sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Famous, Notorious, dan Popular

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang paling penting untuk dipelajari dan dikuasai mengingat betapa seringnya bahasa ini digunakan baik dalam dunia kerja maupun pendidikan. Meski begitu, bahasa Inggris memiliki berbagai macam kosakata yang mungkin akan membingungkan para pelajar yang baru mengenai bahasa asing satu ini. Hal ini disebabkan oleh beberapa kosakata bahasa Inggris yang memiliki arti yang serupa dengan satu sama lain.

Beberapa kosakata bahasa Inggris yang memiliki arti serupa dengan satu sama lain adalah famous, notorious, dan popular. Ketiganya memiliki arti yang hampir sama yaitu sekitar ketenaran, kepopuleran, atau terkenal. Ketiga kosakata tersebut memiliki arti yang serupa, namun terdapat perbedaan dalam penggunaannya sesuai dengan konteks yang ingin digunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara kosakata famous, popular, dan notorious dalam bahasa Inggris beserta contoh penggunaannya.

Famous (Terkenal)

Kosakata satu ini dapat dibilang sebagai sinonim terkenal dalam bahasa Indonesia. Ketika seseorang atau sesuatu dianggap terkenal, artinya hal atau orang tersebut telah dikenal oleh banyak orang. Tidak penting apakah banyak orang yang menyukainya atau tidak, jika Anda hanya ingin membicarakan tentang sesuatu yang dikenal atau diketahui oleh banyak orang, maka Anda bisa menggunakan kosakata satu ini.

Sebagai contohnya, berikut ini adalah beberapa penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris:

  • There are many famous places in Jakarta that you could visit while you’re in town (Terdapat banyak tempat yang terkenal di Jakarta yang bisa Anda kunjungi sementara Anda berada di dalam kota)
  • Raffi Ahmad is a famous actor in Indonesia (Raffi Ahmad adalah aktor yang terkenal di Indonesia)
  • Sari Roti is famous for their bread (Sari Roti terkenal atas roti mereka)
  • She is famous amongst other students in the school (Dia terkenal di antara murid-murid lainnya di sekolah ini)
  • Bogor is famous as the city of rain (Bogor terkenal sebagai kota hujan)
  • Luna Maya is not very famous amongst British people (Luna Maya tidak terlalu terkenal di antara orang Inggris)
  • You have to build a unique image of your own in order to become famous (Anda harus membangun citra yang unik untuk diri sendiri agar dapat menjadi terkenal)
  • What does it take to be a famous person? (Apa yang harus dilakukan untuk menjadi orang yang terkenal?)

Popular (Populer)

Berbeda dengan kosakata sebelumnya, kosakata satu ini digunakan untuk seseorang atau sesuatu yang disukai oleh banyak orang. Jika sesuatu atau seseorang hanya dikenal oleh banyak orang namun tidak banyak yang menyukainya, maka hal tersebut tidak dapat dibilang populer. Sebagai contohnya, berikut ini adalah penggunaannya dalam beberapa kalimat berbahasa Inggris.

  • That restaurant is a popular choice for a dinner date (Restoran tersebut adalah pilihan yang populer untuk kencan makan malam)
  • Decades after the first release, Star Wars is still a popular movie until now (Beberapa dekade setelah perilisan pertamanya, Star Wars masih menjadi film yang populer hingga saat ini)
  • It could be said that malls are a popular place for stay-at-home mothers (Dapat dikatakan bahwa mall adalah tempat yang populer untuk Ibu rumah tangga)
  • He is the most popular teacher in this school (Dia adalah guru yang paling populer di sekolah ini)
  • You are very popular with the boys! (Anda sangat populer di antara para cowok!)
  • She must be very popular to be able to have that many followers on Instagram (Dia pasti sangat populer hingga bisa memiliki pengikut sebanyak itu di Instagram)
  • I wish I could make everyone to like me, so that I could become popular (Saya harap saya bisa membuat semua orang menyukai saya, sehingga saya bisa menjadi populer)

Notorious (Terkenal keburukannya)

Berkebalikan dengan arti dari populer, kosakata satu ini justru digunakan untuk sesuatu atau seseorang yang terkenal akan keburukannya. Contohnya ketika suatu hal dikenal memiliki kualitas yang buruk, atau ketika seseorang dikenal dengan sifatnya yang buruk. Sebagai contohnya, berikut ini adalah penggunaannya dalam beberapa kalimat berbahasa Inggris.

  • Dolly Street was notorious as the center of prostitution business in the city (Gang Dolly terkenal keburukannya sebagai pusat bisnis prostitusi di kota)
  • Donald Trump is notorious as the current president of the United States (Donald Trump terkenal keburukannya sebagai presiden Amerika Serikat saat ini)
  • During the imperial period, VOC was notorious for colonizing Indonesia (Selama periode imperial, VOC dikenal keburukannya karena menjajah Indonesia)
  • The Room is notorious as an ironically bad movie that gained a cult-like group of fans (The Room dikenal buruknya sebagai film yang jelek secara ironis yang telah memiliki kelompok penggemar serupa dengan kultus)
  • That restaurant is notorious for serving up disgusting food for their customers (Restoran tersebut terkenal buruknya karena menyajikan makanan menjijikan untuk pelanggannya)
  • This neighborhood is notorious for the high level of criminal activity (Lingkungan ini terkenal buruknya karena tingginya tingkat aktivitas kriminal)
  • I’m afraid that I would be notorious as the student that always cheats on his exams (Saya takut bahwa saya akan dikenal secara buruk sebagai murid yang selalu menyontek di ujiannya)

Dapat dilihat bahwa ternyata terdapat perbedaan yang cukup jelas antara kosakata famous, popular, dan notorious dalam bahasa Inggris. Singkatnya, famous digunakan untuk hal atau orang yang terkenal, tanpa peduli terkenal akibat keburukan atau kebaikannya. Kemudian popular digunakan untuk hal atau orang yang disukai oleh banyak orang. Terakhir, notorious digunakan untuk hal atau orang yang tidak disukai atau terkenal keburukannya oleh banyak orang.

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai perbedaan ketiga kosakata dalam bahasa Inggris tersebut. Untuk menguasai dan mengerti lebih dalam mengenai perbedaan ini, ada baiknya Anda mencoba membuat contoh Anda sendiri. Semoga pelajaran kali ini dapat membantu Anda dalam menguasai bahasa Inggris lebih lanjut.

 

Perbedaan Penggunaan Whose, Who’s dan Whom
Perbedaan Preposition In vs On vs Under
Perbedaan Play, Do, dan Go dalam Olahraga
Perbedaan Lie vs Lay, Lying vs Laying, dan Lied vs Laid
Perbedaan Penggunaan Konjungsi dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Gerund After Prepositions vs Gerund as Subject vs Gerund as Object
Perbedaan IELTS Academic dan General Training
Perbedaan Their, They’re, dan There
Perbedaan Simple Past & Past Participle
Perbedaan Mr dan Mrs dalam Bahasa Inggris