sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Frasa yang Digunakan untuk Membandingkan Foto dalam Bahasa Inggris

Comparing and contrasting adalah salah satu dari beragam topik yang kerap muncul dalam tes speaking bahasa Inggris. Hal yang dibandingkan biasanya berupa ide atau gagasan suatu topik atau benda.

Kali ini aktivitas yang menjadi contoh topik melibatkan dua foto atau dua gambar yang kemudian dibandingkan. Tes ini membutuhkan kemampuan vocabulary yang luas dan juga akan menguji kemampuan kita menyusun kalimat yang logis dan runut dari analisa atas foto atau gambar yang berbeda tersebut. Kita juga dituntut untuk dapat menyatakan ide atau gagasan dari foto atau gambar tersebut, menggunakan frasa yang umum digunakan, serta menyusun struktur tata bahasa Inggris yang tepat.

Akan tetapi frasa comparing and contrasting photographs ini juga dapat dipakai ketika membandingkan foto dalam aktivitas sehari-hari. Pola kalimat di bawah ini dapat digunakan dalam comparing photographs atau membandingkan foto.

COMPARING AND CONTRASTING

Frasa ini digunakan untuk menyatakan pendapat atas suatu foto atau gambar yang dibandingkan dengan foto atau gambar lain.

1. Both of these …

Both of these photos picture antique clocks that placed in a subway station.’ (Kedua foto ini menggambarkan jam antik yang diletakkan di sebuah stasiun kereta bawah tanah.)

2. Neither of these …

Neither of these pictures depicts the right situation in the real life.’  (Tidak ada dari kedua foto ini yang menggambarkan situasi sebetulanya di kehidupan sehari-hari.)

3. One of these …, while the other …

One of these pictures symbolizes the final stage of human life, while the other one symbolizes the life of a newborn baby.’ (Salah satu dari foto-foto ini menyimbolkan tahap akhir dari hidup manusia, sementara foto lainnya menyimbolkan kehidupan dari seorang bayi yang baru lahir.)

4. This one …, but on the other hand that one …

This one captures a view of a beautiful sky and the trees below, but on the other hand that one doesn’t capture the existence of the clear sky.’ (Foto ini menangkap pemandangan langit yang indah dengan pepohonan di bawahnya, tapi di sisi lain foto yang itu tidak menangkap adanya langit yang cerah.)

5. This picture … whereas the other …

This picture has brick walls on the building whereas the other picture doesn’t have it.’ (Foto ini memiliki dinding bata di bangunannya sementara di foto lainnya tidak ada.)

SPECULATING

Frasa ini digunakan untuk menyatakan pendapat yang didasarkan pada anggapan pribadi tanpa melihat aspek faktualnya. Kalimat ini dapat digunakan ketika menyatakan perasaan kita atau kesan pertama kita atas foto atau gambar yang dibandingkan.

1. It’s hard to say, but I think …

It’s hard to say, but I think this photographer did a good job bringing back our past experience by making it in black and white.’ (Sulit mengatakannya, tapi saya pikir fotografer ini melakukan pekerjaan yang baik dengan membawa kembali pengalaman masa lalu kita dengan membuatnya hitam putih.)

2. As far as I can see …

As far as I can see, the first picture seems to be a main street in the city. There’s cafes, shops, and chairs outside the café.’  (Sejauh yang saya tahu, gambar pertama tampak seperti sebuah jalan raya di suatu kota. Ada kafe, toko, dan kursi-kursi di luar kafe itu.)

3. It looks like a …

It looks like a woman waiting for someone or something by the lake. It’s taken from a good angle. It’s taken from the back of the woman. Like what we would see when someone is waiting for us.’ (Kelihatannya seperti wanita yang sedang menunggu seseorang atau sesuatu di sisi danau. Gambarnya diambil dari sudut yang bagus. Fotonya diambil dari punggung wanita itu. Tampak seperti apa yang kita lihat ketika seseorang menunggu kita.) 

4. I’d say …

I’d say I like the second picture more. It makes me feel elated and energized just looking at the yellow colors.’ (Aku akan mengatakan aku lebih suka gambar yang kedua. Itu membuatku merasa lebih bahagia dan berenergi hanya dari melihat warna kuningnya saja.)

5. It must be …

It must be a photo taken sometime around our childhood in 90s. I can tell it from the movie poster in the background.’ (Pastilah foto ini diambil sekitar zaman masa kecil kita di tahun 90-an. Aku bisa mengetahuinya dari poster film di latar belakang.)

6. It might / may / could / can’t be …

It might be something about the first day when the winter ends. You can see the ice melted and green leaves from the tree’. (Ini mungkin sesuatu tentang hari pertama di saat musim dingin berakhir. Kau bisa melihat esnya mencair dan dedaunan hijau di pohon.)

7. I don’t think it … because …

I don’t think it was taken in the garden full of flowers because I can see that there’s only one kind of rose bush in it.’ (Aku tidak berpikir foto ini diambil di taman penuh bunga karena aku melihat hanya ada satu jenis semak mawar saja di sana.) 

EXPRESSING OPINIONS

Frasa ini digunakan untuk menyatakan pendapat pribadi yang didasarkan pada analisa yang bersifat teknis.

1. Personally, I …

Personally, I think this picture is taken somewhere in Canada. You can see the items shown here, there are several things that represent the country. Such as the maple leaf,’ (Secara pribadi, saya pikir gambar ini diambil di suatu tempat di Kanada. Anda bisa melihat benda-benda di sana, ada beberapa hal yang melambangkan negara itu. Seperti daun pohon maple.)

2. I’ve never thought about it, but I suppose …

I’ve never thought about it, but I suppose the photographer is trying to say that this is the real situation we are facing in everyday life.’ (Aku tidak pernah berpikir tentang ini, tapi kukira fotografernya mencoba mengatakan bahwa inilah situasi sebenarnya yang kita hadapi di kehidupan sehari-hari.)

3. I don’t really like …, but I had to choose …

I don’t really like the angle of this photo, but I had to choose this because it depicts the true beauty of nature with the blooming trees and green colors everywhere.’ (Aku tidak begitu suka sudut foto ini, tapi aku harus memilih foto ini karena ini menggambarkan keindahan alam yang sesungguhnya dengan pohon-pohon yang bermekaran dan warna hijau di mana-mana.)

Catatan:

  1. Ketika membandingkan foto atau gambar, bicarakan tentang kesamaan dan perbedaan yang ada di antara foto atau gambar tersebut.
  2. Buat spekulasi tentang foto atau gambar tersebut. Apa yang tampak di gambar yang kita bandingkan mungkin akan berbeda dengan makna sebenarnya yang si fotografer coba untuk sampaikan. Jadi, setiap orang mungkin memiliki persepsi yang berbeda-beda atas gambar itu.
  3. Gunakan vocabulary yang luas. Contohnya ketika membuat spekulasi tentang perasaan yang tergambar dalam suatu foto, hindari menggunakan kata umum seperti happy, sad, atau nervous. Eksplor lebih banyak sinonim untuk kata-kata umum tersebut.
  4. Tutup opini kita dengan menambahkan reaksi pribadi atas gambar tersebut.

 

Frasa/Kalimat yang Digunakan Performance Review
Frasa/Kalimat yang Digunakan dalam Membuka Presentasi
Frasa/Idiom yang Digunakan Untuk Mengekspresikan Kemarahan
Frasa/Kalimat yang Digunakan dalam Memberikan Saran
Frasa/Kalimat Sopan yang Digunakan Resepsionis Hotel
Frase/Kalimat Bahasa Inggris untuk Menyatakan Simpati (Expressing Symphaty)
Frasa/Kalimat yang Digunakan untuk Membuka Meeting
Frasa/Kata/Kalimat yang Digunakan dalam Diskusi
Frasa Bahasa Inggris yang Digunakan untuk Mendukung dan Menyemangati Seseorang
Frasa atau Kalimat Certainty/Uncertainty (Yakin/Tidak Yakin)