sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Bagaimana Menyampaikan Pendapat dalam Bahasa Inggris

Sebagian besar orang pasti beranggapan bahwa menyampaikan pendapat atau merespon pertanyaan adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun ketika membahas tentang bagaimana menyampaikan pendapat dalam bahasa Inggris yang tepat dan baik maka akan menjadi lain ceritanya. Beberapa orang sering melakukan kesalahan ketika menyampaikan pendapatnya dalam bahasa inggris yakni terkait pemilihan kata.

Seringkali karena kesalahan tersebut menyebabkan komunikasi menjadi tidak menarik bahkan terputus karena jawaban yang kita berikan tidak direspon kembali oleh orang lain. Jika kita ingin berkomunikasi dengan baik dengan orang lain maka kita harus memahami bahagaima menyampaikan pendapat dalam bahasa inggris yang baik.

Saat ini kita sering mendengar beberapa istilah atau kata popular yang sering digunakan dalam percakapan. Berikut ini merupakan daftar kata yang seringkali digunakan oleh seseorang ketika menyampaikan pendapat. Namun kata-kata di bawah ini harus kita hindari atau lebih baik tidak digunakan dalam mengungkapkan pendapat.

  • So – so dan okay

Menggunakan kata so-so dalam menjawab pertanyaan terlihat sangat familiar karena sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun kata so-so sebenarnya merupakan jawaban yang kurang baik Karena mengandung ambiguitas atau ketidakjelasan. Contoh :

Q: How was the movie last night?

A: So – so / the movie was so-so

Q: How was the new restaurant’s menu?

A: Okay / It’s okay

Kedua jawaban di atas tidak sepenuhnya salah, karena anda bebas mengungkapkan pendapat namun dalam konteks memberi jawaban maka pemakaian kedua kata tersebut sangat tidak tepat. Kedua kata tersebut dapat berarti baik atau buruk pada saat yang bersamaan. Ketika orang menanyakan pendapat anda tentang sesuatu, maka dia berharap anda memberikan informasi. Jika anda menjawab dengan kedua kata tersebut maka orang akan berasumsi bahwa “movie” nya buruk atau ”restaurant’s menu” tidak enak.

  • Same

Menggunakan kata same dalam percakapan juga harus kita hindari jika ingin percakapan kita dengan orang lain tetap berlanjut.

Derek and Brian went to saw a new movie in town. And after that they go home and bump into their friends Richard.

R: Hey, how was the new movie?

D: Well, it was a little boring and there wasn’t a lot of action, I don’t really like it

And suddenly Brian said,

B: Same

Melihat jawaban Brian di atas maka percakapan akan berhenti karena Brian tidak menyampaikan dengan jelas maksud dari jawabannya. Sebagai seorang individu dan untuk menghargai orang lain sebaiknya anda menjawab pertanyaan tersebut dengan kalimat seperti di bawah ini:

 B: Well I agree that it was boring but the story line wasn’t bad

  • Sure

Anda dapat menggunakan kata sure ketika sesorang menawarkan sesuatu kepada anda contohnya sebagai berikut,

Q: Would you like to have free English lesson?

A: Sure

Penggunaan kata “sure” di atas merupakan jawaban yang tepat, namun ketika seseorang menanyakan pendapat anda akan sesuatu seperti di bawah ini,

Q: Did you enjoy your trip yesterday?

A: Sure

Maka penggunaan kata “sure” menjadi kurang tepat karena tidak menjelaskan atas pertanyaan yang diajukan.

  • Of course

Kata “of course” merupakan kata yang paling dihindari untuk menyampaikan pendapat, karena jawaban menggunaan kata tersebut terkesan kasar dan biasanya ditujukan untuk menjawab pertanyaan yang sudah jelas jawabannya.

Q: Dian, you are from Indonesia, do you speak Indonesian?

A: Of course I do

Of course” bukan berarti memiliki arti yang sama dan jika tidak digunakan dengan tepat maka akan bermakna kasar atau tidak sopan seperti contoh di bawah,

Q: Dian, are you from Indonesia?

A: Of course

Jawaban tersebut di atas terdengar kurang sopan dan tampak seperti melecehkan atau menghina bagi orang yang bertanya. Anda harus berhati-hati dalam menggunakan kata “of course”. Kata lain yang harus dihindari adalah “maybe”. Sebaiknya dalam menyampaikan pendapat, anda menghindari penggunaan kata-kata pendek seperti contoh di atas.

Namun ketika sedang berada pada situasi dimana anda tidak paham atau tidak mengetahui jawaban atas pertanyaan seseorang anda dapat menggunakan beberapa contoh kalimat di bawah untuk menyampaikan pendapat.

Q: What do you think about the basketball game last night?

A: I don’t know, but I heard the match was exciting.

Q: Do you think it is necessary to put a prohibition sign over there?

A: I have never thought about that but maybe it can be considered.

Ketika kita memberikan pendapat kita juga harus mempertimbangkan siapa lawan bicara kita dan apa konteksnya. Contohnya dalam konteks menulis makalah pemilihan kalimat juga berbeda karena menggunakan kata “I think” dianggap bahwa level perbendaharaan bahasa anda rendah.

Sebaliknya gunakan kalimat pembuka berikut dalam makalah anda untuk menyampaikan pendapat.

  • In my opinion, …..
  • As far as I’m concerned, ….
  • It seems to me that …..
  • From my point of view, …..

Sesuaikanlah pemilihan kata anda ketika menyampaikan pendapat dengan konteks, lawan bicara, dan selalu jelaskan maksud jawaban anda. Demikianlah, bagaimana menyampaikan pendapat dalam bahasa Inggris.

 

Percakapan Bahasa Inggris: Menyatakan Cinta kepada Seseorang
Cashier Conversation: Percakapan Kasir dan Pelanggan dalam Bahasa Inggris
Memahami Percakapan dengan Native English Speaker Melalui Listening
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Mengenai Televisi
Memesan Masakan Jepang/China via Telepon dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan dan Jawaban Wawancara untuk Apply Visa Schengen
Percakapan Lewat Telepon Memesan Makanan Di KFC / McD dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris Menanyakan Jadwal Mata Kuliah Tertentu
Percakapan Bahasa Inggris di Stasiun MRT
Percakapan Pribadi Menanyakan Status Hubungan dan Domisili