sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penggunaan Kata “Instead” Beserta Contohnya Dalam Bahasa Inggris

Kita tentu sering menjumpai kata instead dalam berbagai konteks Bahasa Inggris, baik tulisan maupun lisan. Tapi apakah makna dari instead itu dan bagaimana penggunaannya yang tepat dalam kaidah Bahasa Inggris?

Pembahasan kali ini akan mengulas makna dan penggunaan kata instead beserta contohnya. Simak pembahasannya sampai selesai, ya!

Memahami Kata “Instead”

Kata instead dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan menjadi “sebagai gantinya”, “malah”, atau “malahan”. Kata ini merupakan kata keterangan untuk menunjukkan sesuatu yang berperan sebagai ganti atau alternatif dari hal lainnya.

Misalnya seperti pada contoh berikut:

I couldn’t find a single pen here, so I used a pencil instead.
(Aku nggak nemu satu pulpen pun disini, jadi aku pakai pensil sebagai gantinya.

Pada contoh tersebut, pencil (pensil) digunakan sebagai ganti dari pen (pulpen). Untuk menegaskan hal tersebut, kita menggunakan kata instead dalam kalimat.

Kata instead juga dapat menjelaskan ketika kita ingin memilih satu hal dibanding hal yang lain. Misalnya seperti dalam contoh berikut:

I prefer to watch the horror movie alone at home instead of watching at cinema. (Aku lebih memilih nonton film horor sendiri di rumah dibanding nonton di bioskop)

Pada contoh tersebut, watch the horror movie alone at home (nonton film horor sendiri di rumah) lebih dipilih dibanding dengan watching at cinema (nonton di bioskop). Karenanya, kata instead digunakan untuk memperjelas pilihan tersebut.

Penggunaan Kata “Instead

Kata instead dapat digunakan baik di awal, tengah, maupun akhir kalimat. Selain itu, kata instead juga dapat digunakan dengan diikuti kata of menjadi instead of. Lebih jelasnya dapat dilihat pada penjelasan berikut.

Instead

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, kata instead merupakan kata keterangan yang menunjukkan pilihan atau ganti dari sesuatu. Kata ini biasanya digunakan di awal atau akhir kalimat.

Misalnya seperti pada contoh berikut:

  • We cancel the plan to going to the zoo. Instead, we just enjoy our free time in the park near home. (Kami membatalkan rencana untuk pergi ke kebun binatang. Sebagai gantinya, kami menikmati waktu santai di taman dekat rumah)
  • I know that I couldn’t master the lesson no matter how hard I try, so I read comics instead. (Aku tahu kalau aku nggak akan bisa nguasain pelajaran itu sekeras apapun aku usaha, jadi aku baca komik aja)

Instead of

Baik instead maupun instead of memiliki makna yang sama. Keduanya sama-sama bisa untuk menunjukkan pilihan atau sebagai ganti dari hal lain. Bedanya, instead of diikuti dengan kata benda atau noun.

Misalnya seperti dalam contoh berikut:

  • I couldn’t handle caffeine, so I drink juice instead of (Aku nggak bisa kena kafein, jadi aku minum jus ganti dari kopi)
  • Instead of telling me what’s wrong, he just kept silent for days. (Bukannya bilang ke aku apa masalahnya, dia malah diam aja berhari-hari)

Contoh Penggunaan Kata “Instead

Agar lebih memahami kata instead dan penggunaannya, berikut contohnya dalam percakapan Bahasa Inggris.

  • A: Let’s just do our assignment here. I have no energy left to going to another place. (Kita kerjain tugasnya disini aja. Aku nggak punya tenaga buat pergi ke tempat lain)

B: Are you skipping the meals again? (Kamu nggak makan lagi?)

A: Yeah, I’m on diet, remember? But it’s so hard that I felt like I could die. (Yah, kamu ingat kan aku lagi diet? Tapi berat banget ini aku rasanya kayak mau mati)

B: If that’s really hard for you, just quit instead. Why you did all those diets when those only make you suffer? (Kalau emang terlalu berat, lebih baik udahin aja. Kenapa kamu ngelakuin semua diet itu padahal cuma bikin kamu tersiksa?)

  • A: I heard that you went to our client and gave the presentation. Isn’t Johny supposed to go? (Aku dengar kamu ketemu klien dan kasih presentasi. Bukannya Johny yang harusnya pergi?)

B: He couldn’t come because he was sick, so I went instead. (Johny nggak bisa pergi karena sakit, jadi aku yang pergi sebagai gantinya)

  • A: Didn’t you visit the doctor yesterday? (Kamu kemarin pergi ke dokter?)

B: Yeah. The doctor said that I should move around more often. He knew that my problem is sitting for too long and rarely move. (Iya. Dokter bilang aku harus sering-sering bergerak. Dia tahu masalah aku adalah duduk kelamaan dan jarang bergerak)

A: That’s our office problem, right? Instead of using car, maybe you better walking to the office. That’s what I’ve been doing these days. (Itu masalah kantor kita, kan? Daripada pakai mobil, mungkin sebaiknya kamu jalan kaki ke kantor. Itu yang aku lakukan akhir-akhir ini)

B: That’s a good idea. Maybe I will do the same. (Itu ide bagus. Mungkin aku juga akan melakukan hal yang sama)

  • A: Did you hear that she chose to break up instead of giving him another chance? (Kamu dengar nggak kalau dia milih buat putus dibanding kasih pacarnya kesempatan?)

B: Yeah, finally she did the right thing. He did the same mistake too many times. (Ya, akhirnya dia melakukan hal yang benar. Pacarnya udah melakukan kesalahan yang sama terlalu banyak)

Demikianlah pembahasan mengenai makna dan penggunaan kata instead beserta contohnya dalam Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Contoh Singkatan dalam Bahasa Inggris
Kata-Kata yang Diucapkan Setelah Putus Cinta
Penggunaan “In Terms Of”
Penggunaan “do” dan Contoh Kalimatnya
Contoh Dialog Bahasa Inggris tentang Komputer
Contoh Dialog “Getting Attention”
Daftar Kata ‘Contraction’
Penggunaan ‘Was’ Dalam Bahasa Inggris
Contoh Beberapa Kalimat Doa Dalam Bahasa Inggris
Kata-kata yang Sering Diulang-Ulang dalam Tulisan