sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penulisan Umur Dalam Bahasa Inggris

Mungkin ada di antara kita yang masih bingung dengan aturan penulisan umur yang berlaku dalam bahasa Inggris. Bahkan bukan tidak mungkin ada yang belum tahu bahwa menuliskan umur dalam bahasa Inggris tidak bisa sembarangan dilakukan.

Faktanya penulisan umur dalam bahasa Inggris tidak semudah saat mengucapkannya secara lisan. Biasanya saat bercakap, orang-orang akan dengan mudah memahami apa yang Anda maksudkan karena terbantu dengan percakapan di awal dan ekspresi Anda saat berbicara. Namun hal yang berbeda terjadi dalam tulis-menulis. Kesalahan seperti penempatan tanda baca saja dapat mengaburkan makna kalimat dan bahkan mengubah maknanya secara keseluruhan.

Bagi Anda yang bukan penutur asli bahasa Inggris juga mungkin akan kesulitan menyampaikan berapa usia Anda dalam bahasa Inggris. Hal ini karena Anda mungkin akan langsung menerjemahkan kata per kata dalam bahasa Indonesia ke bahasa Inggris padahal ada hal yang mesti diperhatikan seperti preposisi dan kata lainnya.

Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mencari tahu apa saja yang perlu diketahui mengenai aturan penulisan umur dalam bahasa Inggris. Untuk itu, sebaiknya Anda menyimak artikel ini hingga selesai.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PENULISAN UMUR

  1. KATA KERJA BANTU (TO BE)

Kata kerja bantu yang dimaksud dalam hal ini adalah am, is, are, was, dan were atau kata kerja bantu yang biasa digunakan untuk pronoun atau kata ganti. Penggunaan kata kerja bantu akan membantu ketika Anda menanyakan usia seseorang atau sebaliknya saat Anda menjawab pertanyaan tentang berapa umur Anda.

Hal yang perlu Anda ketahui dalam penggunaan kata kerja bantu, simple present continuous tense (penunjuk masa yang digunakan saat suatu hal sedang terjadi) tidak digunakan.

Contoh kalimat :

    • Simple present tense :

How old are you ? (Berapa usia Anda ?)

    • Simple past tense :

How old were they when they graduated? (Berapakah usia mereka saat mereka lulus ?)

    • Simple future tense :

How old will you be when you propose your fiance ? (Berapa usia Anda saat Anda melamar tunangan Anda ?)

  1. KATA DEPAN/PREPOSISI

Kata depan yang digunakan saat menuliskan tentang umur adalah AT (di, pada, dengan, waktu, atas, dan kepada). Jangan menggunakan kata depan WITH dan IN saat mendeskripsikan tentang usia, karena walaupun arti kedua kata tersebut tidak berbeda jauh dengan AT, tapi keduanya tidak tepat digunakan untuk menjelaskan tentang umur.

Contoh kalimat :

    • At 30 years old, I will resign from the office and start my own business. (Diusia 30 tahun, saya akan mengundurkan diri dari kantor dan memulai bisnisku sendiri)
    • They got married at 25 years old. (Mereka menikah di usia 25 tahun)
  1. KLAUSA ADJEKTIVA

Klausa adjektiva di sini berfungsi sebagai kalimat dependent (kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri) yang akan memberikan informasi yang merujuk pada kata benda dalam sebuah kalimat. Menjelaskan tentang umur seseorang atau suatu benda sama halnya dengan menjelaskan tentang kata benda karena seseorang atau suatu benda tersebut dianggap sebagai kata benda.

Contoh kalimat :

    • Kids that are under 10 years old not allowed to ride some games in the amusement park (Anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun tidak diizinkan untuk menaiki beberapa permainan di taman hiburan)

Catatan: “that are under 10 years old” merupakan klausa adjektiva yang memberikan informasi tentang “kids”.

    • I met some teens who were 14 years old at the mall (Saya bertemu beberapa anak remaja yang berusia 14 tahun di mall)

Catatan: “who were 14 years old” merupakan klausa adjektiva yang memberikan informasi tentang “teens”.

  1. KATA SIFAT DAN KATA BENDA

Dalam hal ini ada tiga hal yang perlu menjadi perhatian Anda, yakni :

    • Menggunakan kata sifat bersamaan dengan kata benda.

Umur seseorang dapat berfungsi sebagai kata sifat. Kata sifat ini dapat diikuti pula oleh kata benda yang berkaitan langsung dengan kata sifat tersebut.

Contoh kalimat :

My 5-year-old nephew started to speak last year. (Keponakanku yang berusia 5 tahun mulai berbicara tahun lalu)

Pada contoh di atas, nephew merupakan kata benda sementara 5 year old adalah kata sifat. Jika Anda perhatikan dengan seksama tidak terdapat huruf S kata year pada 5 year old. Hal ini karena kata sifat tidak pernah dalam bentuk plural atau jamak. Selain itu pada kata 5 year old perlu ditambahkan tanda dashes (tanda pisah) atau hypens (tanda hubung).

Penggunaan hypens juga memiliki aturan yakni hanya digunakan saat umur diekspresikan sebagai kata sifat yang letaknya sebelum kata benda atau sebagai pengganti kata benda seperti contoh di atas.

Saat Anda bermaksud untuk menyatakan usia sesuatu maka tidak dibolehkan menggunakan hypens misalnya dalam kalimat di bawah ini :

Ani is 18 years old. (Ani berusia 18 tahun)

Pada kalimat di atas, Anda tidak perlu menggunakan hypens karena Anda sedang menjelaskan usia seseorang.

    • Menggunakan kata sifat setelah linking verb.

Lingking verb adalah kata-kata yang menghubungkan antara subyek dengan informasi atau penjelasan tentang subyek itu sendiri.

Contoh kalimat :

My mother is 54 years old (Ibuku berusia 54 tahun)

Linking verb pada kalimat di atas adalah to be (kata kerja bantu) yang berupa IS. Untuk situasi ini Anda harus kembali menempatkan huruf S pada kata year.

  • Menggunakan kata benda sebagai subyek kalimat.

Usia juga dapat berfungsi sebagai kata benda atau subyek dalam sebuah kalimat. Dalam hal ini dua aturan yang berlaku pada bagian pertama kembali berlaku, yakni tidak dipakainya huruf S pada kata year dan penggunaan hypens.

Contoh kalimat :

4-year-olds are considered as toddler (Anak-anak umur 4 tahun dianggap sebagai balita)

  1. PENGGUNAAN KATA TO TURN

Jika Anda ingin menanyakan umur seseorang di masa yang akan depan, Anda dapat menggunakan kata to turn yang dapat berarti “berubah menjadi”. Anda juga sebenarnya dapat menggunakan kata ini untuk menanyakan usia seseorang di masa lampau, namun hal ini jarang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh kalimat :

How old will she be turning next year ? (Berapa umurnya tahun depan ?)

Selain kelima hal di atas, terdapat satu hal yang juga perlu Anda ketahui tentang penulisan umur dalam bahasa Inggris, yaitu penggunaan kata age dan old. Kata age digunakan sebagai kata benda yang merujuk pada seberapa lama seseorang hidup. Perhatikan contoh di bawah ini :

Many people think that my sister and I are the same age. (Banyak orang mengira bahwa saya dan kakak perempuanku seumuran)

Untuk menjelaskan tentang usia seseorang Anda dapat menggunakan of age dan old. Penggunaan of age lebih terkesan formal dibandingkan old. Perhatikan contoh di bawah ini :

He is only twenty-nine years of age and is fully qualified as a surgeon. (Dia baru berusia 29 tahun dan telah terkualifikasi sebagai seorang dokter bedah)

 

Membuat Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Inggris (Resignation Letter)
Contoh Memo Non Formal dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Cara Menulis “Thank You Note”
Contoh Surat Undangan dari Sekolah untuk Orang Tua
Contoh Surat Balasan Bahasa Inggris dari Ibu ke Anak di Luar Negeri
Kumpulan Quotes Bahasa Inggris Bertema Alam (Nature)
Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Sakit Dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang dalam Bahasa Inggris
Contoh Surat untuk Guru (Dalam Rangka Hari Guru) dalam Bahasa Inggris