sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Minta Tolong Tebengan Tumpangan sama Orang Lain

Ask someone for a ride

kita mungkin sering kesulitan untuk menuju suatu tempat atau pulang. Kita sering mencari taksi namun tidak mendapatkannya. Atau mungkin kita juga kehabisan uang ketika akan pulang. Maka pilihan terakhir adalah untuk mencari tumpangan.

Lalu bagaimana cara untuk meminta bantuan kepada seseorang dalam hal tumpangan? Tentu kita harus melakukannya dengan benar dan secara sopan bukan? Sangat tidak pantas jika kita meminta tumpangan tapi tidak berkata dengan cara yang baik.

Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa cara untuk meminta tumpangan kepada seseorang dalam bahasa inggris. Hal ini mungkin akan berguna jika teman anda adalah orang yang berasal dari luar negeri atau anda sedang berada di lingkungan orang asing.

1, Tentukan siapa yang akan anda mintai tumpangan

Orang yang akan anda mintai tumpangan haruslah orang yang benarbenar dekat dengan anda. bukan orang yang sekedar tahu nama anda, atau sering berpapasan di jalan. Meskipun mungkin untuk meminta bantuan, namun tentu hal itu sangat tidak nyaman.

2. Katakan beberapa lama sebelum anda pergi

Sebelum anda meminta tumpangan beritahu orang tersebut beberapa jam sebelumnya atau beberapa hari sebelumnya. Seseorang tentu memiliki kesibukannya sendiri. tidak selalu orang tersebut dapat memberi tumpangan kepada anda. jika anda bisa memberitahukan bahwa anda membutuhkan tumpangan sebelumnya, mungkin orang tersebut bisa mempertimbangkan waktu apakah dia bisa memberi tumpangan kepada anda atau tidak.

3. Jangan memaksa untuk menumpang

Dipaksa tentu saja bukan sesuatu yang menyenangkan. Begitu juga jika anda memaksa seseorang untuk memberiksn tumpangan kepada anda. seberapa daruratpun keadaan anda, memaksa seseorang bukanlah hal yang tepat.

4. Tawarkan untuk membelikan bahan bakar

Umumnya seseorang pasti menolak ketika anda akan membayar bahan bakar mereka. Namun, itu akan menunjukkan ketulusan anda. dengan begitu anda akan menunjukkan bahwa anda benar – benar menghargai bantuan anda.

5. Jangan mengkritik yang memberikan tumpangan kepada anda

Ketika seseorang memberikan anda tumpangan, tentu akan sangat tidak pantas jika anda mengatakan kritikan-kritikan kepada orang tersebut. Misalnya , dengan mengkritik cara menyetirnya, mengkritik keadaan mobilnya atau hal lain yang bisa membuat orang tersebut tidak nyaman.

6. Pastikan orang tersebut melewati tempat tujuan anda

Ketika anda meminta tumpangan, jangan membuat orang tersebut melakukan perjalanan lain hanya untuk mengantarkan anda. pastikan orang tersebut juga akan pergi ke jalur anda akan pergi, dengan begitu anda tidak akan merepotkan orang tersebut.

7. Jadilah penumpang yang menyenangkan

Berbicara di dalam mobil tentu akan menyenangkan. Namun jangan menjadi seseorang yang terlalu banyak bicara sehingga anda terkesan cerewet dan mengganggu konsentrasi dalam menyetir. Sesekali anda bisa menanyakan hal-hal kecil yang mungkin akan berkesan.

Dibawah ini adalah beberapa contoh kalimat yang bisa anda gunakan untuk meminta seseorang memberikan tumpangan kepada anda:

  • Hey, can you take me home? (hey, bisakah kamu memberiku tumpangan untuk pulang?)
  • Can I get a ride from you? (bolehkan aku menumpangan di mobilmu?)
  • Do you mind driving me home? (apakah kamu keberatan jika mengantarkanku ke rumah?)
  • Would you be able to drive me home? (apa kamu bisa mengantarkanku pulang?)
  • Could you drop me off on your way home? (bisakah kamu mengantarkanku sekalian kamu pulang?)
  • I think my apartment is on the way to your house. Do you mind stopping there? (aku pikir apartemenku adalah sejalan dengan rumahmu. Apakah kamu keberatan jikaberhenti disana?)
  • Is there an extra seat in your car for me? (apakah ada kursi lebih di mobilmu untukku?)
  • Could you give me a lift? (bisakah kamu memberiku tumpangan?)
  • Can I ask you to do me a major favor? (bisakah aku memintamu memberiku pertolongan yang besar?)
  • Could you take me home tonight? (bisakah kamu mengantarku pulang mala mini?)
  • Hey, I am looking for a ride home. I’d be willing to pay gas money if you are willing to do it! (hei, aku mencari tumpangan pulang. Aku tidak keberatan untuk membayar bahan bakarmu jika kamu mau mengantarku pulan.)
  • Would you mind some company with you on the ride home? (apakah kamu keberatan jika ada teman untuk perjalananmu ke rumah?)
  • Its look like the café is on the way to your office. Would you mind if I go with you? (sepertinya café itu ada di jalan menuju kantormu. Apakah kamu keberatan jika aku menumpang mobilmu?)

Contoh Dialog Minta Tebengan

Dean: “Oh, I’m a dead meat! My car just broken! But I need to go to the office right now!” (oh, matilah aku! Mobilku baru saja mogok! Aku harus pergi ke kantor sekarang juga!)

Marry: “Ask Ted, he is working on the same company as you!” (tanya Ted, dia bekerja di perusahaan yang sama denganmu!)

Dean:”Yes, You are right! Where is he? Did he depart already?” (ya, kamu benar! dimana dia? Apa dia sudah berangkat?)

Marry: “There he is, in the kitchen” (dia disana, di dapur)

Dean:”Hey Ted, you know my car just broke. And I should go to the office. I’ll pay for the gas money if you willing to take me to our office!” (hey Ted, kamu tahu bahwa mobilku baru saja rusak. Dan aku harus pergi ke kantor. Aku akan membayar bensin jika kamu mau membawaku ke kantor!)

Ted:”of course, just hops to my car. And you don’t need to pay the money gas!” (tentu saja, naik saja ke mobilku. Dan kamu tidak perlu membayar bahan bakarnya!)

Dean: “Okay than! What about I buy you dinner or lunch?” (baiklah kalau begitu! Bagaimana jika aku membelikanmu makan malam atau makan siang?)

Ted: “Okay that’s a really good idea. I will eat the most expensive menu!” (baiklah itu ide yang sangat bagus. Aku akan makan yang paling mahal!)

Dean: “Do as you wish Ted!” (lakukan semaumu Ted!)

Demikian adalah cara meminta seseorang memberikan tumpangan dan contoh percakapannya.

 

Percakapan Inggris Miminta Tolong / Meminta Bantuan
Cara Meminta Barang dalam Bahasa Inggris
Kalimat Percakapan untuk Meminta, Memberi, Menolak Sesuatu (Asking, Giving, Refusing)
Cara Minta Tolong Tebengan Tumpangan sama Orang Lain
Berbicara tentang Sifat & Penampilan Orang Lain dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Maaf dalam Bahasa Inggris
Cara Menolak Undangan dengan Sopan (Politely Decline an Invitation)
Bagaimana Mengatakan Hal Buruk dengan Cara yang Baik?
Cara Agar Mahir Berbahasa Inggris
Berbagai Cara Mengucapkan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris