sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Perkenalan Mahasiswa Baru dalam Bahasa Inggris

Saat memasuki dunia perkuliahan, tentu semuanya jauh berbeda dibandingkan dengan saat masih duduk di bangku sekolah. Setelah sebelumnya semua serba tertata dan sudah disiapkan di depan mata, saat berada di jenjang universitas inilah kemandirian kamu diperlukan.

Kamu yang memegang kendali atas berapa banyak mata kuliah yang diambil, susunan jadwal setiap harinya, atur waktu hal akademis dan non-akademis, hingga menentukan nilai Indeks Prestasi di akhir semester.

Namun itu nanti dulu. Sebelum menuju semua itu, tentu ada yang namanya hari pertama kuliah. Datang ke ruang perkuliahan dan kamu akan berkenalan dengan dosen atau penanggung jawab dari jurusan. Bukan hanya mereka, kamu pun juga perlu memperkenalkan diri di hadapan teman-teman lain.

Berbeda dengan perkenalan informal satu sama lain ketika duduk bersebelahan dengan teman baru di kelas, tentu berkenalan di depan kelas jauh lebih formal dan ada aturannnya, kan?

Bagaimana susunannya? Kami telah menyiapkan beberapa contohnya untuk kamu. Simak ya!

Contoh 1

Good morning everyone!

First of all, thanks for giving me the opportunity to introduce myself.

My name is Lauren Cohen. I’m 21 years old and come from Arizona.

I have done my Intermediate in Arizona High School. I’m so excited to start the college, learn new things, and meet new people. I choose the accounting major because I have passion in economy.

I also have set many goals for my education as far as advancing to the master degree. Besides the academic accounting interest, I also do swimming regularly and read books in my leisure time.

I am looking forward to my experience with all of you guys. I’m sure the future has a lot to offer and I can’t wait to see where it takes me.

Terjemahan:

Selamat pagi semuanya!

Pertama-tama, terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk memperkenalkan diri. Nama saya Lauren Cohen, 21 tahun dari Arizona.

Saya telah menamatkan sekolah menengah atas di Arizona. Saya sangat bersemangat memulai perkuliahan, belajar hal baru, bertemu orang lain. Saya memilih akuntansi karena ketertarikan saya pada ekonomi.

Saya juga memasang target pendidikan hingga ke pendidikan master. Selain ketertarikan pada dunia akademis akuntansi, hobi saya adalah berenang dan membaca buku kala senggang.

Saya tak sabar untuk mendapat pengalaman bersama kalian semua. Pasti masa depan sangat seru dan tak bisa ditebak ke mana arah perjalanan saya.

Contoh 2

Hi everyone, my name is Jessica. I am 20 years old. This is my first day to start a new field in Hudson. This year, I am majoring in International Relations. Since I was in college, I always interested with the international political issue and how the constellation influenced the whole world.

That’s why I also plan to have the master degree in the same major. I will focus to the United States geopolitical circumstances. I’m open to any discussion and look forward to be friends with everyone. Please greet me whenever you see me and don’t hesitate to include me in your discussion!

Terjemahan:

Halo semuanya, nama saya Jessica. Usia saya 20 tahun. Ini adalah hari pertama saya memulai perkuliahan di Hudson. Tahun ini, saya mengambil jurusan Hubungan Internasional. Sejak masih di bangku sekolah, saya selalu tertarik dengan isu politik internasional dan bagaimana konstelasinya mempengaruhi seluruh dunia.

Itu sebabnya saya juga berencana mengambil pendidikan master di jurusan yang sama. Saya akan fokus pada situasi geopolitik di Amerika Serikat. Saya terbuka dengan diskusi apapun dan ingin berteman dengan siapa saja. Sapa saja saya jika melihat dan jangan ragu libatkan saya dalam diskusi kalian!

Contoh 3

Hi everyone, my name is Jonathan Dia. I am 18 years old and graduated from Dickinson High School. Since I was little, I have been living in New Jersey. Normally I’m not the kind of a person who easy to talk in front of public like this, but I’m trying to overcome the nervous.

I have big interest in sports, music, and also art. I also have the goal to conquer the world and experience a whole new different culture. Let’s say that I’m on the phase to step up from my comfort zone and look for a new challenge in life.

Terjemahan:

Halo semuanya, nama saya Jonathan Dia. Saya berusia 18 tahun dan lulus dari SMA Dickinson. Sejak kecil, saya tinggai di New Jersey. Sebenarnya saya bukan jenis orang yang bisa dengan mudah bicara di depan umum seperti ini, namun saya berusaha mengatasi rasa gugup itu.

Saya punya ketertarikan besar pada olahraga, musik, dan juga seni. Saya punya tujuan untuk keliling dunia dan merasakan budaya yang benar-benar berbeda. Bisa dibilang saya berada di fase hidup keluar dari zona nyaman dan mencari tantangan baru dalam hidup.

Contoh 4

Good morning.

Hello, first of all, I would like to introduce myself. My name is Evelyn. Today is the first day of college and really exciting! I’m positive that I will enjoy the rest of the college time.

My future plan is attending the basic classes and preparing for the master degree. I also hope that I can add more knowledge in foreign language when I’m in this college. I look forward to have a productive semester and improve my skills!

Thank you.

Terjemahan:

Selamat pagi.

Halo, pertama-tama saya akan memperkenalkan diri. Nama saya Evelyn, hari ini adalah hari pertama kuliah dan sangat menyenangkan! Saya optimis akan menikmati sampai akhir nanti.

Rencana jangka panjang saya adalah hadir di tiap kelas dan mempersiapkan diri untuk jenjang master. Saya juga berharap bisa menambah pengetahuan bahasa asing selama berkuliah di sini. Saya berharap semester ini akan menjadi produktif dan skill saya kian berkembang!

Terima kasih.

Dari beberapa contoh di atas, bisa dilihat bahwa semuanya memiliki struktur yang serupa, yaitu:

  • Menyapa
  • Menyebutkan nama, usia, asal
  • Menyebutkan jurusan, hobi, dan ketertarikan
  • Ditutup dengan ekspektasi akan dunia kuliah

Setiap orang tentu bisa memiliki konsep yang berbeda tergantung pada cara mereka untuk memperkenalkan diri. Yang terpenting adalah tetap sopan dan jelas dalam penyampaiannya.

Bagaimana perkenalan versi kamu? Ceritakan di kolom komentar ya!

 

Contoh Percakapan Pedagang Sayuran di Pasar dalam Bahasa Inggris
Membicarakan Aktivitas Rutin (Daily Routine) dalam Bahasa Inggris
Contoh Wawancara Kerja Sebagai Resepsionis
Contoh Percakapan di Pesawat dalam Bahasa Inggris
Restaurant Conversation: Percakapan di Restoran tentang Enak/Tidaknya Makanan
Menanyakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Menjaga Percakapan Inggris Tetap Berlanjut
Percakapan Menanyakan Alamat dalam Bahasa Inggris
Contoh Pertanyaan dan Jawaban Ice Breaking dalam Bahasa Inggris
Berbicara dengan Anak Kecil dalam Bahasa Inggris