sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

20 Kalimat Sindiran dalam Bahasa Inggris

Siapa di antara kalian yang terkadang suka menyindir saat merasa sedikit kesal dengan keadaan? Bukan hanya dalam bahasa Indonesia, urusan sindir-menyindir ini pun ada dalam konteks pembicaraan bahasa Inggris. Kadang sangat menggelitik dan lucu, tergantung pada siapa sindiran itu disampaikan.

Namun hal yang juga penting untuk diingat adalah bahwa sindiran ini biasanya dilontarkan antara dua orang yang sudah akrab atau lama mengenal.

Kadang kalimat sindiran pun diucapkan pada diri sendiri saat situasi tidak berjalan sesuai rencana. Biasanya, kalimat sindiran dalam bahasa Inggris istilahnya adalah verbal irony/ satire/ sarcasm dan banyak istilah lainnya.

Dalam artikel kali ini, kami akan menuliskan beberapa kalimat sindiran yang biasa terjadi dan terdengar dalam percakapan sehari-hari, lengkap dengan artinya dalam bahasa Indonesia. Here we go:

Kalimat Sindiran dalam Bahasa Inggris

1. “Wow, you could win an award for cleanliness!”

“Wow, kamu bisa mendapatkan penghargaan kamar terbersih!” (diucapkan seorang Ibu saat melihat kamar putranya yang begitu berantakan)

2. “I really appreciate when you flush the toilet! Thank you for remembering your manners!”

“Aku sangat menghargai jika kamu menyiram toilet! Terima kasih selalu mengingat etika!” (diucapkan seorang Ibu saat anaknya selalu saja lupa menyiram toilet)

3. “Sure, it’s not like we do anything important in this class.”

“Tentu saja, toh tidak ada yang penting yang kita lakukan di kelas ini.” (diucapkan seorang guru pada muridnya yang selalu saja meminta izin ke kamar kecil berulang kali)

4. “Excellent! This day couldn’t start off any better!”

“Sempurna! Awal terbaik untuk hari ini!” (diucapkan seorang sopir bus sekolah saat mobilnya mogok di tengah perjalanan ke sekolah)

5. “I see you are still the king of clean!”

“Sepertinya kamu masih menjadi rajanya kebersihan!” (diucapkan seorang saudara perempuan saat berkunjung ke apartemen saudara lelakinya yang sangat berantakan)

6. “Your steak was as tender as a leather boot.”

“Steak yang kau buat sangat lembut, selembut sepatu bot kulit.” (diucapkan pelanggan restoran kepada koki, usai memesan steak dan sangat keras hingga sulit dikunyah)

7. “Sure. It’s not like I had anything special planned.”

“Tentu saja. Toh tidak ada hal spesial yang kurencakan.” (diucapkan seorang pria saat pacarnya membatalkan janji makan malam mendadak demi menonton serial film. Padahal, dia berencana untuk melamar pacarnya)

8. “It’s about as cool as the fires of Hell.”

“Rasanya sangat dingin, sedingin api neraka.” (diucapkan seorang penghuni apartemen kepada pengelola, karena ia merasa kesal AC tak kunjung diperbaiki di tengah musim panas)

9. “He was as friendly as a rattlesnake.”

“Dia sangat ramah, seramah ular.” (diucapkan seorang perempuan lewat telepon usai kopi darat dengan seorang pria yang sama sekali tidak ramah)

10. “This bed is about as soft as a brick.”

“Kasur ini sangat lembut, selembut batu bata.” (diucapkan seseorang yang tengah berbelanja kasur dan menemukan kasur yang begitu keras)

11. “Wow, you are saying something as clear as mud!”

“Wow, kamu berbicara sejernih lumpur!” (diucapkan seseorang saat mendengar orang berbicara tidak jelas hingga sulit dipahami)

12. “Well, this day was a total waste of makeup.”

“Yah, hari ini adalah pemborosan makeup yang sesungguhnya.” (diucapkan seorang perempuan saat tahu bahwa acara dibatalkan padahal ia sudah berdandan)

13. “I work 40 hours a week to be this poor.”

“Aku bekerja 40 jam sepekan hanya untuk menjadi semiskin ini.” (diucapkan seorang pegawai yang kesal dengan sistem pekerjaan dan bonus yang diterimanya tidak sepadan)

14. “Today was a very cold and bitter day, as cold and bitter as a cup of hot chocolate.”

“Hari ini sangat dingin dan pahit, sepahit secangkir coklat panas.” (kalimat sindiran ini ada dalam buku Lemony Snicket: The Unauthorized Biography sebagai bentuk sindiran atas dua kondisi yang berbeda)

15. “And (the Death Eaters) would love to have me. We would be best pals if they didn’t keep trying to do me in.”

“Dan (para Penghisap Kematian) akan senang mendapatkanku. Kami akan menjadi sahabat dekat jika tidak.” (diucapkan Harry Potter dalam salah satu serinya, menyindir bagaimana the Death Eaters sangat membenci dirinya.

16. “Can I stay with you?” “Of course!”

“Boleh aku tinggal denganmu?” “Tentu saja!” (dialog antara Shrek dan Donkey yang sesungguhnya berarti penolakan jika Donkey ingin tinggal di rumah Shrek)

17. “Sometimes I need what only you can provide: your absence.”

“Kadang aku butuh hal yang hanya kamu yang bisa melakukannya: absen.” (kutipan Ashleigh Brilliant saat ingin sendiri)

18. “The early bird may get the worm, but it’s the second mouse who gets the cheese.”

“Burung yang bangun sejak pagi memang mendapatkan cacing, namun justru tikus kedua yang mendapatkan keju” (sindiran terkenal dari Steven Wright)

19. “I never forget a face, but in your case I will be glad to make an exception.”

“Aku tak pernah melupakan wajah seseorang, tapi dalam hal yang terkait denganmu ini aku ingin membuat perkecualian.” (sindiran terkenal dari Groucho Marx)

20. “I always wanted to be somebody, but now I realize I should have been more specific.”

“Aku selalu mendambakan menjadi seseorang, tapi kini ku sadar harusnya aku memohon lebih spesifik.” (kalimat sindiran terkenal dari Lily Tomlin.

Itu tadi 20 contoh kalimat sindiran yang biasa terucap di konteks sehari-hari dan beberapa diambil dari novel dan film terkenal, juga kutipan tersohor yang diucapkan oleh seseorang. Menarik, bukan? Adanya kalimat verbal irony memberi twist yang tidak biasa dan tidak membosankan.

Jadi, tidak ada salahnya mengetahui tentang kalimat sindiran dalam bahasa Inggris dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam konteks percakapan, tentu perlu digunakan saat berinteraksi dengan mereka yang benar-benar akrab dengan kamu.

Atau kamu juga bisa menggunakan kalimat sindiran lewat tulisan sehingga tulisan kamu akan menjadi semakin menarik. Benar-benar menarik kok, ini bukan sindiran! Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

Writing Tip: Menulis Surat Bisnis dalam Bahasa Inggris
25 Ucapan Lebaran dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya
Alternatif Mengucapkan “I Don’t Know” dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Singkatan dalam Bahasa Inggris (ABBREVIATIONS)
Idiom atau Ungkapan tentang Uang dalam Bahasa Inggris
Idioms atau Ungkapan yang Berhubungan dengan Masalah dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Membuat Kalimat Bahasa Inggris yang Baik
Kata, Kalimat, atau Ungkapan untuk Menggambarkan Kebahagiaan dalam Bahasa Inggris
25 Teka-teki Populer dalam Bahasa Inggris (English Riddle)
English Idiom: Memaki-maki dalam Bahasa Inggris


 
Contoh Penggunaan Excuse Me, Pardon, & Please
Frasa/Kalimat Meminta, Memberi, dan Menolak Opini (Ask, Give, Refuse Opinion)
Arti dan Contoh Ironi (Irony) dalam Bahasa Inggris
Frasa atau Kalimat Certainty/Uncertainty (Yakin/Tidak Yakin)
Percakapan Memberi Nasihat atau Peringatan
Frasa untuk Mendeskripsikan Seseorang
Macam-macam Kata Tanya dalam Bahasa Inggris (8W+1H)
Apa itu Memo? Berikut Contoh Memo Bahasa Inggris
Contoh “Reference Letter” MENCARI KERJA
Contoh Surat Lamaran Kerja (Cover Letter) dalam Bahasa Inggris