sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Jawaban dan Pertanyaan yang Sering Diajukan dalam Interview Lewat Telepon

Saat melamar pekerjaan, kita harus melewati tahap wawancara. Setiap perusahaan memiliki kebijakannya masing-masing dalam tahap wawancara ini. Ada yang melakukan wawancara secara tatap muka, ada juga yang melakukan wawancara melalui telepon dalam tahap perekrutannya.

Wawancara secara tatap muka dan melalui telepon secara dasar memiliki pertanyaan yang sama, namun kita tidak bisa mengandalkan bahasa tubuh kita saat menjawab pertanyaan wawancara melaui telepon. Untuk itu, sebaiknya persiapkanlah secara matang jawaban dari pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan. Apa saja pertanyaan yang sering diajukan dalam wawancara telepon?

Berikut ini adalah pertanyaan tersebut beserta dengan contoh jawabannya dalam bahasa Inggris:

  • Tell me about yourself? (Ceritakanlah tentang diri Anda)

Contoh jawaban:

I have been working as a project manager at X Construction Company for five years. My role is to lead my team oversee a building project from start to finish. Everything is perfect, but I would like to find a new challenge by finding opportunities to lead a larger team. Your company offers this opportunity, and that makes me want to learn more about it.

(Saya bekerja sebagai manajer proyek di Perusahaan Konstruksi X selama lima tahun. Tugas saya adalah untuk memimpin tim saya mengontrol proyek bangunan dari awal sampai selesai. Semuanya sempurna, namun saya ingin menemukan tantangan baru dengan mencari kesempatan untuk memimpin tim yang lebih besar. Perusahaan Anda menawarkan kesempatan ini dan itu membuat saya ingin mempelajari lebih lanjut tentangnya)

  • What are your strength and weakness? (Apa kelebihan dan kekurangan Anda?)

Contoh jawaban:

I am very organized and very detailed. But I am sometimes forgetful. That is why I always write down every important things and set alarm on them in case I forget.

(Saya sangat terorganisir dan sangat detail. Tetapi saya terkadang pelupa. Untuk itu saya selalu mencatat segalanya yang penting dan memasangkan alarm kalau-kalau saya lupa)

  • Why are you looking for jobs? (Mengapa Anda mencari pekerjaan?)

Contoh jawaban:

I just graduated three months ago and have been in an active job search ever since. I hope to find a position that will fit my architectural knowledge, and will let me build my skill as an architect. Based on the vacancy description, I think your company is the right place for that.

(Saya baru saja lulus tiga bulan yang lalu dan sedang aktif mencari pekerjan semenjak itu. Saya berharap menemukan posisi yang akan cocok dengan pengetahuan arsitektur saya, dan akan membiarkan saya mengasah keterampilan saya sebagai seorang arsitek. Berdasarkan deskripsi lowongannya, saya pikir perusahaan Anda adalah tempat yang tepat untuk itu)

  • Why are you applying for this position? (Mengapa Anda melamar posisi ini?)

Contoh jawaban:

I have always interested in pursuing a career as a teacher, because education is something that can make our world a better place to live in. It also can help people to reach their dreams. I have studied and worked for years on gaining skills, experience, and knowledge to be a good teacher, and I believe I have qualifications that you are looking for.

(Saya selalu tertarik untuk mengejar karir sebagai seorang guru, karena pendidikan adalah sesuatu yang dapat membuat dunia kita tempat yang lebih baik lagi untuk ditinggali. Itu juga dapat membantu orang-orang untuk mewujudkan impian mereka. Saya belajar dan bekerja selama bertahun-tahun dalam mendapatkan kemampuan, pengalaman, dan pengetahuan untuk menjadi guru yang baik, dan saya yakin saya memiliki kualifikasi yang Anda cari)

  • What major challenges did you face in your last job? How did you handle them? (Apa tantangan besar yang Anda hadapi dalam pekerjaan Anda sebelumnya? Bagaimana Anda mengatasinya?)

Contoh jawaban:

I was assigned to lead a brand new department, and it was still understaffed back then. In response, I did a cross-training for the current staffs so that they can perform any tasks necessary.

(Saya ditugaskan untuk memimpin departement baru, dan departemennya masih kekurangan staf pada saat itu. Sebagai respon, saya melakukan pelatihan silang staf yang ada sehingga mereka dapat melakukan tugas-tugas yang dibutuhkan)

  • What relevant experience do you have? (Pengalaman relevan apa yang Anda miliki?)

Contoh jawaban:

Although I am a fresh graduate, I did an internship at X Company as an assistant of a senior finance analyst. During that time, I was responsible for helping her doing her jobs, mainly to interpret and study data, and to analyze trends as well. It was only a year, but I gained so much skills, knowledge, and experience which can be useful when I work with your company.

(Meskipun saya adalah lulusan yang baru, saya magang di Perusahaan X sebagai asisten senior analis keuangan. Pada waktu itu, saya bertanggung jawab untuk membantunya melakukan pekerjaannya, terutama untuk menginterpretasi dan mempelajari data serta menganalisis tren. Itu hanya berlangsung satu tahun, tetapi saya mendapat banyak keahlian, pengetahuan, dan pengalaman yang dapat berguna ketika saya bekerja di perusahaan Anda)

  • What do you know about our company? (Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?)

Contoh jawaban:

Your company is one of the biggest e-commerce platforms in Indonesia. I did some reading about your company culture, and I found that you really care about your employees’ well being. That really attracts me to be part of your company.

(Perusahaan Anda adalah salah satu platform perdagangan online terbesar di Indonesia. Saya membaca tentang budaya perusahaan Anda, dan saya menemukan bahwa Anda sangat peduli terhadap kesejahteraan para karyawan Anda. Itulah yang menarik saya untuk menjadi bagian dari perusahaan Anda)

  • What are your salary expectations? (Berapa gaji yang Anda harapkan?)

Contoh jawaban:

For my level experience in this position, the appropriate salary would be in the range of four million rupiah to six million rupiah. However, I am willing to negotiate it further based on other factors such as benefits package.

(Untuk level pengalaman saya pada posisi ini, gaji yang pantas akan berkisar pada empat juta rupiah sampai enam juta rupiah. Akan tetapi, saya bersedia untuk menegosiasikannya lebih lanjut berdasarkan faktor lain seperti tunjangan, misalnya)

Demikianlah beberapa pertanyaan yang sering diajukan dalam phone interview. Semoga artikel ini dapat membantu kita semua dalam mempersiapkan jawaban wawancara kita sendiri.

 

Apa yang Harus Dikatakan dalam Interview Kerja Bahasa Inggris?
Berbicara tentang Olahraga dalam Bahasa Inggris
Percakapan Ingin Mengulang Informasi yang Tidak Jelas
Contoh Percakapan Inggris: Wawancara Kerja untuk Guru Bahasa Inggris
Contoh Percakapan di Front Office Hotel dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan dan Jawaban yang Sering Diajukan oleh Angel Investor
Percakapan Menanyakan Rasa Makanan dalam Bahasa Inggris
Introducing Conversation: Percakapan Memperkenalkan Teman ke Teman Lainnya
Percakapan Memesan Tiket Pesawat lewat Telepon dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan dengan Teman Lama dalam Bahasa Inggris