sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Nama Lain Toilet dalam Bahasa Inggris

Setiap daerah di seluruh dunia memiliki nama atau istilah yang berbeda dalam menyebut benda-benda tertentu. Salah satunya ketika menyebut kamar kecil atau kamar mandi. Secara umum kamar kecil atau kamar mandi disebut toilet atau toilet room dalam bahasa Inggris. Toilet sendiri berasal dari bahasa Perancis ‘toilette’. Namun kata tersebut lebih berarti dressing room atau ruang untuk berdandan.

Berikut ini adalah beberapa nama lain untuk menyebut toilet menurut berbagai budaya dan era di dunia.

WASHROOM

Istilah ini kerap digunakan di Kanada untuk menyebut kamar kecil yang berada di tempat umum.

RESTROOM

Sama dengan istilah washroom, istilah restroom juga digunakan untuk menyebut kamar kecil yang ada di tempat umum. Namun istilah ini lebih lazim dipakai di Amerika Serikat.

LADIES’ ROOM / MEN’S ROOM

Istilah ladies’ room atau men’s room adalah yang paling sering digunakan secara global selain istilah toilet. Biasa ditemukan di tempat umum.

BATHROOM

Bathroom lebih tepat digunakan untuk menyebut toilet yang berada di kediaman seseorang. Biasanya terdiri lengkap dari sebuah kloset, bak cuci tangan, shower dan/atau bathtub. Atau secara singkat disebut kamar mandi. Akan tetapi bathroom tidak memiliki pintu yang terhubung dengan sebuah kamar.

POWDER ROOM

Istilah powder room digunakan untuk menyebut toilet dengan formal. Istilah ini sering juga digunakan untuk toilet di bidang konstruksi, real estate, dan istilah dalam profesi desain interior. Powder room umumnya terdiri dari kamar mandi kecil dengan hanya berisi kloset dan bak cuci tangan, tanpa bathtub atau shower.

EN SUITE

En suite adalah istilah yang mirip dengan bathroom, yaitu sebuah kamar mandi lengkap. Akan tetapi en suite terhubung dengan sebuah kamar. Baik powder room maupun en suite digunakan untuk menyebut kamar mandi yang berada di sebuah rumah.

LOO

Di daerah Inggris, orang biasa menyebut toilet dengan loo. Loo berasal dari Waterloo, sebuah nama dagang untuk produksi kontainer air untuk menyiram kloset pada zaman Inggris awal. Loo sebaiknya digunakan dalam percakapan informal.

LATRINE / KHAZI

Latrine atau khazi digunakan untuk menyebut toilet di bidang militer. Latrine berasal dari bahasa Latin lavare atau lavatrina yang berarti mencuci. Istilah tersebut kemudian diperpendek menjadi latrina dan berubah menjadi latrine oleh orang Peranci di tahun 1642.

Sementara itu khazi berasal dari bahasa Italia casa yang berarti rumah. Casa. Latrine dianggap sebagai istilah lebih sopan dan dipakai untuk menyebut satu blok toilet yang dibangun berjajar.

LAVATORY

Istilah lavatory atau kerap disingkat lav berasal dari bahasa Latin yang berarti mencuci. Lavatory awalnya digunakan untuk menyebut saluran cucian seperti pada bak cuci. Makna ini kemudian berkembang karena kebanyakan bak cuci juga disertai dengan kloset sehingga fungsinya menjadi seperti toilet. Istilah lavatory umum digunakan dalam industri penerbangan komersial di seluruh dunia.

WC

Istilah WC yang sering kita jumpai di Indonesia ini adalah singkatan dari water closet. Sebutan ini juga ternyata umum digunakan di Perancis (le vay-say atau le vater), Belanda (vaysay), dan Meksiko.

HEAD

Head berasal dari bidang kemaritiman pada tahun 1708. Secara tradisional, sebuah toilet pada kapal terletak di bagian kepala kapal. Dari sanalah istilah head yang berarti kepala berasal. Toilet kapal berada di area tersebut karena air akan menyapu bagian depan kapal dan membersihkan pembuangan toilet.

THE JOHN

The John dinamai berdasarkan nama Sir John Harrington, seorang penulis yang hidup di akhir abad 16 dan awal abad 17 dan merupakan salah satu dari 12 anak baptis Ratu Elizabeth. Sir John dikenal senang menulis tentang hal-hal yang berisiko, misalnya dalam puisi. Salah satu tulisannya berujung pada dikenalnya ia dari penemuannya yaitu toilet pertama di Inggris yang dapat menyiram otomatis. Istilah toilet baru ini awalnya dinamai jakes, dari tulisan Sir John namun kemudian berubah menjadi The John.

THE BOG

Istilah ini popular pada tahun 1789. Bog berasal dari kata boghouse, sebuah kata gaul Inggris yang kasar yang berarti buang air besar. Untuk itulah bog dianggap tidak lebih sopan dari istilah loo yang juga populer di dataran Inggris.

THE NETTY

Netty digunakan di Timur Laut Inggris, umumnya oleh orang-orang Sunderland dan Newcastle. Kalimat gannin te the netty berarti pergi ke kamar kecil atau kamar mandi. Tidak ada yang mengetahui dari mana tepatnya istilah ini berasal namun dipercaya nama ini berasal dari kata necessity atau dari sebuah coretan dinding di Hadrian’s Wall, sebuah tempat bersejarah di Carlisle, Inggris.

THE JACKS

Istilah ini adalah istilah gaul yang digunakan di Irlandia. Banyak orang menganggap istilah jacks diturunkan dari istilah Inggris tua untuk menyebut toilet, jakes, yang kemudian menjadi The John.

THE PRIVY

Satu lagi nama toilet yang diturunkan dari istilah kuno, privy berasal dari alternatif kata private di Inggris Timur dan Skotlandia. Istilah ini pun diterapkan ketika merujuk pada sebuah toilet yang terpisah dari bangungan utama di Amerika Utara.

DUNNY

Dunny adalah istilah yang digunakan orang Australia untuk sebuah kamar kecil yang berada di luar ruangan dan terpisah dari bangunan utama. Kata ini berasal dari bahasa Inggris British dunnekin yang berarti dung-house atau tempat buang air besar. Seseorang yang bertugas mengosongkan tempat duduk di dalam sebuah dunny disebut dunnyman.

CRAPPER

Crapper adalah istilah vulgar yang pertama muncul sekitar tahun 1932. Istilah ini berasal dari sebuah perusahaan ‘Thomas Crapper & Co Ltd.’, Sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi toilet di Inggris. Tentara Amerika sering berseloroh dengan menggunakan istilah crap—yang juga berarti kotoran dalam Inggris Amerika—untuk menyebut toilet di Inggris.

PISSOIR

Dalam istilah bahasa Perancis, pissoir digunakan untuk menyebut kamar mandi atau toilet umum. Kata ini berasal dari Perancis zaman pertengahan pisser, yang berarti buang air kecil.

HOUSE OF OFFICE

Istilah house of office umum digunakan di Inggris pada abad ke-17 untuk menyebut sebuah toilet yang berdiri sendiri dan terpisah dari bangunan utama seperti privy atau dunny.

 

Percakapan Menanyakan Letak Toilet dalam Bahasa Inggris
Cara Meminta Izin ke Toilet dalam Bahasa Inggris
Nama Lain Toilet dalam Bahasa Inggris