sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Apa Itu “Kata Seru” dan Contohnya dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Maka tidak mengagetkan jika pembelajaran bahasa Inggris selalu diwajibkan untuk para pelajar di Indonesia saat ini. Akan tetapi, para pelajar bahasa Inggris sering kali mendapati kesulitan ketika harus mempelajari berbagai macam istilah tata bahasa yang ada. Padahal sesungguhnya, segala macam istilah tata bahasa yang ada pasti serupa atau mirip dengan ajaran tata bahasa Indonesia yang telah dipelajari sejak masa kanak-kanak.

Salah satu istilah tata bahasa Inggris yang sering kali sulit dimengerti adalah interjection atau dalam bahasa Indonesia merupakan kata seru. Kata seru biasanya digunakan untuk mengekspresikan perasaan yang kuat atau emosi yang tiba-tiba datang menghampiri. Biasanya kata seru berada dalam suatu kalimat (biasanya pada awal kalimat) untuk mengekspresikan perasaan semacam terkejut, jijik, bahagia, semangat, atau antusiasme. Sebuah kata seru pada umumnya selalu tidak memiliki hubungan secara tata bahasa pada bagian kalimat lainnya, dalam artian bahwa kata seru tidak akan bergantung pada mode tata bahasa yang berlaku dalam suatu kalimat.

Penggunaan Kata Seru Dalam Bahasa Inggris

Terdapat sejumlah pertanyaan mengenai penggunaan kata seru dalam bahasa Inggris yang sering membuat bingung sejumlah orang yang tengah mempelajarinya. Akan tetapi, semuanya dapat dijelaskan dengan lebih mudah jika tidak menggunakan istilah tata bahasa yang terdengar terlalu rumit.

Salah satu hal yang sering membingungkan pelajar bahasa Inggris ketika berusaha untuk mengerti kata seru adalah tanda baca apa yang harus digunakan dalam suatu kata seru. Untuk dapat mengetahui jawabannya, mengenali kata seru akan dapat membantu Anda memilih tanda baca apa yang harus digunakan setelahnya.

Jika kata seru yang Anda gunakan bukanlah sebuah pertanyaan (dan sebagian besar kata seru memang bukan merupakan pertanyaan), maka akan ada beberapa pilihan untuk Anda. Anda dapat menggunakan tanda baca koma, titik, atau tanda seru. Koma dan titip biasanya digunakan untuk kata seru yang biasa saja, dalam artian tidak terlalu keras atau menekankan poinnya. Namun tanda seru biasanya digunakan untuk kata seru yang lebih menunjukan ekspresi atau emosi yang lebih kuat yang ingin disampaikan. Biasanya, kata seru yang menggunakan tanda seru akan diikuti oleh sebuah kalimat yang diakhiri dengan tanda seru juga.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaan kata seru sesuai dengan aturan tanda baca yang digunakan setelahnya dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Jeepers! You made my heart jumped out earlier! (Astaga! Anda membuat saya terkena serangan jantung tadi!)
  • Crikey! Do you ever think first before you act on something? (Ya ampun! Apakah Anda tidak pernah berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu?)
  • What?! You said that you loved him right on his face? (Apa?! Anda mengatakan bahwa Anda mencintai dirinya tepat di depan mukanya?)
  • Ew, you haven’t washed your jeans since a few months ago? (Ih, Anda belum mencuci celana jeans Anda sejak beberapa bulan yang lalu?)
  • Really? You don’t know who she is? (Sungguh? Anda tidak tahu dia siapa?)
  • Sigh. I’m so tired listening to your sad stories about her. (Hhh. Saya sangat lelah mendengarkan kisah menyedihkan Anda mengenainya)

Pilihan antara menggunakan tanda baca koma atau titik bergantung pada keinginan Anda sendiri mengenai alur kalimatnya. Dalam kata lain, Anda dapat memilih yang manapun sesuai dengan yang mana yang menurut Anda paling tepat. Jika kata seru yang Anda gunakan adalah sebuah pertanyaan, Anda harus menggunakan kata tanya. Namun ketika kata seru yang Anda gunakan berada di pertengahan kalimat, maka Anda harus mengapitnya di antara dua tanda baca koma. Akan tetapi, sangat jarang ada kata seru yang berada di tengah kalimat.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaan kata seru di pertengahan kalimat yang harus diapit antara dua tanda baca koma.

  • After thinking about it for awhile, well, I think it’s fair for the both of us to go our separate ways now  (Setelah memikirkannya selama beberapa saat, ya, menurut saya adil untuk kami berdua untuk berpisah ke jalannya masing-masing)
  • I mean, yeah, you should just do what you want to do while you’re still young (Maksud saya, iya, Anda sebaiknya lakukan saja apa yang ingin Anda lakukan selagi masih muda)
  • I forgot what he said, ah, I remember what he said back then to me (Saya lupa apa yang dia katakan, oh, saya ingat apa yang dia katakan waktu itu kepada saya)

Hal lain yang sering dipertanyakan mengenai kata seru adalah apakah kata seru dapat digunakan dalam tulisan profesional seperti untuk bisnis dan kerjaan atau sebagainya. Sebagai peraturan yang umum, Anda sebaiknya menghindari menggunakan kata seru dalam tulisan formal untuk bisnis atau pekerjaan. Meski begitu, jika Anda menggunakannya tidak terlalu sering atau hanya beberapa kali saja, kata seru dapat memberikan dampak yang besar dan menambahkan keunikan dalam dokumen Anda yang dapat menarik perhatian pembacanya. Namun jika Anda terlalu sering menggunakan kata seru, dokumen yang Anda buat justru akan terlihat sangat tidak profesional.

Kesimpulannya, Anda dapat menggunakan tanda baca koma ataupun titik setelah kata seru yang biasa saja sesuai dengan keinginan Anda. Untuk ekspresi emosi yang lebih kuat, Anda dapat menggunakan tanda baca seru. Sedangkan untuk penggunaan kata seru dalam dokumen profesional yang formal, ada baiknya Anda menghindari menggunakannya terlalu sering.

Jenis-Jenis Kata Seru

Kata seru yang berlaku dalam bahasa Inggris terdapat banyak jenisnya karena setiap kata seru merepresentasikan suatu perasaan masing-masing. Mulai dari perasaan kesal, panik, hingga terkejut, semua jenis perasaan tersebut dapat ditunjukan dengan menggunakan kata seru. Akan tetapi, hal yang harus Anda ingat adalah untuk tidak menggunakan kata seru dalam situasi yang formal karena kata-kata tersebut akan lebih cocok jika digunakan dalam situasi yang lebih tidak formal seperti contohnya ketika sedang bersama kawan atau keluarga.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah jenis kata seru dalam bahasa Inggris yang sering digunakan dalam sebuah kalimat.

Rasa Kesal

Terdapat sejumlah kata seru yang dapat digunakan untuk menunjukan rasa kesal. Beberapa di antaranya adalah berikut ini beserta dengan contoh penggunaannya.

  • Oy! (Woi!)

Oy! Don’t you see where you were going? (Woi! Apakah Anda tidak melihat jalan?)

  • Hey! (Hei!)

Hey! Don’t litter around here!  (Hei! Jangan buang sampah sembarangan di sekitar sini!)

  • Hmph! (Huft)

Hmph! I really hate seeing him with his new girlfriend (Huft! Saya sangat benci melihat dia bersama kekasih barunya)

Rasa Tidak Puas

Terdapat sejumlah kata seru yang dapat digunakan untuk menunjukan rasa tidak puas. Beberapa di antaranya adalah berikut ini beserta contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris dan terjemahannya.

  • Quietly (Diam-diam)

Quietly, in the middle of the night I go down the stairs (Diam-diam, di tengah malam saya menuruni anak tangga)

  • Easily (Dengan mudah)

Easily, as the morning comes, I open my eyes to greet the sunlight (Dengan mudah, ketika pagi tiba, saya membuka mata saya untuk menyambut sinar matahari)

  • Carefully (Secara perlahan)

Carefully, I go down this road with one eye open (Secara perlahan, saya melalui jalan ini dengan satu mata terbuka)

Rasa Panik

Terdapat sejumlah kata seru yang dapat digunakan untuk menunjukan rasa panik. Beberapa di antaranya adalah berikut ini beserta contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris dan terjemahannya.

  • Uh-ho (Waduh)

Uh-ho. I forgot to bring my homework! (Waduh. Saya lupa membawa tugas saya!)

  • Eek (Eh)

Eek! Don’t throw up on me! (Eh! Jangan muntah ke saya!)

Rasa Bosan

Terdapat sejumlah kata seru yang dapat digunakan untuk menunjukan rasa bosan. Beberapa di antaranya adalah berikut ini beserta contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris dan terjemahannya.

  • Ho hum (Hmm)

Ho hum, I really don’t like my job (Hmm, saya sungguh tidak menyukai pekerjaan saya)

  • Sigh (Hhh)

Sigh, it’s so tiring to wait around on people everyday (Hhh, sangat melelahkan menunggu orang setiap hari)

Rasa Tidak Yakin

Terdapat sejumlah kata seru yang dapat digunakan untuk menunjukan rasa tidak yakin. Beberapa di antaranya adalah berikut ini dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Er (Err)

Er, I don’t think you said that to me last night (Err, sepertinya Anda tidak mengatakan itu kepada saya semalam)

  • Really? (Sungguh?)

Really? I don’t remember you saying that to me (Sungguh? Saya tidak ingat Anda mengatakan itu kepada saya)

  • Um (Umm)

Um, I think you got your answer wrong (Umm, sepertinya jawaban Anda salah)

Rasa Tidak Setuju

Terdapat sejumlah kata seru yang dapat digunakan untuk menunjukan rasa tidak setuju. Berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Tsk tsk (Ck ck)

Tsk tsk, you shouldn’t skip class if you don’t want to fail (Ck ck, Anda seharusnya tidak bolos kelas jika Anda tidak ingin tidak lulus)

  • Tut (Ck)

Tut, that is not something that a young lady should do (Ck, itu bukan sesuatu yang seharusnya dilakukan oleh seorang gadis muda)

Rasa Malu

Terdapat juga kata seru yang dapat digunakan untuk menunjukan rasa malu. Berikut ini adalah contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Ahem (Uhuk)

Ahem, excuse me, Ma’am. But that is my seat that you are sitting on right now. (Uhuk, permisi, Bu. Namun itu adalah kursi saya yang Anda duduki saat ini)

Rasa Jijik

Selanjutnya terdapat kata seru yang dapat digunakan untuk menunjukan rasa jijik. Berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Ew (Ih)

Ew, you don’t clean up your bathroom every week? (Ih, Anda tidak membersihkan kamar mandi Anda setiap minggu?)

  • Yuck! (Huek)

Yuck! Your pants smells so bad! (Huek! Celana Anda bau sekali!)

Rasa Bahagia

Terdapat juga kata seru yang sering digunakan untuk menunjukan rasa bahagia. Berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Hurrah! (Hore!)

Hurrah! I finally made it to my graduation day! (Hore! Saya akhirnya selamat sampai hari kelulusan saya!)

  • Yay! (Yey!)

Yay! You got me the flowers that I always wanted! (Yey! Anda membelikan saya bunga-bunga yang selalu saya inginkan!)

  • Woo-hoo (Wihiw!)

Woo-hoo, you got the first place in this match. (Wihiw, Anda mendapatkan peringkat pertama dalam pertandingan ini)

Rasa Lega

Lalu terdapat sejumlah kata seru yang dapat digunakan untuk menunjukan rasa lega. Berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Phew (Fiuh)

Phew! I really thought you wouldn’t made it through the rain! (Fiuh! Saya sungguh mengira bahwa Anda tidak akan bisa menembus hujan!)

  • Whoa (Wah)

Whoa. You went all this way just to give this to me? (Wah. Anda pergi sejauh ini hanya untuk memberikan ini kepada saya?)

Rasa Cemas

Terdapat sejumlah kata seru yang biasanya digunakan untuk menunjukan rasa cemas. Berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Oh, no (Oh, tidak)

Oh, no. You confessed about your feelings to him? (Oh, tidak. Anda menyatakan perasaan Anda kepada dirinya?)

  • Oops (Ups)

Oops, I forgot to tell you that class has been cancelled today (Ups, saya lupa memberitahu Anda bahwa tidak ada kelas hari ini)

Rasa Sakit

Terakhir, terdapat sejumlah kata seru yang biasanya digunakan untuk menunjukan rasa sakit. Berikut ini adalah sejumlah contoh penggunaannya dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya.

  • Ouch (Aduh)

Ouch, that must have hurted you so bad (Aduh, itu pasti sakit sekali untuk Anda)

  • Ow! (Aw!)

Ow! I stubbed my toes on the table! (Aw! Jari kaki saya kejedot meja!)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai apa itu kata seru, bagaimana cara menggunakannya, beserta contohnnya dalam bahasa Inggris. Semoga penjelasan kali ini dapat membantu Anda dalam mengerti lebih dalam mengenai bahasa Inggris dan membantu Anda menggunakannya dalam keseharian.

 

Frasa/Kata/Kalimat yang Biasa Digunakan dalam American English
Contoh Jawaban untuk Pertanyaan “Tell About Yourself”
9 Kata Tanya dalam Bahasa Inggris
Mengenal Descriptive Text & Contohnya
Frase/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Memasak
Pengertian Formal Greeting dan Contoh dalam Percakapan Bahasa Inggris
Kata, Kalimat, atau Ungkapan untuk Menggambarkan Kebahagiaan dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Memberikan Usul
Kosakata Bagian-bagian Rumah dalam Bahasa Inggris: Nama dan Contoh Penggunaannya
Contoh Dialog tentang Menawarkan Jasa (Offering Service) dalam Bahasa Inggris