sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Ide Bahan Pelajaran untuk ESL (English as a Second Language)

Sebagai pengajar ESL (English as a Second Language), Anda pasti ingin murid-murid Anda merasa betah dan nyaman bukan saat berada di kelas? Aktivitas kelas yang monoton tentunya bukanlah pilihan yang tepat jika Anda ingin murid-murid Anda menyukai kelas ESL yang Anda ajar.

Sebenarnya ada beberapa aktivitas yang bisa Anda terapkan untuk membuat kelas ESL lebih menyenangkan. Apa saja aktivitas-aktivitas tersebut? Berikut adalah daftar aktivitas yang bisa diterapkan dalam kelas ESL:

  1. Free-talking

Aktivitas menyenangkan pertama yang bisa dilakukan adalah mendiskusikan topik-topik tertentu secara bebas. Aktivitas ini bisa dilakukan secara pasangan atau dalam kelompok. Pertama-tama, yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan topik-topiknya. Kemudian tulislah topik-topik tersebut masing-masing di dalam kertas. Masukan kertas tersebut ke dalam gelas atau topi, kemudian suruhlah murid Anda mengambil kertas yang berisi topik tersebut secara acak. Topik yang dipilih adalah topik yang harus dibicarakan. Berikut adalah contoh topik yang bisa dipilih:

    • Pop culture (Do you follow a certain pop culture? Who is pop culture icon in your country?)
    • Video games (Do you like playing video games? What are advantages and disadvantages of playing video games?)
    • Parenting and punishment (What kind of punishment have you received at home or school? Do you think corporal punishment necessary?)
    • Holidays (What are your favorite holidays? What activities do you do during holidays?)
    • Sports (Are you following sports? Are there any unique sports in your country?)

Aktivitas ini, selain menyenangkan juga bisa mendorong murid untuk aktif berbicara dan melatih kemampuan berbicara bahasa Inggris mereka.

  1. Creating questions

Alih-alih menjawab pertanyaan seperti biasanya, pada aktivitas ini murid akan membuat pertanyaan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyediakan beberapa kategori atau topik yang akan dijadikan pertanyaan. Sama seperti aktivitas free-talking, topik dipilih dengan cara acak. Topik yang terpilih harus dibuat pertanyaan tentangnya.

Berikut adalah beberapa topik yang bisa digunakan dalam aktivitas ini:

    • Animals
    • Food and drink
    • Sports
    • World
    • Pop culture
    • Movies
    • Music

Aktivitas ini pada umumnya dilakukan secara kelompok. Satu kelompok diberikan waktu sekian detik atau menit untuk bertanya, dan kelompok lainnya juga diberikan waktu yang sama untuk menjawab. Kelompok yang berhasil bertanya dan menjawab akan mendapatkan poin. Kelompok penanya akan mendapatkan pengurangan poin jika tidak bertanya dalam batas waktu yang diberikan. Kelompok penanya juga akan mendapatkan poin tambahan jika pertanyaannya tidak bisa terjawab oleh kelompok lain.

  1. Asking for directions

Aktivitas ini terutama bisa dilakukan ketika Anda sedang memberikan materi tentang arah jalan. Yang harus dilakukan adalah persiapkan peta. Lalu, suruhlah murid berpasangan dan setiap pasangan diberikan peta yang berbeda. Setiap pasangan harus bertanya dan memberi tahu arah jalan secara bergantian.

Aktivitas ini sangat berguna dalam mempelajari kosakata dan frasa tentang arah jalan, seperti “turn left” (belok kiri), “go straight” (lurus), “intersection” (persimpangan), “u-turn” (putar balik), dan sebagainya.

  1. Rhyme time

Pada aktivitas ini, murid diharuskan mencari sebanyak mungkin kata yang memiliki bunyi akhir sama (rhyme). Pertama-tama, bagilah murid ke dalam beberapa kelompok. Kemudian berikanlah rhyme sheet yang berisi beberapa kata kepada setiap kelompok. Setelah itu, perintahkanlah setiap kelompok untuk mencari sebanyak mungkin kata yang seirama dengan kata yang tertulis dalam sheet. Berikanlah batas waktu mereka menjawab. Kelompok dengan banyak kata yang seirama menang.

  1. Self introduction

Aktivitas self introduction atau perkenalan diri terutama efektif diterapkan pada pertemuan pertama. Dalam aktivitas ini, siapkanlah sheet yang berisi pertanyaan data diri seperti nama, tanggal lahir, tempat tinggal, hobi, makanan kesukaan, dan sebagainya. Sheet ini lalu berikanlah kepada murid. Setelah itu, perintahkanlah murid untuk mengisi sheet. Setelah mengisi sheet, perintahkanlah mereka untuk memperkenalkan diri mereka masing-masing.

Ingatlah untuk jangan menyuruh murid memperkenalkan diri di depan kelas karena hal itu hanya akan membuat mereka gugup. Sebaiknya, suruhlah mereka berjalan-jalan di dalam kelas dan saling memperkenalkan diri mereka masing-masing.

  1. Vocabulary brainstorming

Untuk melatih kosakata bahasa Inggris murid, Anda bisa melakukan aktivitas vocabulary brainstorming. Ada banyak cara untuk melakukannya. Salah satunya adalah dengan bermain game yang disebut dengan pass the ball.

Cara memainkan permainan ini adalah pertama-tama, siapkanlah sebuah bola. Kedua, siapkanlah topik. Berikut adalah beberapa topik yang bisa digunakan dalam kegiatan ini:

    • Types of fruits
    • Types of animals
    • Types of sport
    • Words that start with letter “A”
    • Words that start with letter “d”
    • Names of countries

Setelah topik dipilih, nyalakanlah sebuah lagu. Kemudian, berikanlah bola kepada murid Anda. Murid yang mendapatkan bola harus menyebutkan satu kata berdasarkan topik. Setelah ia berhasil menyebutkan kata, dia harus mengoper bola kepada murid lain, dan seterusnya sampai lagunya selesai. Perlu diingat bahwa setiap murid harus menyebutkan kata yang berbeda. Pemegang bola terakhir kalah dan dia harus mendapat hukuman. Hukumannya bisa apa saja, misalnya seperti harus berbicara tentang topik tertentu di hadapan kelas dalam satu menit.

  1. Tongue twister

Tongue twister atau pembelit lidah adalah frasa yang tersusun dari kata-kata yang memiliki pelafalan yang mirip sehingga tidak mudah untuk diucapkan. Tongue twister ini berguna untuk melatih cara pelafalan.

Untuk mengawali kegiatan tongue twister ini, kita bisa menyiapkan beberapa frasa tongue twister. Setelah itu, biarkanlah murid untuk melafalkannya dan melaithnya secara pasangan. Setelah itu, pada akhir kegiatan, kita bisa bertanya siapa yang bisa mengucapkan frasanya dengan sangat cepat.

Berikut adalah beberapa frasa tongue twister dalam bahasa Inggris:

    • A big bug bit a big black dog on his big black nose.
    • She sells seashells by the seashore.
    • Six thick thistle stick.
    • How much wood would a woodchuck chuck if a woodchuck could chuck a wood?
    • A loyal warrior will rarely worry why we rule.

Itulah beberapa ide kegiatan yang bisa diterapkan di kelas ESL. Selamat mencoba!

 

Pelajaran Contoh Percakapan Membeli Obat di Apotek
Kosakata Nama-nama Pelajaran
Mengklarifikasi Sebuah Ide dalam Bahasa Inggris
Trik Agar Tak Kehabisan Ide Percakapan dalam Bahasa Inggris
Cara Mengklarifikasi Sebuah Ide dalam Bahasa Inggris
Mengeluarkan Ide dengan Jelas (How to Express Ideas in English Clearly)
Ide Bahan Pelajaran untuk ESL (English as a Second Language)
Writing TOEFL: Mencari Ide Menulis