sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan “Larger”, “Bigger”, “Higher”, dan “Greater”

Di dalam bahasa Inggris terdapat beberapa kata yang bisa digunakan untuk mendeskripsikan ukuran. Beberapa di antaranya adalah “larger”, “bigger”, “higher”, dan “greater”. Kata-kata ini secara sekilas memang terlihat seperti sama. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kata-kata tersebut pun memiliki arti yang sama yaitu “lebih besar” (kecuali “higher” yang berarti “lebih tinggi”).

Faktanya, terdapat sedikit perbedaan di antara ke empat kata tersebut. Karena perbedaan inilah tentu saja keempatnya tidak bisa selalu menggantikan satu sama lainnya. Lalu, apa saja perbedaan dari “larger”, “bigger”, “higher”, dan “greater”? Tulisan di bawah ini akan memberi tahu kita:

Larger

“Larger” adalah bentuk comparative dari “large” (besar). Fungsi kata ini adalah untuk membandingkan satu hal yang lebih besar atau lebih banyak dari satu hal lainnya. Contoh:

  • This cup is larger than that one. (Cangkir ini lebih besar dari cangkir itu)
  • She has a larger house. (Dia memiliki rumah yang lebih besar)
  • This year’s summer festival was attended by a larger number of people compared to the last year’s festival. (Festival musim panas tahun ini dihadiri oleh lebih banyak orang dibandingkan festival tahun kemarin)

“Larger” pada umumnya dipakai untuk mengacu pada ukuran, baik itu ukuran secara kuantitatif (jumlah) dan ukuran fisik. Untuk ukuran secara kuantitatif, “larger” biasanya diterjemahkan menjadi “lebih banyak” sedangkan untuk ukuran secara fisik atau dimensi biasanya diterjemahkan menjadi “lebih besar”. Contoh:

  • A larger man came and hit him. (Pria yang lebih besar datang dan memukulnya)
  • This bag is larger compared to the one we have at home. (Tas ini lebih besar dibandingkan tas yang kita punya di rumah)
  • My brother has a larger number of stamps in his collection than Rudy does. (Saudara saya mempunyai perangko yang lebih banyak di koleksinya dibandingkan Rudy)

Bigger

“Bigger” adalah bentuk comparative dari “big” (besar). Secara arti dan fungsi, “bigger” kurang lebih memiliki arti dan fungsi yang sama dengan “larger”. Hanya saja, “larger” dianggap lebih formal dari “bigger”.

Fungsi “bigger” pertama adalah untuk membandingkan jumlah dan ukuran fisik. Mari kita lihat contoh penggunaannya di bawah ini:

  • Rita’s house is bigger than Mike’s house. (Rumah Rita lebih besar daripada rumah Mike)
  • Excuse me. Do you have this sweater in a bigger size? (Permisi. Apakah sweater ini ada ukuran yang lebih besar?)
  • Ackerman had a bigger number of apples in his storage than Mr. Park did. (Pak Ackerman punya apel yang lebih banyak di tempat penyimpanannya dibandingkan dengan Pak Park)

Fungsi “bigger” selanjutnya adalah untuk mengacu kepada seseorang atau sesuatu yang lebih populer atau memiliki kekuatan dan kekuasaan yang lebih. Untuk itu, seseorang bisa saja berbadan kecil tetapi dia adalah bigger person (lebih besar dari tingkat popularitas atau kekuasaan). Namun, kita tidak bisa menyebutkan orang berbadan kecil larger person karena larger mengacu pada ukuran fisik.

Contoh lain penggunaakn “bigger” dalam konteks ini:

Who would have thought that John is a bigger deal? (Siapa yang mengira bahwa John ternyata adalah orang lebih besar?)

Dalam contoh ini, John ternyata adalah orang yang memiliki kekuasaan lebih dibandingkan yang orang-orang kira.

Greater

“Greater” adalah bentuk comparative dari “great” (besar). Fungsi pertama “greater” adalah untuk mendeskripsikan jumlah atau kuantitas yang lebih banyak. Contoh:

  • The advertisement has attracted a greater number of customers to come to our restaurant. (Iklan telah menarik lebih banyak kostumer untuk datang ke restoran kami)
  • I think Dora has watched a greater number of movies than anyone else has. (Menurut saya Dora sudah menonton lebih banyak film dibandingkan siapapun)
  • Compared to the last year, Indonesian’s badminton team won a greater number of trophies this year. (Dibandingkan dengan tahun lalu, tim badminton Indonesia memenangkan lebih banyak piala tahun ini)

Selain itu, “greater” juga digunakan untuk mengacu kepada kemampuan seseorang atau sesuatu yang lebih baik dibandingkan dengan kemampuan seseorang atau sesuatu lainnya. Contoh:

  • To me, my brother is a greater football player than his teammates. (Menurut saya, saudara saya adalah pemain sepak bola yang lebih baik dari teman timnya)
  • Diana has a greater public speaking skill than her friends. (Diana memiliki kemampuan berbicara di depan umum yang lebih baik dibandingkan dengan teman-temannya)
  • You must have a greater cooking skill to win this cooking contest. (Kamu harus memiliki kemampuan memasak yang lebih baik untuk memenangkan lomba memasak ini)

Higher

“Higher” adalah bentuk comparative dari “high” (tinggi). “Higher” bisa digunakan untuk mengacu kepada jumlah sesuatu yang lebih banyak atau tinggi. Contoh:

  • People donated a higher number of books this year. (Orang-orang menyumbangkan buku lebih banyak tahun ini)
  • My earning this month is higher than last month. (Pendapatan saya bulan ini lebih tinggi dari bulan lalu)
  • Her math test score is higher the second time she takes the test. (Nilai ujian matematikanya lebih tinggi pada kali kedua ia mengikuti ujian)
  • Darcy and Harry are competing with each other on who has the higher number of nuts they can eat in one sitting. (Darcy dan Harry saling bersaing siapa yang bisa makan kacang lebih banyak sekaligus)

Larger, bigger, higher, and greater with numbers

Kita bisa menggunakan baik itu “larger, “bigger”, “higher”, atau “greater” untuk mengacu pada angka. Contoh:

  • Eight is larger than six. (Delapan lebih besar dari enam)
  • Ten is bigger than one. (Sepuluh lebih besar dari satu)
  • 20 is higher than 19. (20 lebih besar dari 19)
  • 1000 is greater than 900. (1000 lebih besar dari 900)

 

Perbedaan Brought vs Bought
Perbedaan Fill In dan Fill Out Beserta Contohnya
Perbedaan Mr dan Mrs dalam Bahasa Inggris
Perbedaan antara Still, Yet, dan Already dalam Bahasa Inggris
Perbedaan “Sacred” dan “Scared”
Perbedaan Gonna (Going To) dan Will
Perbedaan Mistake vs Error
Perbedaan His Dan Her
Kenali Perbedaan Prepositions & Conjunctions
Perbedaan ‘To’ vs ‘For ‘