sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Frasa/Kalimat untuk Meyakinkan Orang

Phrases used to convincing people

Dalam berbicara dengan lawan bicara, kita tentu memiliki tujuan untuk meyakinkan atau mempengaruhi orang dengan kalimat kita. Misalnya saja ketika kita bekerja sebagai seorang sales, yang dituntut untuk bisa meyakinkan orang lain agar membeli barang yang kita tawarkan. Atau ketika kita menjadi seorang pembicara di suatu acara, dimana kita harus bisa meyakinkan para tamu untuk mempercayai apa yang kita bicarakan dan kita jelaskan.

Untuk membuat orang lain yakin dan percaya terhadap apa yang kita bicarakan, tentu kita harus menggunakan pilihan kata serta kalimat dan frase yang tepat. Begitu pula ketika kita berbicara dalam bahasa inggris, kita harus mengetahui frase kuat yang bisa meyakinkan lawan bicara kita. Berikut ini adalah frase dan kata yang bisa memperkuat penjelasan kita serta meyakinkan (convincing) lawan bicara kita.

1. “I can guarantee…” (Aku bisa menjamin)

Frase ini biasa digunakan oleh para penjual, marketing perusahaan atau produk, orang asuransi. Mereka berusaha untuk menarik konsumen untuk menggunakan jasa mereka atau produk mereka kdengan memberikan jaminan yang menarik dan meyakinkan.

2. “I tell you, it’s a fact” (Kuberitahukan, ini adalah suatu fakta)

Frase ini sangat meyakinkan orang, dimana orang akan merasa bahwa informasi dan penjelasan yang diberikan oleh pembicara adalah suatu fakta yang bisa dipercaya.

3. “I tell you, it’s true” (Aku beritahu, itu adalah benar)

Makna dari frase ini sebenarnya adalah hampir sama dengan frase sebelumnya. Sama-sama bertujuan meyakinkan orang dengan mengatakan bahwa yang dikatakannya itu adalah suatu kebenaran.

4. “I tell you, it’s certain” (Aku memberitahumu, ini sesuatu yang pasti)

Dengan mengatakan bahwa ini adalah sesuatu yang pasti, secara tidak langsung orang akan merasa yakin dengan apa yang dikatakan oleh lawan bicaranya.

5. “I am absolutely certain” (Aku sangat yakin)

Dengan menyatakan keyakinan kita, maka lawan bicara kita juga akan merasa diyakinkan dengan pendapat atau pembicaraan kita.

6. “I saw him just now, really” (Aku baru saja melihatnya, aku sungguh – sungguh)

Dengan mengatakanbahwa anda baru saja melihat seseorang, atau sesuatu atau suatu peristiwa, orang lain akan langsung merasa yakin terhadap perkataan anda.

7. “I saw it with my own eyes” (Aku melihatnya dengan mata kepalaku sendiri)

Mengatakan bahwa anda melihat sesuatu dengan mata kepala anda sendiri akan memberikan efek yang sangat meyakinkan bagi lawan bicara anda)

8. “I saw it myself” (Aku melihatnya sendiri)

Mengatakan frase ini juga akan meningkatkan rasa percaya seseorang, karena merasa bahwa anda tidak akan berbohong mengenai apa yang telah anda lihat.

9. “I can assure you…” (Aku bisa memberikan kepastian..)

Frase ini memiliki makna yang hampir sama dengan “I guarantee..”. dimana lawan bicara akan merasa bahwa apa yang anda bicarakan merupakan suatu yang pasti.

10. “It’s quite true” (Ini memang sesuatu yang benar)

Memang dengan mengatakan ini sebenarnya terkesan tidak 100% meyakinkan. Namun, seseorang akan merasa bahwa yang anda katakana adalah sesuatu yang sangat menarik dan meyakinkan.

11. “It must be true” (Itu pasti benar)

Ini adalah suatu frase yang menyatakan bahwa sesuatu pasti memang benar. lawan bicara akan merasa diyakinkan karena anda juga merasa yakin akan suatu hal.

12. It’s crystal clear… (Ini sangat jelas..)

Ini adalah penekanan pada suatu kejadian, suatu peristiwa atau perkataan seseorang. Orang akan merasa sangat diyakinkan dengan penekanan bahwa apa yang terjadi sebenarnya sangat jelas dan dapat diketahui secara detail.

13. “But can’t you see that he’s interested in the idea?” (Tapi tidak kah kamu bisa melihat bahwa dia tertarik dengan ide itu?)

Ini adalah frase yang digunakan untuk meyakinkan orang yang sedang tidak percaya diri. Seseorang akan menyadarkan lawan bicaranya bahwa ada orang lain yang sebenarnya menyetujui apa yang sedang diusahakannya.

14. “That’s all I know, honestly.” (Itu saja yang aku ketahui, jujur)

Kalimat ini digunakan untuk meyakinkan orang bahwa apa yang telah anda katakana adalah apa yang anda ketahui dan anda tidak menyembunyikan hal lain dari orang yang menanyakan atau lawan bicara anda. Dengan mengatakan ini, lawan bicara anda mungkin akan merasa bahwa anda memang tidak mengetahui apa-apa.

15. “But you must admit that he did all he could” (Tetapi kamu harus mengakui bahwa dia telah melakukan apa yang bisa dia lakukan)

Ini adalah salah satu kalimat yang digunakan untuk meyakinkan bahwa apa yang orang lain lakukan sebenarnya adalah sesuatu yang lebih. Anda sebenarnya menyadari hal tersebut, namun anda awalnya tidak ingin mengakuinya.

16. “But surely you must agree that this is an extraordinary case.” (Tapi sebenanya kamu pasti setuju bahwa ini adalah sesuatu yang tidak biasa)

Seperti sebelumnya, ini juga untuk meyakinkan anda tentang sesuatu yang sebenarnya anda akui namun anda tidak begitu yakin. Dengan orang lain mengatakan ini, anda akan mendapatkan keyakinan untuk mempercayainya.

17. “It’s here in writing” (ini tertulis disini)

Ini untuk meyakinkan dengan suatu bukti yang lebih nyata. Dengan tulisan, anda pasti akan lebih merasa diyakinkan akan suatu hal.

18. “But don’t you agree that he was not in station at that time?” (Tapi tidakkah kamu setuju bahwa dia tidak ada di tempat pada waktu itu?)

Ini adalah kalimat convincing saat terjadi suatu perdebatan. Dengan mengatakan kalimat ini, anda dapat menyadarkan lawan bicara anda bahwa sebenarnya lawan bicara anda juga sudah mengetahui bahwa sesuatu memang benar.

19. “This is the best quality we can get – there’s no doubt about it” (Ini adalah kualitas terbaik yang bisa kita dapatkan – tidak ada keraguan akan hal tersebut)

Ini biasa digunakan oleh penjual atau bagian pemasaran untuk menunjukkan bahwa barang yang dimiliki merupakan barang dengan kualitas terbaik. Tidak ada barang lain yang bisa menandingi barang tersebut, dan itu merupakan sesuatu yang pasti.

Demikian adalah beberapa frase yang bisa digunakan untuk meyakinkan orang lain, ketika anda sedang berbicara.

 

Frasa/Kalimat Meminta, Memberi, dan Menolak Opini (Ask, Give, Refuse Opinion)
Cara Mengekspresikan Ekspektasi dalam Bahasa Inggris
English Idiom: Idiom yang Berkaitan dengan Sakit
Quotes Bahasa Inggris tentang Cemburu
English Idiom: Idiom Tentang Marah
Quotes Bahasa Inggris tentang Perpisahan
Frasa/Kata/Kalimat yang Hanya Digunakan di Kanada (Canadian English)
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Kata, Kalimat, atau Ungkapan untuk Menggambarkan Kebahagiaan dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan dan Kalimat yang Sering Diucapkan di Bandara