sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Interview Kerja di Bank dalam Bahasa Inggris

Apakah Anda berniat untuk bekerja di bank dan khawatir dengan wawancara yang akan dilalui? Jangan khawatir karena pelajaran kali ini sangat cocok untuk Anda. Tentu saja semua orang sudah mengetahui bahwa dunia perbankan saat ini sudah tidak lagi hanya memiliki pemain lokal namun sudah banyak bank-bank internasional yang masuk ke Indonesia. Bukan hanya itu, mungkin juga Anda berniat untuk melamar ke bank di luar negeri.

Untuk dua hal tersebut, tentu Anda akan perlu menguasai bahasa asing jika ingin memulai karir di dunia perbankan internasional. Akan tetapi, sebelum menguasai bahasa Inggris yang digunakan untuk melaksanakan pekerjaan Anda, Anda harus menguasai terlebih dahulu bahasa Inggris untuk melalui wawancara kerja di bank.

Terdapat banyak cara untuk memastikan bahwa Anda sudah siap melalui wawancara bank dalam bahasa Inggris, salah satunya adalah dengan mengetahui pertanyaan apa saja yang biasanya diajukan dan bagaimana cara untuk menjawabnya. Selengkapnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Alasan Memilih Karir di Perbankan

Pertanyaan ini umum untuk diajukan dalam wawancara bank karena jawabannya akan menunjukkan alasan Anda memilih jenjang karir ini. Anda bisa menjawabnya dengan membicarakan pentingnya sektor bank, dampaknya, dan trennya yang selalu berkembang. Usahakan untuk tidak memberikan alasan pribadi seperti gaji, reputasi, dsb, dan jawab dengan pendapat faktual. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan singkat dalam wawancara di bank yang menunjukkan alasan memilih karir di perbankan.

A: Is there a reason as to why you would want to make a career in the banking sector? (Apakah ada alasan mengapa Anda ingin memulai karir di sektor perbankan?)

B: I believe that the banking sector plays a really important role in our economy and this industry offers challenging roles and opportunities to develop my skills and knowledge. The industry have a dynamic nature in which I want to pursue a career there. (Saya yakin bahwa sektor perbankan memiliki peran yang sangat penting dalam ekonomi kita dan industri ini menawarkan peran yang menantang dan kesempatan untuk mengembangkan keahlian dan pengetahuan saya. Industri ini memiliki sifat dinamis yang membuat saya ingin mengejar karir di dalamnya)

Jenis-Jenis Akun Bank

Terdapat banyak jenis akun bank yang dapat mencapai tujuan tertentu yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan pemegang akun. Secara umum, terdapat empat akun bank yang paling sering digunakan untuk menabung atau menginvestasikan uang. Sebagai seorang individu yang berniat untuk memasuki dunia perbankan, tentu Anda harus mengetahui berbagai jenis akun bank tersebut. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan singkat dalam wawancara yang menanyakan jenis-jenis akun bank.

A: Could you tell me what are the most used types of bank accounts? (Bisakah Anda memberitahu saya apa jenis-jenis akun bank yang paling sering digunakan?)

B: There is savings account, current account, fixed deposits, and recurring deposit account. (Ada akun tabungan, akun nerasa transaksi berjalan, deposit tetap, dan akun deposit berulang)

A: Could you elaborate further about savings account? (Bisakah Anda menjelaskan lebih lanjut mengenai akun tabungan?)

B: It is one of the most used type of account that is used to save and withdraw money while the account holders also could earn monetary interests. (Itu adalah salah satu jenis akun yang paling sering digunakan untuk menyimpan dan mengambil uang sementara pemilik akun juga bisa mendapatkan bunga uang)

Biaya Presentase Tahunan

Annual Percentage Rate atau Biaya Presentase Tahunan adalah biaya bunga yang disematkan untuk layanan seperti kartu kredit, pinjaman bank, dan sebagainya. Bunga yang diberikan dihitung secara tahunan, akan tetapi biaya presentase tahunan memiliki dua jenis yang berbeda. Ada kemungkinan pertanyaan mengenai hal ini akan muncul untuk menguji seberapa mengerti Anda mengenai dunia perbankan. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan singkat dalam wawancara bank yang membicarakan tentang biaya presentase tahunan.

A: How much do you know about APR? (Seberapa banyak yang Anda ketahui tentang Biaya Presentase Tahunan?)

B: There are two types of APR, one is a fixed APR in which the interest does not change throughout the mortgage term, and the other one is variable APR in which the interest changes based on factors such as prime rate. (Terdapat dua jenis Biaya Presentase Tahunan, yang satu adalah Biaya Presentase Tahunan tetap di mana bunganya tidak berubah sepanjang masa peminjaman, satu lagi adalah Biaya Presentase Tahunan variabel di mana bunganya berubah berdasarkan faktor-faktor seperti harga perdana)

Investasi Asing

Pertanyaan mengenai istilah tentang investasi asing juga mungkin dapat muncul dalam wawancara Anda. Salah satu hal yang sering ditanyakan adalah mengenai perbedaan antara FDI dan FII. FDI atau Foreign Direct Investment dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Investasi Asing Langsung sedangkan FII atau Foreign Institutional Investors dikenal sebagai Investor Asing Institusional. Sebagai contohnya, berikut adalah percakapan singkat dalam sebuah wawancara di bank mengenai investasi asing.

A: Can you tell me the difference between FDI and FII? (Bisakah Anda memberitahu saya perbedaan antara Investasi Asing Langsung dan Investor Asing Institusional?)

B: FDI is when an investment is made by a company towards a foreign company, thus making them stakeholders. Meanwhile FII is when an investment is made by foreign companies in another country’s stock market. (Investasi Asing Langsung adalah ketika investasi dilakukan oleh sebuah perusahaan terhadap perusahaan asing, yang membuat mereka menjadi pemangku kepentingan. Sementara Investor Asing Institusional adalah ketika investasi dibuat oleh perusahaan asing dalam pasar saham negara lain)

Perubahan Tren dan Kebutuhan Bank

Topik satu ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan dalam wawancara bank. Pertanyaan ini digunakan untuk menilai seberapa jauh Anda mengerti mengenai tren perbankan yang selalu berubah dan kebutuhan sektor bank.

Untuk menjawabnya, pastikan Anda sudah melakukan riset mendalam mengenai situasi perbankan saat ini dan strategi-strategi yang digunakan oleh bank agar bisa tetap berfungsi. Anda juga bisa mendiskusikan evolusi teknologi dan metode bisnis yang sudah terjadi dalam industri ini, di saat bersamaan Anda bisa menyatakan pendapat Anda mengenai apa yang harus diperbaiki. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan singkat dalam wawancara kerja di bank mengenai perubahan dan kebutuhan sektor bank dalam bahasa Inggris.

A: As you must know by now, the banking sector is changing constantly. With that in mind, what do you think are the needs of the banking sector? (Seperti yang pasti sudah Anda ketahui saat ini, sektor perbankan selalu berubah. Dengan mengingat hal itu, apa yang menurut Anda dibutuhkan oleh sektor perbankan?)

B: Looking at the current economic situation, I think it would do well if bank work towards an adequate distribution of savings for all sectors to ensure growth. Furthermore, we would also need a modern management techniques to make the banking processes more efficient. Banks should also be strict about giving out loans to parties that frequently fail to pay the money back. (Melihat situasi ekonomi saat ini, saya rasa akan baik jika bank berusaha mencapai distribusi yang memadai untuk tabungan di semua sektor untuk memastikan perkembangan. Terlebih lagu, kita juga akan membutuhkan teknik manajemen yang modern untuk membuat proses perbankan menjadi lebih efisien. Bank juga harus tegas dalam memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang sering gagal membayar kembali uangnya)

Penggunaan Akun Bank

Untuk mulai bekerja di dunia perbankan, tentu Anda juga harus tahu bagaimana cara mengoperasikan akun bank. Terdapat banyak cara untuk menggunakan akun bank Anda dan cara-cara tersebut harus Anda ketahui agar pewawancara dapat yakin bahwa Anda mengerti tentang perbankan. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan singkat mengenai cara pengoperasian akun bank dalam bahasa Inggris.

A: What are some of the common ways to operate your bank accounts that you know of? (Apa saja beberapa cara umum untuk mengoperasikan akun bank Anda yang Anda ketahui?)

B: Commonly bank account could be operated through four different ways. The account holder could go to branches of bank, or operate it through mobile banking, internet banking, and ATM. (Secara umum akun bank dapat dioperasikan melalui empat cara berbeda. Pemegang akun bisa pergi ke cabang bank, atau mengoperasikannya melalui mobile banking, internet banking, dan ATM)

Penilaian Pinjaman

Penilaian peminjaman adalah sistem klasifikasi yang digunakan oleh bank untuk menilai pinjaman berdasarkan riwayat pembayaran kredit peminjam, resiko pembayaran yang berhubungan dengan pinjaman, dan sebagainya. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan singkat mengenai penilaian pinjaman yang biasanya ditanyakan dalam wawancara kerja di bank.

A: Do you understand loan grading and could you explain it to me? (Apakah Anda mengerti tentang penilaian pinjaman dan bisakah Anda menjelaskannya kepada saya?)

B: Loan grading is usually done by looking at the borrower’s credit payment history and risks associated with the loan. The loan is usually assigned a quality score from 1 to 6 in order to assess the nature and risks of it. (Penilaian pinjaman biasanya dilakukan dengan melihat riwayat pembayaran kredit milik peminjam dan resiko-resiko yang berhubungan dengan pinjamannya. Pinjamannya biasanya diberikan skor kualitas dari 1 hingga 6 untuk menilai sifat dan resiko yang dimilikinya)

Sistem Manajemen Keuangan

Semua bank saat ini sudah memiliki sistem untuk merekam dan mengendalikan pengeluaran, pemasukan, dan aset suatu akun bank yang disebut sebagai sistem manajemen keuangan. Sistem ini dibuat untuk memaksimalkan keuntungan dan mengatur keuangan untuk memastikan keberlangsungan. Tentu saja hal ini harus Anda ketahui jika Anda ingin bekerja di dunia perbankan dan biasanya pertanyaan mengenai hal ini akan muncul. Sebagai contohnya, berikut ini adalah percakapan singkat mengenai sistem tersebut dalam wawancara kerja di bank menggunakan bahasa Inggris.

A: Do you know what is a financial management system? (Apakah Anda tahu apa itu sistem manajemen keuangan?)

B: Financial management system is widely used by banks to control and record the income, assets, and expenses of a bank account. (Sistem manajemen keuangan banyak digunakan oleh bank untuk mengendalikan dan merekam pemasukan, aset, dan pengeluaran suatu akun bank)

Tips untuk Mempersiapkan Wawancara Bank dalam Bahasa Inggris

Langkah pertama untuk mempersiapkan wawancara kerja di bank adalah dengan mencari tahu informasi mengenai bank yang akan Anda lamar. Anda bisa melakukannya dengan membuka situs bank tersebut dan mencari informasi seputar besarnya bank tersebut, posisi yang Anda lamar, dan layanan yang diberikan.

Setelah itu, Anda sebaiknya mempelajari istilah-istilah perbankan yang penting. Pewawancara biasanya menilai pengetahuan kandidat mengenai istilah perbankan dasar untuk menilai pengertian mereka mengenai proses perbankan. Pastikan Anda sudah membaca tentang istilah penting seperti CRR, SLR, Inflasi, Deflasi, FDI, dsb. sebelum datang ke wawancara kerja.

Anda juga bisa berlatih pertanyaan-pertanyaan kerja seperti di atas dan menyiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan dasar yang biasanya muncul. Berlatih mewawancara diri sendiri dapat membantu Anda dalam melaksanakan wawancara sungguhan nantinya.

Pastikan juga Anda memiliki pengetahuan yang cukup mengenai kebijakan perbankan. Untuk melalui wawancara kerja di bank dengan baik, penting untuk Anda mengetahui kebijakan terbaru karena kebijakan perbankan selalu berubah.

Terakhir, tentu saja Anda harus mempelajari itu semua dalam bahasa Inggris jika Anda akan melakukan wawancara di bank internasional. Pastikan bahwa Anda dapat menjelaskan istilah perbankan dalam bahasa Inggris dan mengetahui kosakata bahasa Inggris apa saja yang biasanya digunakan dalam wawancara kerja di bank.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai interview kerja di bank dalam bahasa Inggris mulai dari pertanyaan yang biasanya muncul hingga tips dan trik untuk melaluinya dengan lancar. Semoga contoh-contoh yang diberikan dapat Anda pelajari untuk menjadi acuan di wawancara kerja yang menggunakan bahasa Inggris selanjutnya.

Artikel Lainnya

Example Financial Analyst Interview Question & Answer
Contoh Interview Kerja di Starbuck (Starbuck Interview Question and Answer)
Cara Merespon Komplain Pelanggan
Contoh Pertanyaan Interview Kerja di Google
Jawaban Dari Pertanyaan Interview: ‘What Are Your Biggest Strengths?’
Jawaban Pertanyaan Interview: What can we expect from you in your first three months?
Jawaban Pertanyaan Interview: “Out of all other candidates, why should we hire you?”
Contoh Beberapa Percakapan Interview Kerja (2 Orang, 3 Orang & 4 Orang)
Mempersiapkan Diri dalam Interview Kerja Bahasa Inggris
Jawaban Pertanyaan Interview: Tell Me How You Think Other People Would Describe You?

 

Percakapan Job Interview: Menjalani Wawancara Dalam Bahasa Inggris secara Efektif dan Baik
Frasa/Kalimat yang Sering Dipakai di Bank
Contoh Percakapan di Bank Ketika Membuka Tabungan
Contoh Interview Kerja di Hotel Dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Sekretaris dalam Bahasa Inggris
5 Contoh Pertanyaan Interview Bahasa Inggris & Jawabannya
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Perawat dalam Bahasa Inggris
Jawaban Dari Pertanyaan Interview : What Are Your Biggest Weaknesses?
Pertanyaan yang Sering Diajukan di College Interview
Percakapan Izin Tidak Masuk Kerja karena Sakit dalam Bahasa Inggris