sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Agar Tidak Malu Berbahasa Inggris

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya agar tidak malu. Jika kita ingin meningkatkan kemampuan bicara dalam bahasa Inggris maka hal pertama yang harus kita hilangkan adalah rasa malu.

Seringkali meskipun ketika akan memulai berbicara dengan orang lain, menyampaikan presentasi, atau sekedar menyapa orang di jalan kita merasa malu saat akan memulainya. Beberapa orang memang memiliki karakter tersebut, padahal jika kita ingin meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris khususnya, kita harus berani.

Mudah memang bagi orang lain untuk berkata “don’t be shy?” padahal bagi sebagian orang dengan karakter pemalu sulit sekali untuk sekedar memulai pembicaraan apalagi berbicara di depan audience. Nah mari kita pelajari tips dan hal-hal penting yang harus diperhatikan agar kita tidak mudah malu ketika berbicara.

Menghilangkan sifat malu pada seseorang akan sulit namun mengurangi rasa malu atau menekan rasa malu ketika berbicara adalah hal yang dapat dipelajari oleh siapapun.

1. Kenali Rasa Malu

Kita harus mengenali terlebih dahulu alasan merasa malu. Beberapa alasan yang menyebabkan seseorang merasa malu adalah berbicara bahasa baru (dalam hal ini Bahasa Inggris), takut melakukan kesalahan, berbicara hal yang aneh atau salah, atau memiliki aksen yang berbeda.

Beberapa orang memiliki aksen yang tidak dapat dihilangkan bahkan ketika mempelajari bahasa baru, ketika merasa berbeda dengan cara berbicara orang disekitar mereka, maka mereka merasa malu dan merasa canggung. Namun memiliki aksen dalam berbicara adalah hal yang sangat wajar.

2. Mengucapkan kata hi atau hey

Mengatasi rasa malu dapat dilakukan dengan bersikap tenang. Ketika anda bertemu dengan orang baru dan merasa malu di suatu tempat seperti stasiun, bar, atau café maka ucapkan kata “hi”.

You      : Hi, my name is Blunt

Other   : Oh hi, I am James

Mengucapkan kata “hi” dan kata sapaan lain akan mencairkan suasana. Jika mereka ingin berbicara dengan anda maka dia akan menjawab dan melanjutkan percakapan.

Other   : Nice to meet you.

You      : Nice to meet you too. Where are you from?

3. Memilih topik pembicaraan

Selanjutnya anda dapat bertanya pertanyaan-pertanyaan dasar seperti contoh di atas misalnya menanyakan tempat tinggal atau hal lain. Jika ingin melanjutkan percakapan maka sebaiknya pilihlah topic yang anda sukai.

You      : Hi, my name is Blunt.

Other   : Hi, cool.

You      : So, do you like music

Other   : I do. I love Beattles, how about you?

Dengan memilih topik pembicaraan yang kita kuasai maka kita dapat membuka peluang untuk melanjutkan percakapan dengan harapan orang lain tersebut juga tertarik dengan topic yang kita bahas. Memilih topik sesuai yang kita kuasai akan memudahkan kita dalam berbicara dan kita tidak akan kehabisan bahan.

4. Carilah pekerjaan

Rasa malu dapat kita atasi dengan mencari pekerjaan, bergaul dengan orang banyak. Contohnya jika anda memilih pekerjaan yang mengharuskan anda bertemu dengan orang setiap hari maka mau tidak mau anda akan terlatih untuk berbicara dengan orang lain. Seseorang terkadang perlu dipaksa untuk mencapai limit yang dia miliki.

5. Peliharalah hewan (anjing)

Seseorang yang memiliki hewan seperti anjing umumnya lebih ramah. Memiliki anjing juga dapat membuka pembicaraan dengan orang lain yang juga memiliki hewan peliharaan.

6. Bepergian

Dengan bepergian sendiri maka anda akan dipaksa untuk dipaksa untuk berbicara dengan orang lain. Karena jika anda bepergian sendiri anda akan merasa sedikit kesepian jika tidak berbicara dengan orang lain. Bepergian juga dapat membuka wawasan anda dan membuat anda menjadi pribadi yang lebih terbuka.

Tip Mengatasi Rasa Malu

Untuk mengatasi rasa malu ketika berbicara dengan bahasa inggris kita dapat menggunakan cara berikut:

  • Act like an actor

Berpikirlah bahwa saat sedang berbicara bahwa kita adalah seorang aktor yang sedang bermain peran. Pikirlah bahwa kita sedang bermain peran sebagai seseorang yang berani dan percaya diri, orang yang berbeda dengan keseharian kita. Jika kita berbicara dalam bahasa Inggris kita dapat berimajinasi bahwa kita sedang berperan sebagai orang Inggris.

  • They are cheering at you

Dengan membayangkan bahwa orang disekeliling anda bukan sekedar memperhatikan anda ketika berbicara namun mereka sedang menyemangati anda agar bisa berbahasa Inggris dengan baik sehingga hal tersebut akan memudahkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

  • They worry about themselves (orang lain cendr

Maksudnya adalah ketika kita sedang berbicara dengan native speaker lalu kita merasa malu akan melakukan kesalahan berpikirlah bahwa mereka sebenarnya lebih mengkhawatirkan diri sendiri. Mereka tidak sedang menunggu anda berbuat salah atau menghakimi cara anda berbicara. Orang asing atau orang lain umumnya paham jika anda sedang belajar berbicara dengan bahasa baru dan berbuat kesalahan.

  • Hesitation (keraguan)

Saat kita sedang belajar bahasa Inggris kita harus menghilangkan keraguan apakah grammar yang kita gunakan sudah benar, atau kata yang kita gunakan sudah tepat. Cukup berbicara dengan percaya diri dan memulai percakapan dengan kalimat yang sederhana

  • Like a caveman

Kita juga dapat menggunakan filler words seperti aha, emm, umm, I see, ketika kita tidak tahu harus berbicara apa atau menanggapi lawan bicara kita. Atau jika anda sudah kehabisan kata anda juga dapat menggunakan bahasa tubuh (body language). Namun ketika menjadi seorang pembicara di sebuah forum filler words tidak boleh terlalu banyak digunakan.

 

Cara Berbicara di Telepon dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bisnis: Memberikan Informasi Sesuai Persyaratan dalam Interview Menggunakan Bahasa Inggris
Perbedaan Penggunaan Early, Fast, Soon, Quickly, Rapidly dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Menulis Surat Bisnis dalam Bahasa Inggris
Idiom atau Ungkapan tentang Uang dalam Bahasa Inggris
Kosakata Bahasa Inggris Saat Travelling ke Luar Negeri
Pengandaian dalam Bahasa Inggris (Conditional)
21 Funny English Proverbs (Peribahasa Bahasa Inggris yang Lucu)
Ucapan Selamat Pagi dalam Bahasa Inggris & Terjemahannya
Vocabulary: Kosakata Bahasa Inggris tentang Karakteristik Positif