sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Cara Menjawab Pertanyaan Interview: What Are Your Hobbies?

Saat menjalani proses interview atau wawancara kerja, kita ditanyai banyak hal termasuk soal hobi. Pertanyaan ini tampak mudah, namun kadang kita khawatir kalau itu menjebak. Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai cara menjawab pertanyaan interview what are your hobbies dalam Bahasa Inggris.

Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Cara Menjawab Pertanyaan “What Are Your Hobbies?

Pertanyaan what are your hobbies? (apa hobi Anda?) dalam wawancara kerja mungkin membuat kita bingung dan bertanya-tanya apa maksud dari pertanyaan tersebut. Kita mungkin menduga bahwa ada suatu maksud dari pertanyaan tersebut, sehingga harus memilih jawaban sedemikian rupa.

Tapi sebenarnya pertanyaan ini jauh lebih simpel dari yang kita duga. Pewawancara hanya ingin tahu lebih jauh tentang kita, orang seperti apa kita. Meski begitu, kita juga sebaiknya tidak asal menyebutkan hobi hanya agar dipandang keren.

Agar bisa menjawabnya dengan baik, berikut hal-hal yang bisa dipraktekkan:

  1. Ceritakan hobi yang sejalan dengan peran pekerjaan yang dilamar.
  2. Kalau tidak ada, pilih hobi yang memberi nilai tambah diri.
  3. Ceritakan juga hal positif yang didapat dari hobi tersebut.
  4. Hindari hobi yang bersifat kontroversial, seperti yang berkaitan dengan politik.
  5. Usahakan tidak terlalu pendek atau terlalu panjang dalam menjelaskan hobi.

Contoh Jawaban Pertanyaan “What Are Your Hobbies?

Sebagai bahan referensi, berikut beberapa contoh jawaban untuk pertanyaan “What are your hobbies” dalam wawancara kerja:

  • One of my hobbies is working out. I noticed in your job advertisement that you have a gym for your employees and that’s really attractive to me. Not only because I could work out there, if I got accepted as employee. But I’ll also be able to meet other employees and get to know them on the casual basis there.

(Salah satu hobi saya adalah olahraga. Saya lihat di iklan lowongan kerja bahwa kantor ini punya gym untuk pegawai dan itu sangat menarik untuk saya. Bukan hanya karena saya bisa berolahraga disana, kalau saya diterima sebagai pegawai. Tapi saya juga bisa bertemu pegawai lain dan mengenal mereka secara kasual disana)

  • I enjoy volunteer work and community activities. I coach my son’s Merah Garuda football team. I also volunteer a couple of hours per week at a social services organization that hands out food and clothes to the homeless.

(Saya senang melakukan kegiatan sukarelawan dan komunitas. Saya melatih tim sepak bola anak saya, Merah Garuda. Saya juga jadi sukarelawan beberapa jam tiap minggunya di sebuah organisasi sosial yang memberikan makanan dan pakaian pada tunawisma)

  • I have only one hobby, it’s reading. Yet, it consumes all my free time. Recently, I started attending a book club meeting near my neighboorhood. It’s a group of 10 individuals and we meet every month to discuss books that we read. It’s wonderful how a few lines can have so many varied interpretations, and I feel like my mind being more open to many things.

(Saya hanya punya satu hobi, yaitu membaca. Meski begitu, membaca menghabiskan semua waktu luang saya. Baru-baru ini, saya mulai mengikuti pertemuan klub buku di daerah saya. Klub itu berisi 10 orang dan kami bertemu setiap bulannya untuk mendiskusikan buku yang kami baca. Sangatlah menakjubkan bagaimana beberapa kalimat bisa memiliki berbagai interpretasi yang beragam, dan saya merasa pikiran saya lebih terbuka pada banyak hal)

  • I absolutely love cooking. My mother has always been a wonderful cook and she is my inspiration for me to start this hobby. Honestly I find cooking very therapeutic and healing, in which I couldn’t think about anything else during it. It’s really effective to fight overthinking. Other than cooking, I also like watching food and cooking shows. I always want to try the recipes from those shows.

(Saya sangat suka memasak. Ibu saya jago masak dan beliau-lah inspirasi saya untuk memulai hobi ini. Jujur saja saya merasa memasak itu terapeutik dan healing, dimana saya tidak bisa memikirkan hal lain selagi melakukannya. Itu sangat efektif untuk mengatasi overthinking. Selain memasak, saya juga suka menonton acara makanan dan memasak. Saya selalu ingin mencoba resep-resep dari acara-acara tersebut)

  • I enjoy playing drum, and I’ve been playing it since high school. I’m actually in a local band called the Fire and we usually perform at cafes. We occasionally perform to raise funds for orphanage kids or other social interest. We practice on Saturday or Sunday, as all the members has their own job during weekdays.

(Saya suka bermain drum, dan saya sudah memainkannya sejak SMA. Saya sebenarnya anggota dari band lokal yang bernama Fire dan kami biasa tampil di kafe-kafe. Kami kadang tampil untuk menggalang dana bagi anak yatim atau hal sosial lainnya. Kami latihan hari Sabtu atau Minggu, karena semua anggotanya punya pekerjaan masing-masing pada hari kerja)

  • I’m a huge foodie and love go on culinary trip. I love trying new restaurants to discover new foods, especially the ones that got recommended on internet. I usually go on culinary trip with my friends, because it feels greater share good food with them. On a long weekend, we often go out of the city to try variety of cuisines.

(Saya pecinta makanan dan sangat suka kulineran. Saya suka mencoba restoran-restoran baru untuk menemukan makanan baru, terutama yang direkomendasikan di internet. Saya biasanya kulineran sama teman-teman, karena lebih seru berbagi makanan enak bersama mereka. Di akhir pekan panjang, kami sering keluar kota untuk mencoba berbagai makanan)

Demikianlah pembahasan mengenai cara menjawab pertanyaan “What are your hobbies?” dalam interview Bahasa Inggris. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Lainnya

Cara Menjawab Pertanyaan Interview: What Are Your Hobbies?
Jawaban Pertanyaan Interview: How Much Money Are You Looking to Earn?
Jawaban Pertanyaan Interview: Why do you want to work here?
Menjawab Pertanyaan Alasan Melamar Kerja dalam Bahasa Inggris
Jawaban Interview: How Do You Handle Success?
Apa Yang Harus Dikatakan dalam “Exit Interview”
Pertanyaan Interview: Describe a Difficult Work Situation or Project and How You Overcame It
Menjawab  “What’s Your Biggest Professional Achievement?”
Kalimat-Kalimat Penting Untuk Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris
Kumpulan Kalimat Bahasa Inggris Untuk Interview Kerja

 

Percakapan di Kantor Pos dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bertanya tentang Rencana (Future Plan) dalam Bahasa Inggris
Bertanya & Menceritakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris di Reuni Sekolah
Dialog tentang Liburan / Berwisata
How to Give Bad News
Apa yang Harus Dikatakan Saat Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris?
Contoh Percakapan di Telepon (Phone Conversation)
Berbicara tentang Cuaca dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris Menunjukkan Perhatian