sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Percakapan untuk Mengekspresikan Setuju / Tidak Setuju atas Pendapat Orang

CONVERSATION OF AGREEMENT: EXPRESSING DISAGREEMENT

Pembaca, tahukah anda masing-masing dari kita pasti akan dihadapkan pada situasi ketika harus menyatakan pendapat. Setiap pikiran yang ada dalam kepala manusia tentu tidaklah ada yang sama persis. Ambil contoh saja orang kembar, mereka tidak selamanya selalu setuju loh tentang satu hal. Ada kalanya kita berseberangan dengan pendapat orang lain.

Lalu apa yang biasanya kita lakukan jika pikiran kita atau pendapat kita berbeda dengan orang lain? Nah jawabannya ya tentu sampaikan, apalagi jika kapasitas anda berada dalam sebuah diskusi untuk mengambil keputusan. Pendapat 1 orang pun akan memberikan masukan yang bermanfaat.

Dalam bahasa inggris sendiri kita menganal istilah untuk menyampaikan pendapat tersebut dalam bentuk expressing of agreement and disagreement. Pada artikel kali ini kita akan lebih banyak membahas tentang ekspresi tidak setuju (expressing disagreement). Kadangkala kita merasa sungkan untuk menolak, atau menyatakan ketidaksetujuan akan suatu hal. Namun anda harus berani menyuarakan hal tersebut, terlebih pada kesempatan-kesempatan tertentu.

Contoh Expression of Disagreement

Berikut ini merupakan contoh beberapa frasa yang dapat anda gunakan dalam suatu percakapan, untuk mengekspresikan ketidaksetujuan anda dalam bahasa Inggris.

  • I don’t think so
  • I think it’s not a good idea
  • I disagree
  • It is nonsense! (Gunakan frasa ini hanya pada kasus tertentu karena frasa ini termasuk kurang sopan dan anda merasa sangat tidak setuju dengan pendapat atau ide dari orang tersebut)
  • I am not sure about that/it (Bisa anda gunakan di forum atau percakapan formal)
  • I cannot go along with that
  • That’s an interesting idea, but….
  • That would be great. but….
  • Do you think we could go with….?
  • I’m not sure
  • Probably not
  • That’s not true.

Nah frasa di atas hanya merepresentasikan beberapa contoh frasa saja. Ada banyak frasa atau kombinasi yang dapat anda pilih untuk menyatakan rasa tidak setuju. Lebih mudahnya simak contoh percakapan berikut ini:

Contoh 1

Lia: Do you think that we could held the event near the beach? (Apakah menurutmu kita dapat menyelenggarakan acaranya di dekat pantai?)

Ana: I don’t think so, you know that recently weather report says that we should stay away from the beach. The wave reach it’s peak point. (Kurasa tidak, kau tahu bahwa belakangan ini laporan cuaca menyatakan bahwa kita harus menjauh dari pantai. Ombaknya mencapai titik puncak.)

Lia: Well what do you think? Do you have any idea of another option? (Baiklah bagaimana menurutmu? Apakah kau punya ide untuk opsi yang lain?)

Ana: How about held the event in a hotel maybe? (Bagaiamana kalau diselenggarakan di hotel mungkin?)

Lia: I’m not sure about that idea, since we are short of fund for this event. We should save the cost. (Aku tidak yakin dengan ide itu, karena kita kekurangan dana untuk acara ini. Kita harus menghemat biaya.)

Ana: Hmm, that would be hard. (Hmm, itu sangat berat.)

Lia: Hei, but we could try to find a budget hotel or maybe guest houses? (Hei, tapi kita bisa mencari hotel murah atau mungkin penginapan?)

Ana: That good, let’s try to find those. I knew some of budget hotel and guest houses. (Itu bagus, ayo kita coba cari. Aku tahu beberapa hotel murah dan penginapan.

Contoh 2

Andre: Hey, I’m so screw man, the math is very hard to learn. How about you? (Hei, aku benar-benar kacau kawan, matematikan sangat sulit sekali dipelajari. Bagaimana denganmu?)

Doni: That’s not true. Math is easy, if you want i could teach some trick. (Nggak kok. Matematika itu mudah, jika kau mau aku bisa mengajarimu beberapa trik.)

Andre: Is there any easy trick for me? (Apakah ada beberapa trik yang mudah untukku?)

Doni: Of course, everyone could mastered it. Take it easy. (Tentu, semua orang bisa menguasainya. Tenang saja.)

Andre: I’ll wait for that. I’m so done now with this math problem but i have to pass it. (Aku menunggu untnuk itu. Sudah cukup dengan masalah matematika ini aku harus lulus.)

Contoh 3

Zara: Do you know that tommorow is Emely birthday? (Apa kau tahu besok itu ulang tahun Emely?)

Amita: Really? I forgot about it. (Benarkah? Aku lupa tentang itu.)

Zara: I plan on giving her a surprise party. What do you think? (Aku berencana memberikannya pesta kejutan. Bagaimana menurutmu?)

Amita: Where? (Di mana?)

Zara: At school? (Di sekolah?)

Amita: That’s an interesting idea, but she does not like to much attention. (Ide yang menarik, tapi dia tidak suka perhatian yang berlebihan.)

Zara: That’s true. How about after school? At her house? (Benar. Bagaimana dengan seusai sekolah? Di rumahnya?)

Amita: That’s a great idea, count me in. (Itu ide bagus, aku ikut.)

Demikian contoh percakapan terkait ketidaksetujua akan suatu hal. Anda dapat melakukan beberapa kombinasi untuk mengungkapkan rasa tidak setuju. Yang harus anda jaga adalah, jika sedang berbicara di sebuah forum yang bersifat resmi lebih baik gunakan bahasa yang sopan.

Contoh bisa menggunakan kalimat seperti i would like to say that i am diasgree with your opinion Sir.

Cobalah untuk berlatih setiap hari dengan menambah beberapa kosakata baru. Semoga bermanfaat!

 

Contoh Percakapan Singkat Mengucapkan Selamat Natal Kepada Tetangga
Percakapan Ketika Mengirim Paket dalam Bahasa Inggris
Berbicara tentang Cuaca dalam Bahasa Inggris
Percakapan di Restoran: Memesan Makanan di Restoran dalam Bahasa Inggris
Percakapan Singkat Mengajak Nonton Bioskop dalam Bahasa Inggris
Percakapan antara Petugas Tiket Pesawat dan Pelanggan (Airline Counter Attendant & Customer Conversation)
Cara Memanggil Taksi dalam Bahasa Inggris
Pertanyaan dan Kalimat yang Sering Diucapkan di Bandara
Contoh Percakapan di Kedai Kopi Starbucks dalam Bahasa Inggris
Contoh Percakapan dengan Teman Lama dalam Bahasa Inggris