sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kalimat Guru TK Ketika Mengajar di Kelas

Mengajar anak TK tentu berbeda dengan mengajar murid lain yang sudah duduk di kelas yang lebih besar. Mengajar anak TK membutuhkan usaha ekstra karena mereka masih sulit mengatur diri dan fokus dalam kelas. Karena itu, guru TK membutuhkan cara tersendiri saat mengajar di kelas.

Bukan saja dalam Bahasa Indonesia, tapi juga dalam Bahasa Inggris. Ada kalimat-kalimat yang sering digunakan oleh guru TK dalam mengajar menggunakan Bahasa Inggris. Pembahasan kali ini akan mengulas poin-poin penting dalam mengajar anak TK beserta contoh kalimatnya dalam Bahasa Inggris.

Menyapa Anak-Anak

Saat mengajar dalam kelas apapun, hal pertama yang dilakukan adalah menyapa murid. Namun menyapa anak TK tentu berbeda dengan menyapa murid lain. Karena anak TK masih sulit fokus, maka penting untuk membuat perhatian mereka tertuju pada guru.

Hal yang biasa dilakukan oleh guru TK adalah dengan menepuk tangannya dan mengeluarkan suara yang keras. Lalu guru TK bisa mulai menyapa anak-anak dengan gaya khas yang dapat dimengerti oleh mereka. Biasanya guru TK juga mengulang apa yang diucapkan dan ditanyakan pada murid di kelas.

Berikut contoh kalimat dalam menyapa anak-anak TK di awal kelas:

Teacher: Hello, kids! Please answer my greeting. Good morning! (Halo, anak-anak! Ayo jawab salam Bu Guru, ya. Selamat pagi!)

Children: Good morning, Teacher! (Selamat pagi, Bu Guru!)

Teacher: I can’t hear clearly, kids. Please answer my greeting louder. Good morning! (Ibu masih nggak jelas dengarnya, anak-anak. Ayo jawab salam Bu Guru lebih kencang, ya. Selamat pagi!)

Children: Good morning, Teacher! (Selamat pagi, Bu Guru!)

Teacher: That’s good. You’re all great! (Nah, bagus. Kalian semua hebat!)

Menanyakan Kabar

Selanjutnya, guru TK bisa menanyakan kabar anak-anak. Tentu menanyakan kabar pada anak TK berbeda dengan bertanya pada orang dewasa. Guru TK bisa menanyakan hal-hal yang kecil seperti apakah sudah sarapan atau mandi.

Misalnya seperti dapat dilihat pada contoh berikut:

Teacher: Now I want to know, who’s eat breakfast this morning? (Sekarang Bu Guru mau tahu, siapa yang sudah sarapan pagi ini?

Children: Me! (Saya!)

Teacher: That’s great! Is there anyone who didn’t eat the breakfast? (Bagus! Ada yang belum sarapan?)

Children: No, Teacher! (Tidak, Bu Guru!)

Teacher: That’s really great! Breakfast is really important, right? (Bagus sekali! Sarapan sangat penting, kan?)

Children: Yes, Teacher! (Iya, Bu Guru!)

Teacher: And now, I want to know who’s take a bath this morning? (Nah sekarang, Bu Guru mau tahu siapa yang sudah mandi pagi ini?)

Children: Me, Teacher! (Saya, Bu Guru!)

Teacher: Is there anyone who not take a bath yet? (Ada yang belum mandi?)

Children: No, Teacher! (Tidak, Bu Guru!)

Teacher: Wow, you’re all really the good kid! (Wah, kalian semua hebat!)

Meminta Melakukan Sesuatu

Salah satu tantangan mengajar anak TK adalah saat meminta mereka melakukan sesuatu. Meskipun hal-hal tersebut adalah hal yang sederhana, seperti meminta agar mereka duduk dan diam. Karena itu, guru TK perlu memahami mengkomunikasikan permintaan tersebut pada anak-anak.

Berikut contoh yang dapat diterapkan saat hendak meminta anak TK melakukan sesuatu:

Teacher: Kids, please sit neatly on the count of three. Can you all do it? (Anak-anak, ayo semuanya duduk rapi dalam hitungan tiga. Bisa semuanya?)

Children: We can, Teacher! (Bisa, Bu Guru!)

Teacher: That’s good. Now I’m counting, right? One, two, three. Please sit neatly on your desk. Wow, all the kids in this class are really amazing! Now, can we do the next thing? (Nah, bagus. Sekarang Bu Guru hitung, ya? Satu, dua, tiga. Ayo semuanya duduk rapi di kursi. Wah, semua anak-anak kelas ini hebat sekali! Sekarang, kita bisa lanjut lagi?)

Children: Yes, Teacher! (Iya, Bu Guru!)

Teacher: That’s great! I’ll count to three again, right? And now, please be quiet on the count of three. Can you all do it? (Itu bagus! Bu Guru akan hitung sampai tiga lagi, ya? Dan sekarang, ayo semuanya diam dalam hitungan tiga. Bisa semuanya?)

Children: We can, Teacher! (Bisa, Bu Guru!)

Teacher: Good! Now I’m counting again. One, two, three. Please be quiet, good kids! (Bagus! Sekarang Bu Guru hitung lagi. Satu, dua, tiga. Ayo semuanya diam ya, anak-anak hebat!)

Memberikan Pelajaran

Dalam memberikan pelajaran kepada anak TK, penting untuk menyampaikannya dalam bahasa yang sederhana. Hal ini karena pemahaman mereka masih terbatas, begitu juga fokus dalam menyerap pelajaran yang disampaikan.

Guru TK bisa mengulang apa yang disampaikan pada pelajaran yang lalu sebelum memulai pelajaran yang baru. Tujuannya adalah agar anak-anak ingat kembali apa yang mereka pelajari dan pemahaman mereka semakin terasah.

Berikut contoh yang dapat diterapkan dalam memberikan pelajaran pada anak TK:

Teacher: Yesterday we learned about eyes. Do you remember what are eyes for? (Kemarin kita belajar tentang mata. Ada yang ingat mata untuk apa?)

Children: To see! (Untuk melihat!)

Teacher: That’s right! Wow, you’re all have the good memories! Today, we will learn about nose. Who have nose on their face? (Benar! Wah, anak-anak semua ingatannya bagus, ya. Hari ini, kita akan belajar tentang hidung. Siapa yang punya hidung di wajahnya?)

Children: Me, Teacher! (Saya, Bu Guru!)

Teacher: That’s good! Nose is for us to smell something. Is there anyone who’s ever smell flower? (Bagus! Hidung itu untuk mencium sesuatu. Ada yang pernah mencium wangi bunga?)

Children: Me, Teacher! (Saya, Bu Guru!)

Dari pembahasan diatas, dapat dilihat bahwa guru TK sering bertanya dan mengulang apa yang diucapkan agar anak-anak lebih paham. Selain itu, guru TK juga sering memberikan pujian dan kalimat positif saat berkata pada anak-anak di kelas.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengajar guru TK dalam Bahasa Inggris beserta contoh kalimatnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Frase/Kalimat yang Digunakan untuk Memuji dalam Bahasa Inggris
Frasa/Kata/Kalimat yang Biasa Digunakan dalam American English
Ungkapan tentang Permintaan (Making, Fulfilling dan Rejecting a Request)
Kalimat Percakapan Memberi dan Menerima Pujian (Giving & Receiving Compliment)
Contoh Kalimat Himbauan & Larangan dalam Bahasa Inggris
Contoh Kalimat untuk “Answering Machine”
Percakapan Murid & Guru di Zoom
Kalimat Tidak Sopan Bahasa Inggris yang Tidak Sengaja Diucapkan Non-Native
Kumpulan Kalimat Greeting Bahasa Inggris Selain “How Are You”
Arti Kalimat Warning dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari