sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Kalimat Saran Bahasa Inggris dan Artinya

Ada berbagai ekspresi dalam Bahasa Inggris. Kalimat ajakan, mengundang, mengungkapkan persetujuan dan masih banyak lagi. Kalimat saran Bahasa Inggris menjadi jenis ekspresi yang sering dilakukan untuk berkomunikasi. Berikut adalah contoh meminta dan memberi saran dalam berbagai kondisi dan situasi.

Menanyakan Saran Bahasa Inggris

Melakukan tanya jawab dalam Bahasa Inggris adalah kombinasi antara kalimat tanya dan jawaban. Bertanya bisa mengacu pada Yes/No Question atau WH-Question. Dalam membuat kalimat saran juga dapat memakai Modals. Berikut adalah contoh penggunaannya untuk memberikan saran.

WH-Question

Ketika butuh saran bisa langsung bertanya. Lebih mudah memakai awalan 5W1H dan menyesuaikan dengan masalah yang sedang dihadapi. Jawaban yang dibutuhkan adalah berupa penjabaran berbentuk kalimat. Berikut adalah beberapa contohnya.

Pertanyaan:

  • What advice can you give me? (apakah saran yang bisa Anda berikan pada saya?)
  • Who can give me ideas about the matter? (siapakah yang dapat memberikan ide untuk masalah tersebut?)
  • Why dont you suggest something based on your experience? (Kenapa Anda tidak menyarankan sesuatu berdasarkan pengalaman Anda?)
  • What do you suggest in this condition? (Apakah yang Anda bisa sarankan untuk keadaan seperti ini?)

Jawaban:

  • I strongly recommended Dr Linda as your doctor (saya sangat menyarankan untuk menjadikan dr Linda sebagai dokter pribadimu)
  • I think you can handle the problem without causing attention (saya pikir Anda dapat mengatasi masalahnya secara baik-baik tanpa mendatangkan perhatian)
  • If you are jobless like now, The best advice/suggestion that I can give you is to watch out your expenses. (bila dalam situasi tanpa pekerjaan seperti sekarang. Saran terbaik yang bisa saya berikan sekarang adalah memperhatikan untuk pengeluaran keuanganmu.
  • I dont really have any advice since I never had any experience with what you are going through. (saya tidak punya saran yang bisa saya berikan karena tidak pernah mengalami apa yang Anda hadapi sekarang)
  • I am sorry. I am not sure what advice I can give you (saya minta maaf. Saya tidak yakin saran apa yang bisa saya berikan pada Anda.)

Contoh Percakapan:

  • Conversation A

Anna : Hi, Ruth, how are you? (Hi, Ruth, Apa kabar?)

Ruth : Not well I am afraid. I have a chest pain the entire night (sayangnya saya sedang tidak enak badan. Saya mengalami sakit di dada sepanjang malam)

Anna : Oh no. I am sorry to hear that. My mom experience the same thing last month (sayang sekali, saya sangat menyesal mendengarnya. Ibu saya juga mengalami hal yang sama bulan lalu)

Ruth : What do you suggest me to do? (apakah yang Anda sarankan untuk saya lakukan?)

Anna : You should go to the doctor right now. (kamu seharusnya pergi menemui dokter, sekarang juga.

  • Conversation B

Monty : Oh no Alan, you look so pale (Oh tidak Alan. Kamu terlihat pucat)

Alan : I think I have just made a huge mistake with the order (saya rasa telah membuat kesalahan pemesanan)

Monty : What do you mean? Is there anything I can do? (apa maksudnya? Apakah ada yang bisa saya bantu?)

Alan : What do you think I should do? Should I report it to the manager? (Apakah yang menurutmu saya harus lakukan? Haruskah saya melaporkannya pada manajer?)

Monthy : I really think it is the best. (saya rasa itu adalah pilihan terbaik)

Yes/No Question

Pertanyaan untuk kalimat saran Bahasa Inggris dengan Yes/No question lebih menanya ulang tentang saran orang lain telah diberikan. Hal ini terjadi karena lawan bicara perlu kepastian mengenai saran yang diberikan.

Pertanyaan:

  • Are you telling me to take some vitamin every morning? (apakah kamu menyarankan saya untuk mengkonsumsi vitamin setiap pagi?)
  • Does she suggest that I should see a doctor? (apakah dia menyarankan saya untuk menemui dokter?)
  • Is she advising everyone to stop using herbal remedies? (apakah dia menyarankan semua orang untuk berhenti menggunakan tumbuhan herbal?)

Jawaban:

  • Yes, that is what I mean (iya, tepat sekali, itu adalah saran saya)
  • That is what I have said (itu adalah hal yang saya sudah katakan sebelumnya)
  • Yup, I think that is the best solution (ya, Itu adalah jalan keluar terbaik menurut saya)
  • I am not suggesting to get rid off all of your toys. Just makes sure you are still using it. (saya tidak menyarankan untuk membuang semua mainam Anda. Hanya pastikan simpan mainan yang masih Anda mainkan.

Contoh percakapan:

  • Conversation A

A : I think you should break up (menurut saya, kalian seharusnya putus saja)

B : let me get this straight. Are you asking me to break up with my boyfriend? (coba saya luruskan. Apakah Anda menyarankan saya untuk pisah dengan pacar saya?)

A : Correct. That is my best opinion. (benar. Itulah pendapat terbaik saya.

  • Conversation B

A : Are you suggesting me to quit my job? (apakah kamu menyarankan saya untuk berhenti pekerjaan saya?)

B : If you want to spend more time with your kids. That is my advice to you under your condition. (kalau Anda ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan anakmu. Itu adalah saran saya untuk Anda mengingat situasi sekarang)

Modals Question

Pertanyaan kalimat saran Bahasa Inggris dan artinya berikut adalah contoh penggunaan Modal. Hal ini paling cocok untuk pertanyaan mengenai saran dengan penyampaian lebih santun dan formal.

Pertanyaan:

  • Can you give me any suggestion/advice? (apakah Anda dapat memberikan saya saran?)
  • Can I give you a piece of an advice? Dapatkan saya memberikanmu saran?)
  • Could you please give me some input? I cant think of anything (Dapatkah Anda memberikan saya masukkan? Saya tidak dapat memikirkan apapun)
  • Would you please help me out with some words of wisdom? (dapatkan Anda membantu saya dengan beberapa kalimat saran?)

Jawaban:

  • All that I can say to you is to be brave and strong in this difficult time (yang saya bisa katakan pada Anda adalah untuk memberanikan diri dan jadi kuat pada saat-saat sulit ini)
  • I can suggest you an installment if you have a financial issue (saya bisa menyarankan cicilan bila Anda punya masalah keuangan saat ini)
  • I could offer a day or two in my house if you have nowhere to go. (saya dapat menawarkan sehari atau dua hari di rumah saya kalau Anda tidak memiliki tempat lain untuk dituju)
  • I am really sorry. I cant think of any good advice right now. (maaf, saya benar-benar menyesal. Saya tidak dapat memikirkan saran satupun saat ini)
  • I dont think I can say anything. I am not familiar with that issue (saya tidak dapat mengatakan apapun. Saya tidak paham dengan masalah yang sedang anda alami)
  • I could not think of anything (tidak. Saya tidak memiliki saran apapun)

Contoh Percakapan:

  • Conversation A

Worker 1 : I dont know how to use this application for the new regulation (saya tidak tahu bagaimana caranya memakai aplikasi ini untuk menyesuaikan dengan peraturan yang baru?)

Worker 2 : I cant really help you. I am not familiar with that program myself (saya tidak dapat membantu Anda. Saya sendiri tidak mengenal program itu juga)

Worker 1 : Could you please help me to find the guideline manual? (dapatkah Anda membantu saya mencari buku panduannya?)

Worker 2 : I could ask other people to help you find it too. The more people looking for the same thing. The faster we can find it (saya dapat meminta orang lain untuk membantu Anda. Semakin banyak orang yang mencari benda yang sama, Semakin cepat kita dapat menemukannya)

  • Conversation B

Kid : Mom. Could you please help me with my homework? (ma. Bisakah membantu saya dengan pekerjaan rumah?)

Mom : What is it? What can I do for you? (apa apa? Apa yang bisa saya lakukan untuk mu)

Kid : I cant understand this question (saya tidak memeahami pertanyaan ini)

Mom : That is easy. I can help you just one minute (itu sangat mudah. Saya dapat membantumu. Sebentar ya)

Demikianlah cara membuat kalimat saran Bahasa Inggris dan artinya. Baik pertanyaan dan jawaban dapat mengikuti kaidah tata bahasa Inggris. Namun bisa juga dilakukan dengan menggabungkan beberapa cara pertanyaan di atas. Berikut adalah contohnya dalam kalimat lebih panjang.

Longer Conversation

A : You look stressful. What is wrong? (Anda terlihat stress. Apakah ada masalah?)

B : Can you please help me? I am in a really confusing poin in my life (dapatkan Anda membantu saya? Saya sedang benar-benar dalam posisi kebingungan

A: So sorry to hear that. What can I do? (sangat sayang sekali mendengarnya. Apa yang bisa saya bantu?)

B : I really want to go to collage but I dont think my parent can afford it. What advice can you give me? (saya ingin pergi kuliah namun sepertinya orang tua saya tidak dapat membayarnnya. Apa saran yang bisa Anda berikan untuk saya?)

A : Could you help out with the money and find a part time job? (apakah kamu bisa membantu dengan biayanya dengan mencari pekerjaan sampingan?)

B : I already work for a restaurant as a waiter (saya sudah bekerja sebagai pelayan restaurant)

A : The best I can give you is to wait for a year or two to save up money (saran terbaik saya untuk Anda adalah menunggu setahun atau dua tahun untuk menabung)

B : Are you sugesting that I give up collage? (apakah Anda menyarankan saya menyerah untuk kuliah?)

A : No of course not. You need to save money before you can afford it. (tentu tidak. Anda perlu menabung sebelum bisa memenuhi biaya kuliah)

B : I think you have a good point there (sepertinya Anda memiliki pikiran yang bagus)

A : You can also take a student loan, although it can be hard (Anda juga bisa mengambil pinjaman sekolah. Walau tentu keputusan itu tidak mudah)

B : I think I will be more comfortable to work before collage so It is not too much for me later. (saya pikir lebih nyaman untuk bekerja untuk biaya kuliah agar tidak berat nantinya)

Itulah beberapa ekspresi untuk memberikan saran beserta jawabannya. Kombinasikan penggunaannya sesuai dengan situasi. Berikan saran dan gunakan kalimat Bahasa Inggris yang santun dan sopan agar yang menerima saran dapat menerimanya dengan baik.

 

Kalimat-kalimat yang Berguna Saat Interview Kerja (Useful Phrases for Job Interview)
Percakapan Menyampaikan Terima Kasih atas Bantuan (Thanking Conversation)
Frasa/Kata/Kalimat yang Hanya Digunakan di Kanada (Canadian English)
Percakapan Inggris di Tempat Pelelangan Ikan/Pasar Ikan
Pertanyaan dan Kalimat yang Sering Diucapkan di Bandara
Cara Memesan Makanan dengan Bahasa Inggris di Luar Negeri
Percakapan Bahasa Inggris di Restoran A&W
Percakapan di Pegadaian dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Serving Table di Restoran dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris Membeli Tiket di Objek Wisata