sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

English Rhetorical Questions

Dalam berbicara, kita pasti ingin mengatakan sesuatu untuk membuat orang lain merasa yakin dan percaya pada kita. Kita juga sering mengajukan pertanyaan, dimana sebenarnya kita tidak bermaksud untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, namun untuk mempertegas atau mempengaruhi.

Dalam bahasa inggris jenis kalimat seperti ini disebut sebagai rhetorical questions. Rhetorical questions merupakan suatu pertanyaan yang tidak membutuhkan jawaban dalam bahasa inggris.

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa contoh rhetorical questions dan contoh dalam penggunaanya.

1. Am I right (Tidakkah aku benar/aku benar kan)

Biasa diucapkan seseorang ketika apa yang telah dikatakan sebelumnya menjadi kenyataan, fakta atau merupakan suatu kebenaran yang tidak dapat terelakkan.

Contoh:

  • “ The bull is dead! They make him work too much! Am I right!” (Kerbau itu mati! Mereka memaksanya bekerja terlalu keras! Tidakkah aku benar!)
  • “Am I right! They just come to me because they don’t what to do anymore!” (Aku benar kan! Mereka datang padaku karena mereka tidak tahu lagi apa yang harus mereka lakukan!)

2. Are your ears burning? (Apa telingamu panas?)

Biasa diucapkan untuk seseorang yang tidak hadir namun menjadi bahan perbincangan atau diskusi.

Contoh:

  • “Hey Todd! Are your ears burning? We just talk about you!” (Hey Todd! Apa telingamu panas? Kami baru saja membicarakan tentang dirimu!)
  • “Are your ears burning? We just talked about how bad you are at playing soccer!” (Apa telingamu panas? Kami baru saja membicarakan tentang betapa buruknya kamu dalam bermain sepak bola!)

3. How can you sleep at night (Bagaimana kamu bisa tidur di malam hari!)

Biasa dikatakan pada seseorang yang telah melakukan sesuatu yang tidak baik dan seharusnya orang itu merasa sangat bersalah dan tidak tenang.

Contoh:

  • “You know that it was really bad right? How can you sleep at night after slapping your sister!” (Kamu tahu bahwa itu sangat buruk bukan? Bagaimana kamu bisa tidur di malam hari setelah menampar adik perempuanmu?)
  • “You technically kill her! How can you sleep at night after make her suffer!” (Kamu secara tehnis membunuhnya! Bagaimana bisa kamu tidur di malam hari setelah membuatnya menderita!)

4. What’s the beef (Apa yang kamu masalahkan?)

Biasa digunakan untuk menanyakan apa ada hal yang mengganggu atau tidak sesuai.

Contoh:

  • “What’s the beef? You look disappointed! Is there anything that not in the place?” (Apa yang kamu permasalahkan? Kamu terlihat kecewa! Apa ada hal yang tidak sesuai posisinya?)
  • “What’s the beef Carry? Just tell me if you feel it’s not a good idea!” (Apa yang kamu protes? Beritahu saja aku jika kamu merasa ini bukan ide yang bagus!)

5. Is it just me (Apakah hanya aku)

Mengungkapkan rasa tidak percaya bahwa anda adalah satu – satunya orang yang berpikiran seperti itu.

Contoh:

  • “Wait, is it just me? Don’t you guys think it’s weird enough to wear these shoes in this hot weather?” (Tunggu, apa hanya aku? Tidakkan kalian berpikir ini cukup aneh untuk memakai sepatu ini di cuaca yang panas ini?)
  • “Is it just me? You don’t feel anything strange about this house?” (Apa hanya aku? Kamu tidak merasa ada yang aneh dengan rumah ini?)

6. Who know (Siapa tahu)

Merujuk pada seseorang yang mungkin tahu atau pun tidak suatu kebenaran atau kenyataan. Dapat juga digunakan untuk mengekspresikan tentang suatu prediksi.

Contoh:

  • “Who knows? We might doesn’t have chance to talk to her later!” (Siapa tahu! Kita mungkin tidak punya kesempatan untuk berbicaranya padanya nanti!)
  • “Well, who know! We may not have the chance to meet the chief in the future! Let’s just talk nicely with him!) (Ya, siapa tahu! Mungkin kita tidak memiliki kesempatan untuk bertemu dengan kepala di masa depan! Mari kita bicara dengannya secara baik!)

7. Where do I sign up? (Dimana aku harus mendaftar?)

Pertanyaan ini bukan berarti untuk mengetahui tempat pendaftaran, namun untuk menunjukkan bahwa dia tertarik akan sesuatu.

Contoh:

  • “Where do I sign up? I remember that I give you some information about the discussion!” (Dimana aku harus mendaftar? Aku ingat bahwa aku telah memberimu sedikit informasi tentang diskusi itu!)
  • “Hey Lane, is there something interesting? Where do I sign up?” (Hey Lane, apakah ada sesuatu yang menarik? DImana aku harus mendaftar?)

8. Would it hurt (Akankah itu menyakitkan?/merugikan?)

Pertanyaan ini untuk menyindir seseorang yang enggan atau tidak ingin melakukan atau mengakui sesuatu yang sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan olehnya. Sehingga orang lain akan menanyakan, apakah hal itu akan menyakitkannya?

Contoh:

  • “Please Karen, just do it once! Would it hurt if you come to Henry’s house and eat dinner there?” (Tolonglah Karen, lakukan itu sekali saja! Apakah akan menyakitkan jika kamu datang ke rumah Henry dan makan malam disana?)
  • “Are you that crazy Dean? Would it hurt if you just admit that you are wrong about the prediction and say sorry to them?” (Apa kamu begitu gila? Apakah akan menyakitimu jika kamu mengakui kesalahanmu dalam memprediksi dan meminta maaf pada mereka?)

9. Need I say more? (Butuh aku katakana lebih jauh/detail?)

Merujuk pada sesuatu yang pasti. Dan ketika dikatakan sesuatu yang lebih dalam akan semakin mempertegas kebenaran tersebut.

Contoh:

  • “You know that you can’t participate in the election. Need I say more? Need I to wake you from your imagination?” (Kamu tahu bahwa kamu tidak bisa berpartisipasi di pemilihan itu. butuh aku katakana lebih banyak? Butuh aku membangunkanmu dari imajinasimu?)
  • “Need I say more? Do you need me to say anything I know about your life to other people?” (Butuh aku katakan lebih banyak? Kamu membutuhkanku untuk mengatakan apapun yang aku ketahui tentang hidupmu pada orang lain?)

Demikian adalah beberapa rhetorical question  yang paling sering muncul. Sebenarnya masih ada banyak pertanyaan sejenis dalam bahasa inggris.

 

Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Bioskop
English Rhetorical Questions
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan Seputar Angkutan Umum Bus Kota
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Tempat Parkir
Pertanyaan dan Kalimat yang Sering Diucapkan di Stasiun Kereta Api
Kalimat atau Frasa yang Sering Digunakan di Rumah Sakit/Klinik Dokter
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Kebun Binatang
Pertanyaan dan Kalimat yang Sering Diucapkan di Bandara
Apa itu Question Tags?