sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan dalam Bahasa Inggris Mengenai Hobi yang Kita Senangi (English Conversations about Hobbies that We Love)

Setiap orang pasti memiliki sesuatu yang ia senangi dan sering dilakukan berulang-ulang. Sesuatu yang disenangi dan sering dilakukan diistilahkan dengan hobi atau kegemaran. Namun, apa sebenarnya makna dari hobi itu sendiri?

Hobi adalah suatu kegiatan atau aktivitas berulang yang dilakukan oleh seseorang demi mendapatkan hiburan dan kesenangan. Hobi dilakukan ketika kita memiliki waktu luang atau senggang dan dapat dijadikan sebagai media pelepas penat dan lelah setelah bekerja atau berkutat dengan tugas di sekolah atau kampus.

Ada banyak hobi yang ditekuni oleh orang-orang di dunia ini. Ada kepuasan tersendiri saat kita menemukan sesuatu yang berharga dari hobi yang kita geluti. Hobi bukanlah hal yang dapat ditukar dengan apapun di dunia ini.

Tahukah teman-teman bahwa hobi yang kita tekuni atau lihat merupakan bagian dari beberapa jenis hobi? Mari kita simak sedikit penjelasan mengenai beberapa jenis hobi di bawah ini:

  • Hobi mengumpulkan sesuatu yang disukai.

Mungkin bagi beberapa orang, hobi ini terdengar agak aneh dan tidak masuk di akal. Tetapi, bagi para penggiatnya, hobi mengumpulkan sesuatu yang disenangi dapat memberikan kepuasan dan kesenangan.

  • Hobi membuat atau menghasilkan sesuatu.

Hobi ini bisa berupa membuat makanan, minuman, atau benda-benda lain dari tidak berbentuk menjadi sesuatu yang indah dan indah dipandang. Hobi ini, biasanya, juga menjadi mata pencaharian bagi penggiatnya.

  • Hobi memainkan sesuatu yang disenangi.

Biasanya, hobi ini merujuk pada alat musik atau permainan. Sama seperti hobi mengumpulkan benda-benda, hobi memainkan sesuatu dapat membuka peluang pekerjaan yang mumpuni.

Selain ketiga jenis ini, di luar sana masih banyak lagi jenis hobi yang baru, menunggu untuk kita eksplorasi dan tekuni.

Perbincangan mengenai hobi adalah suatu topik yang banyak bermunculan di seluruh dunia. Ketika kita bertemu dengan orang asing yang merupakan penutur Bahasa Inggris, misalnya, tentunya kita ingin tahu hobi apa yang ia tekuni. Namun, apa saja yang harus kita ucapkan apabila ingin memulai pembicaraan tentang hobi?

Artikel ini akan memberikan beberapa contoh percakapan Bahasa Inggris yang ada kaitannya dengan hobi. Mari kita langsung mulai saja!

Contoh 1:

Rani: Look at this room! Are you serius when you said that you dedicate this whole room for you Barbie dolls collection?

Yue: Yes, I’m serious. We’re friends since childhood and you know about my obsession towards Barbie dolls, right?

Rani: Yes, and I do remember one time when we were 8 years old and you cried so hard when your mother did not allow you to buy one.

Yue: That was the point when I decided that… when I got older, I will have a room full of Barbie dolls. It became my hobby up until now. It’s relaxing for me, and there is this accomplishment I can’t describe in words seeing this room full of something I fond of.

Rani: I understand. But you realize it, right, that for some people this hobby of yours is not something mainstream?

Yue: Yes, I do realize it. Then again, this is my hobby and people can’t take it away from me. As long as my hobby doesn’t disturb them, I won’t stop.

Rani: And, the best thing is, when you get married and have a daughter, you can always play these dolls with her.

Yue: Exactly on point, Rani!

(Rani: Lihat ruangan ini! Apa kamu serius sewaktu kamu bilang mendedikasikan seluruh ruangan ini untuk koleksi boneka-boneka Barbie-mu?

Yue: Ya, aku serius. Kita sudah berteman sejak masa kanak-kanak dan kamu tahu obsesiku terhadap boneka Barbie, bukan?

Rani: Ya, dan aku ingat waktu kita berusia 8 tahun dan kamu menangis sangat keras sewaktu mama kamu tidak mengizinkanmu membeli satu dari boneka itu.

Yue: Itulah titik di mana aku memutuskan bahwa… ketika aku beranjak dewasa, aku akan memiliki satu ruangan yang penuh dengan boneka Barbie. Itu jadi hobiku sampai sekarang. Hobi ini menyegarkan buatku, dan ada semacam pencapaian yang aku tidak mampu lukiskan dengan kata-kata ketika melihat ruangan yang penuh dengan sesuatu yang aku sukai.

Rani: Aku paham. Tapi, kamu sadar, kan, bahwa bagi sebagian orang hobimu ini bukanlah sesuatu yang pasaran?

Yue: Ya, aku menyadari itu. Kembali lagi, ini hobiku dan orang-orang tidak bisa merebutnya dariku. Selama hobiku tidak mengganggu mereka, aku tidak akan berhenti.

Rani: Dan, hal yang terbaik adalah, ketika kamu sudah menikah dan memiliki anak perempuan, kau akan selalu bisa memainkan semua boneka ini dengannya.

Yue: Itu benar sekali, Rani!)

Contoh 2:

Poppy: Because of this pandemic, I rarely go anywhere besides buying essential things I need at home. I can’t go to work, as well, since my company commands us to work from home only.

Ollie: That must be boring, doing the exact same thing at home everyday.

Poppy: It’s not boring anymore, actually. I develop a new interest in gardening recently. You know that my backyard is a bit larger, right?

Ollie: Yes, I do know. We often hold a party in your backyard, before this pandemic attacks the world.

Poppy: Well, I start planting some flowers in there since May. I bought some roses’ and lilies’ seeds to add to my backyard.

Ollie: F-for real? How many flowers do you have until now?

Poppy: I don’t count, but I guess… around 13 types of flowers? Oh, Ollie, when the pandemic is over, you should come to my house to see my backyard. It starts to resemble a forest.

Ollie: Hahahahaha, very funny. Or you can take some pictures of your backyard and send it to me.

Poppy: Oh, such a great idea! I will take pictures and send it to you after we finish this video call.

Ollie: Yup, sure thing!

(Poppy: Karena pandemi ini, aku jarang kemana-mana selain membeli hal-hal biasa yang kubutuhkan di rumah. Aku juga tidak bisa pergi kerja, karena kantorku menyuruh kami bekerja hanya dari rumah.

Ollie: Pasti membosankan, melakukan hal yang sama di rumah setiap harinya.

Poppy: Sudah tidak membosankan lagi, sebenarnya. Aku mulai suka berkebun belakangan ini. Kau tahu halaman belakangku agak besar, bukan?

Ollie: Ya, aku tahu itu. Kita sering mengadakan pesta di halaman belakangmu, sebelum pandemi ini menyerang dunia.

Poppy: Nah, aku mulai menanam beberapa bunga sejak bulan Mei. Aku membeli benih mawar dan lili untuk ditambahkan di halaman belakangku.

Ollie: Y- yang benar? Sudah berapa banyak bunga yang kau punya sampai sekarang?

Poppy: Aku tidak menghitungnya, tapi kurasa… sekitar 13 jenis bunga? Oh, Ollie, ketika pandemi sudah berakhir, kau harus datang ke rumahku untuk melihat halaman belakangku. Halamanku mulai menjelma menjadi hutan.

Ollie: Hahahahaha, sangat lucu. Atau kau bisa mengambil beberapa foto halaman belakangku dan kirim padaku.

Poppy: Oh, satu ide yang bagus! Akan kuambil foto-fotonya dan mengirimnya padamu setelah kita selesai bertelepon video.

Ollie: Ya, baiklah kalau begitu!)

Contoh 3:

Vivi: Grandma, this hand-made hat looks so good on me and I really appreciate it, thank you. But, there’s one thing I’ve been wanting to ask you since last year.

Grandma: And what is this question? You seems so curious.

Vivi: I am, I’m so curious. All these hand-made things look so perfect and beautiful and I get it that knitting is something you passionate about. When did it start, Grandma, this particular hobby of yours?

Grandma: Wow, I have to remember it precisely, Child! It was, maybe, when I was around 11 or 12 years old. I saw my mother knitting a hat for my little brother and there was a spark. I couldn’t even describe it to you, this spark. I just… knew at that time, that I fell in love with the world of knitting.

Vivi: So, from that moment, you started to learn how to knit?

Grandma: Yes, I did. At first, it was exhausting and frustrating. There were so many mistakes. But me, being a stubborn young girl and someone who fell in love with this field, continue to study and it got better from time to time.

Vivi: That is ultimate reason why your hats, sweaters, and blankets are so mesmerizing, Grandma.

Grandma: Ah, that is so nice of you! if you want to, I will teach you how to knit, Vivi.

Vivi: Really, Grandma? Can we start it next week?

Grandma: Of course we can start it next week. I’m so happy with your response.

(Vivi: Nenek, topi buatan tangan ini terlihat bagus padaku dan aku sangat menyukainya, terimakasih. Tapi, ada satu hal yang aku ingin tanyakan sejak tahun lalu.

Nenek: Dan pertanyaan apakah ini? Kau terlihat sangat penasaran.

Vivi: Aku sangat, sangat penasaran. Semua benda buatan tangan ini terlihat sempurna dan bagus dan aku paham merajut adalah satu hal yang Nenek geluti. Kapan ini semua dimulai, Nek, hobi merajut Nenek ini?

Nenek: Wah, aku harus mengingat ini dengan tepat, Nak! Itu dimulai, mungkin, saat aku berumur 11 atau 12 tahun. Aku melihat ibuku merajut topi untuk adikku dan muncullah suatu percikan. Aku bahkan tidak tahu bagaimana menggambarkan percikan ini. Aku hanya… tahu bahwa pada saat itulah aku jatuh cinta dengan dunia merajut.

Vivi: Jadi, dimulai dari momen itu, Nenek mulai belajar merajut?

Nenek: Ya, benar. Mulanya, merajut itu melelahkan dan membuat frustasi. Aku banyak melakukan kesalahan. Tapi aku, sebagai seorang gadis muda yang keras kepala dan seseorang yang menyukai dunia merajut, lanjut belajar dan mulai membaik dari waktu ke waktu.

Vivi: Inilah alasan utama mengapa semua topi, sweter, dan selimut buatan Nenek sangat memesona.

Nenek: Kau baik sekali! Jika kau mau, aku bisa mengajarimu merajut, Vivi.

Vivi: Benarkah, Nek? Bolehkah kita mulai belajar merajutnya minggu depan?

Nenek: Tentu saja kita boleh mulai belajar di minggu depan. Nenek senang sekali dengan tanggapanmu itu.)

Itulah 3 contoh percakapan dalam Bahasa Inggris mengenai hobi atau kegemaran, jika teman-teman memiliki satu atau dua hobi, jangan pernah berhenti menekuni hobi tersebut. Hobi adalah sesuatu yang menenangkan dan, siapa yang tahu, bisa saja hobi yang kita senangi dapat menjadi pintu rezeki bagi kita.

Tetap jalankan hobi kita dengan hati yang senang!

 

Dialog Bahasa Inggris di Bengkel Mobil
Cara Menjelaskan Sesuatu dalam Bahasa Inggris
Percakapan Membuat Janji untuk Bertemu
Berbicara tentang Pendidikan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Inggris: Mengenal Anggota Keluarga
Percakapan Kebetulan Bertemu Orang yang Dikenal dalam Bahasa Inggris
Dialog Bahasa Inggris tentang Offering
Percakapan antara Bartender & Pengunjung (Conversation Between Bartender & Customer)
Kalimat Saran Bahasa Inggris dan Artinya
Dialog Bahasa Inggris di Dealer Mobil / Motor