sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Meminjam Uang dalam Bahasa Inggris

Setiap orang tentu pernah berada dalam masa kurang beruntung. Yaitu masa dimana seseorang sangat memerlukan uang namun tidak memiliki uand sama sekali. Atau mungkin ketika seseorang sedang ingin membeli sesuatu dan barang itu sangat penting namun tiba–tiba menyadari bahwa anda tidak memiliki uang.

Dalam keadan yang sangat mendesak, biasanya anda akan mencari bantuan, salah satunya adalah meminjam uang dari teman. Tentu saja anda harus meminjam dan kemudian mengembalikannya. Dalam meminjam uang anda juga perlu mengatakannya dengan sangat baik dan sopan. Hal itu karena anda adalah orang yang berada pada posisi sangat membutuhkan.

Dalam artikel ini, akan dibahas tentang bagaimana cara meminjam uang yang baik. Selain itu juga akan diberikan beberapa contoh percakapan dalam bahasa inggris tentang meminjam uang.

1. Katakan bahwa anda benar-benar membutuhkan uang

Meminjam uang tentu harus memiliki alasan yang pasti dan jelas. Ketika meminjam uang ada baiknya anda menjelaskan untuk apa uang itu, dan mengapa anda harus meminjam uang. Apa yang terjadi dengan keuangan anda saat  ini hingga anda harus meminjam uang.

2. Katakan bahwa anda akan segera mengembalikannya

Saat anda meminjam, anda tidak perlu berjanji kapan akan mengembalikan uangnya. Cukup katakana bahwa anda akan segera mengembalikan uang yang anda pinjam segera setelah anda mendapatkan uang.

3. Jangan memaksa

Jika orang yang anda pinjami mengatakan tidak. Jangan terlalu memaksanya, Karena hal itu justru membuatnya akan merasa jengkel. Mungkin saja orang itu memang benar-benar sedang tidak memiliki uang, sehingga tidak bisa meminjamkannya pada anda.

4. Pinjamlah kepada orang yang benar-benar dekat dengan anda

Meminjan uanglah kepada orang yang benar-benar mengenal anda, seperti sahabat atau keluarga. Karena orang yang dekat dengan anda akan lebih mungkin meminjamkan uang pada anda, serta anda mungkin akan merasa sedikit lebih aman karena sudah benar-benar mengenal mereka.

Contoh Dialog 1: Lend

Candy: “Hey Matt, can I talk to you for a minute?” (Hey Matt, bisakah aku bicara denganmu sebentar?)

Matt: “Yes Candy, what’s the matter?” (Ya Candy, ada masalah apa?)

Candy: ”I need to pay my tuition, but I just lost my part time job and have no money. Would you lend me some money for paying my tuition?’ (Aku harus membayar uang sekolahku, tapi aku baru saja kehilangan pekerjaan paruh waktuku dan tidak memiliki uang sama sekali, maukah kamu meminjami aku uang untuk membayar uang sekolahku?)

Matt: “Oh that’s what you are confused of? Of course, I’ll lend you the money. When did you need it?” (Oh itu yang kamu bingungkan? Tentu saja, aku akan meminjami kamu uang. Kapan kamu membutuhkannya?)

Candy: “Around next week. I promise to pay you back as soon as I get my new part time job!” (Sekitar minggu depan. Aku janji untuk membayarmu kembali secepatnya saat aku mendapatkan pekerjaan paruh waktu yang baru!)

Matt: “that’s okay. Don’t think about it. Just pay me back anytime you have the money.” (Tidak apa-apa. Jangan pikirkan tentang itu. bayar aku lagi kapanpun kamu memiliki uang”)

Candy: “O…that’s so nice of you!” (O…kamu sungguh baik!)

Contoh Dialog 2: Borrow

Bob: “Oh, no. I didn’t have my wallet.” (Oh tidak, aku tidak memiliki dompetku)

Via: “What’s up Bob? Did you need money?” (Ada apa Bob? Kamu butuh uang?)

Bob: “Yes, I need to buy this. But I forget to bring my wallet!” (Ya, aku harus membeli ini. Tapi aku lupa untuk membawa dompetku!)

Via:” Here, use my card.” (Ini, pakai kartuku)

Bob:”Oh…that’s so kind of you.you let me borrow your card. I’ll pay you back as soon as we met tomorrow!” (Oh…kamu sangat baik. Kamu mengizinkanku meminjam kartumu. Aku akan segera membayarmu besok ketika kita bertemu!)

Via: “No need Bob. It’s just 2 bucks! Just pay me with instant coffee at the pantry!” (Tidak perlu Bob. Ini hanya 2 dolar! Bayar aku dengan kopi instan di pantry!)

Contoh Dialog 3: Borrow

Darren: “Excuse me mom, can you give some minutes?” (Permisi bu, bisakan anda memberiku sedikit waktu anda?)

Mother : “Of course dear, what’s wrong? Is anything I can help?” (Tentu saja sayang, ada masalah apa? Ada hal yang bisa aku bantu?)

Darren: “Well, I need to borrow some money from you” (Baiklah, aku butuh meminjam uang dari ibu!)

Mother:”Did you need much money honey?” (Apakah kamu membutuhkan banyak uang sayang?)

Darren:”No mom, I just need some hundred dollars to pay may flat rent. I promise to pay you back as soon as I get my paycheck next month.” (Tidak bu, aku hanya butuh beberapa ratus dolar untuk membayar sewa rumahku. Aku janji akan segera membayarnya kembali setelah menerima gaji bulan depan!)

Mother: “Of course, I’ll transfer the money to your bank account. And you don’t need to worry about paying me back. Just think of it as a pocket money for you!” (Tentu saja. Aku akan mentransfer uangnya ke rekening bankmu. Dan jangan terlalu khawatir tentang mengembalikan uangnya. Anggap saja itu uang saku untukmu.)

Darren: “No mom, I’m adult now. And I will pay you back!” (Tidak bu, aku orang dewasa sekarang. Dan aku akan membayarmu kembali!)

Mother: “Okay than, you can buy me dinner and come to my house every week. Just pay me back with that” (Baiklah kalau begitu, kamu bisa membelikanku makan malam dan kamu datang ke rumahku setiap minggu. Kamu bisa membayarku kembali dengan cara itu!)

Darren: “Okay mom! I agree!” (Baiklah ibu! Aku setuju!)

Demikian adalah cara meminjam uang dan beberapa contoh percakapannya.

 

English Vocabulary: Money (Uang)
Listening: Quotes about Money & Wealth
Cara Komplain Secara Sopan dalam Bahasa Inggris
Quotes tentang Uang dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris
Cara Lain Mengatakan “Yes”
Cara Meminjam Uang dalam Bahasa Inggris
Cara Lain Mengatakan Excuse Me Beserta Jawabannya
Cara Minta Tolong Tebengan Tumpangan sama Orang Lain
Idiom atau Ungkapan tentang Uang dalam Bahasa Inggris