sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Penyebutan Waktu (Telling Time)

Menyebutkan waktu atau jam berapa dalam bahasa Inggris lebih sulit dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Penunjukan waktu atau pukul berapa dalam bahasa Indonesia cukup dengan menyebutkan angka jamnya, serta kurang atau lebih berapa menit.

Sementara dalam bahasa Inggris ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana menyebutkan tentang waktu atau jam berapa dalam bahasa Inggris.

Hal ini penting untuk disimak karena merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari, sehingga jika Anda benar-benar memahaminya tentu akan sangat bermanfaat. Kami juga akan memberikan info tambahan mengenai penggunaan periode waktu tertentu dalam bahasa Inggris.

Sebelum melangkah ke pembahasan selanjutnya tentang aturan penyebutan waktu dalam bahasa Inggris, untuk memudahkan Anda memahaminya, tipsnya adalah imajinasikan sebuah jam di kepala Anda. Kemudian terapkan tiap aturan penyebutan waktu di bawah ini dengan bantuan imajinasi jam versi Anda.

ATURAN PENYEBUTAN WAKTU DALAM BAHASA INGGRIS

  1. 24 Jam vs 12 Jam

Hal pertama yang harus Anda ketahui tentang penyebutan waktu dalam bahasa Inggris adalah pembagian waktu. Pembagian waktu dalam bahasa Inggris ada dua cara yakni versi 24 jam dan versi 12 jam.

Versi 24 jam menggunakan angka dari 0-23 yang menunjukkan jam berapa. Sementara versi 12 jam hanya menggunakan angka dari 1-12 saja. Untuk versi 24 jam tentu mudah dimengerti bukan ? Bagaimana dengan versi 12 jam ? Versi 12 jam ini yang terkadang membingungkan. Karena penentuan pagi, siang, sore, dan malam tidak seperti versi 24 jam.

Jawabannya mudah, pada versi 12 jam, menggunakan “AM” atau Ante Meridiem yang berarti sebelum tengah hari dalam bahasa Latin dan “PM” atau Post Meridiem yang berarti setelah tengah hari dalam bahasa Latin.

Sehingga jika menggunakan versi 12 jam dan merujuk pada waktu sebelum tengah hari atau sederhananya sebelum lewat jam 12 siang tepat, maka gunakanlah “AM”. Sebaliknya jika telah melewati pukul 12.01 siang maka gunakan “PM” untuk menyebutkan waktu.

Perhatikan contoh di bawah ini:

    • Pukul 09.00 = pukul 09.00 AM
    • Pukul 13.00 = pukul 01.00 PM
    • Pukul 23.55 = pukul 11.55 PM
    • Pukul 01.00 = pukul 01.00 AM
  1. Penggunaan o’clock

Anda pasti sering mendengar seseorang menyebutkan waktu dalam bahasa Inggris dengan menambahkan kata “o’clock” dibelakangnya. Ini maksudnya sama dengan kata “tepat” atau “pas” dalam bahasa Indonesia. Perlu diingat, penggunaan “o’clock” ini hanya untuk versi 12 jam dan hanya untuk menyebutkan waktu yang menunjuk tepat pada angka tertentu, misalnya angka 1,2,3 dst, tanpa adanya penambahan detik atau menit.

Karena hanya digunakan di versi 12 jam, maka tidak ada penggunaan “o’clock” untuk versi 24 jam, seperti misalnya 15.00 o’clock.

Contoh:

    • 00 AM = It’s one o’clock = pukul satu tepat/pas pagi
    • 00 PM = It’s eleven o’clock = pukul sebelas tepat/pas malam
  1. Penggunaan Half Past

Untuk menyebutkan waktu “lewat 30 menit” maka gunakan “half past” yang artinya sama yakni lewat 30 menit. Penggunaan half past juga hanya dilakukan untuk versi 12 jam.

Contoh:

    • 30 AM = It’s half past eight = delapan lewat 30 menit pagi
    • 30 PM = It’s half past nine = sembilan lewat 30 menit malam
  1. Penggunaan Past dan After

Jika half past menyatakan lewat 30 menit, maka untuk menyatakan waktu lewat berapa sekian menit gunakan “past”. Ini berarti kata “past” digunakan untuk waktu lewat menit 1-29. Kata ”past” ini juga sama artinya dengan “after” atau “setelah”.

Contoh:

    • 25 AM = It’s twenty five past eight = It’s twenty five after eight = jam delapan lewat dua puluh lima menit
    • 13 AM = It’s thirteen past seven = It’s thirteen after seven = jam tujuh lewat tiga belas menit
  1. Penggunaan To

Untuk menyatakan waktu “kurang sekian menit” maka gunakan “to”. Penggunaan “to” untuk menit ke 31-59.

Contoh:

    • 40 AM = It’s twenty to nine = kurang dua puluh menit jam sembilan
    • 55 AM = It’s five to eight = kurang lima menit jam delapan
  1. Penggunaan Quarter

Seperti halnya half past yang khusus untuk menyatakan waktu “lewat 30 menit”, maka untuk menyebutkan waktu “15 menit” menggunakan “quarter”. Penggunaan “quarter” ada dua yakni terdiri dari “quarter past” atau “lewat lima belas menit” dan “quarter to” atau “kurang lima belas menit”.

Contoh:

    • 15 AM = It’s quarter past eight = It’s quarter after eight = jam delapan lewat lima belas menit
    • 45 AM = It’s quarter to nine = kurang lima belas menit jam sembilan
  1. Penggunaan penyebutan waktu spesifik

Dalam bahasa Indonesia kita sering mendengar penyebutan “jam 2 siang”, “jam 3 malam”, dan lain-lain. Penyebutan pagi, siang, malam, tengah malam sama artinya dengan menyatakan waktu yang lebih spesifik. Dalam bahasa Inggris pun demikian adanya.

Berikut ini istilah-istilah yang dikenal dalam bahasa Inggris untuk waktu spesifik atau periode waktu tertentu, yakni:

    • Midday (tengah/siang hari)
    • Midnight (tengah malam/jam 12 malam)
    • Dawn (subuh/fajar)
    • Dusk (senja)
    • Noon (siang/jam 12 siang)
  1. Penggunaan At dan In

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam penyebutan waktu adalah penggunaan “At” dan “In”. Keduanya sama-sama menunjukkan preposisi atau kata depan tapi digunakan pada periode waktu tertentu.

Jika “At” digunakan untuk menyebutkan waktu yang diikuti dengan angka jamnya maka “In” digunakan untuk menyebutkan waktu spesifik atau periode waktu tertentu. Pengecualian untuk kata “night” yang memakai “at” dan bukannya “in”.

Contoh:

    • I will go to the library at 08.00 AM. (Saya akan pergi ke perpustakaan pukul delapan pagi)
    • I will arrive at home in the morning. (Saya akan tiba di rumah pagi hari)

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyebutan waktu. Penting untuk mengetahuinya karena hal ini seringkali digunakan dalam percakapan sehari-hari. Selamat belajar.

 

Kata Keterangan Waktu (Adverbs of Time)
Mengucapkan Tua Dengan Sopan (Telling You Are Old Politely)
Cara Membaca Waktu (Telling Time)
Cara Menyatakan Waktu dalam Bahasa Inggris
Membaca Waktu dalam Bahasa Inggris
Cara Menulis & Membaca Waktu dalam Bahasa Inggris (Jam, Tanggal, Tahun)
Contoh Percakapan Mengganti Waktu Janji Pertemuan (Change an appointment)
Penyebutan Hari dan Tanggal Menggunakan Bahasa Inggris
Tip TOEFL: Berapa Lama Masa Berlaku Skor TOEFL?
Tip TOEFL: Supaya Tidak Kehabisan Waktu saat Kerjakan Tes TOEFL