sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Perbedaan Penggunaan Its vs It’s

Peraturan tata bahasa Inggris biasanya sangat merepotkan bagi para pelajar yang masih belum bisa memahami betul konsepnya. Banyak hal dalam bahasa Inggris yang serupa namun sesungguhnya memiliki arti yang sangat berbeda. Sehingga sering kali para pelajar bahasa Inggris melakukan kesalahan akibat ketidaktahuannya mengenai arti dari sebuah kata.

Bukan hanya kosakata bahasa Inggris saja, penggunaan tanda baca juga menjadi hal yang membingungkan dalam bahasa Inggris. Pasalnya, tanda petik satu dalam bahasa Inggris biasanya menandakan penyingkatan atau peleburan dari dua kata. Namun ketika tanda petik satu diikuti dengan huruf s, biasanya kosakata tersebut menjadi tanda kepemilikan. Meski begitu, bahkan pemahaman dasar tersebut tidak selalu berlaku dalam bahasa Inggris dan terdapat beberapa pengecualian.

Ketika Anda sedang terburu-buru menulis, bisa jadi Anda justru menulis its ketika seharusnya Anda menuliskan it’s, padahal kesalahan tersebut dapat berpengaruh sangat besar dan mengubah makna kalimat yang ingin Anda buat. Meskipun ketika dilafalkan keduanya terdengar sama saja, dalam bentuk tulisan kedua kosakata tersebut sangat berpengaruh penggunaan tanda bacanya.

Itulah hal yang sering dilupakan oleh para pelajar bahasa Inggris, bahwa kosakata Its dan It’s dalam bahasa Inggris justru memiliki arti yang sangat berbeda. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini.

It’s

Kosakata satu ini bukan berarti kepemilikan dari it, tapi justru sebuah singkatan atau peleburan dari dua kosakata yaitu it is yang memiliki arti “itu adalah”. Penggunaan tanda petik satu di sini sama dengan penggunaannya di kosakata semacam there’s (ada), where’s (di mana), yang merupakan kontraksi untuk there is dan where is.

Tentu saja it’s adalah bentuk positif untuk frasa “itu adalah”, namun bagaimana jika ingin membuat negasinya? Jika tidak terjadi peleburan, maka kata yang digunakan adalah it is not (itu bukan), lalu jika disingkat atau ditambahkan kontraksi akan menjadi it isn’t. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat sejumlah contoh di bawah ini.

It’s a great idea to go to the beach this summer, but I’m sure it will be packed there (Itu adalah ide yang bagus untuk pergi ke pantai musim panas ini, tetapi saya yakin bahwa akan penuh orang di sana)

It’s your fault that we’re stuck in traffic now (Itu adalah kesalahan Anda sehingga kita terjebak kemacetan sekarang)

Don’t think that I’ve forgot that it’s his fault for us to get lost in the woods (Jangan pikir bahwa saya sudah lupa bahwa ini adalah kesalahan dia sehingga kita tersesat di dalam hutan)

It isn’t a good sign to continue this trip, i think we should go back home (Itu bukan pertanda yang bagus untuk melanjutkan perjalanan ini, menurut saya kita sebaiknya kembali ke rumah)

It isn’t that hard to cancel your order, we can still go on a holiday next month (Tidak sulit untuk membatalkan pesanan Anda, kita masih bisa pergi liburan bulan depan)

I guess it’s easy for you to say that you don’t love me anymore now (Sepertinya itu mudah untuk Anda mengatakan bahwa Anda tidak mencintai saya lagi sekarang)

I think it’s your intention all along to make me late to the meeting so that I won’t get the promotion (Menurut saya itu adalah tujuan Anda selama ini untuk membuat saya telat ke rapat sehingga saya tidak akan naik jabatan)

Are you saying that it’s my fault? (Apa Anda berkata bahwa itu adalah kesalahan saya?)

Its

Berbeda dengan kosakata sebelumnya, its justru memiliki arti kepemilikan it. Dalam tata bahasa, hal ini disebut sebagai determinan posesif, artinya huruf s dalam kata tersebut merupakan penunjuk kepemilikan dari it. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah sejumlah contoh kalimat yang menggunakan its dengan benar dan tepat beserta terjemahannya.

Your phone seems to be losing its battery fast, is it broken? (Telepon Anda sepertinya berkurang baterainya dengan cepat, apakah telepon Anda rusak)

I don’t know why my laptop won’t turn on, its battery has been fully recharged (Saya tidak tahu kenapa laptop saya tidak mau menyala, baterainya sudah diisi ulang penuh)

I don’t think you have much use of a car once its steering wheel is broken (Saya rasa tidak ada gunanya untuk sebuah mobil setelah setirnya sudah rusak)

Look at that poor dog, one of its legs is broken. We should take him to a vet (Lihat anjing yang kasihan tersebut, salah satu kakinya patah. Kita sebaiknya membawanya ke dokter hewan)

You should never hurt a cub, because its mother will realize and come to attack you (Anda sebaiknya tidak pernah menyakiti anak singa, karena induknya akan menyadarinya dan datang untuk menyerang Anda)

I really want to buy that dress, its style is so elegant! (Saya sangat ingin membeli gaun itu, gayanya begitu elegan!)

I want to buy that bag from the thriftshop, but its pockets is damaged (Saya ingin membeli tas tersebut dari toko barang bekas itu, tetapi kantungnya rusak)

Why are they displaying that photo on the main page? Its lighting is so bad (Kenapa mereka menampilkan foto itu di laman utama? Penyinarannya begitu buruk)

Your dog seems dangerous, its teeth are so sharp (Anjing Anda terlihat berbahaya, giginya begitu tajam)

Itulah dia penjelasan lengkap mengenai arti sebenarnya dari its dan it’s dalam bahasa Inggris. Terlihat bahwa Anda sebaiknya menggunakan its untuk menjelaskan suatu objek yang sudah diucapkan sebelumnya, serupa dengan penggunaan kata -nya dalam bahasa Indonesia. Sedangkan it’s digunakan untuk merujuk pada suatu objek atau keadaan tertentu.

Semoga dengan penjelasan dan contoh kalimat di atas, Anda dapat mengerti bagaimana cara menggunakan kedua kosakata tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk terus menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian agar dapat semakin lancar menggunakannya.

 

Perbedaan Biografi dan Autobiografi dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Makna dan Penggunaan Maybe, Perhaps, Probably
Perbedaan Play, Do, dan Go dalam Olahraga
Perbedaan Penggunaan Early, Fast, Soon, Quickly, Rapidly dalam Bahasa Inggris
Perbedaan antara Suggestion dan Recommendation dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Gonna (Going To) dan Will
Bagaimana Menggunakan Either, Neither, Or, dan Nor dengan Benar
Perbedaan: Compliment vs Complement
Perbedaan Bahasa Inggris Kuno vs Bahasa Inggris Modern
Perbedaan Phrase, Clause, Sentence