sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Wawancara Kerja (Finance atau Keuangan) dalam Bahasa Inggris

Apakah anda dalam waktu dekat akan dipanggil wawancara? Selamat jika memang anda mendapatkannya, tentu tidak mudah untuk dapat masuk ke tahap wawancara kerja. Namun bagi anda yang saat ini belum juga mendapatkan panggilan wawancara kerja, jangan putus asa dan patah arang ya. Yuk mari kita persiapkan diri sebelum benar-benar mendapatkan panggilan wawancara kerja.

Tahap wawancara kerja, ibarat pintu masuk yang menentukan apakah anda dapat bekerja di perusahaan impian anda atau tidak. Well, wawancara tentu tidak semudah kita bercakap-cakap dengan teman atau kerabat dekat. Ketika melakukan wawancara kerja sebaiknya anda menggunakan bahasa yang formal dan sopan serta persiapkan diri anda dengan baik. Jawaban anda akan menentukan apakah anda akan diterima atau tidak dan perhatikan bahwa terkadang ada pertanyaan yang cukup menjebak.

Bagi anda yang ingin melamar ke perusahaan asing tentu bekal yang dibutuhkan harus lebih maksimal. Anda harus menguasai bahasa Inggris sebagai minimal persyaratan untuk melamar pekerjaan di perusahaan asing. Nah catatan untuk pembaca semuanya, beberapa perusahaan memiliki standar mereka masing-masing dalam melakukan seleksinya. Untuk perusahaan multinasional sendiri biasanya mereka menggunakan bahasa inggris dalam wawancara untuk mengukur kemampuan dari pelamar.

Dalam artikel kali ini kami akan mengulas contoh wawancara kerja di bidang Finance atau Keuangan. Profesi yang memang hampir dibutuhkan di setiap perusahaan baik dalam maupun luar negeri. Simak contoh pertama berikut ini:

Contoh:

Adam: Hello, I’m Adam it’s nice to meet you. (Halo, saya Adam senang berjumpa dengan Anda.)

Michel: Hello, Mr. Adam nice to meet you too. My name is Michel the Head of Human Resource Department in this Company. So, let’s start by introducing yourself briefly okay? (Halo, Pak Adam senang berjumpa dengan Anda juga. Nama saya adalah Michel Kepala Departemen Sumber Daya Manusia di perusahaan ini. Jadi, mari kita mulai dengan perkenalan singkat dari Anda?)

Adam: My name is Adam and I am 25 years old. I have graduated from AXN University, majoring in Accounting. My current activities are working on my personal blog which contains about finance and accounting stuff. (Nama saya adalah Adam dan saya berusia 25 tahun. Saya lulusan dari Universitas AXN jurusan Akuntansi. Aktivitas saya saat ini adalah bekerja sebagai personal blog yang menulis tentang keuangan dan akunting.)

Michel: That’s amazing, and what is your motivation on applying to our company? (Sangat mengesankan, dan apakah motivasi anda melamar pekerjaan di perusahaan kami?)

Adam: I would like to find new opportunity and developing my capabilities as well as networking. And of course to find a stable income in the future. (Saya ingin mencari kesempatan baru dan mengembangkan kemampuan saya begitu pula dengan jaringan yang saya miliki. Dan tentu saja untuk mendapatkan pendapatan yang stabil kedepannya.)

Michel: Can you describe about finance? what do you think a finance staff job desk would be? (Bisakah anda menjelaskan tentang keuangan? Apa pendapat anda tentang pekerjaan yang harus ditangani staff keuangan?)

Adam: Well, as far as i know a finance staff should be prepare of making and optimizing financial and administrative duties in the company. Preparing balance sheets, invoices, record account payable, record account receivable, reconcile bank statements, track bank deposits and payments, and so forth. (Baik, sepengetahuan saya staff keuangan harus mempersiapkan dan memaksimalkan keuangan dan melakukan pekerjaan administrasi di perusahaan. Mempersiapkan neraca, tagihan. mencatat hutang, mencatat piutang, melakukan rekonsiliasi laporan perbankan, menelusuri setoran bank dan pembayaran, dan sejenisnya.)

Michel: That’s intriguing. You understand the basic job desk here. Well. do you speak different languages? (Menarik sekali. Anda memahami pekerjaan dasar disini. Lalu, apakah anda bisa berbahasa lain?)

Adam: No Miss, i only speak Indonesian and English. (Tidak Bu, saya hanya bisa bahasa Indonesia dan Inggris.)

Michel: That’s allright. Can you tell me about your quality and shortcoming point? (Itu cukup. Dapatkan Anda menjelaskan kelebihan dan kekurangan Anda?)

Adam: My quality is that i am strong in detail, i like to work in number, and learn new things is my passion. My shortcoming is i don’t like to be bored, well that’s why i try to make myself busy. (Kelebihan saya adalah kuat dalam hal detil, saya senang bekerja dengan angka, dan senang mempelajari hal baru. Kekurangan saya sendiri adalah saya tidak suka merasa bosan, oleh karena itu saya selalu membuat diri saya sendiri sibuk.)

Michel: So i am sure that you do can operate basic software like MS Word and MS Excel. But can you operate financial software? (Saya yakin bahwa anda dapat mengoperasikan software komputer dasar seperti MS Word dan MS Excel. Tapi apakah Anda bisa mengoperasikan software keuangan?)

Adam: Yes Miss, i could use several sofware according to financial system. But i also able to learn something new quickly. (Ya Bu, saya bisa menggunakan beberapa software untuk sistem keuangan. Tapi saya juga bisa mempelajari hal baru dengan cepat.)

Michel: Well, it was a great time to have a meeting with you. I thought that you are capabele for the position. I will call you later after informing the management to settle the choice. Much obliged to you for nearing Adam. (Baiklah, sangat menyenangkan mewawancarai Anda. Saya rasa Anda mampu untuk mengisi posisi ini. Saya akan segera menghubungi Anda setelah memberitahukan wawancara ini kepada manajemen untuk membuat keputusan. Terima kasih sudah datang Adam.)

Adam: You are welcome Miss. (Sama-sama Bu. )

 

Percakapan Membeli Baju Disertai Tawar Menawar dalam Bahasa Inggris
Cara Memanggil Taksi dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Tersesat dan Menanyakan Arah Jalan
Contoh Frasa dan Percakapan untuk Front Office (Resepsionis) Di Kantor
Bagaimana Bercerita dengan Baik dalam Bahasa Inggris
Percakapan Membeli Laptop dalam Bahasa Inggris
Percakapan Kebetulan Bertemu Orang yang Dikenal dalam Bahasa Inggris
Contoh Pertanyaan & Jawaban untuk Melanjutkan Obrolan dalam Bahasa Inggris
4 Contoh Percakapan Inggris Berterima Kasih (Thanking Conversation)
Contoh Percakapan Membicarakan Website dalam Bahasa Inggris