sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Frasa/Kalimat yang Digunakan dalam Rapat Bisnis

Phrases Used In Business Meetings

Pernah menghadiri rapat bisnis (business meeting)? Jika belum suatu saat anda pasti akan mengalaminya terlebih jika sudah terjun ke dunia kerja. Ketika membahas tentang suatu hal terkait perusahaan atau agenda kerja atau rencana kerja ke depan biasanya pasti akan diadakan rapat bisnis. Terkadang anda juga akan mengalaminya ketika harus bertemu dengan partner bisnis dan ingin memulai usaha bersama atau ketika anda ingin mencari investor bagi usaha yang sedang anda rintis.

Banyak manfaat dari business meetings itu sendiri. Nah, segala sesuatu yang berhubungan dengan tujuan bisnis atau perusahaan atau pekerjaan kita akan sangat ditentukan ketika melakukan kegiatan ini. Oleh karena itu wajib bagi anda untuk mengetahui seperti apa sih cara berkomunikasi ketika menghadiri sebuah business meetings? Terlebih jika dalam rapat tersebut diharuskan untuk menggunakan bahasa asing (Inggris) karena partner bisnis atau mungkin investor anda berasal dari luar negeri.

Kami akan mengulas tentang frasa-frasa apa saja yang dapat anda gunakan ketika sedang menghadiri rapat bisnis dengan kolega atau teman bisnis anda dalam artikel kali ini.

Frasa yang Umum Digunakan dalam Sebuah Business Meeting

Ada beberapa kategori atau pembagian frasa yang dapat anda gunakan ketika mengikuti rapat bisnis mulai dari pembukaan, perkenalan, menjelaskan kegiatan serta agenda, pembahasan topik, resume termasuk penutup, serta beberapa interupsi seperti menyampaikan ide, opini, tanya jawab dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya simak beberapa contoh kalimat yang akan kami sajikan per kategori berikut ini.

Pembukaan (Opening)

Untuk pembukaan anda bisa menggunakan kalimat atau frasa seperti :

  • Good morning/afternoon, all/everyone (Selamat pagi/siang, semuanya)
  • Since we’ve gathered here, let’s start the meeting immediately (Karena kita semua telah berkumpul disini, mari kita mulai rapatnya segera)
  • I’d like to welcome everyone today in this …… meeting, let’s get started. (Saya ingin menyambut semuanya hari ini dalam rapat ……, mari kita mulai)
  • I’d like to thank everyone for coming today for this meeting. (Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semuanya yang telah datang hari ini untuk rapat kali ini).

Perkenalan (Introducing)

Langkah selanjutnya setelah menyambut peserta rapat yang telah datang adalah memperkenalkan diri anda serta orang-orang dalam rapat tersebut (jika ada banyak orang perkenalkan saja orang-orang yang penting pada kesempatan tersebut).

  • Well, let’s start it by introducing ourselves quickly – please state your name and your position. (Baiklah, mari kita saling memperkenalkan diri kita dengan cepat – tolong sebutkan nama serta posisi anda)
  • Okay, let’s make it quick, my name is ……. i’m the Sr. Manager of R&D Department. I arranged this meeting because of …… (Oke, mari kita mulai segera, nama saya …… saya adalah Manajer Senior dari Departemen R&D. Saya mengagendakan rapat kali ini karena ……)
  • Please join me in welcoming Mr/Mrs. …… from the Singapore branch (Mari kita sambut Bpk/Ibu …… dari cabang Singapura)
  • I’d like to introduce Mr/Mrs. ……. (Saya ingin memperkenalkan Bpk/Ibu …….)

Atau jika anda belum saling mengenal dalam rapat saat itu anda juga bisa memperkenalkan diri kepada orang yang duduk di dekat anda dengan menggunakan frasa berikut ini:

  • Hi, here’s my business card. (Hai, ini kartu nama saya)
  • It’s nice to finally meet your here. (Senang sekali akhirnya dapat bertemu dengan anda disini)
  • You must be Mr/Mrs. …… it’s really nice to see you. (Anda pasti Bpk/Ibu ……. senang sekali bisa bertemu dengan anda)

Agenda (Explained the Agenda)

Selanjutnya anda bisa mulai untuk menjelaskan agenda atau tujuan dari anda mengadakan rapat tersebut dengan menggunakan kalimat atau frasa di bawah ini,

  • Does everyone already have a copy of the meeting agenda today? (Apakah semuanya sudah mendapatkan kopi acara rapat hari ini?)
  • I’ve called you all in this meeting today for ……(mentioned the reason in 1,2,3) – (Saya mengundang anda sekalian pada rapat kali ini untuk ……(sebutkan alasan dari 1,2,3)
  • There are 3 items on the agenda. First….. (Ada 3 poin pada agenda. Pertama…..)
  • We’re here to discuss about the project of …… which must took concern (Kita disini untuk membahas tentang proyek ……. yang diperhatikan)
  • The main reason for our meeting today is ……. (Alasan utama untuk rapat kita hari ini adalah ……..)
  • As you (all/might/should/probably) know that today we want to talk/discuss about …… (Sebagaimana anda semua/mungkin tahu hari ini kita akan berbicara/membahas tentang ……..)

Ringkasan serta penutup (resume and closing)

  • As we’ve discuss before that this meeting has concluded (number) points to be executed before the next meeting. (Seperti yang telah kita diskusikan sebelumnya bahwa rapat kali ini telah merumuskan (angka) poin untuk dieksekusi sebelum rapat kita selanjutnya.
  • If anybody has anything else to add, i would like to end today’s meeting with the conclusion of …… (number of action need to be done) – (Jika tidak ada yang ingin menambahkan hal lain, saya ingin menyudahi rapat kali ini dengan kesimpulan sebagai berikut ……. (hal-hal yang harus dilakukan)
  • (Name) could you finished this problems before the next meeting? ((Nama) bisakah kau menyelesaikan masalah tersebut sebelum rapat selanjutnya?

Interupsi atau frasa tambahan lainnya

Saat melakukan rapat tentu ada sesi tanya jawab, atau interupsi, bahkan beberapa orang akan menyampaikan pendapat dan opini saat rapat tengah berlangsung.

Untuk itu anda juga bisa menggunakan contoh kalimat berikut :

  • Sorry, but to clarify that this problems could work if we do .…… (Maaf, untuk mengklarifikasi bahwa masalah ini dapat berjalan jika kita melakukan …….)
  • From my perspective/my department perspective, it’s not that simple (Dari pandangan saya/departemen saya, hal tersebut tidak sesederhana itu)
  • Could you explain to me how does it works? (Bisakah anda menjelaskan kepada saya bagaimana hal tersebut dapat berjalan?)
  • Can we go to the previous point? (Bisakah kita kembali ke poin sebelumnya?)

Nah demikian contoh-contoh frasa dan kalimat yang bisa anda gunakan dalam sebuah rapat yang menggunakan bahasa Inggris. Pelajari berbagai kosa kata karena banyak hal yang dapat muncul saat rapat berlangsung, ingat untuk selalu menggunakan bahasa formal.

 

Kata Mutiara Bahasa Inggris tentang Emosi
Idiom atau Ungkapan yang Berhubungan dengan Hari dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan ketika Menanyakan Arah
Kata, Kalimat, atau Ungkapan Bahasa Inggris untuk Mengekspresikan Selamat Tinggal
Kata Mutiara untuk Orangtua dalam Bahasa Inggris
Mengekspresikan Rasa Cinta, Amarah, Malu, dan Kekesalan dalam Bahasa Inggris
Cara Mengekspresikan Keharusan / Necessity dalam Bahasa Inggris
Ungkapan & Percakapan untuk Menyatakan Persetujuan (Expressing Agreement)
Pertanyaan atau Kalimat yang Sering Diucapkan di Kebun Binatang
English Idiom: Apa Itu Idiom?