerjakan banyak aktor dan aktris. “Entertainment agency” merupakan tempat kerja para “actors” dan “actresses” pada umumnya, dan yang dilakukan “entertainment agency” maupun instansi bisnis lainnya pada calon pekerja adalah “employs” atau mempekerjakan).

Contoh Kalimat untuk Variasi VocabularySinger(s)”:

  • Our female neighbor is a wedding singer (Tetangga perempuan kami adalah penyanyi dalam pernikahan. “Wedding singer” merupakan jenis penyanyi yang biasa diundang pada acara-acara nikahan).
  • Five singers make one group band (Lima penyanyi membentuk satu grup musik. “Group band” merupakan vocabulary untuk sebutan kelompok yang terdiri dari 2 “singers” atau lebih).

Demikianlah pembahasan aneka vocabularyjobs” dan contoh-contoh kalimatnya pada artikel ini. Untuk selanjutnya, kita akan bergerak pada pembahasan vocabularyclothes dengan berbagai aplikasinya yang berbeda pada contoh-contoh kalimatnya. Terjemahan pun tetap tersedia, sehingga kita dapat mempelajarinya dengan baik. Jadi, tunggu saja kelanjutan pelajaran vocabularyclothes pada artikel selanjutnya!

Job – Related Words

No English Indonesian
1 Accountant Akuntan
2 Actor Aktor
3 Actress Aktris
4 Advisor Penasehat
5 Aide Ajudan
6 Air Steward Pramugari
7 Ambassador Duta Besar
8 Animator Animator
9 Architect Arsitek
10 Astronaut Astronot
11 Athlete Atlet
12 Author Penulis
13 Baker Pembuat Roti
14 Banker Bankir
15 Barber Tukang Cukur
16 Beautician Ahli Kecantikan
17 Blacksmith Tukang Besi
18 Bodyguard Pengawal
19 Bricklayer Tukang Batu
20 Broker Makelar
21 Businessman Pengusaha
22 Butcher Tukang Daging
23 Butler Kepala Pelayan
24 Cameramen Juru Kamera
25 Carpenter Tukang Kayu
26 Chef Koki
27 Civil Servant PNS
28 Clerk Pramuniaga
29 Coach Pelatih
30 Composer Komposer
31 Craftsman Pembuat Kerajinan
32 Dancer Penari
33 Dentist Dokter Gigi
34 Designer Perancang
35 Detective Detektif
36 Director Direktur
37 Doctor Dokter
38 Dramatist Penulis Sandiwara
39 Editor Penyunting
40 Electrician Teknisi Listrik
41 Engineer Insinyur
42 English Teacher Guru Bahasa Inggris
43 Farmer Petani
44 Film Director Sutradara
45 Fire Fighter Pemadam Kebakaran
46 Fisherman Nelayan
47 Garbageman Tukang Sampah
48 Graphic Designer desainer grafis
49 Hairstyle Penata Rambut
50 Head Teacher Kepala Sekolah
51 Illustrator Pembuat Ilustrasi
52 Interpreter Penterjemah
53 Investigator Penyelidik
54 Jeweler Ahli Perhiasan
55 Journalist Wartawan
56 Judge Hakim
57 Lawyer Pengacara
58 Legal Adviser Ahli Hukum
59 Librarian Petugas Perpustakaan
60 Lifeguard Perenang Penyelamat
61 Magician Tukang Sulap
62 Manager Manajer
63 Marine Marinir
64 Mechanic Montir
65 News Presenter Pembawa acara berita
66 Novelist Penulis Novel
67 Nurse Perawat
68 Optician Ahli Kacamata
69 Oracle Peramal
70 Painter Pelukis
71 Pastor Pendeta
72 Pharmacist Apoteker
73 Photographer Juru Potret
74 Pilot Pilot
75 Poet Penyair
76 Policeman Polisi
77 Politician Politikus
78 Porter Juru Angkut
79 Receptionist Resepsionis
80 Referee Wasit
81 Reporter Reporter
82 Sailor Pelaut
83 Salesman Penjual
84 Scientist Ilmuan
85 Secretary Sekretaris
86 Singer Penyanyi
87 Soldier Prajurit
88 Student Pelajar
89 Surgeon Ahli Bedah
90 Tailor Penjahit
91 Vet Dokter Hewan
92 Waiter Pelayan

Artikel Terkait

 

English Vocabulary: Part of Mobile Phone (Bagian Handphone)
English Vocabulary: Jobs (Pekerjaan)
English Vocabulary: People Appearance (Penampakan Orang)
English Vocabulary: Homeworks (Pekerjaan di Rumah)
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris untuk Tour Guide
English Vocabulary: Baby (Bayi)
English Vocabulary: Fish (Ikan)
English Vocabulary: Stuff at Office (Peralatan di Kantor)
Vocabulary: Alat Musik (Musical Instrument)
Vocabulary: Situasi yang Sulit – Confess, Regret and Condolences


 
Kosakata Bidang Keuangan dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya
Kosakata tentang Dunia Hukum (Law Related Vocabulary)
Kosakata Kepolisian (Police Related Vocabulary)
Kalimat/Frasa untuk Menjelaskan “Safety, Rules, & Etiquettes” bagi Tour Guide
Kosakata Bahasa Inggris seputar Rumah Tangga (Housekeeping)
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris yang Digunakan dalam Industri Penerbangan
Vocabulary Profesi di Dunia Medis
Vocabulary Profesi di Dunia Food & Beverage
Kosakata untuk Kasir (Cashier)
Kosakata dalam Industri Perhotelan Internasional