sederet.com
Online Indonesian - English Dictionary
Sederet.com
separator

Pidato Bahasa Inggris: Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata / KKN (Community Service Program)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu syarat kelulusan mahasiswa di hampir semua kampus. Sebelum berangkat biasanya perwakilan mahasiswa menyampaikan sepatah dua patah kata pidato. Berikut adalah contoh pidato kuliah kerja nyata untuk mahasiswa dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

English

SPEECH FOR UNIVERSITY STUDENTS LEAVING FOR COMMUNITY SERVICE PROGRAM

Good afternoon, with all respect the rector, dean, colleagues, senior, and my fellow friends. Thank you God for His grace that today we can gather here. Today remarks the time when we will leave to do the community service program to the appointed locations. Each of us will spend one whole month in a new and different place.

Being a University student is our last phase to become a better individual. This college is the place to train ourselves to enter the real life. Our dream is to become University student that gives benefit to wide society. And that can only happen if we go through our days in University well. It is not only about pursuing academic achievement, but also dwelling in good morality and attitude.

One of the phases that we have to experience during college life is joining community service program. Just like the name, community service program means we have to study not in class like usual. We have to mingle with the society, giving service to them. We work in reality for the society. We will be divided in groups, and within 4 weeks we have to find an innovation that has long term impact for the society.

Dear friends that I’m proud of,

Every group in this community service program consists of 10 people from various major in this University. It is possible that you have no idea of your group friends. But you have to live together in long time. In this phase, we will learn to adapt. We try to know new people with different characters. We could be match with them, but it can be conversely. In this point we have to think wisely and tolerate to the others. Remember, a good attitude is one important thing that you need to pick.

Along with 9 other friends in your group, formulate innovation that can give advantage to your new environment. Every group will live in remote and isolated area. The place where you live won’t be as comfortable like your place here. You will meet many things that are not at ease. Once again, in this phase you have to set aside your ego and be a tough person.

Dear friends that I respect,

From what I stated above, don’t be tricked by the complicate and uncomfortable situations. The community service program means more than that. You will have new family from the people that today you see as a stranger. You will have new experiences that you won’t meet here when you are doing your routine activities. You will interact with the local people and listening to their problems. You will get into them and find out what you can do. Above all, you will try your best to create something useful for them.

Can you imagine how pleased you will be, if what you’ve made during your one-month stay can help the society forever? We can’t express how proud our University will be. So let’s focus our energy, lose our heart to do this community service program. Let’s leave temporarily our comfort here and change ourselves to become helpful person for many people. The best people are those who are handy to the others.

Good bye, friends. Take care and keep the good name of our University. See you later!

Indonesian

PIDATO MAHASISWA YANG AKAN KULIAH KERJA NYATA

Selamat siang, yang saya hormati para rektor, dekan, karyawan, senior dan teman-teman satu angkatan. Terima kasih pada Tuhan karena atas rahmat dariNya kita bisa berkumpul hari ini. Hari ini menandai akan berangkatnya kita dalam program kuliah kerja nyata ke tempat yang telah ditunjuk. Setiap dari kita akan menghabiskan waktu selama satu bulan penuh di tempat yang sepenuhnya baru dan berbeda.

Menjadi mahasiswa adalah tempat terakhir untuk menjalani proses menjadi individu yang lebih baik. Kampus adalah tempat kita melatih diri untuk siap terjun menghadapi kehidupan sesungguhnya. Tujuan akhir yang kita inginkan adalah menjadi mahasiswa yang bisa berguna bagi masyarakat luas. Dan hal itu hanya bisa terwujud jika kita menjalani kehidupan selama proses perkuliahan dengan baik. Bukan hanya mengejar prestasi akademis, namun juga membekali diri dengan moral dan attitude yang baik.

Salah satu fase yang perlu kita lewati saat menjadi mahasiswa adalah mengikuti kuliah kerja nyata. Sesuai namanya, kuliah kerja nyata artinya kita menempuh kuliah bukan di kelas seperti biasanya. Kita terjun langsung ke masyarakat untuk mengabdi kepada mereka. Kita bekerja secara nyata untuk masyarakat. Dibagi dalam kelompok, dalam rentang waktu empat minggu kita semua akan menemukan satu terobosan yang bisa berguna bagi masyarakat dalam jangka panjang.

Teman-teman yang saya banggakan,

Setiap kelompok kuliah kerja nyata terdiri dari 10 orang dari berbagai jurusan di kampus ini. Bisa jadi tiap dari kalian belum pernah mengenal satu sama lain sebelumnya. Tapi kalian diharuskan hidup bersama dalam waktu yang tidak singkat. Di tahap inilah kita akan belajar untuk beradaptasi. Mengenal orang baru dengan berbagai karakter yang berbeda-beda. Ada yang cocok dengan kita, dan bukan tidak mungkin justru bertentangan. Di titik itulah kita harus bisa berpikir bijak dan mengedepankan tenggang rasa. Ingat, attitude yang baik adalah prinsip yang harus selalu dipegang.

Bersama 9 orang dalam kelompok kalian, ciptakanlah inovasi yang bermanfaat bagi lingkungan baru kalian. Tiap kelompok akan tinggal di tempat yang jauh dan terpelosok. Kondisi tempat tinggal tidak akan senyaman seperti yang kalian tinggali saat ini. Ada banyak hal baru yang jauh dari kata nyaman akan kalian jumpai. Lagi-lagi di tahap ini kalian dituntut untuk mengesampingkan ego dan menempa diri menjadi pribadi yang tangguh.

Teman-teman yang saya hormati,

Dari apa yang saya paparkan di atas, jangan terkecoh hanya dengan kerumitan dan kondisi yang serba tidak nyaman. Ada banyak makna yang jauh lebih dari itu. Kalian akan menemukan keluarga baru dari teman-teman yang di hari ini masih terkesan sebagai orang asing. Kalian akan menemui pengalaman baru yang belum tentu ada saat menjalani rutinitas di kampus. Kalian akan berinteraksi dengan masyarakat dan mendengar keluh kesah mereka. Kalian akan peduli pada mereka dan merumuskan apa yang harus dilakukan. Di atas itu semua, kalian akan memikirkan segala cara untuk bisa menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi mereka.

Coba bayangkan betapa bahagianya jika apa yang kalian buat dalam rentang waktu satu bulan nanti, berguna selamanya bagi masyarakat setempat? Tidak terhitung pula betapa bangganya Universitas ini atas apa yang kita lakukan. Jadi mari kita fokuskan segenap energi, ikhlaskan hati untuk menjalani kuliah kerja nyata. Mari meninggalkan kenyamanan di sini dan menyulap diri menjadi pribadi yang berguna bagi banyak orang. Sebaik-baiknya orang adalah mereka yang berguna bagi sekitar.

Selamat jalan teman-teman, tetap hati-hati dan jaga selalu nama baik Universitas kita. Sampai bertemu lagi.

Pidato Lainnya

 

Pidato Bahasa Inggris: Perpisahan Kelulusan Wisuda Sarjana (College Graduation Speech)
Pidato Bahasa Inggris: Pemberantasan Korupsi untuk Mahasiswa (Corruption Eradication)
Pidato Bahasa Inggris: Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas
Pidato Bahasa Inggris: Lulusan Wisuda Terbaik Universitas (Best Graduate Speech)
Pidato Bahasa Inggris: Visi Misi Calon Ketua Mahasiswa (Student Union President Candidate Speech)
Pidato Bahasa Inggris: Pelepasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata / KKN (Community Service Program)
Pidato Bahasa Inggris: Bahaya Narkoba bagi Mahasiswa (The Danger of Drug Abuse for Student)
Pidato Bahasa Inggris: Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan (Student as A Change Agent)
Pidato Bahasa Inggris: Bahaya Sex Bebas bagi Mahasiswa (The Danger of Free Sex)
Pidato Bahasa Inggris: Mahasiswa Berprestasi


 
Pidato Bahasa Inggris: Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency)
Pidato Bahasa Inggris: Pemanasan Global (Global Warming)
Pidato Bahasa Inggris: Ulang Tahun Sekolah (School Anniversary)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya Pendidikan Berkelanjutan (Continuing Educatio)
Pidato Bahasa Inggris: Hari Kesehatan Internasional (International Health Day)
Pidato Bahasa Inggris: Dampak Buruk Teknologi Kekinian (Negative Effects of Technology)
Pidato Bahasa Inggris: Hari Anak Sedunia (International Children’s Day)
Pidato Bahasa Inggris: Pentingnya KB (The Importance of Family Planning and Birth Control)
Pidato Bahasa Inggris: Perpisahan SMA Kelas XII (High School Graduation)
Pidato Bahasa Inggris: Calon Ketua OSIS SMA (President of Student Council Election)