sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Contoh Interview Kerja di Kapal dalam Bahasa Inggris

Mendapatkan pekerjaan adalah impian bagi semua orang yang sudah lepas dari bangku sekolah maupun kuliah. Meski ada anggapan di masyarakat bahwa mencari pekerjaan itu susah, sebenarnya ada ribuan bahkan jutaan jenis pekerjaan yang bisa dicoba untuk dimasuki. Salah satunya adalah bekerja di kapal.

Pekerjaan di kapal, baik itu kapal pesiar maupun kapal barang, identik dengan waktu berlayar yang sangat lama dan jarang pulang ke negara atau daerah asal. Namun tentu saja itu semua sepadan dengan jumlah bayaran yang akan didapat. Mungkin itulah alasan mengapa bekerja di kapal masih sangat diminati hingga saat ini.

Sama seperti saat melamar pekerjaan lain, bekerja di kapal juga harus melewati tahap interview atau wawancara. Jika kapal yang akan dilamar berkantor di luar negeri, maka calon pelamar mau tidak mau harus menjalani interview dengan user dalam Bahasa Inggris. Jangan ciut dulu meski Bahasa Inggris Anda kurang lancar.

Melalui artikel ini akan diberikan tips-tips menarik tentang interview kerja di kapal menggunakan Bahasa Inggris sebagai bagian dari persiapan Anda. Selain pertanyaan-pertanyaan umum, ada pertanyaan khusus yang berkaitan dengan pekerjaan di kapal.

Tahapan Interview

Interview dengan user perusahaan kapal dari negara aslinya (Eropa, Amerika, China, dan lain sebagainya) adalah tahapan terakhir yang harus ditempuh oleh seorang pelamar. Sebelum sampai pada tahap itu, Anda harus melewati beberapa tahap awal seperti wawancara dengan agen yang ada di Indonesia dan agen dari negara asalnya.

Wawancara dengan agen di Indonesia merupakan tahap yang sangat awal atau biasa disebut dengan screening test. Pada tahap ini wawancara dilakukan dengan Bahasa Indonesia dan umumnya berisi pertanyaan mendasar tentang latar belakang pendidikan, kesiapan untuk bekerja dengan cara berlayar, dan masih banyak lagi. Latar belakang pendidikan termasuk dokumen-dokumen yang dilampirkan saat melamar kerja juga akan diperiksa pada tahap ini.

Tahap kedua yang harus dilalui adalah wawancara dengan agen dari negara asal perusahaan kapal. Jika Anda melamar di perusahaan Amerika, maka Anda akan diwawancara oleh agen tersebut. Pada tahap ini Anda sudah harus mempersiapkan Bahasa Inggris Anda. Jika Anda tidak lolos tahap kedua ini, maka Anda tidak bisa melanjutkan ke interview user.

Interview user bisa disebut sebagai tahap akhir yang harus Anda jalani. Pihak yang akan mewawancarai adalah perwakilan langsung dari perusahaan kapal pesiar yang akan dilamar.

Pertanyaan dalam Interview untuk Bekerja di Kapal

  • Please, introduce yourself

Pertanyaan ini sangat umum ditanyakan dalam wawancara pekerjaan apa saja, tidak hanya pekerjaan di kapal saja. Versi lain dari pertanyaan ini adalah “Tell us more about yourself”. Tidak perlu bertele-tele, sebutkan informasi dasar tentang diri Anda yang meliputi:

    • Full name and nickname (nama lengkap dan nama panggilan)
    • Date of birth or age (tanggal lahir atau umur)
    • Current residence (alamat saat ini)
    • Nationality and martial status (kebangsaan dan status perkawinan)
    • Background education (latar belakang pendidikan)
    • Brief workshop experience related to the job (pengalaman pelatihan yang berkaitan dengan posisi yang dilamar)

Melalui pertanyaan awal ini, pewawancara bisa menilai sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris Anda. Jangan memberikan informasi lebih dari fakta-fakta identitas tersebut (seperti kelebihan dan kelemahan diri), karena akan ditanyakan di pertanyaan yang lain.

  • Tell us about your strength and weakness, and why should we hire you?

Ini adalah awal dari serangkaian pertanyaan penting yang harus Anda jawab. Melalui pertanyaan apa saja kekuatan dan kelemahan diri Anda, Anda diberi kesempatan untuk mendeskripsikan diri Anda secara rinci. Kemudian Anda juga harus bisa meyakinkan perusahaan mengapa mereka harus mempekerjakan Anda. Pertanyaan ini bisa juga bagi menjadi 3 pertanyaan berbeda.

Anda harus menjabarkan kelebihan Anda sebaik mungkin, tetapi tidak terlihat berlebihan. Setiap jawaban harus berkaitan dan mendukung pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya jawaban seperti, “My strengths are I am a fast learner and I love to learn new things. I am also persistent and hardworking. I manage pressure well and highly sociable so I am sure I can work both as a part of a team and individually.”

Pertanyaan selanjutnya sedikit menjebak, karena Anda harus menjabarkan kelemahan Anda. Untuk yang satu ini, Anda harus bisa menjawab sejujur mungkin. Sebutkan setidaknya tiga kelemahan yang Anda miliki dalam diri Anda.

“I am an extreme perfectionist who always want to finish every job perfectly, and sometimes it takes too long for me to finish a job. I also easily distracted by my surrounding. Lastly is I get bored quite easily.”

Untuk pertanyaan mengapa Anda harus dipekerjakan dalam perusahaan tersebut, yakinkan bahwa Anda memiliki nilai jual yang bisa menutup semua kelemahan Anda.

“My vast experience in this field would definitely useful for the company, even though I am still lacking at many things. My strong passion will help me to give the best for the company, and even though I have some undeniable weaknesses, with the guidance from my supervisors and co-workers, I am sure those will be manageable.”

Ingat bahwa pertanyaan ini sangat penting. Jika pewawancara merasa tertarik, maka mereka akan melanjutkan ke pertanyaan yang lebih spesifik.

  • Why did you apply to our company?

Melalui pertanyaan ini, pewawancara ingin mengetahui sejauh mana Anda sudah menggali informasi tentang perusahaan tersebut.

“I have always been interested in this company for their notorious success in this field. I want to be part of it, from where I am sure will gain meaningful experience.”

Anda juga bisa menambahkan kepentingan pribadi seperti, “I really love to travel and I see this as an opportunity for both traveling around the world for free while working as well. This is an absolute win for me, personally.”

  • What do you know about a cruise ship?

Jika Anda melamar di kapal pesiar, tentu Anda akan mendapatkan pertanyaan ini. Khusunya jika Anda belum pernah bekerja di dunia perkapalan. Informasi singkat tentang kapal pesiar bisa diperoleh dari internet.

“It is a floating hotel that cruises from one harbor to another or from one country to other countries.”

Apabila informasi yang Anda ketahui sangat terbatas, jangan menambahkan informasi yang belum diketahui secara pasti kebenarannya.

  • What position did you apply for and why were you interested on it?

Pertanyaan ini akan menggali lebih jauh tentang motivasi Anda untuk melamar pekerjaan ini. Dalam menjawa pertanyaan, Anda harus menunjukkan bahwa Anda sudah banyak mencari tahu tentang posisi yang berkaitan beserta dengan tantangan-tantangan yang harus dihadapi.

“I applied for Steward position in the F&B Department.”

Jelaskan secara rinci posisi apa yang ingin Anda lamar. Jangan hanya menyebutkan posisinya saja, karena akan memberi kesan bahwa sebenarnya Anda tidak paham posisi mana yang ingin dituju. Selanjutnya, jelaskan mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut.

“My background education is related to F&B Department and I also like to socialize with people. I also like to give direct service to others, listening to their complains and satisfaction, from which I can learn a lot and do better. Rather than being in the back, I prefer to appear on the frontline and serve the customer directly.”

Dengan jawaban di atas, pewawancara akan melihat bahwa apa yang Anda katakan berkaitan dengan kelebihan Anda di atas, yaitu orang yang mudah bergaul dengan orang lain.

  • Do you know the main duty of a Steward?

Pewawancara ingin menggali pengetahuan Anda tentang posisi yang ingin Anda lamar. Pastikan sebelum wawancara, Anda sudah tahu tugas-tugas utama yang harus dijalankan. Semakin luas pengetahuan Anda, pewawancara akan semakin yakin bahwa Anda siap untuk posisi tersebut.

Jika Anda sudah pernah bekerja sebagai Steward sebelumnya, sebutkan juga pada jawaban Anda.

“As I experienced from my previous job, the main duty as a Steward would be helping and serving the guests, clearing up, and making sure the whole area is clean so that the guests will be comfortable.”

  • Are you ready to share a room with other workers with different nationalities?

Bekerja di kapal internasional artinya Anda harus berbagi kamar dengan orang-orang dari negara lain dengan budaya dan gaya hidup yang sangat berbeda.

“I realize that living and working together with people from other countries is not easy since we have different background, lifestyle, and cultures. But as long as we compromise, tolerance, respect each other, and obeying the company rules, there will be no problem. Aside from that, this is an opportunity to learn about diversity.”

Tunjukkan bahwa Anda merupakan seseorang yang melihat setiap peristiwa sebagai peluang untuk belajar namun tetap menyadari adanya kesulitan di samping semua itu.

  • Do you have sea sick?

Perusahaan kapal tidak akan mempekerjakan seseorang yang mudah mabuk laut. Jawab pertanyaan ini dengan jelas dan tegas.

“No, I don’t.”

  • Are you aware that for this job, you must live away from your family for a long period of time?

Ini adalah resiko yang harus dihadapi oleh setiap pekerja kapal. Anda mungkin akan mendapatkan pekerjaan ini di setiap tahapan wawancara. Anda harus menunjukkan kesiapan Anda akan hal ini.

“I am already aware of it by the time I apply for this job. I am ready to live away from my family to work with this company.”

  • Why did you quit your previous job?

Untuk Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja, pertanyaan ini pasti akan diajukan. Pertanyaan ini biasanya bertujuan untuk menggali bagaimana sifat Anda dalam sebuah pekerjaan.

“I leave my previous job not because I was bored or anything, but I’d like to seek new challenges and improve myself.”

Tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang selalu ingin berkembang dan terbuka dengan hal-hal yang baru. Jangan menjelekkan perusahaan lama Anda, misalnya dengan mengatakan bahwa perusahaan Anda memberikan gaji terlalu sedikit, jenjang karir yang lambat, dan lain sebagainya.

Agar bisa lolos dan bekerja di kapal, hal yang paling penting yang harus dipersiapkan adalah kemampuan berbahasa Inggris. Ini adalah hal yang paling dasar untuk membantu Anda lolos dari tahap wawancara. Meski Anda belum memiliki keahlian yang bagus, perusahaan biasanya mau memberikan pelatihan pada Anda selama kemampuan Bahasa Inggris Anda mumpuni. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin sebelum melamar pekerjaan di kapal. Selamat berjuang dan semoga beruntung!

 

Kalimat untuk Mendeskripsikan Diri Ketika Wawancara dalam Bahasa Inggris
Contoh Perkenalan Diri dalam Wawancara Bahasa Inggris
Cara Follow Up Setelah Interview Kerja
Contoh Dialog Expressing Intention dalam Bahasa Inggris beserta Artinya
Contoh Dialog dengan Hope & Wish
Contoh Kata-kata MC dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai HRD dalam Bahasa Inggris
Apa yang Harus Dikatakan dalam Interview Kerja Bahasa Inggris?
Contoh Percakapan Wawancara Kerja Sebagai Staf Admin dalam Bahasa Inggris
Percakapan Memberi Contoh Cara/Tindakan yang Benar