sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Mendeskripsikan Diagram Proses (Process Chart) dalam Bahasa Inggris

Jika kamu mengambil tes IELTS, maka kemampuan untuk membaca diagram adalah salah satu hal yang tidak kalah penting. Ada beberapa jenis diagram yang menjadi contoh soal dalam IELTS, salah satunya adalah process charts. Sesuai namanya, diagram ini akan menggambarkan proses sesuatu beroperasi.

Kali ini, kita akan membahas lebih detil tentang cara mendeskripsikan process charts dari soal IELTS. Dalam bagian Task 1 Writing, kamu diminta menulis deskripsi sebuah gambar yang menunjukkan proses. Tentu saja, isinya adalah tahapan sesuatu dibuat atau bagaimana sesuatu bekerja.

Natural Vs Man-Made Process

Dalam mendeskripsikan process charts, kamu perlu tahu apakah proses yang terpampang adalah hal yang terjadi secara alami (natural) atau buatan (man-made). Contohnya yang natural adalah bagaimana proses fotosintesis atau terbentuknya hujan.

Sementara yang buatan atau man-made semisal bagaimana cokelat diproduksi, dan masih banyak lagi. Prosesnya bisa sangat sederhana hingga rumit.

Bagaimana Mendeskripsikannya?

Biasanya ada lebih dari satu tahapan yang diperlihatkan dalam diagram tersebut. Semua dimulai dari awal hingga akhir sebuah proses. Tentu saja, gambarnya bisa sampai 10 dan cukup kompleks. Kuncinya adalah melihat bagaimana proses tersebut dimulai hingga produk finalnya dihasilkan.

Bahkan bagi seorang native speaker sekalipun, mendeskripsikan process charts adalah hal yang cukup menantang. Cara termudah pertama adalah melihat deskripsi yang terletak di atas gambar. Contoh:

“The diagram above shows how paper is made and recycled. Summarise the information by selecting and reporting the main features, and make comparisons where relevant.”

Jelas bahwa gambar yang kamu lihat memperlihatkan bagaimana proses terbentuknya kertas dan didaur ulang. Artinya, ada dua bagian dalam hal ini. Tahapan yang perlu dilakukan:

  • Summarise the information
  • Report main features
  • Make comparisons

Kamu bisa membagi ketiga tahapan di atas ke dalam tiga paragraf utama yang memuat informasi sama detilnya.

Simak contoh di bawah ini:

  • Summarise

“The given process represents the way in which paper is created as well as how it is recycled.”

Kata kerja seperti “represents”, “illustrates”, adalah contoh yang bagus untuk mendeskripsikan sebuah diagram. Namun hati-hati, “demonstrates” atau “exhibits” bukan contoh yang tepat karena lebih mengarah ke hal bergerak.

Pada tahap ini, kamu sedang menulis ulang deskripsi dari gambar dengan kata-kata kamu sendiri. Ingat, ambil hal yang terpenting karena bagian ini hanya memuat satu kalimat.

  • Process 1 (tentang terbentuknya kertas)

“Creating paper is five-step process. Firstly, plantation Radiata Pine Thinnings are harvested. The wood is then de-barked using a special drum that grinds the bark off the logs. The de-barked wood is then sent to a wood chipper and then onto a thermo mechanical refiner that utilizes water. The product is then finally sent to a paper-making machine.”

Pada bagian ini, kamu menjelaskan seluruh proses yang terjadi di tahap pertama, yaitu bagaimana terbentuknya kertas dari tahap masih berupa pepohonan.

Kata-kata yang dicetak tebal adalah ciri khas deskripsi dari sebuah process charts yang menggambarkan tahapan satu ke tahap berikutnya secara berurutan.

  • Process 2 (tentang daur ulang kertas)

“Recycling used paper back into paper consists of a six-step process starting with the paper product such as a newspaper. The newspaper is firstly collected from the kerb and after collection is spun on a cone. It is then de-inked in some type of liquid.

Cleaning and fine screening happens next before it is mixed with recycled pulp in a thermo mechanical device. The end product is then finally sent back the paper-making machine to recreate paper.”

Bagian ini juga menambah keterangan seputar proses daur ulang kertas. Ada dua paragraf di sini karena memang tahapannya lebih panjang dibandingkan dengan proses di paragraf sebelumnya.

Tak lupa, dalam bagian ini kamu juga bisa menambahkan contoh seperti surat kabar (newspaper). Dengan analogi tersebut, kamu bisa mengajak orang yang membaca untuk memahami bahwa proses daur ulang kertas bisa dimulai dari surat kabar yang tidak lagi digunakan.

Ketentuan IELTS Process Charts

Setelah melihat komposisi yang ada di atas, tak lupa yang perlu kamu ingat adalah batasan jumlah kata yang bisa dituangkan. Aturannya adalah 150 kata yang menggambarkan proses secara keseluruhan. Waktu untuk menulisnya adalah 20 menit.

Untuk itu, pastikan bahwa kamu mencantumkan informasi yang benar-benar releven dan tidak terlalu panjang. Jika tidak, bukan tidak mungkin bahwa kamu akan kesulitan memenuhi batasan jumlah kata yang ditentukan.

Gunakan Kata Hubung (Sequencers)

Seperti contoh yang telah dicetak tebal dalam paragraf di atas tentang proses pembuatan kertas dan daur ulang, gunakan kata hubung atau sequencers. Kata-kata ini membantu pembaca untuk memahami bagaimana urutan sebuah proses. Dengan cara ini, setiap tahapan akan terlihat perbedaannya.

Contoh sequencers adalah sebagai berikut:

  • First of all,
  • The first step is…
  • The first stage is…
  • Next,
  • Then,
  • After that,
  • Finally,
  • In the final step…
  • In the final stage…
  • Before
  • After
  • Once

Format Kalimat Deskripsi Proses

Kamu bisa menggunakan format kalimat pasif untuk mendeskripsikan sebuah proses, dengan format:

“Object + be verb + past participle”

(A cup of tea is made)

Contoh yang bisa digunakan dalam sebuah kalimat yaitu:

“First of all, the kettle is filled with cold water. Next, the kettle is put on the stove top. After that, a cup and a tea bag are taken from the cupboard. Finally, once the water is boiled, it is poured into a cup.

Hal yang terpenting adalah kamu akan melihat beberapa tahapan berbeda yang merupakan proses terbentuknya sebuah produk. Proses bisa terbentuk secara alami atau dibuat (man-made). Tak lupa, sampaikan proses tersebut dalam kalimat demi kalimat yang runtut.

Dengan menyampaikan secara terukur dan memenuhi target jumlah kata serta waktu yang ditentukan, maka kamu akan tahu bagaimana menulis yang mudah dipahami dan bisa mendapatkan ban score tinggi dari penilai.

Banyak-banyaklah berlatih sehingga kamu bisa terbiasa melihat seberapa porsi jumlah kata untuk bagian awal, tengah, hingga akhir. Dengan cara ini, kamu bisa merangkum diagram process chart dengan mudah dan tidak kehabisan waktu.

Artikel Lainnya

Cara Menulis Surat Informal (Informal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Surat Formal (Formal Letter) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Pekerjaan (Describe Your Job) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Keluarga (Describe your Family) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Hewan (Describe an Animal) dalam Bahasa Inggris
Cara Menjelaskan Peta (Describe a Map) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Proses (Process Chart) dalam Bahasa Inggris
Cara Mendeskripsikan Diagram Batang (Bar Chart) dalam Bahasa Inggris

 

Contoh Soal TOEFL Reading Comperhesion: Boston Symphony Orchestra
Contoh Soal Listening TOEFL: With The Professor
Contoh Soal Listening TOEFL: Long Discussions
Percakapan Job Interview: Menyampaikan Deskripsi Pengalaman Kerja
Tip TOEFL: Mungkinkah Kita “Berbohong” dalam Tes TOEFL?
Apa Perbedaan TOEFL dan IELTS?
Contoh Soal TOEFL Reading Comprehension: Dunia Binatang (Part 1)
Contoh Soal TOEFL Structure & Written Expression tentang Animals
Cara Mendeskripsikan Foto dalam Bahasa Inggris
Tip TOEFL: Apa Beda Tes TOEFL, TOEIC, dan IELTS?


 
Pertajam Kreativitas Lewat Kemampuan Parafrase
Tanda Baca Ellipsis dan Asterisk dalam Bahasa Inggris
Penggunaan Apostrophe dalam Kata Ganti Benda Kepemilikan
Berbagai Tanda Baca dalam Penulisan Bahasa Inggris Akademik
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 2)
Belajar Logika dalam Materi Speaking “Implicit Memory” (PART 1)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 2)
Contoh Revisi TOEFL Integrated Speaking (PART 1)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 2)
Latihan Tes TOEFL Lewat Video Games (PART 1)