sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan It dan This Dalam Bahasa Inggris

Dalam Bahasa Inggris, kita tentu sering menemukan kata it dan this. Kedua kata ini memang banyak sekali digunakan, namun masih banyak orang yang bingung mengenai perbedaan keduanya. Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai perbedaan kata it dan this beserta contohnya dalam Bahasa Inggris.

Langsung saja simak pembahasannya dibawah ini, ya!

It

It dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan secara harfiah dengan ini, itu, dia, dan miliknya. Namun penggunaan kata it sendiri begitu luas dan mencakup berbagai konteks. Berikut beberapa penggunaan kata it yang dapat ditemui dalam Bahasa Inggris:

  • Sebagai pronoun untuk hewan dan benda mati

Penggunaan kata it yang pertama adalah sebagai pronoun atau kata ganti untuk hewan dan benda mati tunggal. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

Gina is raising a cat for five years. It is a female cat and Gina called it “Mio”. (Gina memelihara sebuah kucing selama lima tahun. Itu adalah seekor kucing betina dan Gina menamainya “Mio”)

Pada contoh tersebut, kata it yang pertama mengacu pada cat yang ada pada kalimat sebelumnya. Sedangkan kata it yang kedua mengacu pada female cat yang ada dalam kalimat yang sama. Kedua kata it ini berfungsi sebagai pronoun untuk objek yang berupa hewan.

  • Sebagai subjek yang berkaitan dengan waktu, cuaca, dan jarak

Selanjutnya kata it juga berfungsi sebagai subjek yang berkaitan dengan waktu, cuaca, dan jarak dalam sebuah kalimat. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • It is already nine o’clock and I’m running late for school. (Sekarang sudah jam sembilan dan aku telat masuk sekolah)
    • It rained heavily last night. (Semalam hujan deras banget)
    • It is only need five steps to come to his house. (Cuma butuh lima langkah untuk datang ke rumahnya)

Kata it pada contoh-contoh diatas berperan sebagai subjek dalam kalimat dan tidak sepenuhnya memiliki arti sendiri. Kata it tersebut melebur bersama keterangan waktu, cuaca, dan jarak yang ada dalam kalimat.

  • Sebagai subjek yang tidak teridentifikasi

Sebuah kalimat idealnya memiliki subjek di dalamnya. Namun pada kenyataannya, tidak selalu subjek dalam kalimat dapat kita identifikasi dengan mudah seperti dalam bentuk orang maupun benda. Untuk itu, kata it dapat digunakan sebagai subjek yang tidak teridentifikasi dengan jelas.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • My mother always says it is important for us to studying hard no matter what the result is. (Ibuku selalu bilang penting untuk kita belajar giat tak peduli apapun hasilnya)
    • It is really impossible to change her mind once she decides something. (Sangat mustahil untuk mengubah pikirannya begitu dia memutuskan sesuatu)

Kata it pada contoh-contoh diatas berperan sebagai subjek yang tidak memiliki identitas yang jelas siapa pelakunya. Artinya pun tidak berdiri sendiri dengan jelas, melainkan melebur bersama tindakan yang mengikutinya.

This

This secara sederhananya dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan dengan “ini”. Sama seperti it, kata this juga memiliki beberapa penggunaan sesuai dengan konteksnya dalam Bahasa Inggris. Kata this juga digunakan untuk sesuatu yang jumlahnya tunggal, tidak lebih dari satu.

Langsung saja simak penggunaan kata this tersebut dibawah ini:

  • Sebagai kata tunjuk untuk jarak dekat

Penggunaan kata this yang pertama adalah sebagai kata tunjuk untuk orang atau benda yang berada dalam jarak dekat. Dengan kata lain, hal yang ditunjuk ini terlihat dengan jelas dalam jangkauan mata. Bahkan bisa juga kita pegang atau tunjukkan sendiri kepada lawan bicara.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • This is my book, not yours. (Ini adalah bukuku, bukan punya kamu)
    • This is how you solve the math problem, buddy. (Inilah caranya menyelesaikan soal matematika, kawan)
    • Hey, is this your wallet? I saw this on your desk yesterday. (Hei, apa ini dompet kamu? Aku lihat ini diatas meja kamu kemarin)
  • Mengidentifikasi sesuatu yang dekat dengan objek

Kata this juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi sesuatu yang sangat dekat dengan objek. Dalam hal ini, kata this dapat juga mengidentifikasi sesuatu yang merupakan bagian dari objek.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • The pizza looks so delicious! Can I have this one piece of the pizza? (Pizzanya kelihatan enak! Aku boleh minta satu potong pizza ini?)
    • I will give this last slice of my birthday cake especially for you. (Aku akan memberikan sepotong terakhir kue ulangtahunku spesial buat kamu)
  • Memperkenalkan seseorang atau sesuatu

Penggunaan kata this yang selanjutnya adalah untuk memperkenalkan seseorang atau sesuatu kepada orang lain. Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • This is my friend, and she will stay with us for several days. (Ini adalah temanku, dan dia akan tinggal sama kita selama beberapa hari)
    • This is my lovely room! (Ini adalah kamarku tercinta!)
  • Menunjukkan keterangan intensitas tertentu

Kata this dapat digunakan sebagai keterangan yang menunjukkan intensitas tertentu pada suatu hal. Misalnya sesuatu yang begitu mudah, sulit, panas, dingin, dan lain sebagainya.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada contoh berikut:

    • I never eat something this spicy! (Aku tidak  pernah makan sesuatu sepedas ini!)
    • I can’t believe the village will be this cold. (Aku tidak menyangka desa akan jadi sedingin ini)
    • I know that the lesson is hard, but I don’t know it will be this hard! (Aku tahu kalau pelajarannya susah, tapi aku tidak tahu akan sesusah ini!)

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan kata it dan this dalam Bahasa Inggris beserta contohnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Perbedaan Their, They’re, dan There
Perbedaan Wake, Waken, dan Awake
Perbedaan Have vs Has vs Had
Perbedaan Maybe vs Perhaps
Perbedaan Penggunaan Only dan Just
Perbedaan Action Verb, Transitive vs Intransitive Verbs
Perbedaan Abbreviations vs Acronyms
Perbedaan IELTS Academic dan General Training
Perbedaan ‘Noisy’ vs ‘Crowded’
Perbedaan Grateful, Thankful, Blessed