sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Inggris Miminta Tolong / Meminta Bantuan

CONVERSATION ASKING FOR HELP

Meminta tolong atau memberikan pertolongan kepada orang lain tentu sudah jamak kita lakukan. Karena sebagai makhluk sosial ada kalanya untuk melakukan sesuatu kita membutuhkan bantuan orang lain. Selain itu membantu orang lain juga dapat mendekatkan hubungan kita dengan orang tersebut loh readers.

Nah kali ini kita akan coba ulas dan bahas tentang, bagaimana cara meminta pertolongan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa Inggris. Siapa tahu nih, tahun ini anda berencana keluar negeri, biasanya anda pasti membutuhkan bantuan penduduk lokal loh. Contohnya untuk menunjukkan lokasi atau menolong anda ketika tersesat.

Untuk membantu anda mendapatkan gambaran tentang cara meminta bantuan yang benar dalam suatu percakapan. Yuk, simak contoh yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Contoh Percakapan Meminta Tolong

Sepertinya budaya tolong menolong sendiri sudah ada sejak jaman dahulu kala. Baik di Indonesia atau belahan dunia yang lain kita wajib untuk menolong orang lain semampu kita. Nah kali ini ada beberapa contoh percakapan yang menunjukkan tentang cara meminta pertolongan.

Contoh 1

Tourist: Excuse me Sir, would you please show me the way to Alive hotel? (Permisi Pak, maukah anda memberitahukan arah ke hotel Alive?

Local: Oh sure, you can take B-03 bus and just get off at the second stop. Then you can find the Alive hotel across the stop. (Oh tentu saja, kau bisa ambil bis B-03 dan turunlah di halte kedua. Lalu kau dapat menemukan hotel Alive di seberang halte.

Tourist: Thanks for the information Sir. Once again, is there any train station near the Alive hotel? (Terima kasih atas informasinya Pak. Sekali lagi, apakah ada stasiun kereta di dekat hotel Alive?

Local: Yes, there are two stations near that hotel. Are you just arrived here? (Ya, ada dua stasiun di dekat hotel. Apakah kau baru saja tiba?

Tourist: Indeed Sir, and i think i have lost my tour group. (Betul Pak, dan saya pikir saya tersesat dari grup tur saya.

Local: That’s a pity. But if you want, i could drive you there. (Kasihan sekali. Tapi jika kau mau, aku bisa mengantarmu kesana.

Tourist: No Sir. Thanks a lot, i can go by myself. Once again thanks for your helps. (Tidak usah Pak. Terima kasih banyak, saya bisa pergi sendiri. Sekali lagi terima kasih atas bantuannya.

Contoh 2

Ema: Dru, could you please help me bring this files to the file storage room? (Dru, maukah kau menolongku membawa berkas ini ke ruangan penyimpanan berkas.

Dru: Of course, which file? (Tentu saja, berkas yang mana saja?

Ema: All the file on top of my desk please. (Semua berkas yang ada di atas mejaku.

Dru: Yup, it’s easy. But what are these file about? (Yak, mudah saja. Tapi ini berkas apa saja ya?

Ema: Thanks Dru, it’s a file from the last project. The client canceled it. (Terima kasih Dru, ini berkas tentang projek terakhir. Klien membatalkannya.

Dru: Ah, so all this file will be store in the file room? (Ah, jadi semua file ini akan disimpan di ruangan berkas?

Ema: Yup, we don’t need it anymore. But just in case we need it sometimes, we just keep it there. (Ya, kita sudah tidak membutuhkannya lagi. Tapi jaga-jaga jika kita butuh suatu waktu, kita simpa saja disana.

Contoh 3

Mom: Rian, are you busy? (Rian, apakah kau sedang sibuk?)

Rian: No Mom, just playing a game. What’s the matter? (Tidak Bu, hanya bermain game. Ada apa?)

Mom: I want to make cookies for Eid, but i run out of flour and sugar. Could you please lend me a hand to buy flour and sugar? (Ibu ingin membuat kue untuk Idul Fitri, tapi aku kehabisan tepung dan gula. Bisakah kau membantuku untuk membeli tepung dan gula?)

Rian: Okay Mom let me help you. How much do you need for the cookies? (Oke Bu, mari aku bantu. Berapa banyak yang kau butuhkan untuk kuenya?)

Mom: 5 kg of flour and 3 kg of sugar please. And if you find any jam buy two bottles okay? (5 kg tepung dan 3 kg gula ya. Dan jika kau menemukan selai beli saja dua botol oke?)

Rian: Okay Mom. (Oke Bu.)

Mom: Ah, go get the money in my purse on top of the desk. (Ah, ambil uangnya di dompet ibu di atas meja.)

Rian: Sure, i’ll going now. (Baik, aku pergi sekarang.)

Mom: Be carefull, okay? And thanks. (Hati-hati, ya? Dan terima kasih.)

Contoh 4

Dian: Mei, would you help me with this presentation? (Mei, maukan kau menolongku dengan presentasi ini?)

Mei: I would love to help. Is there any problem? (Aku senang bisa membantu. Apakah ada masalah?)

Dian: I could not decide the layout and the design. (Aku tidak dapat menentukan tata letak dan desainnya.)

Mei: Here let me help you. (Sini biar aku bantu kamu.)

Dian: Thanks Mei. (Terima kasih Mei.)

Demikian beberapa contoh kalimat yang dapat anda gunakan untuk meminta pertolongan orang lain. Semoga percakapan di atas dapat memberikan gambaran kepada pembaca dalam penggunaannya. Jangan pernah ragu untuk meminta pertolongan orang jika anda benar-benar membutuhkannya ya. Semoga bermanfaat!

 

Kalimat Percakapan untuk Meminta, Memberi, Menolak Sesuatu (Asking, Giving, Refusing)
Cara Membuat Wanita Terkesan dalam Bahasa Inggris
Cara Menyampaikan Pendapat dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan Membicarakan Pendidikan dalam Bahasa Inggris
Percakapan Bahasa Inggris di Pizza Hut
Percakapan Memesan Tiket Pesawat lewat Telepon dalam Bahasa Inggris
Bagaimana Bercerita dengan Baik dalam Bahasa Inggris
Cara Memberi dan Menerima Pujian (Giving and Receiving Compliment)
Pertanyaan dan Jawaban yang Sering Dilontarkan Guru Kepada Murid
Contoh Percakapan Inggris di KFC