sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Use vs Wear

“Use” dan “wear” adalah contoh kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti yang sama dengan penggunaan yang berbeda. Karena penggunaannya berbeda, “use” dan “wear” tidak bisa digunakan sebagai sinonim dari satu sama lainnya meskipun artinya sama. Oleh karena itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari keduanya sebelum bisa menggunakannya dengan baik dan benar.

Kali ini kita akan mempelajari perbedaan “use” dan “wear” melalui pembahasan di bawah ini:

Use

“Use” tergolong ke dalam part of speech atau kelas kata verb (kata kerja) dan noun (kata benda). Oleh karena itu, penggunaannya dalam kalimat harus mengikuti aturan penggunaan verb dan noun dalam bahasa Inggris.

Pembahasan ini akan menjelaskan tentang “use” sebagai verb saja. “Use” sebagai kata benda atau verb bisa didefinisikan sebagai tindakan memanfaatkan sesuatu atau seseorang untuk tujuan tertentu. Di dalam bahasa Indonesia, kita mengenal “use” sebagai “menggunakan”.

Bentuk past tense dan past participle dari “use” adalah “used”. Di bawah ini adalah beberapa contoh penggunaan “use” dalam kalimat:

  • They used special butter to make the cake. (Mereka menggunakan mentega spesial untuk membuat kue)
  • She used a hammer to break the boulder. (Dia menggunakan palu untuk menghancurkan batu besarnya)
  • There are three bedrooms in this house, but we only use two. (Ada tiga kamar di rumah ini, tetapi kami hanya menggunakan dua kamar)
  • It’s impossible to finish the project alone in only three days. John must have used some help. (Mustahil menyelesaikan proyeknya sendirian hanya dalam waktu tiga hari. John pasti menggunakan bantuan)
  • Krabs uses a secret formula to make Krabby Patty. (Tuan Krabs menggunakan resep rahasia untuk membuat Krabby Patty)
  • Jane is using my phone to call her mom. (Jame menggunakan teleponku untuk menghubungi ibunya)
  • You can use my money to order pizza. (Kamu bisa menggunakan uangku untuk memesan pizza)
  • Niki Jolie, a famous Instagram celebrity, admitted that she never used any filters in her pictures. (Niki Jolie, seorang selebritas Instagram terkenal, mengaku bahwa dia tidak pernah menggunakan filter apapun di fotonya)
  • After months of learning, he finally can use the machine properly. (Setelah berbulan-bulan belajar, dia akhirnya bisa menggunakan mesinnya dengan benar)
  • Courier font is usually used for movie scripts. (Font Courier biasanya digunakan untuk skrip film)

Wear

Sama seperti “use”, “wear” juga tergolong ke dalam kelas kata verb dan noun. Kali ini kita juga hanya akan mempelajari “wear” sebagai verb (kata kerja) saja.

“Wear” sebagai kata kerja memiliki arti yang sama dengan “use”, yakni “menggunakan” atau “memakai”. Bedanya dengan “use”, “wear” digunakan khusus untuk pakaian. Itulah mengapa, kita juga bisa menerjemahkan “wear” ke dalam bahasa Indonesia sebagai “mengenakan”.

Bentuk past tense dari “wear” adalah “wore” sedangkan bentuk past participle-nya adalah “worn”. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan “wear” dalam kalimat:

  • I am going to wear a yellow dress to the prom. (Aku akan memakai gaun kuning ke pesta prom)
  • The man who is wearing the blue hat is my uncle. (Pria yang memakai topi biru itu adalah pamanku)
  • The thief wore a mask, so it’s hard to identify him through the CCTV. (Pencurinya menggunakan masker, jadi sulit untuk mengidentifikasinya lewat CCTV)

Kita juga menggunakan “wear” untuk hal-hal seperti “sunscreen”, “makeup”, “shoes”, “belt”, “ring”, dll. Pada dasarnya, kita bisa menggunakan “wear” untuk apapun yang bisa kita gunakan di badan kita. Contoh:

  • Don’t forget to wear sunscreen or you’ll get sunburned. (Jangan lupa gunakan tabir surya atau kamu akan terbakar matahari)
  • Diana doesn’t wear makeup, but she’s still beautiful as ever. (Diana tidak memakai perias wajah, tetapi dia tetap saja cantik)
  • We must wear a seat belt when we’re in a car. (Kita harus menggunakan sabuk pengaman ketika kita di dalam mobil)

Contoh lain penggunaan “wear”:

  • The princess wore a necklace made out of white gold and diamond. (Tuan puteri memakai kalung terbuat dari emas putih dan berlian)
  • Gina always wears sunglasses whenever she goes outside. (Gina selalu menggunakan kacamata hitam setiap kali dia pergi ke luar)
  • This scarf was my favorite. I used to wear it often when I was a kid. (Syal ini adalah kesukaanku, aku dulu sering memakainya ketika aku masih kecil)

Use or Wear

Kita sebenarnya bisa menggunakan “use” untuk pakaian. Namun, kita akan mengubah artinya. Contoh:

  1. I wore a jacket.
  2. I used a jacket.

Kedua kalimat di atas memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia, yakni “Aku menggunakan jaket”. Meskipun demikian, kedua kalimat tersebut memiliki arti berbeda yang tersirat. Kalimat 1 menyatakan bahwa kita mengenakan jaket sebagaimana kita mengenakan pakaian lainnya pada tubuh kita. Sementara itu, kalimat 2 menyatakan bahwa kita menggunakan jaket bukan untuk dipakai di tubuh kita, melainkan untuk kepentingan lain. Bisa saja kita menggunakannya sebagai lap, sebagai penutup sesuatu, sebagai bahan kerajinan tangan, dan sebagainya. Apapun itu tujuannya, yang jelas kita menggunakan jaketnya bukan sebagai pakaian yang kita pakai di tubuh kita.

Pada intinya, penggunaan “use” dan “wear” yang paling tepat adalah pada konteks yang sesuai. Jika kita menggunakannya dengan benar secara grammar tetapi konteksnya tidak tepat, maksud kita yang sebenarnya bisa disalahartikan oleh lawan bicara kita. Oleh karena itu, sebelum memutuskan apakah menggunakan “use” atau “wear”, kita harus mengetahui terlebih dahulu konteksnya.

 

Perbedaan Fool, Stupid, dan Dumb
Grammar-Conjunction: Apa itu Correlative Conjunction?
Perbedaan “One”, “Ones”, dan “Once”
Apa itu Time Expression?
Apa Itu Linking Verb?
Penggunaan “Whom” vs “Whose “
Perbedaan ‘Goose’ dan ‘Geese’
Grammar-Verb: Apa itu Linking Verb?
Perbedaan Lay, Lie, Lain, dan Laid
Perbedaan ‘Noisy’ vs ‘Crowded’