sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan Menanyakan Fasilitas Hotel (Asking for Hotel Facility) dalam Bahasa Inggris

Mungkin sebagian dari kita saat ini sedang merencanakan liburan atau akan ditugaskan ke suatu tempat dan harus menginap di penginapan atau hotel. Ketika bepergian penginapan atau hotel merupakan prasarana utama yang harus dipenuhi apalagi jika perjalanan atau liburan memakan waktu lebih dari sehari.

Ketika memesan penginapan atau hotel tentu saja kita mengharapkan kenyamanan dan beberapa fasilitas penunjang. Karena ketersediaan fasilitas tersebut yang akan mendukung selama kita bepergian. Biasanya hotel menawarkan fasilitas dasar seperti tempat tidur, kamar mandi, dan televisi.

Namun saat ini sebagian hotel menawarkan beragam fasilitas menarik dan bukan hanya fasilitas dasar saja. Oleh karena itu sebaiknya kita menanyakan terlebih dahulu fasilitas apa saja yang terdapat pada hotel tersebut.

Menanyakan Fasilitas Hotel

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang percakapan untuk menanyakan fasilitas hotel dalam bahasa Inggris. Hal terpenting yang harus kita perhatikan ketika menanyakan fasilitas adalah sebagai berikut:

  • Catatlah fasilitas apa saja yang anda butuhkan pada hotel agar aktivitas anda di tempat tujuan anda dapat lebih mudah. Misalnya saja layanan wifi, antar jemput bandara, atau fasilitas hiburan seperti kolam renang dan sebagainya.
  • Bertanyalah dengan sopan dan jangan terkesan menginterogasi.
  • Gunakan bahasa atau frasa sederhana dan mudah dimengerti
  • Sampaikan fasilitas apa yang anda cari agar lawan bicara anda bisa memberikan rekomendasi yang tepat

Nah untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan percakapan di bawah ini:

Receptionist: Good morning. Brown Hotel, how may I help you? (Selamat pagi. Hotel Brown, ada yang bisa saya bantu?)

Mrs. Tiana: Hi, good morning. This is Tiana I’m calling for a reservation for the first weekend on July. But I have a couple questions I’d like to ask before reservation. (Hi, selamat pagi. Aku Tiana, aku menelpon untuk membuat reservasi di minggu pertama Juli. Tapi ada sedikit pertanyaan yang ingin kutanyakan sebelum memesan.)

Receptionist: Of course, what would you like to know? (Silahkan, apa yang ingin anda ketahui?)

Mrs. Tiana: I’m going to have a vacation there with my kids. Do you have any spot for them to play?  (Aku ingin berlibur dengan keluargaku. Apa kau memiliki tempat untuk mereka bermain?)

Receptionist: Yes we do Mrs. We have pool, playground and a childcare service. (Ya kami memilikinya nyonya. Kita ada kolam renang, tempat bermain dan layanan anak.)

Mrs. Tiana: That’s great. They will be pleased. I want to make them happy during this vacation. (Bagus. Mereka akan senang. Aku ingin membuat mereka senang selama liburan ini.)

Receptionist: Oh we also have children’s event Mrs. Like painting, gardening, or touring during weekend. (Oh kami juga ada acara untuk anak-anak nyonya. Seperti melukis, berkebun, atau tur selama akhir pekan.)

Mrs. Tiana: And is there any restaurant and spa in the hotel? (Dan apakah ada restoran dan spa di hotel?)

Receptionist: Yes Mrs. Tiana, we do have restaurant that open 24 hours. Our spa D’Krista open from 7.30 am – 6 pm daily. And we also have a gym free for our guests, it will be available from 6.00 am – 9.00 pm daily. Is there anything else you want to know Mrs.? (Ya nyonya Tiana, kita punya restoran yang buka 24 jam. Spa kami D’Krista buka dari jam 7.00 pagi – 18.00 malam setiap hari. Dan kita juga memiliki gym gratis untuk tamu-tamu kami, yang akan tersedia pukul 6.00 pagi – 21.00 malam. Ada lagi yang ingin anda ketahui nyonya?)

Mrs. Tiana: That’s nice and what about an internet access? (Itu bagus sekali dan bagaimana dengan akses internet?)

Receptionist: You can access our wireless connection in your room, we will provide you with a  passcode when you arrived. (Anda dapat mengakses koneksi wifi kami melalui ruanganmu, kami akan menyediakan kodenya ketika anda datang.)

Mrs. Tiana: No, It’s perfect. Okay I’d like to make a reservation in 3rd July. (Tidak, itu sempurna. Oke aku akan melakukan reservasi pada tanggal 3 Juli.)

Ketika anda membutuhkan keterangan tentang fasilitas hotel jangan pernah ragu untuk menanyakan secara detail. Terkadang beberapa orang juga menanyakan apakah ada fasilitas seperti ruang rapat dan late check out service.

Fasilitas late check out cukup penting karena menyediakan tambahan waktu sebelum anda keluar dari hotel. Untuk menanyakan fasilitas terkait keperluan bisnis, mari kita lihat contoh percakapan berikut:

Thomas: Hi, good afternoon. I’m Thomas and I would like to make a reservation. (Hi, selamat siang. Aku Thomas dan aku ingin memesan kamar.)

Guest Service : Hi, Mr. Thomas. What can I do for you? (Hi, Tuan Thomas. Ada yang bisa kami bantu?)

Thomas: Our company will hold a meeting in Jogjakarta and I see that your hotel give an extra discount for Corporate event. Is that right? (Perusahaanku akan mengadakan rapat di Jogjakarta dan aku lihat hotelmu menawarkan diskon tambahan untuk acara perusahaan. Apakah benar?)

Guest Service : Yes Sir, that’s right. With a minimum reservation for 20 rooms and you will get the extra discount. How many reservations do you need Sir? (Ya Tuan, benar sekali. Dengan minimum pemesanan sebanyak 20 kamar dan anda akan mendapatkan diskon tambahan. Berapa banyak pemesanan yang anda butuhkan Tuan?)

Thomas: It’s gonna be for 50 persons and each will get their own room. Do you have meeting room facilities? (Sekitar 50 orang dan masing-masing akan mendapatkan kamar sendiri. Apakah kau punya fasilitas ruang rapat?)

Guest Service: Yes Sir, we have 5 meeting rooms. To accommodate 50 persons I would like to recommend using room B and C. The facilities are complete with lcd projector and other audio-visual equipments.  (Ya, Tuan, kami punya 5 ruang rapat. Untuk mengakomodasi 50 orang saya sarankan menggunakan ruangan B dan C. Fasilitasnya lengkap dengan proyektor lcd dan peralatan audio visual lainnya.)

Thomas: Well, that’s fantastic, I will double check the dates and will give you the detail of reservation. (Baiklah, itu mengagumkan. Aku akan cek kembali tanggalnya dan akan memberikan detail pemesanannya.)

Guest Service : Okay, Sir. We will be waiting for your confirmation. If you have any issues with the booking process don’t hesitate to contact us. Our hotel photo and information also available in the website. (Baik, Tuan. Aku akan menunggu konfirmasi anda. Jika anda mendapatkan masalah pada pemesanannya jangan ragu untuk menghubungi kami. Foto hotel dan informasi lainnya juga tersedia di website.)

Thomas: Thanks for the information. (Terima kasih atas informasinya.)

 

Contoh Percakapan Menanyakan Tanggal
Percakapan Inggris: Saat Wawancara Kerja (In The Job Interview)
Percakapan di Restoran: Memesan Makanan Kepada Pelayan Restoran dalam Bahasa Inggris
Percakapan Saat Menjenguk Orang Sakit
Menceritakan Orang Lain dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Asal dalam Bahasa Inggris
Percakapan Telepon Bahasa Inggris: Menawarkan Kartu Kredit
Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ketika Naik Grab
Cara Memberi dan Menerima Pujian (Giving and Receiving Compliment)
Berbiacara tentang Keluarga dalam Bahasa Inggris


 
Percakapan Menanyakan Fasilitas Hotel (Asking for Hotel Facility) dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Cuaca dalam Bahasa Inggris
Percakapan Menanyakan Alamat dalam Bahasa Inggris
Contoh Ucapan Tahun Baru Imlek dalam Bahasa Inggris
Contoh Ucapan Tahun Baru dalam Bahasa Inggris
Menanyakan tentang Gaji dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Cita-cita dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Berat Badan dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Harga dalam Bahasa Inggris
Menanyakan Pekerjaan dalam Bahasa Inggris