sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Email untuk Teman yang Sudah Pindah

Memiliki teman baik di sekolah adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Namun sayangnya, hal ini tidak akan berlangsung selamanya. Selalu ada kemungkinan berpisah, salah satunya jika teman kamu harus pindah dengan keluarganya.

Bahkan kadang pindah ini bukan hanya pindah ke sekolah yang berbeda namun satu kota saja, tapi bisa berbeda kota, negara, bahkan berbeda benua. Jika sudah pindah benua, tentu komunikasi tidak akan semudah sebelumnya.

Mengapa komunikasi menjadi tantangan tersendiri?

Karena dengan berbeda benua, artinya ada perbedaan zona waktu yang signifikan. Ketika hal ini terjadi, maka komunikasi seperti chatting tidak akan semudah biasanya karena pesan yang kamu kirim bisa jadi diterima ketika temanmu masih tidur. Tapi di sisi lain, bisa juga mereka membalas ketika kamu telah tidur.

Lalu bagaimana solusinya untuk tetap menjaga komunikasi satu sama lain? Berkirim surat elektronik atau email bisa menjadi salah satu solusinya. Dengan menulis email, kamu bisa bercerita dengan panjang tanpa ada batasan karakter.

Selain itu, menulis email juga bisa dibaca kembali oleh kalian berdua sehingga menjadi salah satu memori yang menyenangkan. Itulah yang akan kita bahas lebih detil dalam artikel kali ini.

Berikut ini adalah contoh email yang dikirimkan dua teman yang telah terpisah benua karena harus pindah sekolah mengikuti keluarganya.

Contoh Email

Pesan yang pertama dikirim oleh Ally kepada Maine, teman dekat yang harus terpisah benua Australia dan Eropa karena Maine harus mengikuti ayahnya yang bekerja di Skotlandia. Kita simak bagaimana mereka berkirim surat elektronik yuk!

Dear Maine,

How are things going? I hope this email finds you well.

It has been three months since you are no longer sitting next to me in our favorite class, Biology. I still remember how you always enthusiastically ask me to come earlier during the class and won’t attend it late.

I hope you can find another exciting class and project just like the previous time here. Tell me about your school in detail, please? How did you adapt to the new environment and friends?

What about your little sister? I hope she can do everything well. I still remember the moments of us three playing around after the class. It’s nice to do it. For now, I often join the booklover community in this school. I find many new friends and exciting projects. We are going to launch an Instagram page soon.

Send my warmest regards to your family. I hope you are healthy and fine.

Regards,

Ally

Terjemahan:

Dear Maine,

Bagaimana kabarmu? Semoga kamu dalam kondisi baik.

Tiga bulan sudah sejak kamu tidak lagi duduk di sampingku di kelas favorit kita, Biologi. Aku masih ingat betul bagaimana kamu selalu antusias mengajakku untuk datang lebih awal dan jangan sampai terlambat sedikitpun.

Aku harap kamu bisa menemukan kelas dan aktivitas menarik lainnya seperti halnya di sekolah ini. Ceritakan sekolah barumu dengan detil, ya? Bagaimana kamu beradaptasi dengan lingkungan dan teman-temannya?

Bagaimana kabar adik kecilmu? Semoga dia baik-baik saja. Aku masih ingat momen-momen kita bertiga bermain bersama setelah kelas. Senang rasanya melakukannya. Sekarang, aku sering bergabung dengan komunitas pecinta buku di sekolah ini. Aku mendapatkan banyak teman dan aktivitas menarik. Kami akan merilis halaman Instagram dalam waktu dekat.

Sampaikan peluk hangatku untuk keluargamu. Semoga kalian semua sehat dan baik-baik saja.

Regards,

Ally

Email Balasan

Setelah menyimak email dari Ally untuk Maine di atas, tentu email itu akan segera dibalas oleh Maine ketika sudah membacanya. Untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif, berikut ini kami tampilkan juga email balasan dari Maine.

Dear Ally,

It’s really nice to read your email! Please send me more emails!

I’ve been doing great here. Scotland is really cold at this moment entering the winter season, but we are enjoying the time. I live in Edinburgh, the city with cobblestones and historical background. I really hope you could visit me here someday!

About my school, I’m still adapting to it. The way people speak here is so much different with ours. That’s why I’m still learning to know it and also observing the activities in this school. I’m glad to hear about your booklover community project! It’s your passion, about reading.

About my little sister, she is doing better than me, I think! She has a lot of new friends and always busy telling the whole stories for me after school. We miss you a lot!

Send my warmest hug to your family, too. I hope you are healthy and don’t forget to send me email often!

Love,

Maine

Terjemahan

Dear Ally,

Senang sekali membaca email darimu! Kirimkan email sering-sering, ya!

Aku baik-baik saja di sini. Skotlandia sangat dingin jelang musim dingin, namun kami menikmatinya. Aku tinggal di Edinburgh, sebuah kota dengan dinding-dinding batu dan kental dengan nilai histori. Semoga kamu bisa mengunjungiku suatu hari nanti!

Tentang sekolah, aku masih beradaptasi. Cara orang berbicara di sini sangat berbeda dengan aksen kita. Itu sebabnya aku masih belajar memahaminya dan mencari tahu tentang aktivitas menarik di sekolah ini. Aku senang mendengar ceritamu tentang komunitas pecinta buku! Itu adalah hobimu yang gemar membaca.

Tentang adikku, dia tampaknya beradaptasi lebih baik dibandingkan denganku! Dia telah memiliki banyak teman dan selalu sibuk menceritakan padaku segalanya sepulang sekolah. Kami sangat merindukanmu!

Sampaikan peluk hangatku untuk keluargamu. Semoga kamu sehat dan jangan lupa kirimkan email sering-sering, ya!

Love,

Maine

Itu tadi contoh email dari kedua sahabat yang terpisah benua dan masih menjaga komunikasi lewat email. Membacanya sangat hangat dan tulus karena mereka bisa mengekspresikan apa yang dirasakan lewat tulisan. Semoga contoh email ini bisa membantu kamu ketika nanti berada di posisi yang sama seperti Ally atau Maine ya!

 

Writing Tip: Menulis E-Mail Bahasa Inggris Secara Profesional
Contoh Reference Letter dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Menulis Paragraf yang Baik?
Pengandaian dalam Bahasa Inggris (Conditional)
Cara Mudah Menulis Cerita Pendek Berbahasa Inggris
Percakapan Mengenalkan Teman dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Perhitungan Matematis dalam Bahasa Inggris
Writing Tip: Tanda Tanya, Tanda Seru, Tanda Pisah, dan Tanda Kurung (Punctuation)
Writing Rule: Penggunaan Apostrof dan Tanda Petik (Punctuation)
Writing Tip: Menulis Email yang Bagus dalam Bahasa Inggris


 
Contoh Email untuk Teman yang Sudah Pindah
Recount Text: A Trip To The Zoo
Contoh Biodata dalam Bahasa Inggris
Menulis Ungkapan Terima Kasih dalam Bahasa Inggris
Tip Menulis Esai dalam Bahasa Inggris
Contoh Bercerita Tentang Liburan (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris
Contoh Bercerita tentang Keluarga (Lisan & Tulisan) dalam Bahasa Inggris
Tip Menulis Surat Formal & Informal dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis Laporan (Report Text)
Contoh Teks Pembawa Acara Berita dalam Bahasa Inggris